Advertisement

Main Ad

Siap Bertumbuh Bersama ExpertBook B9 (B9400) untuk Makin Produktif


Saya seorang ibu rumah tangga dengan satu orang anak, dan sekarang benar-benar fulltimemom membuat saya kadang gelisah. Kesibukan apalagi yang bisa dilakukan agar waktu ini benar-benar produktif. Terbiasa aktif berkomunitas, sejak resign mengajar pada Juni 2019 dan tidak melanjutkan kontrak mengajar menjadi pilihan tepat agar bisa kumpul satu atap sama suami dan anak.

Dulu sudah terbiasa dengan ritme kehidupan yang banyak melakukan aktivitas diluar. Pagi mengajar disekolah, sore ngajar ngaji anak TPA, dilanjut malam les privat anak SD. Namun semua aktivitas ini terhenti setelah menikah. 

Saat terhalang jarak dengan suami, saya masih terjun di bisnis hijab syar'i lokal bersama teman kuliah yang kami rintis pada September 2016. Hanya bertahan dua tahun karena kesibukan yang bertambah dan saya sedang hamil. Sehingga aktivitas produksi, packing dan antar orderan terbengkalai. Begitupun sama dengan partner bisnis, tahap merampungkan skripsi dan setelah wisuda akan menikah juga terus pindah tempat lintas propinsi. Eman sebenarnya, karena orderan ramai dan brand lokal kami sangat digemari banyak kalangan. Bahkan kami punya catatan penjualan dan produksi tiap bulannya yang kami rekap secara manual untuk melihat seberapa jauh perkembangan bisnis kami. 

Agustus 2019

Fulltimemom benar-benar merubah duniaku. Terbersit untuk aktif jualan online dengan bergabung menjadi reseller produk edukasi ternama di Indonesia. Niat ini jadi goyah dan kurang konsisten saat melihat flyer kelas menulis online di salah satu grup whatsApp. Menelisik isi hati yang membuat berhari-hari berfikir dalam ingin ikut kelas online tersebut. Hingga akhirnya memutuskan untuk mendaftar dengan uang tabungan dari hasil memeras keringat sendiri. Tak pernah terbayangkan jika saya malah lebih fokus mendalami passion menulis ketimbang bisnis online. Walaupun saat inipun saya masih jualan buku anak-anak secara online.

Februari 2020, Online Writing Class (OWC) adalah kelas kedua online berbayar yang saya ikuti. Sebelum-sebelumnya kurang ikhlas jikalau harus mengeluarkan uang untuk menimba ilmu, takut ini takut itu karena investasi kelas yang satu ini cukup merogoh kantong. Dengan banyak pertimbangan, yang mana kelas berlangsung selama satu bulan lebih, dan nantinya bisa menelurkan buku antologi bersama penulis lain membuat saya antusias dan semangat belajar menyimak materi dan mengerjakan tugas-tugasnya.

September 2020 buku antologi itu sudah terbit, menjadi saksi bahwa saya benar-benar sudah menjadi penulis dan berkarya. Bahagia dong tentunya, Surfive For Life (SFL) adalah buku antologi yang kaya hikmah. Meski ditulis oleh penulis pemula tapi tulisannya sangat menggetarkan jiwa. 

Tak puas sampai di antologi SFL, sayapun ikut kelas freelancer writer yang hanya berlangsung dua hari saja. Membuat saya nagih untuk terus belajar dan mengupgrade skill meskipun via daring. Seakan haus untuk terus menghasilkan karya, dua langkah menuju bahagia adalah buku keempat dimana saya terlibat didalamnya. Hasil ikut kelas tak berbayar disalah satu platform menulis online yang sedang melejit. Ikut kelas puisi, kelas blog intermeddiate dan advance di bulan Oktober 2020. Dilanjut ikut kelas menulis caption dan ikut andil di berbagai webinar maupun komunitas online membuat saya lebih percaya diri ikut kompetisi menulis dengan kemampuanku yang sekarang. 

Tak disangka, saya sudah melaju cukup jauh. Berusaha tetap produktif ditengah kesibukan membersamai anak yang tak lepas dari saya selama 24 jam. Resolusi 2021, ingin lebih produktif lagi dari tahun sebelumnya. Tanpa meninggalkan kewajiban membersamai anak bermain sambil belajar. Saya faham, aktivitas yang saya lakukan ini harus benar-benar fokus agar membuahkan hasil dalam waktu cepat. Tahun ini juga punya resolusi ikut kelas masak online, biar lebih percaya diri juga ketika ikut kompetisi memasak online. Bagaimana saya bisa berusaha untuk tetap konsisten menulis ditengah kesibukan menjadi ibu rumah tangga?, Berikut tipsnya : 

Setiap apapun yang saya lakukan, niat adalah modal utama yang selalu saya tanamkan dalam diri. Niat untuk ibadah agar diberi kemudahan dalam melangkah diiringi tekad kuat. Yang mana ketika merasa lelah dengan aktivitas yang memeras energi karena membersamai anak bermain, kadang saya off pegang gadget dan melupakan sejenak deadline menulis. Bahkan kadang memanjakan diri dengan tidur untuk melepas lelah. Cara ini cukup ampuh mengusir penat dalam diri. 

