Bikin Ketawa, Buku Humor Ringan Layak Dipunya

Bikin Ketawa, Buku Humor Ringan Layak Dipunya

Daftar Isi

Jarang banget punya koleksi buku yang tidak tebal namun berbobot. Menghibur pula. Buku Bikin Ketawa, buku humor ringan  bisa menjadi teman asyik dikondisi apapun. Humornya dapat, lucunya ringan kok dan tetap membekas di otak. Yuk baca ulasanku.

Bikin ketawa

Pagi menyapa dan urusan domestic sudah selesai, saya membersamai mas Andra membaca nyaring. Di kamar depan. Kondisi pintu utama terbuka sedikit biar sinar matahari senang masuk rumah. Pagar depan berwarna hitampun kami tutup. Masih ada space ternyata, pagar tidak tertutup rapat

Kami asyik membaca bersama, hingga beralih ke permainan lainnya. Saat membaca saya begitu menikmati bersama mas Andra. Sedikit mendengar suara klintingan depan rumah. Saya abaikan. Lama-lama kok durasinya cukup lama stay didepan rumah ya

Kondisi rumah tetangga juga pintu tertutup semua. Tak lama, aktivitas kami pecah seketika. Ada anjing tetangga yang masuk rumah sambil menjulurkan lidah.

Saya berteriak sekencang kencangnya memanggil nama tetangga sebelah. Berharap anjingnya segera diambil. Pintu kamar depan kami tutup, karena anjing berusaha masuk.

Kami kecolongan bertambah histerislah saya saat anjing masuk kamar belakang. Pikiran campur aduk. Saya minta tolong nggak ada yang mendengar. 

Bahkan mas Andra saja bingung melihat tingkahku yang nggak karuan. Dia sampai minta gendong dan menunjukkan muka serius karena ketakutan juga. Mungkin efek melihat kehebohanku ya. Hingga akhirnya saya ambil ponsel dan telephone tetangga sebelah.

“Mbak anjingmu keluar dan masuk rumahku.

“Tolong segera ambil ya mbak”

Sambil pegang telephonnya, anjing itu segera diangkat.

sorry ya mbak”

“sorry”

Itulah cerita non fiksi apa yang pernah saya alami. Sampai sekarang cerita itu masih membekas. Bikin gemetaran. Serius coy, sampai whatsapp suami saja saya dibilang cemen. Sampai berdebat pula kalau anjing itu tidak menggigit.

Kalau kamu kasih makan saja pasti nurut. De el el.

Saya ki ya faham, cuman satu yang bikin takut. Liure. Titik

Wis, saya skak dengan kata itu suami mendiamkan. Huft.

Cerita ini membuat saya berhasil membawa hadiah satu buku : Bikin Ketawa + Pulsa senilai Rp 25.000,-. Ikut menyemarakkan rangkaian kegiatan Ibu-Ibu Doyan Nulis yang berulang tahun ke sebelas pada tahun ini.

Alhamdulillah, lumayan kan saya bisa menambah buku gratisan lagi di rumah. Sekaligus diisi pulsa gratis oleh panitia komunitas IIDN

Awalnya sayapun tidak menyangka, terpilih menjadi pemenang. Karena memillih cerita yang lucu dan berkenan dipublish di medsos bagiku tidak semua orang mau. Ya, kan ? apalagi kalau pengalaman itu memalukan. Kalau saya, enggak banget. Konyol saja

Semenjak hadiah datang, buku Bikin Ketawa ini menjadi salah satu buku yang menemani masa isomanku pada bulan Juli lalu. Lumayanlah, bikin ngakak sendiri dengan senyum lebar sedikit bersuara hahaha.

Mungkin suami heran kali ya, itu istrinya kenapa? Biarin saja, dalam hatiku. Yang penting happy, biar imune selalu kuat.

