Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Mudah Membuat Blog Plan Yang Menyenangkan

9 komentar

Materi terkhir sebelum melangkah ke One Day One Post, menakhlukkan blog plan. Jadi teringat jurnal tahunan yang saya buat diawal tahun sebagi refleksi diri. Baru kali ini saya mau membiasakan diri membuat blog plan. Untuk mempermudah saya dalam mengisi content di blog pribadi ini. Mau tahu cara mudah saya membuat blog plan yang menyenangkan?, baca sampai akhir ya !

Blog Plan

Baru sadar, jika segala sesuatu harus direncanakan dengan baik. Meski sebagai manusia hanya bisa berusaha dan Allah yang menentukan. Ngonten di blog juga butuh perencanaan yang matang. Bismillah, go blogger professional.

Sosok Planner Inspiratif : Cinta Laura

Tanpa sengaja nonton podcast Bang Sandiaga Uno di youtube membuat saya antusias menyimak obrolannya bersama Cinta Laura. Aktris muda berbakat dan sudah go internasional dengan segala pencapaiannya yang berhasil meraih berbagai penghargaan. Wow banget ya.

Terbiasa Membuat Plan Keseharian

Bisa dibayangkan, Sosok Cinta Laura ternyata orangnya ambisius dan kompetitif. Hidupnya teratur sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Bahkan dia punya sederet keingingan yang sudah di plan sedemikian rupa dengan upaya ada golas dari apa yang telah direncanakan.

Jika ada satu yang gagal, dia bisa frustasi. Mendengar penjelasannya langsung membuat saya geleng kepala. Andai jika saya yang punya sederet plan dan ada satu yang tidak berhasil dilakukan. Yang ada hanya pemakluman seperti biasanya dan berdalih sibuk urus ini dan itu. Hhhhha 

Disiplin dan Menghargai Waktu

Delapan tahun hidup di Amerika, serta peran ayahnya (keturunan Jerman ) Cinta Laura mengaku sudah terbiasa hidup disiplin. Olahraga, makan dan segalanya semua serba teratur. Tak heran, jika Cinta Laura pernah diterima di 10 perguruan tinggi terbaik di tingkat internasional. Aktris yang sudah terbiasa dengan target dalam mencapai keberhasilan di dunia ini begitu ringan dan santun saat menceritakan pengalamannya melalang buana demi menggapai cita-citanya.

Aktris muda selevel Agnes Monica dan Anggun guys. Diusia yang sangat muda suah bisa manggung bebas seperti yang pernah dilakukan oleh aktris senior Indonesia yang go internasional.

Soal waktu, Cinta Laurapun disiplin. Tidak boleh bagun tidur melebihi jam tujuh pagi katanya. Jika ada kerjaan, Cinta Laura terbiasa berangkat 45 menit sebelum acara dimulai. Masha allah, andai orang Indonesia tidak jam ngaret. Jakarta pasti tidak akan macet lagi ya. 

Sedikit mengulas apa yang saya tonton kemarin. Biar sayapun semakin kreatif dalam mengelola waktu. Sebagai momblogger harus punya management waktu yang baik. Untuk tetap bisa menelurkan artikel yang menginspirsi, bermanfaat. Mengaku blogger tapi blognya jarang update tulisan kan percuma. Sepakat ya ?

Setelah ini insha allah mau up semangat lagi agar konsisten terus untuk nulis artikel sebab itu, saya mau berbagi racun positif untuk membuat blog plan dengan mudah dan aplikasinya.

Apa Itu Blog Plan ?

Pengertian Blog Plan

Kayak membuat program tahunan saja ya kalau di sekolah. Yang kemudian diturunkan ke program semesteran, program bulanan dan harian sehingga lahirlah rencana program layanan (kalau dalam bimbingan konseling).

Yaps, blog plan ini adalah perencanaan buat isi konten di blog. Biar terarah, tersistem dengan baik sehingga berpengaruh pada kualitas blog. Secara Domain Authority yang tinggi tetap menjadi incaran para client. Namun, ada juga yang mempertimbangkan followers medsos, kualitas konten atau page authoritinya. Yang namanya rejeki tidak akan kemana.

Nah, ngeblog pakai ilmu itu tak hanya sekedar nulis dan nulis. Namun harus faham arah, tujuan yang jelas dan hitung-hitung bisa produktif dan menghasilkan cuan. Hal ini sangat bisa kok. Tetap yakin bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil.

Kenapa Blog Plan?