Untuk menambah semangat menulis dan memunculkan ide agar otak sedikit berfikir, biasanya kepoin status orang terkait yang memberikan banyak insight.

Selain itu cek situs/medsos tertentu yang sering mengadakan lomba maupun give away untuk bisa kita ikuti sesuai skill yang dimiliki. Sudah mengikuti kelas online beberapa, jika ilmunya tidak diterapkan setelahnya kok merasa eman begitu. 

Kalau saya suka menantang diri, sekaligus mengukur kemampuan seberapa jauh saya sudah konsisten exercise dari kelas online yang saya ikuti. Ternyata hal ini sangat ngefek ke diri ini dan sangat menguji kreativitas untuk melakukan riset, praktek dan praktek.

Mengikuti jejak para journaler, cara ini cukup membantu untuk mengingatkan diri bahwa harus tetap menulis disegala kondisi. Berderet deadline yang harus dikerjakan walaupun tidak dibayar, hal ini membelajarkan diri saya untuk siap bertarung ketika job berdatangan ditengah kesibukan yang semakin padat. 

Ini emak-emak banget, apalagi saya yang lebih banyak bersama anak dirumah. Meskipun ada suami, namun peran utama ada disaya. Sekarang, sabtu dan ahad suami pasti kerja lembur. Senin sampai Jumat selalu pulang sore, ketika saya tidak bisa memplotkan kegiatan yang utama dan yang wajib, bisa dipastikan amburadul

Apalagi typikal anak saya yang harus ditemani bermain disetiap waktu, me time disaat anak sudah bobok selalu saya manfaatkan dengan baik. Diiringi berdoa yang kenceng, karena kadang sudah diniati tapi mata lelah dan badan butuh istirahat tanpa sadar saya sering kelewat tidur disaat menulis. 

Tetap bersyukur, dengan kondisi sekarang saya masih bisa menulis. Prinsipku, mumpung ada kesempatan harus dimanfaatkan selagi kita mampu untuk terus menulis.

Ingin sekali bisa optimal dalam berkarya. Saat ini sedang berfikir bagaimana caranya punya laptop lagi. Dulu pernah punya notebook yang membersamai saya dari awal sampai lulus kuliah. Notebook kesayangan ini harus berakhir dimusiumkan karena port bagian charge rusak disenggol teman saat kabel notebook melintang yang mengakibatkan rusak parah. 

Mencoba untuk diservice namun harus melalui proses panjang dan budget lebih mahal dari harga notebooknya. Bahkan komputer suami yang biasa dipakaipun rusak karena sering di matikan secara paksa oleh anak. Dan kenapa kejadian ini terjadi setelah saya ikut kelas blog online. Hmm, anggap saja ini bagian ujian.

Menjadi momblogger dan momwriter, ujian seperti ini tak boleh membuat saya patah semangat untuk tetap produktif. Meski masih tergolong newbie blogger dan penulis pemula, harus tetap fight ketika melihat blog teman-teman sudah menghasilkan bahkan kontent yang ditulis bisa diadukan. Apalagi bulan maret yang lalu mbolang virtual tentang dunia kepenulisan, wow membuat diri ini harus terus belajar biar kualitas menulis lebih baik dari sebelumnya.

Ketika jenuh memikirkan ini, biasanya saya kontak mentor untuk sharing manfaat terkait menjadi blogger dengan kondisi ini. Kiat lain, berdoa agar diberikan kemudahan dalam menjalani. Ada banyak langkah yang harus dilalui dan dikerjakan ternyata. Beliau salah satu orang yang selalu support dengan perkembangan yang saya miliki. "Sudah ada progressnya kata beliau", alhamdulillah. Namun, ditengah curhat kayaknya beliau sedikit menyayangkan ketika saya menyampaikan akan bekerja lagi mengajar disekolah di tahun ajaran ini. Disuruh berfikir dalam katanya, namun yang saya tempuh ini tentunya sudah diijinkan suami sebelumnya. Insha Allah, bulan Juli 2021 resmi mengajar si salah satu sekolah negeri di Kediri kota.

