Jagatera.id, Solusi Masalah Sampah Dekat Ibukota

Jagatera.id, Solusi Masalah Sampah Dekat Ibukota

Daftar Isi

Setuju? sebutan yang tepat untuk jagatera.id sebagai pahlawan pengelola sampah, sekaligus memberikan solusi masalah sampah di ibukota. 

solusi masalah sampah

Menyimak reels yang dibuat di awal postingan instagramnya. Bikin saya terharu. Ada ya, sosok pahlawan Pak Deny dan kawan-kawannya. Seorang pahlawan yang benar-benar tulus untuk mengawali langkahnya bersama Bberes.id ( awal nama sebelum menjadi jagatera.id).

"Awalnya, saya tidak tahu dengan benar bagaimana harus mengolah sampah botol plastik, sampah kertas dan lainnya.Ya modal nekat saja. Bahkan ngasih tahu dari customer ke customer untuk menjemput sampahnya ke rumah. Waktu itu, sehari dapat 5 kg saja sudah bersyukur. Muter se Jabodetabek untuk ambil sampah dengan segala resiko. Pernah ketilang gara-gara sampah melampaui ukuran ya pernah dilalui. 

Hingga sampah yang pada waktu itu dikeola hasilnya enggak sepadan sama energi yang dikeluarkan karena biaya tidak mampu menutup operasional. Tanpa mengenal putus asa, Pak Denny selaku CEO yang tergabung dalam sebuah managemen berupaya terus untuk lanjut.  Apalagi ketika meniti karir tersebut,  virus Corona menghampiri jagat raya. Membuat gerak langkahnya semakin sempit.

Lantaran hal itulah, ada perubahan pengiriman sampah. Awal berdiri, belum ada yang namanya biaya penanganan. Sering berjalannya waktu, Jagatera.id juga berbenah. Menerima semua sampah yang ada kemudian melebarkan sayap dengan memperbanyak mitra, mereka memberanikan diri untuk terbang lebih tinggi. Berkat kejujuran Pak Denny dan kawan-kawan dibalik layar, mereka menyampaikan apa adanya. Alhasil, alasan itu diterima oleh pelanggan. Dari data yang di dapat, mencapai 1800 pelanggan dan terus meningkat. 

Selain semangat dan jiwa besar mereka untuk menjadi teman dari  sampah, tak mungkin Jagatera tetap berdiri sampai detik ini. Enggak menyangka ya, saya pun menyambut gembira kabar itu.

Mengenal Lebih Dekat Jagatera.id

Menelusur lebih dalam siapa Jagatera, buat saya penasaran.Mumpung konten di feednya belum begitu banyak (waktu itu), saya scroll deh. Sempat saya pun ikut khawatir karena jagatera.id mau pamit alias off. Eh, baru berdiri di tahun 2019 kok mau bubar saja. 

Awal mula, namanya adalah Beberes.id. Karena dianggap menyerupai nama lainnya, BBeres memberanikan diri untuk mengurus legalitas agar sesuai badan hukum. Melalui proses yang cukup terjal, resmilah BBeres berubah nama menjadi Jagatera.id.

Sampah yang diterima Jagatera.id

Kalau saya hitung dalam satu tahun terakhir, saya telah mengirim sampah 3 kali. Pertama seberat 11 kg, 8kg dan 7kg. Jika dibuang di tempat penampungan sampah, saya enggak bisa membayangkan apa jadinya sampah ku nanti. Makanya, ketika tahu dari komunitas sebelah kalau jagatera.id menerima sampah tersebut, saya langsung cek dan tanya lebih lanjut lewat nomor WhatsAppnya.

Jagatera.id, menerima semua jenis sampah yang di daur ulang. Seperti kertas, kardus, beling, botol plastik, wadah kemasan, minyak jelantah, pakaian, sepatu, sendal dan furniture. Selama ini, belum pernah kirim sampah furniture karena memang lokasi jagatera cukup jauh.

Lokasi Jagatera.id, Memberikan Solusi Masalah Sampah di Ibukota

DROP STATION UTAMA

https://goo.gl/maps/d48Skq9ssbhhEU396

Jl. Kesadaran III, Rt 002, Rw 001, Mentok Ujung, Pondok Petir, Bojongsari, Depok

Jawa Barat 16517

untuk penjemputan gratis, bagi teman-teman yang dekat dengan lokasi bisa pantau terus instagramnya. 

Alasan, Mempercayakan Sampah untuk Dikelola Jagatera.id : #OrangBaik Menciptakan Solusi Masalah Sampah

Dari awal memang sudah niat kirim sampah, sejak tahu bahwa jagatera.id menerima sampah baju bekas maupun tak layak pakai. Merasa beruntung saja, sebab, saya biasanya bingung hendak buang sampah kain kemana. 

Hidup di perumahan  serba repot jika buang sampah sembarangan. Nah,  meski dikenai biaya penanganan perkilogramnya, enggak masalah sih. Sebab,kebaikan hati pengelola jagatera juga layak kita apresiasi. Mereka bukan hanya memikirkan lingkungan bagaimana biar bersih dan sampah tidak semakin menggunung. Mereka juga memikirkan para kaum dhuafa untuk bisa menikmati barang layak pakai untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Dari sampah yang dikirim oleh customer 

1. Pilah

Pertama kali, Jagatera melakukan sortir untuk sampah yang diterima. 

