Advertisement

Main Ad

13 Lagu Kenangan dan Nasehat Bijak


Tak kutemukan alasan pasti, mengapa aku jatuh cinta padamu. Lewat lagu, aku perlahan mengeja rasamu kala itu. Dengan rasa penasaran sejauh mana engkau mengenalku dan mencintaiku.

Ssssst, 

Mengenang lagu jaman dulu, sebagai pengiring langkah dimana aku menikmati kejombloanku hingga akhirnya menemukan partner hidup yang insha Allah untill Jannah. Amiin. 

Ngomongin wedding anniversary kok ya seringnya lupa mau merayakan. Mungkin karena terbiasa tidak ada perayaan dan hanya sebatas doa terlantun, menjadi lupa sudah masuk anniversary keberapa ? 🤭 Nikah bulan September tahun 2017 , punya anak September 2018 dan Alhamdulillah sampai sekarang masih bertiga dengan satu bocil yang sedang aktif-aktifnya bergerak. 

Aku mau bocorin lagu kenangan saat masih sekolah, dan mengalami jatuh cinta diusia yang masih lugu membuat diriku senyum sendiri saat menuliskannya disini. Ternyata kalau difikir sekarang, rasa lebay itu menempa diri di masa remaja awal sampai remaja akhir ya. Yang sering berfikir instant dan banyak maunya. Selain itu, aku selipkan nasehat bijak suami yang pernah disampaikan dari saat masih ta'aruf sampai sekarang. Ditafsirkan sendiri ya, karena aku menuliskannya memang tidak secara gamblang. 

Sedikit curcol nih, jaman seragam putih dongker dikiranya lagu yang kukenal hanya sholawatan. Bertambah usia dan berganti seragam putih abu, tetap sama lagu yang dihafal itu-itu saja. Dulu dikenal pendiam sih oleh teman-teman. Yang sekarang wis beda banget kata sebagian temanku. Nah, karena merasa menjadi anak pendiam dan pemalu itu tak enak akhirnya evaluasi diri sejak kelas XI, butuh keluar dari zona nyaman buat berubah menjadi pribadi yang percaya diri dan berani menyampaikan pendapat. Soal mendengarkan lagu pop memang saya niati buat mengenal juga sekaligus menghibur diri. Bukan untuk mengikuti trend sih, lebih tepatnya biar tidak kuper sekaligus menikmati lagu anak muda yang katanya mewakili segala rasa. 

Berikut deretan lagu yang menjadi pilihan sebagai pengiring langkah kaki ini : 

1. Laskar Pelangi

Sempat ngefans sama Nidji, walau akupun tidak tahu alasan pastinya apa. Yang jelas aku suka lagu ini. Memotivasi diri dan memang liriknya anak muda banget. Bahwa manusia harus punya tujuan hidup. Tetap bersyukur walau hidup tak seindah surga. Lagu yang dirilis tahun 2008 selalu menjadi penyemangat diri untuk maju dan melangkah menjemput mimpi. 

Mimpi adalah kunci

Untuk kita menakhlukkkan dunia

Berlatihlah tanpa lelah

Sampai engkau meraihnya

Nasehat bijak :

Kelak kalau sudah sah, kita tetap hidup prihatin. Seperti halnya sekarang, hidup sederhana. Kalau suami nyontohin sih beli barang yang benar-benar dibutuhkan. 

2. Jangan Menyerah

Lagu yang dirilis pada tahun 2009 ini masuk dalam lagu favorit. Suka dengan kualitas suara Ryan d'massive sehingga lagu ini menjadi pengantar perjalanan dikala dulu masih terjatuh saat orangtua bangkrut. Terkadang menghibur diri dengan bernyanyi lagu yang membuat diri bangkit, berdiri dan tegak dalam menghadapi masalah. 

Syukuri apa yang ada

Hidup adalah anugrah

Tetap jalani hidup ini

Melakukan yang terbaik

Nasehat bijak : 

Ikhtiar terbaik, soal rejeki Allah yang mengatur. Tugas kita berusaha terus. 

3. Kita

Selalu renyah deh lagu-lagunya Shella on 7. Lirik dan musiknya selalu keren, sehingga wajar jika lagunya laris pada jamannya. Bahkan sekarang pun tetap digandrungi oleh para fansnya. Kalau ngomongin lagu jaman dulu itu sesuatu, liriknya sarat akan makna. Beda dengan lagu jaman sekarang. 