Sebenarnya apapun status saya selain sebagai guru, momblogger dan momwriter adalah pilihanku untuk menopang kehidupanku dan tempatku menyalurkan passion yang selama ini sedang kurawat. Sebagai momblogger saya harus selalu sering riset dan membaca. Meski dengan perangkat seadanya, saya harus selalu produktif. Ini merupakan langkah awal untuk investasi ilmu dan budget jika suatu saat nanti suami kena PHK, atau apapun lah. Karena ujian rumah tangga itu kita tidak pernah tahu. Yang penting terus berusaha dengan ikhtiar terbaik. Dan niat yang utama adalah membekali diri dengan ilmu supaya bisa mendidik anak sesuai pada jamannya.

Tidak ada salahnya bukan, jika dua profesi yang masuk kategori freelancer ini tetap akan menjanjikan di 10 tahun kedepan atau lebih. Sebab itu saat ini saya masih butuh belajar terus untuk mengupgrade skill agar bisa bekerja secara profesional.


Sayapun masih tetap menulis sebagai ikhtiar menelurkan buku baru dalam rangka memperkuat portofolio, ikut webinar pendukung passion/minat, ikut challenge menulis, ikut lomba blog dan meramaikan give away di Instagram. Mengikuti jejak mentor yang seringkali di tag olehnya agar bisa memanfaatkan peluang. "Coba terus sampai menang", kata beliau. Insha Allah akan terus berkarya dengan menulis. Instagram ku adalah bukti rekam jejak Perjalananku memperkuat personal branding.

Alhamdulillah, berkat upaya keras dan belajar konsisten selalu ada feedback positif dari teman yang melihat perkembanganku saat ini. Lebih percaya diri saat ikut kompetisi dan tentunya ingin lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain dengan menulis. Beberapa kali menang giveaway dan dapat diskon belajar kelas online, hal ini tentu memacu saya untuk lebih produktif lagi dalam memanfaatkan waktu plus menambah ilmu dan relasi.


Sebagai momblogger saya sadar, banyak hal yang belum saya praktekkan maksimal dari belajar negblog 5 bulan yang lalu. Bagian design terutama, saat mendesain banner artikel diblog masih dengan perangkat seadanya. Apalagi pas kemarin dapat tawaran bikin video untuk bikin content di aplikasi oreon. Membuat saya kelabakan karena saya mengerjakan full dari HP. Terkendala upload juga di aplikasi yang mungkin dikarenakan jaringan lemot hingga akhirnya dibantu oleh salah satu tim dalam penguploadan. Butuh support WiFi juga ternyata, agar urusan menjadi lancar. 

Sisi lain sayapun ingin mengembangkan ilmu basic design dengan corel draw, photoshop dan juga editing video yang pernah saya pelajari. Design dengan HP seadanya disaat metime untuk menulis dan berjibaku dengan tulisan ditengah keheningan malam saat suami dan anak tidur lelap adalah jurus ninjaku. 

Hal semacam ini tentu menguji kreativitas dan semangat untuk tetap produktif. Hal apa saja sih yang saya targetkan tahun ini ?. Diantaranya sebagai berikut :

1. Menyiapkan perangkat mengajar yang baik 

Pasca diterima menjadi guru di sekolah menengah pertama yang ada di Kediri Kota, harus berfikir dalam terkait masa depan anak dan perangkat mengajar. Sudah menjadi hal biasa seorang guru meletakkan laptop dalam tasnya sebagai perangkat pendukung mengajar. Mengingat menjadi guru BK dengan menghadapi 1000an murid yang terdiri dari 32 kelas butuh media penyimpanan data yang aman. Berisi rekam data perkembangan anak dari A-Z. Belum lagi ketika raportan, yang harus diselesaikan tepat waktu agar raport selesai dengan cepat. 

Anak jaman sekarang, lebih senang model pembelajaran yang tidak monoton. Stel video via laptop menjadi andalanku saat mengajar disekolah dulu. Hal ini akan saya terapkan lagi ketika sudah resmi mengajar nantinya.

Membiarkan mereka menikmati video yang dikemas sesuai point-point yang ada di modul BK. Selain game indoor atau outdoor, menyetel video saat pelajaran menjadi media favorit sekaligus mengamati kondisi anak dikelas. 

2. Belajar design grafis dan editing video

Meski nanti balik lagi mengajar, tetap melakukan personal branding dari apa yang selama ini diusahakan via media sosial melalui ngeblog dan menulis. Bikin kontent edukasi menarik dengan design menarik pula layaknya content creator profesional. Menambah jam terbang untuk belajar otodidak lagi dan sering praktek design juga. 

Menjadi momblogger mengharuskanku keluar dari zona nyaman dan semakin melek teknologi. Harus sigap dan tanggap tentang dunia literasi yang diwujudkan dengan perkembangan yang menonjol dalam diri ini untuk memberikan trusted kepada client. Akan saya optimalkan lagi untuk media sosial yang saya pakai saat ini dan kedepannya, diantaranya : youtube, twitter, whatsApp, facebook dan tiktok yang akan saya buat dengan perangkat baru dan mumpuni. Doakan ya !

