Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Apa Saja Yang Harus Diketahui ?

Materi one day one post kali ini bertajuk tentang mengenal blog. Dibawakan dengan ringan oleh coach Marita menambah keseruan kelas. Bejibun pertanyaan dari peserta oprec batch 10 menambah banyaknya chat di grup whatsapp.

Berasa diremidi dengan materi "Mengenal Blog", hahahaha

Ini kali kedua mendapatkan materi yang sama dengan narasumber yang sama pula. Hanya beda ruang dan penyelenggaranya saja. Meskipun demikian, tetap ada hal menarik yang membuat saya untuk bertanya. Baca sampai selesai ya teman, saya akan menceritakan apa saja yang harus kamu ketahui unuk mendalami lebih lagi tentang blog. Siapa tahu anda terpantik untuk memelajari cara mendapatkan uang dari blog.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Semoga kamu yang saat ini baca tulisanku merasa tercerahkan dengan curhatanku kali ini ya. Siapa tahu kamu adalah pembaca yang saat ini mencari referensi menulis di blog. 

Agar Tahu Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Ketahui Dulu Apa Itu Blog ?

Istilah kerennya website personal, yang biasanya dikenal dengan sebutan blog. Pengelolaannya mudah, tanpa kurasi kamu sudah bisa menerbitkan artikel sesuai dengan gaya kamu menulis. Serta dapat dibaca siapapun yang tahu alamat blogmu. 

Bloging adalah aktivitas seseorang yang suka menulis di blog. Sudah bisa dibedakan ya ? Sebelum melangkah lebih lanjut, sabar dulu. Akan ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum benar-benar fokus untuk mengelola blog sebagai sumber menambah cuan. Secara teori sih bloger itu kerjaannya hanya menulis, mendesign, editing dan publish. Prakteknya tidak hanya itu saja guys. Kalau saya menyebutnya adalah pekerjaan paling perfect. Ada beberapa keahlian yang harus dikuasai oleh seorang bloger. Tapi, bukan itu yang akan saya bahas disini. 

Manfaat Blogging, Apa Benar Bisa menjadi Cara Mendapatkan Uang dari Blog ?

Jika kamu benar-benar serius akan hal ini, bisa dong mendapatkan cuan tambahan dari ngeblog. Pelajari ilmunya secara tulus dan penuh kecintaan. Tak lupa gali big why menulis anda mengapa memilih blog sebagai platfom yang kamu pilih untuk mencapai misi itu.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog 

Ini dia manfaat blogging yang harus kamu ketahui agar semakin tertarik untuk merawat blog sebagai aset digital yang tak pernah musnah di makan oleh zaman.

1. Menyalurkan hobi

Apa mau dikata, jika hobi telah ditemukan aktivitas ini bisa menjadi jalan menghibur diri dan produktif dibidang yang kamu tekuni. Bisa juga menjadi passion yang amat kamu sukai, meski kondisi apapun tetap kamu perjuangkan.

2. Mengutarakan Opini dan Ide

Orang yang gemar menulis biasanya punya ide berseliweran. Apa yang tak terlintas difikiran orang bisa jadi bahan tulisan untuk dia. Merasa butuh ruang, menciptakan momen keseharian dengan menuliskan ide dan pendapat di platform sendiri. Bisa dibuka lagi, di cek secara detail karena blog lengkap dengan fitur archive.

3. Berbagi Kisah, Inspirasi, Tips

Mungkin awal-awal akan ada banyak curhat yang kamu tulis di blog. Seiring berjalannya waktu, konsep itu mulai berubah. Bertambah ilmu bloging, tak hanya menulis tentang apa yang kamu alami, tapi lebih ke menulis apapun yang bisa menjadi ketertarikan orang lain untuk mengambil hikmah, inspirasi, kisah menarik atau tips bermanfaat yang banyak dibutuhkan orang.

4. Mengikat Ilmu

Apa-apa yang kita pelajari dari hasil webinar, kajian, berkomunitas bisa kita ikat agar ilmu itu terus mengalir dengan menuliskannya di blog personal.

5. Self- Healing

Cocok untuk orang yang punya karakteristik introvert, menulis di blog menjadi ruang untuk terus bertumbuh dan bisa menjadi self healing untuk menghibur diri atas pencapaian apa saja yang selama ini telah di lalui. Hal lain, bisa menjadi teman terbaik mengobati luka, mengikat rasa baik senang maupun susah. 

6. Mencatat Portofolio Diri dan Anak

Ini saya banget, menajdikan blog sebagai ruangku mengumpulkan prestasi, pengalaman sebagai rekam jejak menjadi ibu, guru dan istri.

7. Mengerjakan Tugas Perkualiahan/Tantangan Grup Menulis

Sedang di fase senang berburu ilmu ya?, atau sedang ada tugas dari guru/ dosen. Blog ini biasanya menjadi tempat yang tepat untuk menampung tugas-tugas yang diberikan sebagai syarat lulusnya ujian. Hal lain, blog bisa jadi tempat menampung tulisan karena kamu sedang mengikuti tantangan menulis. Saat mau cek lagi, akan lebih mudah dan cepat mengetahuinya. Ya, kan ? 

Mengapa Blogging ?

Banyak sekali tutorial bertaburan di mbah google cara bikin blog gratis. Kamu bisa membaca referensinya disana. Awal dulu punya blog sayapun demikian, browsing sana-sini untuk membuat blog sampai permak dan kasih widget lucu dan bergerak di blog. Sekarang, sudah beda orientasinya. Permak template blog sesuai ilmu yang saya dapat dan mengisinya dengan tulisan yang saya anggap layak untuk di publish.

