√#NgemilBijak - Ngemil Sehat Ala Bunda Andra

#NgemilBijak - Ngemil Sehat Ala Bunda Andra

Membahas tentang camilan yang bijak untuk keluarga merupakan bagian penting yang wajib saya mengerti sebagai bundanya andra. Suami sendiri selalu mengarahkan saya untuk memberikan asupan yang bernutrisi buat anak. Jadi rindu memberikan makanan pendamping anak dari bayi. Semoga disegerakan mendapatkan amanah untuk gendong momongan lagi buat adiknya andra. Amiin

Apalagi anak masih dalam rentang usia emas dan sedang dalam masa pertumbuhan, camilan sehat sangat dibutuhkan dan selalu tersedia di rumah. Mengingat anak sholih sudah selesai disapih, jadi camilan yang bernutrisi wajib ada setiap harinya.  Dan cara ngemil yang bijak inimenentukan postur tubuh yang ideal dan sehat bukan ?

Yuk sharing perihal #ngemilbijak itu bagaimana ? Saya berusaha menuliskan dari apa yang pernah dan saya alami tentang ngemil bijak ini. 

Menurut saya, beli cemilan itu tidak perlu yang mahal dan harus barang impor, karena yang lokal saja sudah mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh mengapa tidak ? 

Salah satu essensi dalam kategori #ngemilbijak itu memberikan camilan yang sehat dan bernutrisi serta diberikan ke anak yang  dibiasakan sejak dini. Anak akan merasakan sekaligus belajar mengenal tekstur makanan camilan yang sering disediakan dirumah. Dan ini bisa mempengaruhi penambahan berat badan anak. Jika berat badan anak naik setiap bulannya, otomatis tinggi badan anak juga bertambah. Noted, ini berlaku untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan ya.

Ada beberapa hal yang hendak saya utarakan disini. Pertama, mengenai camilan yang biasa saya siapkan dirumah. Camilan bernutrisi yang biasa ada dirumah yaitu : 

1. Buah 

Camilan buah-buahan sangat bagus bagi anak. Biasanya yang disediakan dirumah adalah buah pepaya, semangka, tomat buah, pisang, sawo, belimbing, jeruk, mangga, alpukat, jambu biji, jambu air. Di selang seling ya, biar anak tidak bosan. Menurut saya, buah lokal lebih baik dari buah impor. Karena dari proses penyimpanan buah lokal tidak ada bahan tambahan untuk pengawetan seperti buah impor. Kecuali kalau punya pohon buah sendiri dan di petik sendiri tidak masalah. Wajar jika dirumah jarang beli buah pir, apel dan buah impor lainnya. 

2. Snack Non Msg 

Snack juga termasuk makanan camilan. Nah, untuk camilan ciki-cikian ini tugas ayahnya yang memilih dan memilah. Sejauh ini, yang sering dibeli ayah ya camilan seperti wafer, biskuit bayi, crackers dan camilan ringan lain yang non msg. Supaya aman biar tenggorokan andra tidak mudah sakit karena terlalu sering makan snack kemasan instant. Toh, tidak semua ciki andra mau. Jika terlalu asin pasti dia menolak walau tektur jajanannya kriuk alias renyah.

3. Camilan Homemade

Nah kalau ini tugas saya sebagai bundanya andra. Sebenarnya saya juga ingin mengenalkan andra dengan jajan pasar yang saya buat. Karena keterbatasan alat dirumah, camilan homemade yang andra suka dan pernah saya buat yaitu bola-bola ubi, bakwan jagung, tempe goreng tepung, donat, brownis, dan puding. Kadang, saat saya ke pasar pergi belanja tak lupa membeli jajan pasar seperti bakpao, putu ayu, susu kedelai, lapis dan lain-lain untuk andra.

Untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan, biasanya diberikan makanan camilan yang bisa sekaligus menambah booster BB yaitu memperbanyak protein hewani dan nabati. Namun berbeda dengan camilan orang dewasa, justru lebih memilih camilan yang tidak mudah bikin gemuk. Menurut saya, tergantung orangnya juga sih dalam ngemil. Seorang diri harus tahu kapan akan ngemil dan berhenti ngemil. 