3. Tetap Aktif berkomunitas

Terbiasa berkomunitas saat masih single, membuat saya rindu berkecimpung dalam bersosial. Apalagi saat pindah Kediri, tidak punya teman kecuali tetangga disini sehingga saya berinisiatif gabung dikomunitas parenting dan kebetulan saat ini saya juga nyemplung dikomunitas parenting yang saya rintis bareng teman. 

Ilmu belajar bisnis sedikit banyak saya terapkan disini. Dalam hal menggaet member untuk bergabung sehingga bisa menebar manfaat lebih ke banyak orang. Dengan berkomunitas sayapun bisa menambah relasi dan bertemu dengan orang hebat yang siapa tahu bisa jadi jalan rejeki. Belajar menerapkan ilmu take and give, tak melulu mengambil namun kita juga harus belajar untuk memberi.  

4. Belajar otodidak maupun belajar dengan mentor

Terkait ngeblog, saya masih butuh belajar tentang SEO on page. Walaupun saat kelas blog online sudah mendapatkan materi ini, tetap saja masih ada yang kurang. Butuh belajar keras lagi agar traffic blogku melejit. Tak disangka, bulan maret lalu ikut challenge konsisten menulis artikel di blog sesuai tema yang ditentukan mendapatkan free class online ngeblog. Sesuai targetku yang sering kulantunkan saat berdoa. Alhamdulillah banget, rejeki yang tak terduga.

Untuk menulis, resolusi tahun ini ingin bisa menulis cerita anak. Selain itu mencoba menulis di platform online mengikuti perkembangan jaman dan mengambil peluang. Alhamdulillah, beberapa hari lalu mendapatkan voucher kelas cerita anak secara gratis. Berkat mbolang virtual dan menuliskan hasilnya di blog.

Sudah mulai menampakkan hasil nyata dengan menulis dan ngeblog. Saya optimis, tiga tahun kedepan saya bisa lebih profesional menggeluti profesi ini. Tiga kunci yang saya pegang : Konsisten menulis, memanfaatkan peluang dan membangung personal branding yang kuat.

Ketika skill dan kemampuan dipersiapkan dengan niat yang sungguh-sungguh, butuh support sistem doa suami dan tentunya harus didukung oleh perangkat yang bisa diajak kerjasama dari segi efisiensi waktu dan bisa membersamaiku saat diluar maupun didalam. Jadi saya berdoa, semoga berhasil memiliki ExpertBook B9 (B9400) dengan mudah. Kenapa harus laptop ini? bagiku bukan hanya sebatas laptop untuk menunjang aktivitas bekerja dan bisnis namun juga partner kerja yang akan membantu kinerjaku mencapai target ditahun ini. Bertumbuh dan lebih produktif bersama lapt canggih ini. Berikut ulasan yang menjadikanku memilih ExpertBook B9 (B9400) : 


Superslim, Tangguh dan Penuh Gaya

ASUS ExpertBook B9 merupakan laptop superslim yang bobotnya hanya 880 gram dengan layar 14 inchi yang mana bagian bodynya dilapisi sasis magnesium-lithium alloy. Sasisnya dibuat secara metodis dan menjalani proses yang cukup panjang melalui 21 tahap yang rumit untuk dapat menciptakan eksteriornya yang tangguh, namun tetap indah. Buat kerja kita makin produktif jika didukung oleh laptop yang penuh gaya ini. Lighter, stronger and more portable, sebagai bukti bahwa ExpertBook B9 benar-benar laptop yang ditujukan untuk kerja dan bisnis.


Dalam rangka menciptakan eksterior hasil star black yang unik untuk menambah value laptop ini, tim desain ASUS mengambil inspirasi dari alam semesta dan bintang dilangit untuk menciptakan warna yang memancarkan misteri dan kebijaksanaan. 

Bisa kita cermati dengan seksama, semburat merah dan hijau akan muncul tergantung pada bagaimana cahaya yang menghantam permukaan, sementara partikel kecil bersinar yang tertanam di permukaannya menyerupai bintang. Sangat eksotis menurutku, benar-benar laptop bisnis perfect yang pernah saya tahu daripada laptop umumnya yang hanya didesign polos dan membosankan.


Kelebihan lain yang dimiliki laptop ini adalah beratnya yang lebih ringan 16% dari laptop sebelumnya. Sehingga sangat mudah untuk diselipkan didalam tas sebagai penunjang produktivitas. 

Prosesor Intel Core Generasi 11

Terbukti bahwa ExpertBook B9 masuk dalam jajaran laptop dengan kinerja yang cepat karena didukung oleh prosesor Intel Core™ i7 vPro® generasi ke-11 dengan grafis Iris X dan intel WiFi 6 super cepat dengan bezel superslim.