Di saat kita bersama, di waktu kita tertawa

Menangis, merenung oleh cinta

Kau coba hapuskan rasa

Rasa di mana kau melayang jauh dari jiwaku juga mimpiku

Nasehat Bijak : 

Lebih baik hidup mandiri, apapun kondisinya. Jangan sampai merugikan banyak orang.

4. Cinta dalam hati

Sempat merasakan jatuh cinta yanng beraninya hanya dipendam sendiri dalam hati. Sungkan mau mengungkapkan, bahkan sempat salting ketika melihat atau berdekatan dengan orang yang kita suka. Kayaknya pas masih berseragam abu-abu deh. Yang kenyataannya itu orang malah suka sama adek tingkatku. Hhhha (ngenes) .Untung hanya Allah yang tahu, kalau kepergok kan malu. 

Lagu-lagunya ungu juga ada beberapa yang saya sukai

Salah satunya ini " cinta dalam hati". Kalau flashback jaman dulu itu banyak banget grup band baru yang muncul ditelevisi. Bahkan acara inbox di RCTI selalu menjadi acara yang Kinanti untuk menghibur diri. Hmm,, rindu dengan masa masih remaja. Bebas berekspresi dan kemana saja nggak ada yang ngrempongi. Ups 

Jadi ingat juga pas pertama kali ketemuan sama suami yang belum sah waktu itu. Pandangannya malu-malu 😂 tapi kok ya bikin senyum sendiri

telah lama kupendam perasaan itu

Menunggu hatimu menyambut diriku

Tak mengapa bagiku cintaimu pun adalah

Bahagia untukku, bahagia untukku

Nasehat bijak : 

Kalau disuruh menyampaikan dengan kata-kata romantis, kamu orang yang salah memilihku. Mak jleb, kwkwkwk

5. Ibu

Pada tahu nggak ya lagu ini. Judulnya ibu yang dinyanyikan oleh Novi "Sakha". Saoundtrack film surga dibawah telapak kaki ibu serial film ramadhan. Pertama kali dengar membuat hati ini terenyuh. Mengingat sosok emak yang sekarang sudah berjauhan. Apalagi dimasa pandemi begini, sudah dua tahun nggak bisa pulang kampung . Ada hal menyentuh dari lirik ini, bahwa pengorbanan seorang ibu itu tanpa balas jasa. 

Oh ibuku engkaulah wanita

Yang ku cinta selama hidupku

Maafkan anakmu bila ada salah

Pengorbananmu tanpa balas jasa

Nasehat bijak :

Anak laki-laki kapanpun tetap miliknya ibu. Jadi wajar dong jika saya utamakan ibu

6. Jerawat Rindu

Lagu yang dibawakan oleh anji selalu asyik. Layaknya lagu jerawat Rindu ini. Entah kapan mulai senang dengan lagu yang menurutku konyol ini. Buat menghibur diri saat jerawat menghiasi wajah buatku mikir. Jangan-jangan saya sedang rindu . Huha 😂 apalagi dulu pas masih LDM sama suami, lagu ini sangat cocok untuk menikmati ke keerinduan yang memang kami jarang banget bertemu secara fisik. Kekhasan suara anji lah yang membuatku tertarik dengan beberapa lagunya. 

Banyak orang bilang

Bila diwajahmu

Tumbuh jerawat

Itu tandanya rindu

Nasehat Bijak : 

Kalau rindu ya telepon atau WhatsApp, kalau longgar nanti aku jawab. Kalau disuruh langsung balas chatmu ya kerjaan nggak kelar-kelar

7. Semua Karena Cinta

Jaman Indonesian Idol yang seangkatan Joy Tobing pasti tahu lagu ini. Sayapun jadi suka lagu "semua karena cinta pas memahami liriknya saat beliau bernyanyi diatas panggung. Lagu ini pula yang mengiringi langkahku saat orangtua bangkrut. Berusaha bangkit dan berdiri menghadapi semuanya. 

Ku di sini berdiri karena cinta

Bertahan untuk bahagia

Hanya untuk cinta

Nasehat bijak :

Cinta sih cinta, tak cukup dengan cinta saja dalam membangun rumah tangga. Butuh juga duit biar bisa menyambung hidup.

8. Kesepian

Lagu yang dirilis pada tahun 2007 ini masih sangat relevan dengan jaman sekarang. Merdunya suara dygta dan empuk ditambah lirik lagu yang menyentuh. Nyanyi lagu ini untuk mengungkapkan rasa pada tembok. Kalau ingat jaman LDM dan masih kerja dulu buatku ingin segera satu atap. 

