√Rahasia Emak-Emak Tetap Sehat dengan Kebaikan Alami

Rahasia Emak-Emak Tetap Sehat dengan Kebaikan Alami

Orang jaman dulu, tidak asing minum jamu yang diracik dari beberapa empon-empon khas tanamanan tradisional. Empon-empon dipercaya sebagai minuman andalan yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia sejak zaman nenek moyang. Benarkah begitu ?


Dari akar, daun, batang tanaman tradisional semua bisa digunakan dan dikonsumsi menjadi minuman berkhasiat khas Jawa. Sebagai contoh wedang uwuh, beras kencur, kunyit asem, wedang jahe adalah beberapa contoh minuman tradisional lain yang bisa ditemukan di daerah Jawa, terutama.

Bagi saya, emak millenial yang lahir di tahun 1990 minum jamu masih sangat asing. Dalam keluarga tidak terbiasa minum jamu paitan. Bahkan mulai mengenal minum jamu saja sejak tinggal di Magelang yang mana saat itu menjadi seorang ibu menyusui. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman minum jamu yang  saat menyusui.

Jamu Herbal Bisa Jadi Booster ASI

Kembali mengenang masa-masa menyusui  di tahun 2018 tepatnya di bulan September tanggal sebelas. Saya melahirkan seorang bayi mungil berjenis kelamin laki-laki. Yang saat ini berusia 27bulan. Awal melahirkan sampai anak berusia 10bulan saya hidup bersama mertua di Magelang.  Sebagai new mom yang belum ada pengalaman menyusui tentunya selalu sendiko dawuh (manut apa kata orangtua). Minum jamu paitan dari rebusan daun pepaya, jamu kunyit asam dan jamu beras kencur. Ditambah lagi, menu andalan makan oseng sayur daun pepaya, oseng pare, oseng daun pace, sayur bening daun katu yang tentunya sudah di masak dan siap saya nikmati. 

Ternyata asi saya melimpah dengan mengkonsumsi minuman dan lauk yang tadi saya sebutkan. Hal ini bukan hanya mitos, namun benar-benar bisa saya gunakan sebagai booster ASI saat masih menyusui anak. Tanpa tambahan vitamin berupa kapsul/obat. 

Awalnya merasa pahit di lidah, dan pengen hoek. Tapi karena ini demi anak, ya saya lakukan. Dan dari sini sekarang sudah kebal dengan yang namanya minuman herbal. Bisa dikatakan doyan jamu. 

Minuman Herbal, Membantu Menjaga Imun Tubuh Tetap Kuat

Tradisi minum jamu inipun berlanjut saat saya dan suami sudah satu atap dan tinggal bareng di Kediri. Back to nature, tiba-tiba menjadi hits saat virus corona singgah di Indonesia. Orang-orang berburu empon-empon setelah Pak Jokowi mengumumkan bahwa ada warga negara Indonesia yang positif covid. 


Saya masih ingat betul, di bulan Maret 2020 empon-empon seperti jahe, kencur, kunyit, temulawak diburu banyak orang. Kaum dewasa, bahkan manula mencari empon-empon tersebut untuk dibuat minuman penangkal Corona. 

Tak ketinggalan pula, saya dan suami juga pernah membuat minuman tradisional yang disebut jamu untuk mengusir capek dan bisa membantu menjaga imun tubuh tetap kuat. Yaitu minum jamu yang terdiri dari empon-empon seperti jahe, kencur, beras, serai, gula sedikit, kapulaga, cengkeh dan air. Diolah secara manual  dengan tangan sesuai takaran yang pas. Berilmu dari saudara yang sudah bertahun-tahun menekuni perjamuan, meracik minuman tradisional. Beliau punya keahlian yang mana dengan racikan itu bisa membantu mengobati penyakit keras yang di derita orang. 

Karena sudah membuktikan dan benar-benar merasakan manfaat dari minum jamu. Sangat membantu saya terhindar dari  bahan kimia. Selain itu,  tubuh tetap fit, imun tetap terjaga, dan low budget tentunya.

Mengenal Lebih Dekat Minuman Herbal 

Indonesia, khususnya jawa tengah dikenal sebagai penghasil terbesar tanaman biofarmaka atau yang disebut dengan empon-empon. Tanaman biofarmaka ini bisa digunakan sebagai bahan obat, kosmetik, kesehatan atau bisa dikonsumsi dari daun, akar, batang dan buah. 

Literasi terkait empon-empon memang harus dikoar-koarkan. Tak heran jika herbadrink berupaya  mengajak generasi millenial (terutama) untuk suka minum jamu. Herbadrink sudah bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia dan bersertifikat LP POM. Ramuan herbal yang dibuat berdasarkan resep tradisional dan diproses melalui teknologi modern. 