Transfer File Data Super Cepat

Selain itu kinerja transfer file data dengan ExpertBook B9 ini juga sangat amat cepat. Bayangkan, dua kali lebih cepat daripada transfer data dengan laptop lain. Disaat terburu-butu dengan deadline, perkara ini akan teratasi dengan mudah.

ExpertBook B9 sudah terverifikasi sebagai laptop Intel Evo yang dilengkapi dua SSD ( Solid State Drive) untuk menyediakan kapasitas besar penyimpanan hingga ganda 2 TB dan kecepatan yang lebih cepat.

Keandalan data atau pengoperasian ExpertBook B9 ini juga didukung oleh teknologi RAID19 (Redundant Array of Independent Disk) yaitu teknologi penyimpanan yang memungkinkan beberapa drive berfungsi sebagai satu dengan kinerja unggul untuk meningkatkan keamanan data secara cepat. Dikhawatirkan jika ada data yang gagal saat alih data secara otomatis teknologi ini membantu membuat salinan yang cepat dan mudah dari kedua disk untuk memulihkan dari yang lainnya.

Konektivitas dan Fleksibilitas yang Menyenangkan

Saat bepergian keluar untuk mengikuti pertemuan paguyuban guru BK tak perlu khawatir lagi soal koneksi Wi-Fi. Teknologi ASUS WiFi Master yang dikombinasikan dengan Bluetooth® 5.0 memudahkan perangkat terkoneksi dengan perangkat favorit lainnya tanpa menguras baterai banyak sehingga dengan jarak yang cukup jauhpun tetap bisa menikmati koneksi WiFi yang lebih cepat. Wah, meskipun berada diluar tetap masih bisa produktif menulis saat bepergian jauh. 

Alih-alih ketika ingin streaming video FHD dengan jarak 300 meter atau lebih dengan WiFi Master tetap saja bisa diakses dengan lancar dan jaringan tetap stabil dengan baik. Semakin mupeng dengan keunggulan laptop ini.

Daya Tahan Batterai Lama Hanya dengan Sekali Pengisian

Memilih perangkat sebagai teman kerja yang handal pasti pilih laptop yang sangat membantu produktivitas kita dong tentunya. Dari segi kualitas sudah teruji, apalagi dari daya tahan batterai ExpertBook B9 bisa tahan seharian dengan daya pengisian sekali saja. Sangat tidak mengecewakan, hanya dalam 39 menit batterai bisa terisi dengan kapasitas 60%. 


Terdapat Port I/O Pendukung Mobilitas

Selain terlihat eksotik, laptop yang sudah teruji tangguh dengan profilnya yang tipis, ExpertBook B9 dimuat dengan port I/O yang memudahkan untuk mobilitas para penggunanya. Sangat lengkap memang, termasuk dibekali Thunderbolt™ 4 dengan USB type A dan output HDMI ditambah konektivitas jaringan kabel dengan alamat MAC unik untuk manajemen perangkat yang mudah. 


Selain itu kecepatan transfer data ExpertBook B9 ini mencapai 40 Gbps, output layar 4K ganda, serta pengisian daya yang cepat pula. Bagaimana, sudah ada gambaran ya bagaimana kinerja laptop ini? Keren kan!

Lolos Uji Ketahanan

Seperti produk ASUS lainnya, laptop ini juga lolos uji ketahanan militery AS MIL-STD 810H dengan berbagai uji ketahanan seperti tes engsel, tes port, tes tekanan, tes kebisingan, tes keyboard, tes akselerasi tinggi , tes jatuh, tes goncangan dan tes temperatur


Terdapat Fitur AI Noise-Cancelling Mic

Secara profesional, ExpertBook B9 (B9400) memiliki teknologi peredam bising bertenaga AI yang menggunakan teknik pembelajaran mesin yang canggih. Berfungsi untuk menyaring kebisingan di sekitar speaker, dan fungsi hilir untuk menghilangkan kebisingan dari lawan bicara.


"Hal ini memastikan minimalnya gangguan untuk komunikasi berkualitas tinggi, jadi seperti berada di dalam ruangan dengan orang lain. Juga termasuk tombol pintas untuk mengaktifkan teknologi atau mematikan mikrofon dengan klik yang mudah.

Fitur AI Noise-Cancelling Mic di aplikasi MyASUS secara efektif menyaring kebisingan sekitar yang tidak diinginkan. Ada dua mode: Mode presenter tunggal memungkinkan suara langsung di depan PC terdengar dengan jelas; sementara mode Multi-presenter menjelaskan ucapan dari arah yang berbeda, memastikan kualitas optimal untuk panggilan konferensi grup. Fitur AI Noise-Cancelling Speaker menyaring semua kebisingan di sekitar selain suara manusia? Sehingga Anda akan mendengar apa yang dikatakan orang lain"

Audio Super Jernih dan Bertenaga

Kualitas audio ExpertBook B9 (B9400) terbaik lho, serasa berada ditempat yang mewah karena dilengkapi empat mikrofon medan jauh omnidirectional, teknologi penguat pintar, dan speaker bersertifikat Harman/Kardon membuat produktivitas kita semakin meriah. Sehingga audio yang dikeluarkan sangat jernih dan bertenaga. Jika dibayangkan seperti nonton cinema dibioskop kali ya ? 


