Fungsi Jangka Sorong dan Bagian-bagiannya

Fungsi Jangka Sorong dan Bagian-bagiannya

Daftar Isi
apa itu jangka sorong

Jangka sorong adalah alat pengukur benda yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi untuk mendapatkan keadaan pasti (presisi). Dalam ilmu pengukuran, untuk mencapai ketelitian yang optimal, jangka sorong adalah alat yang tepat dan akurat mengukur kedalaman benda, diameter dalam dan diameter luar suatu benda. Lebih jelasnya, simak ulasan saya sampai bawah ya !

Apa Itu Jangka Sorong

Alat pengukur ketebalan benda yang mengedepankan tingkat ketelitian tinggi mencapai 0,1mm. Biasanya, jangka sorong atau yang sering disebut caliper ini dipakai dalam bidang manufaktur, sains, teknik dan pendidikan.

Alat pengukuran ini menjadi andalan dalam hal mengetahui kualitas kontrol. Mengukur benda yang tidak dapat dijangkau dengan pengukuran mata atau penggaris. Jangka sorong adalah alat yang tepat untuk mendukung kinerja tersebut. Hasil pengukurannya dapat dibaca dengan tepat dan lebih efisiensi waktu.

Mengingat kebutuhan yang kian meningkat, aksesori jangka sorong tidak hanya diproduksi dalam bentuk manual (jangka sorong analog) saja . Terdapat juga jangka sorong digital, yang dari hasil pembacaan pengukuran sangat memudahkan pengguna. Pengguna cukup memantau angka digital yang muncul. Tidak perlu ketelitian tinggi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Manfaat Jangka Sorong

Prinsip kerja jangka sorong mudah untuk di pahami. Menjadi ujung tonggak pengukuran yang mengedepankan ketepatan. Tidak heran, jika perusahaan industri barang konsumsi, aneka industri alat berat, industri bahan dasar dan kimia melibatkan sisi fungsi caliper untuk mendukung prosesnya.

Mereka adalah contoh perusahaan manufaktur yang lebih mementingkan efisiensi waktu dan biaya produksi. Proses produksi yang tepat, dengan pengukuran akurat dari bahan/benda yang dipakai, dipercaya dapat meminimalisir biaya produksi apabila ada yang cacat.

Misal saja, salah pengukuran benda, akan berujung ribet di tahap selanjutnya. Menghambat proses produksi hanya karena tidak teliti dalam mengukur. Meski, pengguna jangka sorong adalah seorang yang ahli dalam produksi di bidang manufaktur, bantuan alat bernama jangka sorong akan memberikan nilai lebih, tak sekedar alat pengukur biasa. Menambah nilai dan kualitas produk. Maka, menjaga presisi dan memastikan keakuratan pada dimensi objek yang diukur menjadi catatan penting.

Agar semakin jelas, berikut beberapa fungsi jangka sorong untuk memudahkan teman-teman dalam menilik fungsinya secara lebih luas.

1. Memudahkan Pengukuran Dimensi Linear

Pengukuran sisi luar suatu objek, yang mencakup panjang dan lebar serta kedalaman benda akan menjadi lebih mudah.

2. Memudahkan Pengukuran Diameter

Pengukuran objek yang berlubang atau ada celahnya, jangka sorong sangat memungkinkan untuk digunakan mengukur objek tersebut.

3. Memudahkan pengukuran ketebalan

Objek yang tergolong kecil, akan tetap bisa diukur menggunakan caliper dengan akurasi pengukuran ketebalan mencapai 0,001 inci atau 0,02 mm.

4. Mengukur Sudut Jadi Lebih Mudah

Skala sudut yang tersemat dalam alat pengukur caliper, memiliki nilai fungsi dalam pengukuran objek.

Menilik kegunaan jangka sorong, alat pengukuran yang mudah dibawa kemana-mana ini memiliki fungsi praktis yang begitu luas. Bukan hanya berlaku pada bidang manufaktur saja, seperti yang sudah saya sampaikan di kalimat atasnya. Manfaat jangka sorong, juga berfungsi di bidang konstruksi dan laboratorium. Jadi, tidak hanya menyasar lingkup itu-itu saja..

Bagian-Bagian Jangka Sorong

manfaat jangka sorong

Umumnya, jangka sorong terdiri dari bagian-bagian berikut :

  1. Bagian Rahang Dalam
  2. Bagian rahang Luar
  3. Tangkai Ukur Kedalaman
  4. Skala Utama
  5. Skala Nonius
  6. Baut pengunci

Rekomendasi Jangka Sorong Terlengkap

Tidak banyak perusahaan distribusi peralatan dan mesin industri yang menyediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk mendukung proses produksi serta pembangunan. PT Kawan Lama Sejahtera, menjadi rujukan yang tepat bagi siapapun yang ingin menemukan kebutuhan industri, lengkap dengan kualitas yang bisa diandalkan.

Pada usianya yang telah mencapai setengah abad, PT Kawan Lama Sejahtera terus berkomitmen menyediakan peralatan industri dari yang berskala ringan, sedang dan berat. Terbukti, memiliki 19 cabang di Indonesia dengan tim sales engineer yang mumpuni.

Bagi siapapun yang mengalami tantangan dalam hal pengukuran suatu objek yang berkaitan dengan profesi, rekomendasi jangka sorong terlengkap yang ada di kawanlama.com siap menjadi solusi terbaik. Telah teruji memiliki kualitas keakuratan pengukuran yang tinggi.

1. MITUTOYO VERNIER CALIPER CLAMP 150/0.05mm 531-101


rekomendasi jangka sorong


Berbahan stainless steel dengan akurasi pengukuran mencapai 0,005 mm. Memiliki kelebihan pengukuran suatu objek dari dimensi dalam dan luar. Mampu mengukur benda sepanjang 229 mm dan lebar 0-150 mm .