Herbadrink adalah jamu instant yang dikemas praktis untuk minuman siap saji. Bisa diseduh menggunakan air hangat atau dingin. Saya baru tahu bulan ini, ada minuman herbadrink yang komposisinya terdiri dari empon-empon pilihan. Memberikan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Beralih ke  Herbadrink 

Semenjak tahu herbadrink, saat ini beralih ke minuman siap saji ini. Kelebihan herbadrink dari sisi kemasan tentunya bisa di bawa kemana-mana saat kita bepergian jauh. Sangat cocok bagi orang-orang yang punya mobilitas tinggi yang mana ingin  menjaga imun tubuh tetap kuat.

Lainnya, low budget. Dalam satu box berisi lima sachet dan bisa di tebus dengan harga yang cukup murah sebesar Rp 14.300/dus. Harga ini tergantung varian herbadrink. Harga yang saya sebutkan tadi untuk herbadrink dengan varian beras kencur. Saya percaya, herbadrink ini bisa membantu menyegarkan dan membantu menghangatkan badan. Diolah dari ekstrak murni bahan pilihan dan berkualitas yang diproses dengan teknologi modern. Tanpa pengawet dan tanpa endapan. 

Untuk rasa, pasti bisa diterima semua lidah. Apalagi untuk generasi Millenial yang takut minum jamu. Herbadrink bisa menjadi solusi bagi yang takut dengan rasa pahit. Tak ada rasa tidak enak jika minum herbadrink ini. Yang ada hanyalah, rasa enak dan enak banget. Tak ketinggalan pula rasa khas empon-emponnya yang membuat penikmat herbadrink ini merasakan sensasi kehangatan yang bisa berpengaruh langsung oleh tubuh. 


Apalagi herbadrink ini juga bisa disajikan dengan air dingin. Pernah juga saya mencoba menyeduh herbadrink beras kencur ini dengan air dingin. Rasanya tetap nikmat. Bisa disesuaikan di segala kondisi. Praktis bukan ?

Herbadrink ini bisa didapatkan di Alfamidi atau supermarket yang ada dekat rumah. Awal bulan ini saya bersama suami pergi belanja bulanan ke golden swalayan Kediri. Alhamdulillah disana ada dan lengkap banget variannya. 

Kenapa memilih Herbadrink Beras Kencur ?

Sebenarnya variant lainnya ada herbadrink chrisanthemum, sari jahe, sari temulawak, kunyit asam, lidah buaya dan wedang uwuh. Saya lebih memilih herbadrink beras kencur karena  sebagai active mom butuh  minuman berkhasiat ditengah kesibukan urus anak, suami dan menyelesaikan pekerjaan rumah. Punya hobi menulis yang seringnya wayangan saat me time dengan tulisan sehingga butuh support sistem dan salah satunya dengan minum  herbadrink beras kencur. 

Sumber gambar :www.herbadrinknatural.com

Alhamdulillah, nafsu makan bagus, siklus haid bagus dan menurut saya herbadrink inilah yang cocok dan sesuai dengan yang saya butuhkan saat ini. Sering kejar tayang nulis saat orang terlelap. Seorang ibu rumah tangga pantang sakit tentunya. Maka untuk dopping stamina, minuman herbadrink inilah yang menemani  aktivitas ku di tengah wabah pandemi yang tak kunjung usai. 



Manfaat Herba Drink Beras Kencur

Jamu beras kencur sangat cocok untuk menjaga stamina para pekerja keras. Jamu yang berbahan dasar beras dan kencur ini dipercaya mampu menangkal penyakit dan meningkatkan kebugaran tubuh sejak zaman nenek moyang. 

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kencur dipercaya memiliki beragam khasiat. Diantaranya :


Selengkapnya bisa dibaca di www.herbadrink.com


Active mom seperti saya yang keseharian membersamai batita yang sedang aktif-aktifnya sangat terbantu dengan herbadrink ini. Tak perlu menghabiskan waktu untuk meracik jamu secara manual. Karena meracik jamu tradisional secara manual butuh waktu yang cukup lama dan butuh good feeling. Tanpa mengurangi segudang manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh, herbadrink hadir untuk membantu imun tubuh anda tetap kuat dan sehat. Tinggal memilih mau variant apa saja yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Selengkapnya bisa di cek di website herbadrink. Ada resep andalan yang bisa kita mix dengan varian herbadrink. Mantap deh. 



Semoga bermanfaat 





Sumber referensi :

https://www.parentstory.com/blog/mengenal-empon-empon-yang-diyakini-mampu-menangkal-corona


https://yoursay.suara.com/amp/lifestyle/2019/10/08/100000/ribuan-ton-tanaman-jamu-per-tahun-ternyata-dihasilkan-di-jawa-tengah?page=all










Windi Astuti
Fulltime mom yang suka menulis

Related Posts

Posting Komentar