Berkat Internet Cepat Bikin Konten Wujud Rasa Sayang Anak Istimewa

Berkat Internet Cepat Bikin Konten Wujud Rasa Sayang Anak Istimewa

Daftar Isi

internet cepat wujudkan konten rasa sayang
dokumen pribadi

Anak Istimewa, Tetap Punya Mimpi

Mereka tetap manusia yang memiliki mimpi tinggi, layaknya manusia normal pada umumnya. Bisa senyum, marah, sedih dan ingin bersekolah yang tinggi. Secara fisik, mereka tak ada yang cacat. Kecuali Hexa, yang memang tuna daksa sejak lahir. Bahkan secara akademik, dia bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Sangat berbeda dengan beberapa teman lainnya. Secara IQ memang tergolong slow learner. Namun, apakah mereka tak layak mendapatkan kesempatan untuk melihat dunia seisinya lebih luas ? Bisa, tentunya.

Maka dari itu, saya dan Bu Atik turut membantu mereka yang sering disebut anak istimewa untuk mengenal dunia tanpa batas melalui internet. Mengenalkan hal dasar cara browsing dengan internet serta kebutuhan dasar lainnya. Agar mereka juga tidak gagap teknologi menyambut perkembangan dunia digital yang kian berkembang.

Nyatanya, mereka bisa mengikuti kok. Mereka juga bisa pegang gadget sendiri. Kalau ada penilaian semester, mereka bisa beradaptasi mengerjakan soal ujian melalui gadget yang dimiliki. Misal, handphonenya tidak support karena koneksi internet tidak memadai, biasanya beberapa dari mereka mengerjakan soal di ruang komputer.

Masha Allah ya perjuangan mereka untuk bisa. Meski nilai tak mencapai sempurna, berkat internet semua jadi lebih mudah. Saya dan Bu Atik yang mendapatkan tugas untuk mendampingi perkembangannya selama di sekolah sangat terharu.

Berteman dengan anak cerdas istimewa itu sesuatu bagiku. Kerab saya melihat dari kejauhan, sembari menatap wajah mereka " Ya Allah, begitu luarbiasanya mereka". Hidup dengan kekhususan dan bisa berbaur dengan lingkungan sosial itu priceless banget menurutku.

Orangtua mereka juga hebat. Pasti sudah banyak mental yang disiapkan untuk menerima kondisi putra-putrinya sebaik mungkin. Mereka hanya butuh diterima, bukan dihujat atau di cemooh. Apalagi dihindari.

Orangtua memilihkan tempat terbaik agar putra-putrinya tetap bisa menempuh pendidikan sesuai jenjangnya, meski di sekolahan umum adalah bukan tanpa alasan. Mereka punya mimpi besar, menggapai mmimpi dengan caranya.

Profil Singkat SMP N 8 Kediri Ditunjuk Dinas Pendidikan Sebagai Sekolah Ramah Anak

Terhitung, di sekolah tempat saya mengajar ada 11 anak istimewa. Ini adalah tahun kedua menjadi bagian dari sekolah ramah anak. Sekolah yang boleh dimasuki oleh anak-anak inklusi dengan kategori ringan.

Itulah sebutan sekolah tempatku mengajar. Yang beberapa tahun terakhir Dinas Pendidikan telah memilih SMP Negeri 8 sebagai salah satu sekolah ramah anak. Sekolah yang tak boleh menolak dengan beberapa kriteria berikut :
  • Anak yang kedua orang tuanya bercerai. 
  • Anak yang tidak tinggal bersama orangtuanya
  • Anak yang hanya tinggal bersama salah satu orangtuanya
  • Anak Yang kedua orang tuanya bekerja diluarKota/fulltime
  • Anak yang berasal dari kelompok marginal
  • Anak yang tidak mempunyai akte kelahiran
Ketika amanah baru muncul dari Kepala Sekolah, saya menerima dengan lapang dada. Justru rasa syukur kerab kali menghampiri. Saya ditunjukkan dengan fakta bahwa mereka, anak istimewa adalah mutiara yang tersimpan dalam lumpur. Meski sebagian besar kecerdasan akademik berada di bawah rata-rata, mereka bisa kok berkomunikasi baik. Tak pernah membuat ulah atau membuat masalah.

Saya begitu senang berdampingan dengan aktivitas mereka. Berasa punya pengingat diri kalau merasa paling terpuruk ketika ujian hidup menghampiri. 

Tak ada yang mau, juga tak bisa menolak jika takdir sudah terjadi

Secara logis, tak ada yang mau menerima buah hati dengan kriteria anak istimewa. Sangat salut, ketika orangtua mau menerima dengan penerimaan tulus dan tertinggi. Bahkan mereka telah berupaya keras untuk tetap merawat dan menjaga amanah yang telah diberikan oleh Allah dengan sebaik mungkin.

Soal kerjasama dengan orangtua, mereka sangat welcome. Berbagai program yang saya dan Bu Atik rencanakan, mereka sangat mendukung dalam merealisasikan program tersebut. Support kepala sekolah juga sama, kami berdua dipercaya untuk menjaga mereka saat di sekolah.