MITUTOYO VERNIER CALIPER CLAMP 150/0.05mm 531-101 cenderung ringan untuk dibawa. Beratnya hanya 1.142kg. Untuk pembeliannya, bisa dilakukan indent dengan masa pemesanan 3 hari.

2. IMADA MANUAL TEST STAND SVH-1000N

jangka sorong manual

Bentuknya meyakinkan. Memiliki fungsi yang lebih dari jangka sorong model penggaris. Keakuratan sudut pengukuran yang menenangkan. Memungkinkan untuk kegunaan berbagai pengukuran.

Berat bersih produk sekitar 7 kg. Mampu mengukur dimensi objek dengan tinggi 4000 cm , panjang 28000 cm dan lebar 20000 cm. Untuk pemesanan secara indent dengan masa pemesanan 30 hari.

3. MITUTOYO DIG INDICATOR PEAK VALUE HOLD 543-301

jangka sorong digital


Dibekali pengunci untuk menghindari kecelakaan pada saat penggunaan. Memberikan kemudahan hasil pengukuran baik itu baik itu dalam batas kecil maupun besar, pengukuran menampakkan hasil yang begitu detil.

Berat bersih produk sekitar 1000 kg. Mampu mengukur dimensi objek dengan tinggi 7.300 cm , panjang 10.800 cm dan lebar 19.000 cm. Untuk pemesanan secara indent dengan masa pemesanan 3 hari.

4. MITUTOYO ABS DIG CALIPER 0-8INC/0.01MM 500-163-30


aksesori jangka sorong


Memiliki daya tahan yang tinggi, dan mudah dalam penggunaan. Di design kokoh dengan bahan stainless steel. Dengan kelebihannya yang dapat melakukan pengukuran dimensi objek, baik itu panjang, lebar, dan kedalaman dari sisi luar maupun dalam. Berat bersih produk sekitar 0,550 kg. Mampu mengukur dimensi objek dengan tinggi 41.000 cm , panjang 28.000 cm dan lebar 20.000 cm. Untuk pemesanan secara indent dengan masa pemesanan 30 hari.

Penutup

Untuk memenuhi kebutuhan industri akan alat pengukuran yang berkualitas dengan keakuratan yang bisa dipertanggung jawabkan, PT Kawan lama adalah gudangnya. Dengan menelusur sisi presisi dan kualitas, saya yakin, anda sudah tahu jawabannya. Semoga rekomendasi jangka sorong ini berguna. Bagi emak-emak yang ingin tahu apa itu jangka sorong dan manfaatnya, yuk, cek selengkapnya di kawanlama.com ya!




13 komentar

Comment Author Avatar
29/5/24 11:51 Hapus
Jadi ingat dengan suatu mata pelajaran. Tapi apa ya? Matematika atau fisikia dulu yang pakai jangka sorong ini??
Comment Author Avatar
29/5/24 13:34 Hapus
Ketika dulu masih mengajar fisika, mengajari siswa membaca jangka sorong itu susah sekali. Tapi sekarang ada yang lebih praktis, yaitu jangka sorong digital.
Seumur-umur baru tahu dengan jangka Sorong ini.. multifungsi juga ua
Comment Author Avatar
31/5/24 20:07 Hapus
baca ini langsung terlempar ke masa lalu..dulu kayak ngekoleksi banyak jangka sorong soalnya kadang suka ilang-ilangan hahaha
Comment Author Avatar
2/6/24 14:54 Hapus
Seingat saya jangka sorong digunakan mengukur benda yg kecil pada pelajaran fisika. Wah jadi ingat kalau di pelajaran ini banyak kekurangan dan nilainya minimalis banget.
Comment Author Avatar
2/6/24 15:52 Hapus
Inget jaman sekolah ngga bisa baca jangka sorong. Eh pas kerja ketemu lagi jangka sorong versi gedenya. Enak ya ada yg digital skrng.
Comment Author Avatar
2/6/24 18:44 Hapus
Jadi inget dulu kalo di lab fisika suka mainan alat-alat lab salah satunya jangka sorong. Biasanya cari uang koin kalo enggak ya tutup botol abis itu di hitung sama-sama wkwkwk.
Comment Author Avatar
2/6/24 21:44 Hapus
Sering liat tp baru tau namanya. Ih, kemana aja sih aku.. 😂😂😂
Comment Author Avatar
3/6/24 08:49 Hapus
Duh, anak IPS, nih, jadi nggak terlalu familier sama jangka sorong. :') Benda ini ternyata dipake juga di pelajaran fisika, ya. Kirain bukan termasuk peralatan sekolah.
Comment Author Avatar
3/6/24 10:50 Hapus
Inovasi jangka sorong ini keren menurutku, kapan lalu coba pakai yang digital (yang nomer 4), ketelitiannya sampai 0,1 mm jadinya lebih presisi untuk pengukuran
Inget jangka sorong aku seperti nostalgia dengan kerjaan lamaku. Ini alat yang wajib ada dalam kantong baju dinasku kayaknya wkwk..Keseringan nyebutnya caliper dibanding jangka sorong. Tapi aku pakainya yang digital, aku nyaris sampe lupa gimana baca ukuran kalau pakai yang manual wkwk.
Comment Author Avatar
4/6/24 09:48 Hapus
Zaman sekolah waktu praktik fisika pakai jangka sorong ya pakai aja, ga tau jenisnya apa cuma ya namanya juga media pembelajaran sekolah yang terbatas jadi jangka sorongnya udah lama gitu
Comment Author Avatar
6/6/24 05:59 Hapus
Makasih infonya Mbak. Penting juga infonya buat emak rmak yg nyiapin anaknya sekolah nih