Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Mudah Otak-Atik Template Blog

 

Makeover template blospot

Membaca keseruan teman-teman di grup whatsapp membuat diri ini enggan untuk berkomentar. Cek link tugas personal dan lampiran materi. Huaaaa, ternyata PR nya otak-atik template mak. Inilah ulasan jujurku, otak-atik template blog dari nol yang berujung menyenangkan. Serius, wajib dibaca biar kamu nggak pantang menyerah buat mencobanya. 

Untuk Apa Sih, Harus Permak Template Blog ?

Pertanyaan yang kutanyakan pada diri sendiri waktu itu.. sebelum memberanikan diri buat terjun beneran, rombak dari atas ke bawah buat permk template blog. Padahal emak sudah pasang google analytic dan google consoler .

Google analytic

Untuk yang pasang GA dan GSC, jangan lupa kodenya di copy ya. Begitulah pesan masuk digrup yang disampaikan oleh mentor super teliti mbk maritaningtyas.

Template yang SEO friendly sangat menentukan kenyamanan si pembaca. Tampilan blog menarik, konten bagus tentu blog semakin banyak yang melirik. Speed blog saat diakses juga tidak lemot. Dan semua ini ad rumusnya untuk mendapatkan nilai A+ sebagai tanda template yang anda pilih SEO friendly.

So, template yang SEO friendly dan sangat disukai google akan membuat blog anda semakin berkualitas.

Hampir dua bulan ikut kelas blog di blogspedia, membuat diri ini tertantang but menyelesaikan challenge berthan sampi akhir kelas. Kalau telat mengerjakan bisa kena penalty mak.

Meski kelas gratisan, di blogspedia nggak boleh nyerah. Begitulah kesan sejauh ini yang saya rasakan. Digembleng buat fight belajar ngeblog dari nol dan sampai bisa.

Template Blog Yang SEO Friendly itu Yang Seperti Apa ?

Awal kenal blog, saya belajar otodidak dan baca tutorial diinternet. Otak-atik template dan sebagainya. Namun, waktu itu saya masih pakai template bawaan blogspot. Mudah di otak-atik tapi belum SEO friendly.

Template SEO friendly

Ada syarat minimal memang, yang harus diperhatikan untuk mendapatkan template blog yang SEO friendly dan responsif. Yaitu, Akses blog cepat baik desktop maupun via handphone. Tampilan blog nyaman disegala mode. Mudah penyetelannya dan sesuai SEO.

Saat ini, saya memakai template bloh pihak ketiga. Bisa didownload secara free dan memilih yang SEO friendly cumin modal searching di internet terkait situs yang menyediakan template gratis dan berSEO. Modal nekad saja sih, demi ngeblog biar sesuai ilmunya.

Alhamdulillah, konsultasi ke mentor ternyata diperbolehkan pakai template yang sekarang menjadi template pilihanku saya pakai template canary. Yang saya unduh dari goyabi.

Sebelum permak template blog, saya konsul ke mbak Marita dulu. Karena saya tidak pakai template fiksioner seperti materi yang dishare oleh mbak marita (mentor blogspedia).

Mbak, saya pakai template goyabi. Apakah tidak menjadi masalah ? karena saya sudah terlanjur pasang google analytic dan google consoler.  

Nggak-apa-apa, yang penting kalau dicek pakai meta SEO inspector sudah minim error.

Plong rasanya. Kemarin saat mbak marita n gasih materi, goyabi juga direkomendasikan menyediakan template berSEO.

Ini ada beberapa yang merekomendasikan buat nyari template disini. Igniel, dunia blanter dan sugeng.id

Apa Saja yang Harus diperhatikan Sebelum Otak-Atik Template Blog

Ubah template blog di blogspot

Langkah ini penting untuk diperhatikan. Biar tidak mengulang dan tetap menghemat energi plus waktu buat makeover template.

Ada cara mudah, sebelum memilih template yang SEO friendly. 

Cek speed template yang punya kecepatan oke. Nggak lelet alias lemot baik lewat dekstop maupun handphone. 

Cek speed template
Cek speed template after makover

Cek speed template disini  ya

Untuk membenahi segala hal yang berwarna merah, bisa dicek dulu pakai bantuan aplikasi meta SEO inspector. Wajib pakai laptop atau PC ya Mak. Biar mudah, karena makeover template blog butuh ketelitian dan kesabaran. 