Beberapa Aktivitas Bersama Anak Istimewa

1. Membekali ketrampilan merawat diri

Secara penampilan mereka sempurna. Bahkan kalau dilihat sekilas, orang yang baru kenal tidak tahu kalau sebagian dari mereka adalah anak dengan kategori slow learner. Ilmu merawat diri, adalah bekal agar mereka tetap kelihatan bersih, rapi dan tetap bisa berpenampilan cantik/tampan di mata diri sendiri dan orang lain.

2. Mengajarkan kesabaran lewat Menggambar/Mewarnai.

Saat proses menggambar, mengundang gelak tawa. Saya dan Bu Atik bisa menyelami karakter mereka secara perlahan. Siapa yang mudah bad mood, siapa yang bersemangat, bahkan ada yang tidak suka menggambar. Saya dan Bu Atik tentu menjelaskan makna kegiatan tersebut. Bahkan melonggarkan kalau mau jajan/istirahat saat menggambar dan mewarnai belum selesai juga tidak apa-apa.

3. Mengasah kemampuan berbicara lewat bercerita

Ada yang malu -malu, ada yang senyum-senyum bahkan ada yang mengeluarkan nada lirih. Tetap mengapresiasi. Mereka saling bergantian maju ke depan buat praktik menceritakan aktivitas sehari-hari itu sudah luar biasa. Harapannya, mereka mampu mengutarakan keinginannya dengan baik dan sopan.

4. Memupuk rasa peduli dengan menanam

Terlihat sederhana memang. Mencintai tanaman adalah bentuk cara manusia menyayangi salah satu makhluk Allah. Dengan mencintai dan merawat tanaman, kemampuan mereka untuk peduli dengan sesama bakal terasah.

6. Berlatih disiplin melalui aktivitas merapikan tempat tidur

Aktivitas yang ternyata tidak semua dari mereka biasa dilakukan dirumah. Meski hanya melipat dan membersihkan tempat tidur kemampuan ini butuh pembiasaan agar mereka belajar disiplin serta belajar pola hidup bersih dan sehat.

7. Mengenal dunia berbekal internet cepat

Aktivitas seru tanpa batas yang bisa dilakukan dengan berselancar di dunia Maya berbekal internet. Kemampuan dasar dalam hal menguasai teknologi mereka tetap harus dikenalkan. Agar tidak gagap teknologi dan mereka juga berhak mendapatkan ilmu perihal perkembangan dunia digital.

Anak Istimewa Perlu Bekal Ketrampilan Dunia Digital

internet cepat untuk anak istimewa

Sangat besar harapan, pemerintah juga turut memberikan ketrampilan lanjutan sebagai bekal mereka ketika memasuki dunia kerja. Ketrampilan yang menyokong, salah satu  keahlian yang dibutuhkan untuk menjaga keberlangsungan hidup. Minimal, bila mandiri mendapatkan pekerjaan dengan gaji hasil keras sendiri.

Saya yakin, mereka bisa hidup mandiri dewasa kelak. Selama orangtua tak pernah lelah mendampingi, memilihkan sekolah yang cocok dan nyaman untuk buah hati serta selalu menggali informasi berbekal internet cepat untuk menemukan komunitas mana saja yang mau menerima anak istimewa dengan tulus. Perjalanan mereka untuk tetap survive dengan kehidupan, tak rumit akal manusia menaruh rasa khawatir.

Saya bermimpi sekaligus berdoa, semoga ada sosok pahlawan yang berbaik hati memberikan perhatian lebih kepada anak istimewa. Sebab tak semua dari mereka dari kalangan orang mampu. Tak ingin mereka putus sekolah, minimal mereka punya ketrampilan lebih dan bisa lulus sekolah menengah atas.

Merasa bersyukur, Allah ternyata punya maksud kenapa saya disandingkan dengan anak istimewa di sekolah. Dari sini, saya bisa menuliskan pengalaman berharga bahkan bisa meramunya menjadi tulisan yang menurut saya indah, berbekal internet cepat. Sekaligus merajut mimpi, semoga setiap pertemuan ini berbuah karya terbaik meski hanya berupa konten tulisan, ini adalah bukti rasa sayang Bu Windi kepada mereka "anak istimewa" dengan membuat konten tentang mereka, bisa menjadi pengikat rasa. Menambah rasa syukur, bahwa hidup ini adalah tentang berbagi. Alih-alih, tulisan ini juga membuat kamu teman windi lebih mensyukuri hidup apapun yang terjadi.

Terimakasih IndiHome, selalu sigap memberikan pelayanan terbaik dengan jargon internetnya Indonesia. Berkat jaringan internet stabil, saya bisa merampungkan tulisan ini. Akses internet cepat dan bikin sat set.  Membuat aktivitas saya berjalan dengan lancar. 

Termasuk menjadi pendukung aktivitas onlineku. Semoga internet provider milik Telkom Indonesia ini selalu konsisten memberikan layanan internet terbaik, menunjang aktivitas tanpa batas, menghasilkan konten yang menginspirasi.

Posting Komentar