Menutup Tahun yang Tidak Mudah dengan Bikin Ketawa

Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis

Pengantar dari Ibu Ketua Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis Mbak Widya. Tahun 2020 kita ketahui bersama, bahwa tahun ini cukup banyak mengurangi intensitas kita buat ketawa. Walau tidak ke setiap orang, tapi ngaku deh. Bener kan statement ku ini 

Tahun dimana banyak hikmah dan harus tetap bertahan hidup ditengah maraknya virus corona yang tak kunjung usai. Wis, meski begitu aktivitas menjemput rejeki harus tetap berjalan. Walau harus bergelut dengan virus yang katanya bikkin takut orang.

Coba deh, baca Buku Bikin Ketawa, dijamin bungah, sumringah dan insha allah membawa berkah. Karena senyum kan bernilai ibadah . Senyum sik ah , hhhhe.

Harapannya buku ini bisa menjadi teman buat tertawa diakhir tahun, ucap mbak widya dalam pengantar buku ini. Jika memang tidak ada teman yang bisa diajak ketawa bareng. Buku ini cucok deh. 

Setiap Penulis mempunyai Ciri Khas Tersendiri Dalam Bertutur Melalui Kata

Selama pandemi orang makin giat berolah raga. Perkembangan yang positif dan jadi peduli dengan kesehatan. Karena itulah, aku berusaha berolah raga setiap hari walaupun dirumah saja. Contohnya olahraga mengomeli orang rumah karena meletakkan barang sembarangan dan buat rumah berantakan. Bayangkan, berapa kalori yang terbuang dari hobi cuap-cuap ini. Ups, bercanda deng. - Dewi Rieke-

Paragraf pertama yang ditulis oleh Mbak Dewi Rieke. Seorang penulis sekaligus  blogger kondang ini buatku takjub dengan karyanya. Beneran deh. Pilihan kalimat yang digunakan hampir setiap saat buat mulutku membuka lebar dan ketawa. Terbawa arus gurauan dalam cerita

Padahal yang diceritakan pengalaman kesasar saat olah raga bersama anak dan suami cerit susah kalau dibikin cerita lucu, ternyata bisa ya. Insight baru yang saya dapat dari membaca buku ini.

Untuk cerita yang lainnya pun sama. Setiap penulis mempunyai ciri khasnya sendiri. Meracik bumbu kemudian diolah menjadi makanan layak saji. Ibarat begitu, bagaimana kemampuan kita bisa mengajak pembaca bisa ketawa bisa dibilang, lucu bagi penulis belum tentu lucu bagi pembaca

Buku antologi ini cukup buatku penasaran juga. Bagaimana proses dibalik layar setiap penulis berhasil menuliskan cerita yang dipunya dibalut menjadi kisah lucu dan bikin ketawa. 

Karena saya belum mencoba, sebab itu menulis review buku bikin ketawa ini sekligus sebagai ajang latihan. Dan sebagai bentuk terima kasih kepada IIDN sudah memberikan kesempatan saya untuk menikmati isi bukunya. 

Cerita lain, dari Mbak Eka Novarty yang berjudul Ditilang Polisi. Baca kisahnya lucu sekali. Kok ada ya, sosok adik yang acting saat ditilang polisi. Menangis sesenggukan sambil berlutut dilihat banyak orang. Kalau saya sih malu ya. Hingga akhirnya lolos tidak jadi ditilang, dan mbak eka ini sebenarnya malu sekali punya adik seperti itu.

Seharusnya bawa helm saat bekendara biar tidak ditilang polisi. Mungkin kalau baw helm, ceritanya nggak bakalan lucu. 

Tak kalah menariknya, cerita berjudul “Daster Kesayangan” yang ditulis oleh Rose Rose. Saat mencuci piring di dapur ada orang ketuk pintu. Ingin bertemu sumi yang ternyata sedang mandi. Bapaknya dipersilahkan masuk sambil memanggil, bibi. Mint minum dan ignin dilayani bak tamu istimewa. Yang ternyata bibi itu adalah si pemilik rumah alias istri sang suami yang sedang mandi.