Terdapat AdaptiveLock

Innovasi istimewa yang lain dari ASUS yaitu adaptiveLock. Berfungsi untuk mendeteksi keberadaan kita saat menggunakan kamera infrared yang terintegrasi untuk mengenali wajah. Kemudian, saat kita menjauh dari depan layar, ExpertBook B9 secara otomatis mengunci sendiri lho, melindungi laptop dan data kitaa. Sudah tidak diragukan lagi ya, soal keamanan data menjadi privasi yang tidak bisa diulik oleh orang tak dikenal.


Keyboard yang Aman dan Nyaman

Soal kenyamanan dalam bekerja, tools yang ada dalam laptop ini sudah dijamin akan membuatmu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dari keyboard hingga touchpadnya. Saat melakukan pengetikan dan kontrol kursor juga tak perlu ngoyo. 

Bahkan keyboard yang dilengkapi dengan numberpad  ini tetap dapat digunakan ketika kita mengetik ditempat yang gelap. Ada pengontrol kursosnya juga yang bisa mengatur kecerahan secara otomatis saat mengetuk icon disebelah kiri dan ketuk NumberPad di atas panel untuk menyentuh dan menyalakannya. 

Selain itu keyboard ini dilengkapi dengan lampu latar yang memungkinkan kita mengetik dengan mudah di lingkungan yang gelap.


Saat kecelakaan terjadi, ExpertBook B9 (B9400) siap untuk berbagai kejadian: keyboard tahan tumpahannya dapat menangani hingga 66 cc cairan tanpa membahayakan, sehingga tumpahan kecil dapat dengan mudah dikeringkan, dibersihkan dan dikeringkan.

ExpertBook B9 dirancang untuk membuat pengalaman mengetik lebih nyaman dan lebih akurat. Terdapat Engsel ErgoLift secara otomatis memiringkan keyboard ke posisi mengetik yang paling nyaman. Bahkan untuk dapat melakukan penangkapan layar, mengaktifkan webcam, atau mengakses aplikasi MyASUS bisa melalui tombol instant yang tersedia.

Screen Anti Silau

Sampai disini saya terus berekspektasi bersama ExpertBook B9 yang dilengkapi Layar NanoEdge 14 inci dengan panel anti-silau yang dapat mengurangi pantulan yang membuat mata silau. Meski harus berlama-lama didepan layar, berkat panel anti silau ini keluhan mata lelah bisa teratasi. Akan sangat merasa nyaman ketika harus begadang menyelesaikan tulisan disaat personil dirumah terlelap tidur.


Alexa, Asisten Virtual

Terbiasa dengan jadwal-menjadwal yang ditulis dibuku terkait apa saja yang akan saya lakukan tiap bulannya, kehadiran Alexa memudahkan saya merampungkan satu persatu kegiatan yang hendak saya ikuti. Cek target menulis, membuat jadwal, membaca email, merencanakan rute bisa dilakukan secara virtual. Hanya dengan mengucapkan didepan alexa akan merespon secara langsung. Canggih ya, seperti punya assisten yang bisa melakukan perintah apa yang kita mau. Hhi, jadi membayangkan sambil memeluknya deh. 


Software MyASUS

Software MyASUS berfungsi menghubungkan ExpertBook B9 ke ponsel kita . Ada 6 point' yang menjadi sorotan laptop dengan software MyASUS ini. 


Diantaranya mempunyai fungsi  transfer file yaitu mengirim file dari ponsel ke laptop ataupun sebaliknya dengan cepat. Sebagai Alamat situs web maksudnya ketika melihat situs apapun yang kita tonton di laptop akan langsung dikirim ke perangkat seluler cukup dengan mengetuk ikon bagikan di browser dan klik MyASUS. 

Phone Call maksudnya Jika saat bekerja didepan laptop, ada telpon tidak perlu mengeluarkan ponsel dari tas atau di saku. Cukup melakukannya pakai laptop. Remote File Akses maksudnya saat bekerja jauh dari kantor, tetap bisa melakukan file transfer data jarak jauh dengan mudah, kapanpun dan dimanapun. Screen mirroring, saat bekerja menggunakan laptop dan ada panggilan, bisa membalasnya tanpa via ponsel. Screen extender maksudnya fitur pmmuerluas Layar yang nyaman mengubah perangkat seluler Anda menjadi ekstensi ke layar laptop Anda. 

