√Menjaga Stabilitas Ketahanan Ekonomi

Menjaga Stabilitas Ketahanan Ekonomi

Oleh : Windi Astuti


Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk kepulauan dengan keanekaragaman suku dan bahasa. Disamping itu letak negara Indonesia yang strategis dengan sumber daya alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang besar menjadi icon tersendiri bagi negara besar di dunia. Kemampuan dan kualitas penduduk Indonesia yang membawa kemajuan perkekonomian saat ini terbukti menempatkan Indonesia menjadi ajang persaingan kepentingan dan perebutan pengaruh antar negara besar. Hal ini, secara langsung maupun tidak langsung memberikan dampak negative terhadap segenap aspek kehidupan sehingga dapat mempengaruhi dan membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negaranya. Untuk itu bangsa Indonesia harus memiliki keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional sehingga berhasil mengatasi setiap bentuk tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan dari dalam maupun dari luar. Dan juga untuk membangun kekuatan pertahanan dan keamanan diperlukan keterpaduan sistem pertahanan dan keamanan nasional.
Ekonomi mempunyai peran penting bagi kesejahteraan dan kemakmuran bangsa tersendiri. Untuk menjaga stabilitas ketahanan ekonomi perlu adanya system tata pengelolaan ekonomi yang baik pula. Bukan hanya memelihara atau mengembangkan yang sudah ada, namun itu juga perlu menumbuhkan benih- benih yang produktif dan berkepanjangan. Yaitu dengan menanamkan rasa cinta akan tanah air Indonesia bagi generasi penerus agar mampu mengelola dan mengembangkan budaya, sumber daya alam atau kekayaan lainnya sehingga menghasilkan keuntungan tersendiri bagi negara. Disamping itu, upaya tersebut merupakan upaya yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan jiwa- jiwa enterpreneur yang mampu bersaing dengan Negara besar di dunia. Keuletan dan tanggung jawab yang tinggi juga harus dipupuk untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat dan progressif. Peka terhadap perkembangan globalisasi dan sensitive terhadap pengaruh negative maupun pengaruh posisitif yang bersifat menggoda atau sebaliknya.
Ketahanan ekonomi yang bijak adalah upaya yang mampu membawa perekonomian suatu bangsa mengalami perubahan kearah yang lebih maju. Menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi untuk dijadikan pembelajaran kearah yang progressif dan dinamis. Oleh sebab itu factor manusia sebagai penggerak ekonomi harus bersikap responsible. Dengan mengantisipasi dan mempertimbangkan perubahan lingkungan secara global, nasional dan regional perlu diperhatikan kualitas dan kuantitas perkembangan teknologi yang berhubungan dengan nuansa perekonomian dalam pemenuhn kebutuhan masyarakat. Sumber daya alam, sumber daya manusia pengelolaan produksi dalam negeri maupun luar negeri sangat penting untuk di efektifkan dandikondisikan.
Pembangunan ekonomi nasional adalah upaya yang berkesinambungan untuk mewujudkan negara yang ramah terhadap perkembangan globalisasi agar mampu menjaga potensial dan ketahanan ekonomi yang mempertahankan integritas, identitas, dan kelangsungan hidup bangsa dan Negara . Di samping itu dalam Pencapaian tingkat ketahanan ekonomi Indonesia memerlukan pembinaan yang diarahkan untuk dapat mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan yang adil dan merata di seluruh wilayah Nusantara melalui ekonomi kerakyatan yang berdasarkan pada UUD’ 45 dan Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia.


*Alhamdulillah, ini tulisan asli sy yg lolos dan diterbitkan di kran sindo....Semangat Menulis Kawand :D


Windi Astuti
Fulltime mom yang suka menulis

Related Posts

Posting Komentar