Kurindu disayangi sepenuh hati

Sedalam cintaku, setulus hatiku

Kuingin dimiliki kekasih hati

Tanpa air mata, tanpa kesalahan

Nasehat Bijak

Bersikaplah sewajarnya dalam menyikapi rindu. Rindu sih rindu, tapi kalau disuruh pulang tiap bulan ya nggak bisa. Waktu Long distance marriage 🤭

9. Hati yang telah kau sakiti

Penggemarnya kak Rosa cung? Samaan dong 😁. Wanita mana sih yang mau disakiti? Tentunya tidak ada jawabannya. Lagu ini ada kaitannya dengan kenangan masa lalu. Bukan untuk ditangisi, melainkan tak perlu diusik. Pernah menyimpan rasa jatuh cinta pada seorang bujang. Tapi, takdir tak mengijinkan untuk mewujudkannya. Jaman masih remaja lebay, seringlah ya mengkaitkan lagu dengan perasaan untuk pelampiasan. Bahkan disukai laki-laki yang umurnya berada di bawahku juga pernah. Huft, begitulah hidup sangat wajar merasakan jatuh cinta. Tinggal bagaimana cara mengelola rasa itu. 

Tak ada lagi yang bisa ku lakukan tanpamu

Ku hanya bisa mengatakan apa yang ku rasa

Nasehat bijak : 

Hargailah masa lalu, jangan diusik

10. Dirimu Satu

Sederet lagu ungu, yang juga masuk dalam lubuk hati yang sekaligus menjadi impian, harapan dan doa adalah ada seorang yang benar-benar mencintaiku sepenuh hati. Menerima segala kekuranganku. Satu untuk selamanya. Insha Allah. Saling mendoakan ya, semoga till Jannah bersama suami. 

Cintai aku dengan hatimu

Seperti aku mencintaimu

Sayangi aku dengan kasihmu

Seperti aku menyayangimu

I will be the last for you

And you will be the last for me

Nasehat bijak :

Aku tidak suka orang yang protektif. 

11. Jaga Selalu Hatimu

Tak mudah awalnya, untuk menjalani LDM. Ada rasa nananina yang harus dikemas menjadi pikiran positif. Saling percaya satu sama lain dengan pasangan. Menjalani peran sesuai kodrat, yang tentunya semua akan dimintai pertanggung jawaban. Memahami hal ini butuh konsisten penuh dalam mengolah rasa. Jaga selalu hatimu dalam keadaan apapun. Termasuk sekarang, semoga dalam kondisi apapun kita tetap jadi satu. Amiin

Mencintaimu, aku tenang

Memilikimu, aku ada

Di setiap engkau membuka mata

Nasehat Suami : 

Pasrahkan semua sama Allah, termasuk cinta ini. 

12. Cinta sejati

Yang dibawakan oleh bunga citra lestari sangat bagus memang. Saat tahu lagu ini menjadi soundtrack film habibi Ainun, membuatku iri melihat kekompakan pak Habibi dengan istrinya. Jadi berdoa, semoga kami termasuk pasangan yang langgeng dan hanya maut yang memisahkan. 

Aku tak pernah pergi

Selalu ada dihatimu

Kau tak pernah jauh

Selalu ada di dalam hatiku

Nasehat bijak :

Rumah tangga sekali untuk salawasna.

13. Lihat Hatiku

Ada yang pernah mendengar lagu Kerispatih yang berjudul lihat hatiku? 

Lagu ini sempat membuatku penasaran. Waktu masih proses ta'aruf dengan pak suami tiba-tiba ngirim MP3 ini via WhatsApp dipagi hari. Padahal saya tidak tahu seperti apa lagu tersebut. Hingga akhirnya browsing lirik dan lagunya. Masha Allah, buat saya tersenyum sendiri saat scrol dan menatap gadget ini. Hingga muncul pertanyaan dalam hati, benar kah? So sweet banget. Saya dan suami yang sama-sama jaim menunjukkan rasa sayang, apalagi bersikap romantis. Hmm, enggak deh. Sampai sekarang masih kuingat akan hal itu, bahkan screenshoot an percakapan kami pas masih ta'aruf saya simpan . Ssssst, buat kenangan terindah ya . 

Ku bukan yang sempurna

Dan bukan sosok idamanmu

Tapi jiwaku dan ragaku

Seluas cintaku

Biarkan aku yang membuktikan

Biarkan aku yang menunjukkan

Cintaku adalah perjuangan

Pertandingan hidup dan matiku

Nasehat bijak : 

Aku bukan orang baik seperti yang kamu tahu. Fahamilah betul. Kata-kata yang pernah disampaikan sebelum menjadi suami istri

Posting Komentar

0 Komentar