Mempunyai Lapis Keamanan Tanpa Batas

Nggak mau kecolongan data penting yang sudah tersimpan apik di laptop. Jaminan keamanan data yang merupakan sumber kehidupan pekerjaan ataupun bisnis benar-benar terfasilitasi oleh laptop ExpertBook B9 sebagai laptop bisnis yang menawarkan keamanan tingkat bisnis yang komprehensif dari perangkat keras dan firmware yang terintegrasi, hingga perlindungan perangkat lunak dan identitas. Berikut fitur security-nya :

Webcam shield

Dari sisi webcam, terdapat slot yang bisa kita on/off kan dengan cara menggeser. Berfungsi untuk melindungi privasi pribadi yang kita miliki dan melindungi informasi bisnis dari peretas jahat. 

IR camera

Dilengkapi fitur biometrik yang bisa menangkap wajah, mata dan detak jantung meskipun ditempat yang gelap. So, sangat terbantu untuk mengetahui siapa yang hendak mencuri data atau peretas jahat yang mencoba mengambil data. 

TPM (Trusted Platform Modul)

Perangkat dedicated chip yang bersungsi sebagai penyimpan informasi semac kriptografi seperti password. Chip yang terdapat pada motherboard laptop ini berfungsi untuk melindungi data disk dari serangan peretas jahat yang ingin mencoba mengakses dari perangkat lain, atau menghapus file.

Chip ini menyediakan otentikasi berbasis hardware dan deteksi tamper, sehingga penyerang tidak dapat mencoba untuk menghapus chip dan meletakkannya di motherboard lain, atau mengutak-atik motherboard itu sendiri untuk mencoba mem-bypass enkripsi

Fingerprint Sensor

Sebagai langkah privasi tambahan, memasang sensor sidik jari yang hanya dengan sekali sentuh ini dengan mudah dapat dideteksi oleh perangkat saat mau login. Pendek kata, fitur ini merupakan sensor sidik jari untuk melindungi login ke PC kita. 

Kensington Lock Slot 

Terdapat sebuah lubang logam sebagai pengait yang melekat pada kabel logam yang dilapisi dengan lapisan karet. Pengait tersebut terhubung ke slot dan lapisan tambahan keamanan ini untuk mencegah perangkat dari pengutil.

USB Port Control

ExpertBook B9 (B9400) dilengkapi port USB yang bisa dikunci agar orang lain tidak bisa membaca store device pada laptop kita. Sekaligus sebagai pelindung data atau mencegah virus yang dapat merusak sistem pada laptop.

Kinerja Menjadi Mudah Bersama ExpertBook B9 (B9400)

Bersama ExpertBook B9 pekerjaan maupun aktivitas bisnis kita akan menjadi mudah . Solusi manajemen yang ditawarkan ASUS akan membuat kita nyaman dengan segala fitur yang ditawarkan. Sangat cocok untuk pebisnis terutama, freelancer fulltime juga bisa memiliki laptop canggih ini.

Bahkan sangat menunjang produktivitas kita untuk membantu merampingkan tugas rutin, mengontrol dan mengelola aset perusahaan dari jarak jauh, menghemat waktu dan uang organisasi untuk skala besar. Untuk skala pribadi, tentu sangat menunjang juga. Menghemat tenaga dan waktu yang menjadikan kita nyaman dan lebih semangat untuk tetap produktif walau berperan dibanyak jobsidk.  


Prodak Ramah Lingkungan

ASUS salah satu brand ternama yang ikut andil menjaga kelestarian alam. ASUS telah memastikan semua produknya disesuaikan dengan tujuan menjaga kelestarian lingkungan. 

Bersertifikat Energy Star® 7.1 dan dinilai oleh EPEAT™ Gold, ExpertBook B9 hemat energi untuk membantu mengurangi biaya dalam jangka panjang. Secara ekologis, prodak ASUS mengacu pada penggunaan metode pembersihan dan produk dengan bahan dan prosedur ramah lingkungan yang dirancang untuk menjaga kesehatan manusia dan kualitas lingkungan.


Service ASUS

ASUS salah satu prodak yang terus melakukan inovasi dan terus berusaha memenuhi kebutuhan pelanggannya. 

ASUS Service Package menawarkan rangkaian solusi yang lebih luas untuk memenuhi kebutuhan lingkungan IT bisnis dan produktivitas Anda.  

Tak hanya service center yang dimiliki ASUS, bahkan service partnerpun ada disertiap kota yang bisa kita temukan dengan mudah.