Memilih bloging, karena merawatnya mudah, bisa menjadi cermin untuk memvisualisasikan diri kita ini siapa, memperkuat personal branding, tanpa kurasi sudah bisa publish artikel sendiri dan lebih rapi untuk penyimpanannya. Hanya saja satu hal yang harus kamu ketahui resikonya. Karena kam sudah berani mempublish artikel tersebut di blog sendiri, segala macam komentar, kesan negatif sekalipun harus dihadapi dengan penuh legowo. Tapi jika kesan positif banyak yang muncul dari pembaca, itu tandanya mereka suka dengan artikel yang kamu tulis. Luar biasa kan ?

Tips Bloging, Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Bloging adalah aktivitas yang menyenangkan. Modal nulis depan komputer bisa dibayar cuan sesuai rate yang kamu mau. Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu praktekkan untuk mencapai hal itu. Setelah tahu apa itu blog, manfaat dan mengapa harus bloging?. Kini saatnya kamu tahu tips bloging jitu yang bisa memudahkan dirimu meraup keuntungan menambah cuan.

1. Fokus

Fokus menjadi hal wajib yang harus dimiliki seorang bloger. Dari tulisan biasanya akan kelihatan sih, artikel mana yang deep, biasa, menarik perhatian dan butuh banyak koreksian. Hahaha, Saya pernah mengalami semua. 

Berkaitan akan fokus, mulai dari tampilan blog harus dibuat semenarik mungkin. Mulai dari memilih template blog yang ramah dibuka di handphone maupun lewat komputer. Saat dibuka tidak nge-lag sehingga membuat pembaca tidak betah berkunjung ke blog kamu. Pun untuk tampilan template juga fresh dan memudahkan pembaca tak mudah lelah membaca artikel yang kamu sajikan.

Memilih niche blog, dalam artian genre blog kamu jelas. membahas tentang parenting sajakah, traveling kah, musik kah, pendidikan kah, keuangan, wisata atau life style blog yang berisi apapun itu. 

Kenali senjatamu dengan memahami fitur apapun yang dimiliki blog. Jangan sampai anda ngeblog tak faham keguanaan apa saja fitur yang sellau kamu hadapi. Biar kita bisa menakhlukkan blog dengan nyaman dan banyak viewer yang datang ke blog kita.

2. Know What You Do, Do What You Know

Ini dia, hal yang sering dialami seorang bloger. Kadang bingung apa yang harus dikembangkan, pun ada yang memilih meninggalkan aktivitas bloging karena big whynya tidak kuat. Kalau hanya mencari cuan lewat bloging, tak tepat juga. Pasalnya, untuk mendapatkan cuan dari bloging juga tergantung dari tiap orang yang menjalani. Harus mau terus belajar dan update ilmu bloging. Google suka bloger yang rajin menulis, dan website personalnya sering dikunjungi pembaca. Jika nulisnya masih ogah-ogahan ya apa mau dikata. Sebab, agency yang menseleksi bloger untuk menerima job juga akn mempertimbangkan DA,PA, Spam Score, Page View per bulan dan lain-lain. 

Jangan bosan menulis, mengembangkan ide, membaca atau belajar melalui blog walking. Berkunjung ke sesama bloger dengan membaca tulisan mereka untuk mendapatkan hal baru. Dengan adab blogwalking yang benar. Tidak meninggalkan link hidup dikolom komentar pun tidak spam komentar yang tidak penting. Layaknya pembaca blog yang sopan, berkomentarlah sesuai topik yang dibahas/ditulis oleh teman bloger.

3. Jangan Jadikan Uang Sebagai Tujuan Utama

Apa yang sudah saya sampaikan diawal, jangan hanya soal uang yang ingin kamu gapai. Sebab, jika kelewatan bisa jadi anda mati karena niatnya tidak sepenuh hati. Kalau tidak dapat cuan, berarti blognya jadi mati. 

Ada banyak cara untuk mendapatkan cuan dari bloging. Seperti job review dari prodak,event atau service, kompetisi blog, adsense (pasang iklan), pemasangan banner di blog kamu dan lain-lain. Semua tergantung kegigihanmu mengelola blog, melakukan personal branding dan sabar. Berkomunitaslah untuk melebarkan sayap, sellau update dan jangan hanya menajdi penyimak di beberapa grup yang kamu ikuti. Adakalanya membaca juga tulisan para pemenang lomba, tapi kamu juga harus punya karakter kuat agar tulisanmu punya kekuatan sendiri. Gampang-gampang susah juga sih. Hehehe

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Jadilah bloger dengan versi terbaikmu. Ingin apa kamu dikenal, capailah dengan proses yang tulus. Buat konten menarik, viral untuk mendapatkan trafic yang bagus.

Sekarang mulai faham kan ? atau kamu sudah faham dan ada gambaran apa saja yang harus kamu lakukan untuk bisa produktif dengan menulis di blog ? Yuk, saling menyemangati kawan. Agar kita bisa mencapai goals dengan cara yang menyenangkan, bukan menjenuhkan. Demikian artikel yang saya buat cara mendapatkan uang dari blog. Semoga bermanfaat ya.

Related Posts

1 komentar

  1. Tulisan kakak bermanfaat banget ni, jadi tau caara dapat uang dari blog gimana

    BalasHapus

Posting Komentar