2. Disalurkan

untuk barang yang masih bagus dan layak pakai, disalurkan kepada kaum dhuafa

3. Diolah

Khusus sampah yang memang tak bisa digunakan lagi

Penutup

Andai kalau lokasinya benar-benar dekat, saya pasti rajin kirim sampah. Hhhhhe. Terutama untuk furniture, dirumah ada kasur yang pengen saya ganti. Karena bingung buangnya, jadi ditahan dulu entah sampai kapan .

solusi masalah sampah

Kehadiran jagatera.id ini memberikan solusi masalah sampah bagi lingkungan kita ya. Mengingat kota besar di Indonesia yang penuh dan padat penduduk, persoalan sampah dari tahun ke tahun belum ada solusi terbaik. Beruntung masih ada para oknum yang berbaik hati, ikut andil menjadi teman untuk sampah. Meski demikian, tumpukan sampah tetap menggunung. Lantas bagaimana solusinya ?  

Minimal, kita sebagai manusia juga patuh terhadap aturan. Buang sampah pada tempatnya, memilah sesuai jenisnya. Jangan boros dan cek gaya hidup kita sudah benar-benar ramah lingkungan apa tidak

Semoga ada pahlawan pengelola sampah lainnya yang turut berperan asli menjaga bumi pertiwi tetap asri.

15 komentar

Comment Author Avatar
11/8/23 05:40 Hapus
Aku langsung dong ke yanatera.id.... Ternyata benar ya, sedetail itu mereka mengelola sampah di ibukota... Semoga Mas Denny cs senantiasa sehat, semangat dan istiqomah
Comment Author Avatar
12/8/23 10:54 Hapus
Di zaman digital seperti saat ini semua bidang memang harus menyesuaikan agar bisa beradaptasi, bertahan, dan bahkan lebih mengembangkan bidang yang ditekuni. Seperti jagatera.id yang mengelola sampah tapi dengan modernisasi yang Ok punya sehingga bisa terus berkembang dan sistemnya disukai masyarakat pula
Comment Author Avatar
13/8/23 10:56 Hapus
MasyaAllah... Memang, persoalan perubahan iklim butuh kesadaran kolektif. Langkah Jagatera ini menginspirasi sekali. Semoga makin banyak gerakan serupa di kota-kota lainnya.
Comment Author Avatar
13/8/23 15:07 Hapus
Andai ditempatku ada, aku juga mau kirim sampah pakaian. Suka bingung kalo mau buang. Krn beberapa ada yg masih layak pakai krn udah sempit di badan.
Sukses terus untuk jagatera
Comment Author Avatar
13/8/23 16:00 Hapus
Salut dekali sama orang orang yg peduli dengan lingkungan dan sesama, apalagi masalah sampah ini juga merupakan masalah yg penanganannya masih terus
diupayakan untuk ditangani lebih
serius. Jagatera.i patut sekali dicontoh sebagai sarana pelaku pengelola sampah yg bagus.
Wah, keren banget sih ada yang bisa kelola sampah dengan pilihan yg banyak macam kertas, kardus, beling, botol plastik, wadah kemasan, minyak jelantah, pakaian, sepatu, sendal, furniture. Dulu pas tinggal di Tangerang aku tuh suka bingung kalau masalah sampah furniture. Beruntung deh kawasan yg tercover jagatera ini. Sukses terus!
Comment Author Avatar
13/8/23 19:19 Hapus
Sama, Mbak, kalau jagatera dekat dengan tempat tinggal, pasti saya juga sering ngirim sampah. Pernah ngumpulin botol dan wadah bekas skincare, berharap ada program seperti ini, tetapi akhirnya dibuang ke tempat sampah juga.
Comment Author Avatar
13/8/23 19:26 Hapus
Aku pun suka bingung klo ngurusin sampah yg harusnya bisa daur ulang Mba, khususnya minyak jelantah..
Mau ceka ceki ke ignya jagatera aah..
Comment Author Avatar
13/8/23 21:16 Hapus
Aku juga suka bingung kalau buang sampah kain kemana ya. Kalau baju yang layak pakai masih bisa dikasih ke sodara, tapi kalau yg jelek² kan bingung juga dikemanain. Seneng bgt ada yg peduli sama lingkungan seperti Jagatera.id, kita jadi ikut belajar mengolah sampah juga ya.
Semua sampah bisa di olah lagi menjadi pupuk kompor, gas, dll. Ide yang sangat bagus jika dikelola dengan baik dan benar
Comment Author Avatar
13/8/23 23:51 Hapus
Andai saja di Semarang juga ada jagatera.id, soalnya aku juga bingung mau buang sampah furniture dan pakaian, karena pakaian dibuang bukan karena sudah jelek, tetapia karena sudah tidak cukup dibadan.
Comment Author Avatar
14/8/23 03:28 Hapus
Keren banget ada yang peduli dengan lingkungan sekitar terutama sampah, bukan sekedar peduli tetapi mengelola juga. Selain mengurangi volume sampah dan bisa jadi ajang kreativitas juga
Wah salut banget dengan jagatera.id ini, keren euy inisiasinya. Disadari atau tidak memang sampah pakaian bisa menimbulkan permasalahan lingkungan. Semoga di daerah lain ada ya yang seperti jagatera.id ini. Karena mengolah sampah sebetulnya bukan kewajiban golongan atau orang2 tertentu saja. Bukan cuma pemerintah. Tapi kita semua wajib ikut andil di dalamnya...
Comment Author Avatar
1/9/23 21:18 Hapus
Keren banget jagatera, perlu banyak lagi yang seperti ini di setiap penjuru daerah di indonesia. Saat ini di daerah saya (jogja) , masalah sampah lagi sangat urgent. TPA sempat ditutup, membuka TPA sementara, mobil sampah yang biasa dateng seminggu 3 kali, hanya bisa datang 1 kali seminggu. Aduh pusing rasanya.. Hehehe.
Salut dan appreciate banget dengan apa yang dilakukan Denny cs dengan Jagatera.id. benar-benar menjadi solusi bagi kesehatan dan lingkungan ini.