Full Daycare Rekomended di Kota Kediri, Sahabat Sinar Alam

Full Daycare Rekomended di Kota Kediri, Sahabat Sinar Alam

Daftar Isi
Rasanya aku kok pengen balik kerja lagi ya.
Hmmm, tapi tidak berani bilang suami.
Terus bingung juga nanti bagaimana dengan anak.

Begitulah pergulatan hati awal tahun 2021. Merasakan kebosanan selama dirumah saja karena merasa tidak bisa melakukan apa-apa. Habits suka bergerak dan melakukan ini itu sebelumnya, tiba-tiba harus mandeg saat pindah Kediri butuh ekstra sabar dan kudu tahan banting saat melakukan adaptasi.

Fulldaycare Kediri

Disini aku mau berbagi, saat aku mencari daycare dekat tempat mengajar. Low budget, lingkungan ramah anak dan sesuai dengan jam kerja. Merasa bersyukur bertemu dengan daycare Sahabat Sinar Alam Kota Kediri. Tempat penitipan anak yang rekomended saat orangtunya bekerja. 

I' m Back to school

Selama ini aku tidak pernah menyampaikan keinginan buat balik kerja lagi. Cuma main doa saja. Tetiba awal tahun 2021, suami menawarkan "mau kerja lagi tak? ". Aku jawab mau dong.

Meluruskan niat untuk berbagi, menabung amal dan menambah saudara. Jujur, hidup jauh saudara dan orangtua cukup meresahkan disaat butuh teman curhat atau teman ngobrol. Ditambah lagi lingkungan buat anak disekitar rumah yang kurang mendukung.

Alasan lain, merasa kuper banget aku. Jika tidak dolan keluar. Motor cuma satu, itupun dipakai suami kerja. Bahkan aku sering jalan kaki saat anak merasa bosan dirumah saja. Pandemi pulak. Gambaran singkat kala itu, yang kini buatku tetap bersyukur aku tidak buat neko-neko alias membuat suami repot.

Sebisa mungkin belajar menerima keadaan karena memang kehidupan kami masih prihatin. Saat suami menawarkan buat balik kerja ya, aku mulai menyiapkan segala hal. Surat lamaran, dan mikir nyari tempat Mas Andra buat bermain sambil belajar sekaligus menstimulasi kecerdasan emosionalnya bagaimana dia saat berada dilingkungan baru. Dengan pengasuh baru, teman baru dan tempat baru.

Mengingat Mas Andra ini juga termasuk kategori anak yang loading lama jika kenal orang baru. Begitulah beberapa alasan yang menjadi pertimbangan kami. Pokok, segala keresahan ku aku adukan sama Allah, biar dia yang kasih petunjuk.

Semua kembali lagi ke kondisi rumah tangga masing-masing ya. Kalau suami sih membebaskan asal tidak meninggalkan kewajiban utama sebagai ibu dirumah, ibu untuk anak dan sebagai istri untuk suami.

Kalau difikir sih cukup berat. Karena aku ngajar dari pagi sampai sore dan sampai rumah harus handle kerjaan rumah. But, bismillah demi masa depan. Karena ada alasan urgent yang memang tidak bisa aku sampaikan disini.

Ibu Bekerja, Anak Dimana ?

Sudah menjadi hal pasti, seorang ibu (terutama) memikirkan masa depan anaknya. Walau konon, ibu sibuk, kurang perhatian sama anaknya ? Aku kira tidak semua ibu begitu deh. Kembali ke personalnya lagi.

Kalau aku, bekerja bisa jadi me time buat diriku. Mengoptimalkan passionku dan aku ingin sukses dalam berkarir. Walau saat aku mengambil langkah resign, aku sudah menyiapkan diri juga jika nantinya benar-benar fulltimemom.

Saat ibu bekerja, anak biasanya diikutkan di tempat penitipan. Atau dititipkan sementara di ibu mertua/nenek atau saudara terdekat. Kalau aku sih sudah pernah memanggil pengasuh buat jaga Mas Andra dirumah. Saat Mas Andra usia 3 bulan sampai 9 bulan aku hidup dibantu pengasuh anakku.

Saat itu lumayan mahal dan sedikit merogoh kantong buat bayar pengasuh. Itupun nyarinya tidak mudah. Kalaupun mau pakai lembaga resmi jatuhnya lebih mahal dan dihitung perjam. Solusi satu-satunya ya mengalah, dan diskusi sama keluarga kalau Mas Andra boleh dibawa kerumah pengasuh kala itu.