Kalau saya yang mengalami, mungkin gemash dan auto berfikir. Apa penampilanku memang kayak bibi yang suka kerja di dapur ya. Hhhhhha, maklum daster kesayangan. Eman kalau mau dibuang. 

Kelebihan Buku Bikin Ketawa, Buku Humor dan Ringan

Kelebihan buku bikin ketawa

Saya sih senang bertemu dengan buku Bikin Ketawa. Bukunya tidak begitu tebal. Mau dibawa bepergian dan ditaruh tas sangat cocok. Tidak memberatkan barang bawaan. Tidak membuat bosen si pembaca, justru ingin seger merampungkan isi bukunya. 

Covernyapun cerah, terdapat gambar  orang ketawa dengan puas. Kalau membaca sekilas profil penulisnya sih, orangnya keren-keren sudah berpengalaman menapaki dunia menulis apalagi dibimbing langsung oleh pemilik kelas ruang aksara, Mbak Dewi Rieka.

Judul Buku : Bikin Ketawa

Penulis : Dewi Rieke,dkk

Penerbit : Wonderland Publisher

ISBN :9786236804469

Ukuran : 14X20 cm

Halaman : 111 halaman

Tahun : 2020

Harga : Rp. 80.000

Bagaimana ulasanku, cukup memberikan gambaran buku Bikin Ketawa kan. Yuk samaan untuk segera mendapatkan buku ini. Hhhhe. Selamat Menikmati hidup. Jangan lupa untuk ketawa bahagia.


26 komentar

Comment Author Avatar
14/8/21 14:58 Hapus
Wah iya aku ikut mbak. Pas launching menulis antologi terbaru IIDN. keren y IIDN.
selamat juga sudh menjadi pemenang.

Mbak windi punya bakat melucu ..haha.

Btw ada di salah satu cerita yang isinya "tentang ngompol" yg ternyata adalah pipisnya sendiri. Hihihi
Comment Author Avatar
14/8/21 21:49 Hapus
Hal begini yang banyak tidak ku sadar i, hhhhha.... terimakasih mbak sudah mampir
Comment Author Avatar
14/8/21 17:43 Hapus
Wah mba, kirain cerita lunya dari buku itu.. Ternyata kisahnya mba windi sendiri ya..
Baca ini ikut ketawa sendiri aku.. Hahahaa

Jadi inget kalau aku juga pernah punya pengalaman sama anjing tapi bukan milik tetangga sih.. Hahahaa..
Btw, selamat ya mba dapat buku dan pulsa gratis :D
Comment Author Avatar
14/8/21 21:49 Hapus
Hhhhe, Alhamdulillah ya mbak
Comment Author Avatar
14/8/21 18:24 Hapus
Buku yang pas banget di era sekarang ya Mb. Bisa menambah imun, jare mb Windi. Mantul, mantap betul mb windi, makin hari makin ok.
Comment Author Avatar
14/8/21 21:51 Hapus
Kebetulan pas saja pak 😂
Comment Author Avatar
14/8/21 23:52 Hapus
Wah, jadi penasaran sama bukunya mbak. Lucu banget pasti ya ekspresinya ketika ngangkat anjing sama teleponnya...
Comment Author Avatar
15/8/21 21:40 Hapus
Hhhe, cus beli bukunya mbak
Nggak banyak orang bisa bikin cerita lucu sih menurutku. Even ak aja nulis hal lucu pas dibaca lagi kok jd jayus. Wkwkw makanya proud buat para penulis cerita lucu. Aku dah lama penasaran sama bukunya. Sejak yg launching buku pulih itu mba. Tp blm berkesempatan baca hehe
Comment Author Avatar
15/8/21 21:41 Hapus
Pulih dirumah juga ada mbak, hhheeee. Iya betul banget mbak, baca buku ini sekaligus belajar aku tu
Comment Author Avatar
17/8/21 14:09 Hapus
pas banget nih klo lagi butuh hiburan baca buku ini ya, dari covernya aja dah bisa bikin senyum lhoo
Comment Author Avatar
17/8/21 22:30 Hapus
Hhhe, iya mbak
Comment Author Avatar
29/8/21 23:34 Hapus
Buku ini kayaknya seru banget buat dibaca, ringan dan menggelitik. Lumayanlah buat menemani tahun yg cukup berat ini. Hehe
hebat Ibu Ibu Doyan Nulis, selalu semangat dan kreatif

