Ganti Judul dan ALt sendiri

Review Buku Anak Rambut Panjang Alika

Rambut panjang Alika, salah satu judul buku anak yang cukup membantu misi saya mengajarkan Mas Andra untuk tidak takut potong rambut di Barbershop. Buku bergambar ini bahasanya mudah difahami anak, ilustrasinya keren disusun dengan konsep yang cerdas menjadi bacaan menarik dan menyenangkan untuk dibacakan ke anak-anak.

Rambut panjang alika

Begini ceritanya, 

Saat anak berusia setahunan, dia takut mendengar bunyi mesin cukur rambut. Jadi, di fase tersebut kami mencukurkan rambut anak di tetangga dekat rumah yang punya salon. 

Sembari digendong, saya mengkondisikan anak agar tidak banyak gerak saat dicukur. Meski ada sedikit drama sebuah tangisan, lumayan lah rambutnya nampak lebih rapi dari sebelumnya.

Lambat laun, saya berfikir untuk merubah rasa takut mas Andra untuk potong rambut di Barbershop. Pasalnya, semakin bertambah usia, apa mau takut terus ?, itu yang ada dalam batin saya.

Suatu ketika, saat saya sedang gemar-gemarnya mengikuti acara literasi bersama komunitas Read Aloud Yuk, salah satu buku anak yang dibacakan oleh panitia adalah Rambut Panjang Alika. 

Mengetahui isi bukunya sangat bagus. Ada banyak hal yang bisa dipelajari anak tentang sayuran. Pada isi cerita, terdapat seorang gadis kecil yang penasaran ingin meniru potongan rambut ibunya melalui foto. Namanya Alika. Saat bermain diruang tamu, dia penasaran ingin meniru apa yang dia lihat. Diambillah gunting mainannya berwarna merah yang ada di atas almari. Diam-diam dia memotong rambutnya sampai kependekan. Kaget dong, 

Merasa takut ketahuan orangtua dan kakaknya, Alika mencoba memperbaiki penampilan rambutnya dengan mencari sesuatu yg ada di dapur. 

Dia menemukan kacang panjang, rambut jagung, kangkung, mie di mangkuk dan petai. Ditempelkannya setiap sayuran yang dia temukan, namun tidak cocok semua.

Sampai kebingungan sendiri, Alika mengumpat dibalik tirai jendela berwarna merah karena tak ingin satupun orang tahu apa yang terjadi padanya.

Meskipun demikian, Kakak, Ibu dan Ayah tetap bisa menemukan si Alika. Saat ia bersembunyi dibalik tirai berwarna merah, kaki Alika kelihatan. Jadi, ketahuan deh. Saat dipergoki, Alika malah kaget. Huaaaaaa 

Kemudian, 

Apa yang terjadi ?

Ibu tidak memarahi Alika. Dikenakannya bando di kepala Alika, menambah hangatnya suasana. Alika nampak lebih cantik.

Mungkin ibu-ibu disini ada yang mengalami hal serupa , saat anak diajak potong rambut tapi malah takut dan menangis ? Bisa dicoba ya bu, melalui buku anak yang berjudul "Rambut Panjang Alika" ini semoga membantu. Menasehati tanpa menggurui, biasanya anak lebih mudah dikasih tahu melalui buku. Betul nggak sih ? . Yuk Bu, kita sharing berfaedah disini .

Memakai buku ini sangat membantu saya memahamkan anak bahwa potong rambut itu tidak menakutkan. Sampai sekarang, kalau ke Barbershop untuk cukur rambut, no worry lagi.

Review Buku Anak

Judul Buku : Rambut Panjang Alika

Penulis : Dewi Rieka

Ilustrator : Fatimah Zahra

Penerbit : Mizan

Related Posts

6 komentar

  1. setelah membaca riview ini jadi pengen baca juga bukunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mbak, baca buku anak seru hlo

      Hapus
    2. yuk mbak, baca buku anak seru hlo

      Hapus
  2. wah aku jadi pengen baca cerita selengkapnya :D menarik sekali

    BalasHapus
  3. Dari cover nya aja udah children friendly ya mbak lucu, menarik.
    Auto masuk list buku anak ^^

    BalasHapus

Posting Komentar