Nyuruh buat stand by di rumahku tidak ada pengasuh yang mau. Begitulah sedu sedan saat jadi new mom di tahun 2018. Pengalaman hidup berharga yang membuatku tak ingin jauh dengan my baby.

Sekarang, sudah terlatih dong. Aku pikir dalam lagi, semua ibu bekerja pasti merasakan hal yang sama. Rempong di awal saat anak-anak masih kecil. But, aku buat tulisan ini bukan untuk mematahkan semangat ibu-ibu yang sudah memantapkan diri untuk jadi ibu rumah tangga sejati.

Bagiku, peran ibu apapun itu semuanya hebat. Yang penting mendapat ridlo suami dulu saat memilih apapun. Karena istri bekerja, hasil kerja keras kita dinilai sedekah karena sudah membantu suami mencari nafkah. 

Ciri- ciri Daycare Yang Baik

Sempat bingung mencari daycare yang harga terjangkau, dekat tempat kerja dan sejalan dengan misi kita. Survey tempat dulu dong tentunya, dengan inisiatif tanya tetangga dan beberapa teman. Akhirnya, dapat info daycare dekat tempat kerja berkat gabung di komunitas mama hebat Kediri.

Komunitas yang aku ikuti sejak aku hamil dan sampai sekarang anak tambah besar. Berikut ciri-ciri daycare yang baik dan perlu diperhatikan, sebelum menjatuhkan pada satu pilihan : 

1. Kualitas Baik Sesuai Testimoni

Aku typikal yang kalau milih apapun harus ada testimoni dulu. Kebetulan saat tanya digrup mama hebat Kediri, di japri seorang moms yang anaknya juga didaycare sahabat sinar alam. Semi playgroup juga karena ada belajar sebentar walau tidak pakai seragam.

2. Ada Jadwal Pattern Belajar dan Bermain

Yap, sederet jadwal ini juga aku tanyakan ke pengasuh. Mulai dari pagi sampai sore. Sekitar jam 07.30 belajar bersama. Lewat lagu, permainan yang sudah disiapkan pengasuh, hingga ngobrol kecil ditanya nama ayah siapa, nama ibu dan alamat rumah. Serta pertanyaan kecil lainnya yang menurutku cukup membantu anak mau bicara dan berani menjawab.

Secara, mas Andra ini orangnya kurang percaya dirian. Jadi, aku memang mencari tempat yang buat dia nyaman untuk berkembang dari cara bersosialnya. Dan aku tidak mematok harus bisa ini itu untuk usianya yang masih cukup dini. Aku tinggal kerja lagi saat usia dia otw tiga tahun.

Setelah belajar, nanti ada makan kecil bersama teman. Momen saling berbagi makanan sangat terbantu dengan aktivitas ini. Kalau biasanya Mas Andra sarapannya di sekolahan sih. Sebelum belajar atau sebelum tidur siang. Jadi paginya, dirumah sudah makan kue dan susu.

Jam tidur siang sekitar pukul sebelasan sampai pukul setengah satu. Kumpul bareng teman-teman lagi dan ada yang bermain dengan msinan yang ada di daycare. Makan siang kemudian mandi.

Kalau aku sih terima beresnya saja kalau soal mandi. Kebetulan disana ada jam mandinya. Sangat membantu sekali buat emakpekerja yang pulangnya sore. Kadang Mas Andra kalau aku jemput pun minta main dulu sebelum sampai rumah. Saat anak sudah bersih kan tidak worry lagi untik mengeluarkan tenaga menggiring anak buat mandi dirumah.

Oh iya, tiap bulan juga ada posyandu nya disana. Ada timbang berat badan, ukur tinggi badan, lingkar kepala dan pemberian vitamin di bulan tertenti seperti vitamin A dan Obat cacing.

Jam efektif, dari Senin sampai Jumat itu penitipan buka pukul 07.00-16.00. Kalau lebih ya kena charge biaya tambahan. Kalau Sabtu sampai pukul 14.00 saja. Minggu atau hari besar libur.

3. Pengasuh yang Mumpuni


Pengasuh yang ramah, sabar dan qualified menjadi tolak ukur aku memilih daycare ini. Ada empat pengasuh yang membersamai anak-anak bermain dan bertumbuh sebagai pengganti aku saat kerja.