dan buku "Bikin Ketawa" nya sangat brilian

di saat pandemi kita butuh bacaan yang bikin happy
Baca review ini saja mesem-mesem sendiri apalagi baca bukunya ya.Pas banget ih jadi bacaan pandemi di tengah kegalauan hati
Comment Author Avatar
30/8/21 08:51 Hapus
zaman pandemi banyak yang stres butuh banget buku yang menghibur kayak gini ya, jadi penasaran baca isi bukunya
Comment Author Avatar
30/8/21 13:32 Hapus
Buku yang membuat bahagia ini, karena bikin rileks kitanya juga yang baca. Ternyata kisah nyatanya mbak Windie sesuatu ya haha.. mirip sama saya kalau ada guguk bawaannya tatut hehe
Comment Author Avatar
30/8/21 14:00 Hapus
Ya ampun saya jadi mendadak inget. Sudah punya buku ini tapi belum sempat baca. Melirik rincian/review Mbak Windi di atas, saya penasaran. Dah kebayang duluan lucunya.
Comment Author Avatar
30/8/21 14:10 Hapus
Buku 'Bikin Ketawa' ini cocok dibawa jalan2 hihihi nemenin kalau lagi sendirian juga oke. Ternyata mbak Windi berbakat jadi komedian :D Akus uka covernya, udah lucu, apalagi pas baca bakalan ngakak wkwkwkwk :D
Comment Author Avatar
30/8/21 14:42 Hapus
Aku salut sama penulis humor. Sanggup bikin ketawa orang, lewat tulisannya.
Comment Author Avatar
30/8/21 15:04 Hapus
Wahh, keren nih mba Wind.
Apalagi sekarang aku banyak ngendon d rumah
cihuuuyyy dah kalo punya buku ini.
Comment Author Avatar
30/8/21 15:09 Hapus
Jadi pengen baca buku ini keren banget ya mbak, Mayan Ringan... Hihihi hidup Kita memang butuh yang Ringan kan wkwkwk
Comment Author Avatar
30/8/21 17:15 Hapus
Buku terbitannya Wonderland Publishing bagus2 yaa sepertinya... saya punya beberapa. buku tp belom punya yg buku humor ini nih, Mbak kl mau beli gmn caranya ya
Comment Author Avatar
1/9/21 16:21 Hapus
Iya ya, sejak pandemi emang saya merasa jadi jarang tertawa, jarang ngobrolin hal lucu bersama teman-teman. Baca cerita lucu kayaknya perlu nih, biar bisa ketawa lagi
Comment Author Avatar
2/9/21 09:15 Hapus
Wah,selamat ya mbak abisa dapat hadiah buku Bikin Ketawa IIDN.
Btw saya baru tahu loh mbak, ternyata latar belakang hadirnya buku antologi Bikin Ketawa ini, karena di tahun 2020 kemarin kita jad isusah ketawa.

Sukses terus, ya mbak.
Saya susah banget bikin cerita hingga membuat orang bisa tertawa. Bawaan saya serius mulu,kali yak, hehe.
Comment Author Avatar
22/9/21 23:27 Hapus
Waktu kecil dulu saya juga pengalaman traumatik dengan anjing, sejak itu jadi selalu ga suka dekat-dekat sama anjing takut dikejar lagi sampe terbirit2 hiks. Tapi klo liat video2 anjing lucu sih suka hehehe