Kenapa Blog Plan

Strong why dalam melakukan suatu hal menjadi tujuan utama yang harus difahami. Saya rasa aktivitas ini akan mudah dijalani penuh dengan rasa syukur dan bahagia, jika membuat blog plan pun demikian. Baru sadar saja, pernah bersentuhan dengan aktivitas ngejurnal lupa akan hal ini. Hmm, mungkin perantara dari blogspedia ini saya benar-benar jadi melek.

Dan kemarin juga pas mendengarkan podcast tentang management waktu, tidak hanya sekedar menulis berderet list aktivitas sehari-hari. Namun harus detail beserta waktu dan apa saja yang akan dilakukan di hari itu juga.

Intinya, dari bangun tidur sampai tidur lagi selama seminggu ada catatan khusus terlebih dahulu untuk mengetahui aktivitas berfaedah apa yang membuat waktu menjadi produktif. Saya rasa, blog plan ini juga sama. Harus dibanyakin nulis content yang long lasting, alias yang dalam jangka waktu lama artikel yang ditulis tetap dicari orang. Supaya personal branding juga semakin kuat.

Selain itu perencanaan yang sistematis agar semua kategori dalam blog terisi rapi dan seimbang. Balik lagi, kenapa harus blog planner . Tujuannya adalah untuk mencapai target yang diinginkan. Membentuk kategori tulisan (niche), memetakan keyword sehingga mempunyai jadwal posting yang jelas. Dan membuat outline. 

Benar adanya, kebanyakan orang sukses memulai hidupnya penuh dengan perencanaan matang dan action yang pasti. 

Mungkin ini juga yang dilakukan oleh para mastah yang sudah duluan terjun ke dunia blogger. Dilihatkan blog plan coach Marita saja saya mung bengong. Sebegitu detailnya penuh warna dan jadi makin banyak link yang tercatat. Hmm, Demi konsistensi menulis dan tak hanya sekedar hobi kali ya. Seperti mendapat berlian saja deh, bisa menimba ilmu gratisan di blogspedia. Dibongkar sampai ke dalam-dalamnya. 

Manfaat Blog Plan 

Diawali dengan niat yang tulus, demi merekam segala aktivitas termasuk mengikat ilmu blog plan ini sangat akan membantu bagi blogger yang ngaku sibuk dengan urusan duniawi. Apalagi momblogger pemula yang rempong urus anak kecil dan sebagai working mom. Butuh konsistensi tinggi dan menambah jam terbang supaya terbiasa menulis artikel secara continue. Yuk, kita tengok manfaat blog plan apa saja :

Membantu untuk lebih teratur dan konsisten posting artikel

Saat ada contekan yang tertulis rapi yang diimbangi dengan strong why kuat, apa yang di rencankan pasti bisa diterapkan dengan baik.

Merencanakan konten yang seimbang

Kalau niche yang gado-gado kayak punya saya pasti akan terbantu dengan blog plan. Semua kategori akan terisi secara merata. Tidak berat sebelah. 

Menyediakan content yang ditunggu pembaca

Ingat salah satu klimat yang disampikan oleh Mbk Kirana kejora. Penulis senior sekaligus writerpreneur ini menyampaikan, bahwa setiap penulis akan menemukan pembacanya. Saat anda punya pembaca sendiri, pasti mereka kan menanti artikel kita. Seperti halnya instagram yang menemukan followernya menanti postingan foto beserta captionnya.

Tandai hari-hari special

Hari special sangat membantu buat blog plan. Menyusun artikel terkait yang bisa dibuat untuk mengingatkan diri pada moment tertentu yang berharga atau moment yang bersinggungan dengan peringatan bersejarah.

Memilih ide terbaik

Dengan perncanaan terbaik, akan tertung jug aide yang terbaik. Karena ditulis dengan sederet proses yang menyenangkan dan tidak membuat orang bosen . Ya krena tersistem tadi dan terencana dengan matang. 

Tidak ada alasan buntu ide

Sering mengalami akan hal ini. Semoga setelah rajin membuat blog plan saya tidak akan buntu lagi mencari ide dengan membaca, menonton dan sedikit riset kan menjadi kebiasaan baik untuk menelurkan ide ciamik sehingga blog juga jelas arah dan tujunnya. Harus yakin ya !

Mencari postingan lebih cepat

Ini benar banget pastinya. Punya jiplakan judul, lengkap dengan waktu beserta link sangat memudahkan kita dalam mendokumentasikan artikel. Harta karun seorang blogger banyak juga ya. Dokumentasi tetap harus rapi. 