Kalau prinsip saya makan menyesuaikan dengan banyak sedikitnya melakukan aktivitas. Jika aktivitas membutuhkan banyak energi, ya saya makan banyak. Begitu sebaliknya.

Nah, setelah kita tahu camilan yang sehat dan bernutrisi itu apa saja, waktu ngemil juga menentukan hlo. Jika menelisik hobi ngemil ini, ternyata ngemil sangat digemari oleh berbagai kalangan yang suka mengunyah setelah makan besar.  Termasuk andra dan ayahnya yang sama-sama suka ngemil. 

Sebab itu, ada tips #ngemilbijak ala bunda andra yang bisa diterapkan dirumah, yaitu : 

1. Pilih camilan favorit yang disukai anak dan suami/istri.

2. Ngemil lebih baik dilakukan setelah dua jam dari makan besar ya.

3. Jenis camilan diselang - seling biar anak tidak mengalami bosen

4. Usahakan jam ngemil dua jam sebelum jamnya tidur malam. Untuk menghindari kenaikan berat badan di luar kendali (noted: untuk dewasa)

5. Tak lupa konsumsi air putih sebagai penghilang rasa haus atau penutup setelah makan camilan.

Dari sejak bayi andra sudah terlatih minum air putih yang cukup. Jadi aman juga untuk pencernaannya. Alhamdulillah sampai sekarang tidak ada masalah bebelen atau sembelit pada anak.

Yang menjadi pengatur dan pengawas makanan dirumah adalah ibu yang dibantu dengan kerjasama sang ayah. Ketika hendak memberikan makanan apapun ke anak wajib bagi orangtua tau rasanya, komposisi makanan dan tanggal kadaluarsa.

Dan tips yang selalu saya terapkan dalam jam makan yaitu konsisten tidak makan atau ngemil lebih dari jam tujuh malam. Supaya badan tetap ideal sih. Prinsip ini tidak berlaku untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan ya. 

Tambahan.

Menurut saya, #ngemilbijak itu dimana kita sebagai warga yang baik dan cinta alam tentunya tidak membuang sampah sembarangan dari bekas bungkus makan makanan camilan berupa snack dan kulit buah yang kita makan. Kita bisa memanfaatkan bungkus makanan atau kulit buah tadi untuk dijadikan pot atau pupuk alami. 

Aktivitas baru setelah saya menjadi seorang ibu adalah belajar bertanam dan menghemat dari suami. Saya diajari suami untuk memanfaatkan kulit buah atau bagian sayuran yang dibuang untuk dipotong kecil-kecil dan dijadikan pupuk yang dicampur dengan tanah yang dikumpulkan dalam bak khusus. 

. Irisan kecil-kecil dari kulit pepaya dan bonggol sayur sawi hijau
Gbr. Irisan kecil-kecil dari kulit pepaya dan bonggol sayur sawi hijau


Selain itu, untuk bekas bungkus camilan seperti bungkus wafer, kaleng makanan  dan botol minuman biasanya disuruh nyuci kemudian disimpan ditempat perlengkapan menanam. Untuk botol minum biasanya digunakan untuk pot tanaman menanam anggrek. Suami saya yang suka menanam anggrek dan bunga lainnya. Selain itu botol bekas juga dijadikan tempat menyimpan butiran pupuk tanaman. 

PS: #ngemilbijak itu kita harus tahu dan faham memilih makanan yang bernutrisi. Selain itu memanfaatkan bungkus makanan camilan dan kulit buah untuk dijadikan pupuk alami. 

***

Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba Ngemil Bijak yang diadakan oleh Ibu-ibu Doyan Nulis. Cek info lengkapnya di https://bit.ly/lombablogngemilbijak


https://www.instagram.com/p/CE5xN19pVJL/?igshid=1x0vzo3oyjrw6



Windi Astuti
Fulltime mom yang suka menulis

Related Posts

Posting Komentar