Karena memang tempat terbaik ya di daycare. Daripada meninggalkan anak dan pengasuh dirumah. Itupun biaya akan habis lebih banyak, jika dihitung-hitung. Kalau di daycare kan kita tak perlu menyiapkan permainan banyak. Dan pastinya banyak teman yang bikin ramai suasana.

4. Budget Yang Terjangkau

Selain tempat yang luas, rekomended buat wara-wiri anak, budget tiap bulan yang harus aku keluarkan pun menjadi pertimbangan utamaku. Gaji guru honorer berapa sih? Kalau dihitung ya cukup buat makan sebulan. Bersyukur bisa dibuat nabung. Ye kan ?

Nah, kalau sebulan biasanya aku harus mengeluarkan uang sebesar 600 ribu. Untuk anak setahun ke atas. Kalau untuk anak usia setahun kebawah 800 ribu perbulan buat bayar daycare.

Dengan lokasi yang sejalan dengan tempat kerja, hanya 5 menit jarak tempuh menjadi pilihan tepat untuk memantapkan diri memilih daycare sahabat sinar alam. Musim hujan juga jadi pertimbangan ku, agar tidak repot banget saat antar jemput anak.

5. Fasilitas yang Memadai

Fasilitas dan ruangan luas menjadi tempat bermain dan belajar anak ini juga aku perhatikan. Di daycare ada jam tidur, untuk ruangan balita anak perempuan dan anak laki-laki terpisah. Ruang belajar dan parkir yang luas sangat rekomended bagiku memilih daycare Sahabat Sinar Alam.
Full daycare kota kediri
Ruang belajar dan bermain


Dapur. kamar mandi juga tersedia dengan aman. Biasanya handuk dan sikat gigi Mas Andra ditinggal disitu. Handuk seminggu sekali ganti, untuk pasta gigi dan odol ditaruh disitu. Rumah biasa yang disulap sebagai tempat penitipan anak ini juga ada pagar depan rumah.

Di belakang rumah ada hewan peliharaan seperti ikan, ayam, burung dll lumayan buat slimuran anak kalau menangis.

Tips Memilih Daycare

Tak banyak yang bisa kusarankan buat para emak-emak disini. Pilihan kembali ke pribadi masing-masing. Kalau aku sih tipsnya ya, harus survey dulu ditempat. Melihat kondisi realnya disana, ngobrol sama pengasuhnya sekaligus lihat kondisi anak-anak sebagai teman bermainnya anak kita.

Kalau mau mencoba dititipkan harian juga boleh. Kena charge per hari Rp 50.000,-. Mendapat fasilitas yang sama kayak yang bayar bulanan.

Tanya detail programnya, jadwal rutinnya, termasuk jam makan dan kasih keterangan juga anak alergi apa . Supaya pengasuh juga enak dan kita menjalin keterbukaan. Nah, kalau soal menu makanan sangat disesuaikan dengan menu anak-anak. Dan setiap hari menunya pakai kuah.

Yang menjadi nilai tambah, aku sangat senang karena tiap hari ada laporan di grup terkait belajar anak mulai dari mengaji, dll. Yang juga disertai video. Paling seru itu kalau hari Jumat, ada senam bagi anak-anak. 

Untuk perayaan hari besar, sebagai contoh saat moment 17 Agustus ada kegiatan lomba disana. Itu sedikit gambarannya. Karena aku baru menitipkan Mas Andra mulai bulan juni 2021.

Bagaimana? Sudah punya gambaran ya. Agar tidak worry lagi jika mendengar kalau anak dititipkan di daycare takut anak diperlakukan ini itu. 

Kita bisanya ikhtiar menjaga amanah dengan sebaik-baiknya. Jika dirasa kita belum maksimal membersamai anak, kerjasama dengan sekolah atau orang yang lebih ahli soal anak usia dini akan sangat membantu problem kita. 

Kondisi lain, jika kita sendiri yang ingin terjun membentuk karakter anak dari hasil tangan sendiri juga Monggo. Yang penting anak nyaman, happy menikmati dunia bermainnya. 

Alamat Daycare Sahabat Sinar Alam, Kota Kediri

Full daycare


Terletak di Jalan Kawi III No. 20 Mojoroto Kediri Jawa Timur 64112 Indonesia

2 komentar

Comment Author Avatar
Anonim
1/10/23 20:00 Hapus
Punya nomor daycare sinar alam kak?
Comment Author Avatar
4/10/23 18:54 Hapus
ada , bunda lulus 6285735841488