Spesifikasi ExpertBook B9 (B9400)

Color

Star Black

Operating System

Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Without OS

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Endless

Processor

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

Intel® Core™ i7-1185G7 vPro® Processor 3.0 GHz (12M Cache, up to 4.8 GHz, 4 cores)

Intel® Core™ i5-1145G7 vPro® Processor 2.6 GHz (8M Cache, up to 4.4 GHz, 4 cores)

Graphics

Intel® Iris Xe Graphics

Display

14.0-inch, LCD, FHD (1920 x 1080) 16:9, IPS-level Panel, Anti-glare display, LED Backlit, 400nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio Yes x 1, Screen-to-body ratio 94 %

14.0-inch, LCD, FHD (1920 x 1080) 16:9, IPS-level Panel, Anti-glare display, LED Backlit, 400nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio Yes x 1

Memory

32G LPDDR4X on board, Memory Max Up to:32GB

16G LPDDR4X on board, Memory Max Up to:32GB

8G LPDDR4X on board, Memory Max Up to:32GB

Storage

2TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

2TB + 2TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance RAID0 SSD

512GB + 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance RAID1 SSD

512GB + 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB + 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

512GB + 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 RAID0 SSD

2TB + 2TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

512GB + 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

512GB + 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance RAID0 SSD

1TB + 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance RAID0 SSD

512GB + 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 RAID1 SSD

1TB + 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 RAID1 SSD

2TB + 2TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance RAID1 SSD

1TB + 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance RAID1 SSD

I/O Ports

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A

2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery

1x HDMI 2.0b

1x 3.5mm Combo Audio Jack

Expansion Slots

2x M.2 2280 PCIe 3.0x4

Keyboard & Touchpad

Backlit Chiclet Keyboard

1.5mm Key-travel

Spill-resistant Keyboard

Support NumberPad

Camera

720p HD camera

With privacy shutter

Audio

Built-in speaker

Built-in array microphone

harman/kardon (Premium)

with Cortana and Alexa voice-recognition support

Battery

66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

33WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Power Supply

TYPE-C, 65W AC Adapter, Output: 19V DC, 3.42A, 65W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal

Weight

Yes x 1

0.88 kg (1.94 lbs)

Dimensions (W x D x H)

Yes x 1

32.00 x 20.30 x 0.90 ~ 1.49 cm (12.60" x 7.99" x 0.35" ~ 0.59")

Built-in Apps

MyASUS

MyASUS Features

System diagnosis

Battery health charging

Fan Profile

Splendid

Tru2Life

Function key lock

Smart WiFi

Microsoft Office

1-month trial for new Microsoft 365 customers. Credit card required.

Office Home and Student 2019 included

Military Grade

US MIL-STD 810H military-grade standard

Regulatory Compliance

EPEAT

Energy star

Security

HDD User Password Protection and Security

BIOS Booting User Password Protection

Trusted Platform Module (TPM) 2.0

IR webcam with Windows Hello support

Fingerprint sensor

Kensington Lock

Included in the Box (Optional)

Sleeve

Micro HDMI to RJ45 gigabit ethernet adapter

ASUS Mini Dock


Makin Produktif Bersama ASUS ExpertBook B9 (400)

Siapapun boleh bermimpi dan lebih produktif bersama laptop canggih dan mumpuni ini. Ketika skill selalu diupgrade yang kemudian didukung oleh perangkat keren semoga kita sebagai blogger dan writer bisa bekerja secara professional menelurkan karya terbaik. Amiin. 

Saya siap bertumbuh bersama ExpertBook B9 untuk makin produktif dan lebih profesional lagi. Doakan ya . 







Artikel ini diikut sertakan dalam kompetisi blog bersama ASUS ExpertBook B9






Sumber tulisan

https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B9-B9400/

https://www.ekrut.com/media/10-profesi-freelancer-yang-paling-banyak-dicari

https://www.google.com/amp/s/www.finansialku.com/pekerjaan-freelance-yang-menjanjikan/

https://youtu.be/TPJxLl_R1MA

https://youtu.be/VfNcjFvL6Bo

 

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Wah.. konten kerjasama nih kak. Aku kapan dapatnya yaa?

    Btw, buat dapat kerjasama, blog DA kk berapa? Bagi tips nya menaikkan DA dong kak!

    Salam,

    TOMTOMID

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini lomba blog mas, bebas siapa aja boleh ikutan kok. Bantu jawab

      Hapus
    2. Lomba blog dari mana kak? Boleh bagi link nya?

      Saya ini uga udah punya 2 link lomba blog n mau coba ikutan.

      Hapus
    3. Cek saja di Instagram, info lomba blog banyak. Atau info lomba menulis

      Hapus
  2. waw, kesibukan dan jalan ninja yg ga main2 ini, punya goals jangka panjang yg jelas adl salah satu kekuatanmu, mbak. Tanpamupaya dr yg melakukan, semua ilmu dlm kelas2 hanya akan jadi debu mbak, hehe. Semangat mbak win, aku merasakan de javu juga nih ke masa 4-5 tahun lalu, masyaaAllah

    BalasHapus