√Cara Mudah Menghubungkan Blog ke Google Analytics

Cara Mudah Menghubungkan Blog ke Google Analytics

10 komentar

Hal paling menggemaskan permak blog itu bagian otak-atik template. Jika anda merasa nggak butuh artikel ini , tidak usah dilanjut bacanya. Karena aku mau membahas yang lebih urgent lagi, cara mudah menghubungkan blog dengan google analytic anti ribet. 

Blogspot dan wordpress

Jujur, awal pasang GA ( Google Analytic ) saat terjun menjadi blogger itu membuatku nggak bisa tidur nyenyak. Tiap hari kepikiran GA terus karena tools ini tuh yang wajib dipunya oleh para blogger professional.

Aku memang niat banget terjun jadi blogger. Bahkan ku belain ikut kelas berbayar di The Jannah Institute. Oleh-olehnya punya domain berbayar dengan nama blog personal windieastuti.com. Seperti mimpi, ikut kelas blog belum masuk whislist mengisi kekosongan jadwal ku sebagai fulltime mom, waktu itu.

Sebenarnya aku berhasil pasang GA itu dibantu temanku si ayah ugi. Karena aku ngeblog modal HP saja, mau ke warnet juga nggak bisa ninggalin anak. Computer juga lagi rusak, kondisi wktu itu. Untung berkat jasa beliau, aku jadi lega dan bisa tahu aktivitas di blogku melalui GA.

Apa itu Google Analitic?

Bagi blogger pemula, yang mau terjun ke duni pro, wajib banget punya tools ini. Di android bisa banget tuh di install aplikasinya.

Tools gratis dari mbah google yang punya banyak fungsi. Itulah google analytic. Bisa mengamati page view. Usia pembaca, dan apa saja artikel yang disukai. Masih ada banyak hal lain lagi yang bisa diketahui dari GA ini. 

Kalau di dashboard blog kan kurang lengkap. Jadi GA ini sangat membantu para job freelancer (yaitu para blogger) yang sering dimintai data page viewnya sebagai syarat apply jobs. Selain itu data google analytic juga lebih akurat.

Artikel ini saya buat sebagai oleh-oleh belajar ngeblog gratis di kelas blogspedia coaching 2 yang dimentori oleh mbak Marita. Karena GA juga ada perubahan, sayang kan kalau ilmunya tidak diikat dengan baik. 

Pastikan, semua langkahnya jangan ada yang ke skip ya !

Sebenarnya dalam pemasangan GA ini bisa sekaligus dengan UA, asal klik propertynya tidak ada yang terlewat. Langsung saja yuk,cuss

Langkah Mudah memasang Google Analytic Anti Ribet

1. Masuk ke https://analytics.google.com . Masuk dengan akun gmail ya. Anda harus punya email gmail ya. Yang lainnya tidak bisa soalnya. Dan kalaupun email yang didaftarkan GA ini beda dengan email blog tidak masalah kok.

Google Analytic
diambil dari screenshootan materi

Property di GA ini maksimal 12 kata mentor. Jadi satu email bisa buat banyak GA, seru kan ? tapi malah membingungkan. Sebab itu, dari awal kudu teliti biar tidak kesasar sehingga ada langkah yang terlewat. Mau balik lagi wis pasti malas. Hhhha

Setelah masuk dengan email gmail, klik “ Mulai Mengukur” (setingan gmailku pakai bahasa Indonesi “

Tampilan ini muncul jika dari awal belum pernah pasang GA ya.

2. Buat akun. Isi dengan akun bebas ya, bisa pakai nama sendiri atau ap ajlh yng penting tidak membuat bingung.

Cara mudah menghubungkan blog ke google Analytics
diambil dari screenshootan materi


Untuk yang dicentang juga bebas. Fungsi memberi centang itu untuk memberikan layanan biar bisa diemailkan oleh mbah google.

3. Setelah akun jadi, alias berhasil. Waktunya membuat Property. Di bagian sini, yang harus ekstra hati-hati. 

Nama property bisa diisi nama blog

Agar property yang dibuat sekaligus membuat property GA, silakan klik Tampilan Opsi Lanjutan atau jika dalam bahas inggris “Show Advanced Options”. Kemudin klik berikutnya.

Setelah diklik akan muncul tombol seperti ditas, silahkan di ON kan. Kemudian isi url situs anda pilih https, kemudian isi url blog anda.

Kemudian, 

Lihat bagian bawah, pilihlah pilihan yang pertama. Buat Property GA4 + UA lalu klik berikutnya.

diambil dari screenshootan materi


Langkah yang terakhir, isi informasi bisnis. Pilih saja kategorinya. Pokok, apa keinginanmu yang mau dilacak. Klik Buat.


Akan muncul konfirmasi dari google. Beri centang terms of service dan lanjut….

Tara, selesai … dua property sekaligus sudah jadi ya U sekaligus GA. Mantabs kan!

Setelah jadi, langsung perhatikan bagian admin, paling bawah ya. Kemudian klik di menu G4 Set up Assistant. Akan muncul informasi not connected. Jadi harus dihubungkan dulu. Caranya :

I want to create a new G4 Prop – ini diskip saya bagi yang sudah sekalian buat GA4. Nah, bagi yang belum bisa buat property GA4 dengan klik Get Started.

I Want to connected a existing – nah ini yang kit pakai kalau sudah punya property GA4, klik select an existing GA4 Property, klik tanda panahnya. Kemudian, ada pilihan-pilihan GA4, pilih yang mau dikoneksikan. Kemudian klik Connect Properties. Beres deh, jika sudah ada tanda connected


Sebagi catatan, saat tracing kode yang diletakkan di kode dashboard blog cuma yang UA, tapi tetap untuk GA4nya akan terbaca. 

Sekarang kembali ke tracing info-tracking code. Silahkan di copy tracking kode ini, lalu masuk ke dashboard blog – setelan/ setting. Dibagian Google Analytic property ID, diklik masukkan kode yang sudah di copas

Kembali lagi ke admin GA masih dibagian tracking code. Copy kode html yang lumayan panjang, heee buka dashboard blog- theme – edit html. Cari kode <head> paste kan kode dri G ke bawahnya. Kemudian save, jangan lupa.


Taraaaaa,,,, tinggal menunggu kode pelacakan dipasang. Tunggu google crawling melacak dengan cantik. 




Related Posts

10 komentar

  1. The jannah insitut ini kelas blogger mba? Maaf aku oot jadinya. Penasaran wkwk.

    Keren mbak, dulu dengan pake hp aja bisa produktif ngeblog. Kalau aku matanya dah nggak mendukung ngeblog pake hp huhu. Artikelnya informatif mba ;)

    BalasHapus
  2. Mantab mb Windi, jadi teringat ya, riwehnya masa-masa awal blogging. Akhamdulillah sekarang dah lancar jaya ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga selalu lancar ya pak kayak jalan tol. Hhhe

      Hapus
  3. Bener banget. Ternyata ga ribet ya mba. Yg penting harus teliti dan sabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan cara penyampaian mbak Marita juga mudah dipahami

      Hapus
  4. Kok sama sih mbak, awal pasang GA tuh pusing. Malah gagal pula aku haha.

    BalasHapus
  5. Wah sama donk mba, aku lho juga kadang lebih banyak ngeblog pake hape. Udah khatam aku kalo ngeblog pake hape, tooss kita. Ibu-ibu pecinta hape buat ngeblog hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mbak, harus ekstra sabar memang ngeblog pake HP

      Hapus

Posting Komentar