Menghemat waktu

Saat sudah punya dan terbiasa dengan menulis blog plan, akan sangat memudahkan kita dalam mengeksekusi tulisan yang akan dibuat content di blog. Sangat menghemat waktu bukan. Tinggal mencari keyword, riset apa yang akan dibahas sehingga sekali duduk tanpa berlama- lama sudah bisa nulis artikel bagus deh.

Lumayan, emak rempong macam saya ini jadi bisa beralih ke aktivitas lain setelah nulis artikel di blog.

Bentuk Blog Plan sekarang sudah banyak dan bisa diunduh di google. Nah, blog plan ini banyak jenisnya. Dari yang manual, digital maupun dalam bentuk printable. Kalau saya lebih nyaman pakai digital, cuma memanfaatkan Microsoft Excel.

Setelah panjang dan lebar memahami apa itu blog plan, manfaat dan kenapa harus blog plan. Saya kasih gambaran sedikit blog plan saya selama seminggu ke depan ya. Sekaligus memenuhi tugas materi blogspedia terakhir sebelum beralih ke challenge yang lebih menantang lagi. 

Blog Plan 2021

Sengaja membuat blog plan yang lebih mengarah ke kategori jurnaling. Mau mempush up habit yang harus saya biasakan mulai dari sekarang. Masih ada hutang menulis pengalaman bulan lalu dan harus segera menulis portofolio anak di usianya yang ke tiga tahun (terhitung saat menulis artikel ini )

Tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Hla terus untuk artikel kemarin-kemarin yang sudah dibuat tanpa adanya blog plan bagaimana? Cara mudah untuk membuat blog plan yang menyenangkan bagaimana ?. Mulai dari kebutuhan sekarang dulu. Saat anda mengetahui kebutuhan anda, tidak ada kata rempong untuk memulai. Dan mulai dari hal yang sederhana dulu. 

Target mingguan, setelah ikut kelas blogspedia saya ingin menulis minimal tiga artikel dalam seminggu. Dalam setahun kedepan tepatnya di tahun 2022, Oktober (Tepat dua tahun sejak memiliki domain berbayar) semoga DA bisa mencapai 25. Bismillah ya, semoga kerikil yang menghantam kaki untuk melangkah selalu dimudahkan. Amiin

Yang penting saya nyaman, urusan domestik kelar, kerjaan disekolah tetap terpegang dengan baik. Itu sih prioritas utama saya. Soal ngeblog ini memang sudah menjadi passion saya. Ketika rempong sekalipun sudah sewajarnya jika saya tetap mengupayakan untuk selalu ON Fire saat rempong melanda.

Bukan salah keadaan yang merasa sulit, terkadang mindset kita saja yang membuat hal terasa sulit. 

Semoga ulasan jujur saya ini bisa membantu teman-teman untuk tetap menikmati passion ngeblog dan tetap eksis didunianya. Cara mudah membuat blog plan yang menyenangkan ini bisa menjadi referensi terbaik dari berbagai referensi lainnya.





Related Posts

9 komentar

  1. Aku pun suka nih ma lifestyle nya cinta laura Mba, bisa dicontoh ya buat disiplin membangun blog

    BalasHapus
  2. Wow, terima kasih telah mengangkat cerita daily life Cinta Laura, Mom, ternyata menginspirasi banget :'D. btw saya terkesan dengan quote paling bawah Mom, ngena banget :')
    terus semangat jurnaling ya Mom Windi :D

    BalasHapus
  3. suka dengan note ini ...
    "Bukan salah keadaan yang merasa sulit, terkadang mindset kita saja yang membuat hal terasa sulit"

    BalasHapus
  4. Inspired banget nih mba cinta laura... Bisa dicontoh buat aku yang selalu ga jalan plannya wkwkw

    BalasHapus
  5. Mbak, dalem banget banget sharingnya. Bismillah dengan setelah blogspedia coaching, makin semangat ngeblognya ya dan goalnya bisa tercapai.

    BalasHapus
  6. suka banget sama tulisannya. semangat untuk semua goalnya mb, Win. Semangat mengijak atau menendang krikil yang menggantam kakimu !!!

    BalasHapus
  7. Bismillah ya Mbak Win. Semangat dah capai goalnyaa. Yuk bisa yuk! :)

    BalasHapus
  8. Saya juga suka lihat nih cinta Laura. Selalu membuat salut dengan apa yang dilakukan termasuk sisi sosialnya amazing

    BalasHapus
  9. Wah mba windi lagi journaling ya...
    Aku pun..tapi yg journaling anak belum..huhu
    Aku menunggu tulisannya ya mb

    BalasHapus

Posting Komentar