Ini Dia, Before dan After Otak-Atik Template Blog Windi

Saya pakai template by gooyabi. Sebelum otak-atik template blog kesayangan, saya konsultasi dulu sama mentor. Beliau bilang nggak apa-apa, asal minim error saat di cek pakai SEO inspector.

Alhamdulillah, sedikit lega

Sempat bingung dan hampir putus asa, karena perangkat dan WiFi butuh support 🤭😂. Berangkat ke sekolah, kebetulan pas masuk piket alias WFO. Hhi, memanfaatkan peluang dan pinjem laptop di ruang CBT 02 buat makeover template.

Sambil otak-atik, wapri mentor dong buat diarahin. Masha Allah, beliau begitu sabar mendampingi selama proses. 

Nah, saat saya cek pakai SEO inspector, yang error jumlahnya ada 6 (yang berwarna merah). Yang cukup membutuhkan waktu lama bagian koreksi di opengraph. 

Karena ada kode html baru yang dikasih mentor sebuah link mengarah ke blog igniel. Pokok dicoba terus sampai bisa dan berhasil. Walau awalnya harus nyasar dulu karena butuh waktu cukup lama buat memahami perintah.

Dan yang menjadi catatan banget, saat otak+Atik kode html blog, jangan langsung edit di edit html. Alangkah bagusnya jika kode di copy paste dulu di notepad dan dikasih warna biar kita tahu errornya dimana.

Kalau langsung di copas di kode html, kuota jadi nggak tahu kekurangannya dimana. Begitulah insight nampol yang saya tangkap dari percakapan seru dini hari bersama mentor dan salah satu teman saya yang stay digrup buat konsultasi online di jam Cinderella. Masha Allah ya . 

Makover selanjutnya, terletak pada bagian about me. Salah satu widget untuk mengenalkan diri kepada pengunjung biar lebih mudah dikenal dari contact yang kita pasang. 

Hmm, awalnya bingung. Saat naruh link gambar. Yang ternyata cara copy paste link gambar harus diklik kanan, arahkan kursor ke copy link gambar dan taruh deh di link berwarna yang wajib di ganti.

Saat berhasil, senang dong. Karena widget ini dari dulu sudah menjadi incaran. Bahkan sempat bertanya-tanya bagaimana cara buatnya. Lewat kelas Blogspedia, saya jadi tahu caranya. Mantul kan.

Step yang paling mumet itu bagian makeover link medsos. Bawaan templat e sih enak tinggal edit dikit. Nyatanya masih eror dan ada warning saat di cek via SEO inspector. Sedih, namun kata mentor nggak apa-apa. 

Butuh faham betul bagian ini. Takutnya, jika diubah kode html bakal merubah semua bagian widget ini. Kata mentor, nggak apa-apa dilewati dulu.

Kalau ada komunikasi dua arah begini kan emak jadi lega. Hhhe. Dan memang ada beberapa hal yang boleh diabaikan kata mentor. Karena jenis salahnya sama dengan punya mentor. 

Berasa lega banget. Karena tugas kali ini cukup dikasih waktu yang lebih dari biasanya. But, tetap jangan terlena. Jujur, tugas kali ini sering menghantui dan bikin gemash pengen otak-atik kode html lebih lama. 

Nyatanya harus membagi waktu dengan baik urusan PR dan domestik. Tetaplah ya, kewajiban harus diutamakan. 

After makover template blog



Before makeover templat blog


Tidak beda jauh dari before dan after. Hanya menambah widget kenalan yuk, widget button up, dan memperbaiki error yang berwarna merah. 



Related Posts

8 komentar

  1. Sama mbak..gemes otak atik...
    Tapi sadar harus stop dan ada kewajiban lain..hehe

    BalasHapus
  2. Bener banget nih mba, kewajiban utama jangan sampai dilupakan ya.. Makasih remindernya mba :D

    BalasHapus
  3. Pas banget ya mb WIndi, pas harus otak atik kebagian WFO. Semanat mb

    BalasHapus
  4. MasyaAllah mb windi perjuangan otak atik blognya.. semoga dimudahkan Allaah selalu ya mb. Semangat!

    BalasHapus

Posting Komentar