Cinta Mama, Tak Akan Pernah Tergantikan

Cinta Mama, Tak Akan Pernah Tergantikan

Daftar Isi
Saya sering merasa sedih, mendapati anak remaja yang sering berulah di sekolah. Sebagai pendidik, beberapa kenakalan remaja yang dimunculkan menjadi peer besar juga bagi saya. Sebab, anak saya masih usia kecil. Lantas, bagaimana dengan masa remajanya anak saya nanti ? Itulah, secuil kekhawatiran yang memenuhi otak saya. Merenung sejenak, memikirkan masa depan anak di masa mendatang.

Sebagian besar, kenakalan remaja muncul di usianya yang sekarang, disebabkan karena tangki cinta di usia emas belum terpenuhi. Alasan ini saya simpulkan, sebab beberapa kasus anak remaja yang saya temukan di sekolah, ujung-ujungnya berawal dari rumah.

Yaitu bonding dari orangtua ke anak yang kurang terjalin dengan mesra.

Bonding Orang Tua dengan Anak

Bonding time

Tujuh tahun pertama, sejak anak lahir adalah awal yang utama untuk membangun kedekatan antara orang tua dan anak. Mulai dari proses mengASIhi, membersamai anak bermain, menanamkan akhlak serta menanamkan pondasi keimanan sejak dini, menjadi pilar utama untuk anak-anak berkembang.

Peran keluarga, sangat amat penting bagi perkembangan anak. Saat sudah waktunya masuk dalam kehidupan yang lebih luas lagi (masyarakat), beberapa hal yang ditanamkan dalam keluarga menjadi penentu bagi anak dalam menghadapi tantangan hidup.

Ibarat sebuah rumah, pondasi bangunan yang kokoh adalah inti dari kuatnya sebuah bangunan. Atas dasar itulah, bonding orang tua ke anak yang terjalin dengan baik di usia emas akan sangat memberikan kontribusi besar bagi anak dalam hal melakukan interaksi sosial.

Meskipun sejak lahir, anak telah membawa fitrah baik yang diberikan oleh Tuhan, kewajiban orang tua adalah membentuk karakter anak menjadi baik dengan memberikan stimulasi yang tepat di setiap perkembangannya.

Manfaat Membangun Bonding dengan Anak

Yakin, ketika anak merasa tercukupi akan kasih sayang orang tuanya, apa-apa yang disampaikan orang tua ke anak akan menjadi titik utama yang dijadikan pedoman dalam bersikap.

Sebab, bonding tercipta tidak dari hal yang instan. Melainkan sebuah hubungan yang harus terus dipupuk sebagai wujud rasa kasih sayang dari orang tua ke anak.

Sebuah bonding yang utuh, itu bisa dirasakan kok. Contoh kecil, ketika ibu marah ke anak, emosi akan menular. Itulah sebabnya, bonding memiliki banyak manfaat diantaranya :

1. Anak Merasa Bahagia

Komunikasi yang terjalin dengan baik antara orang tua dan anak menjadi senjata yang ampuh untuk menciptakan kedekatan. Perhatian, kasih sayang dan kedekatan yang terjalin secara konsisten akan lebih bermakna bagi anak. Anak akan merasakan bahagia. Ketika orang tua memberikan kasih sayang yang tulus dan penuh kasih sayang. Anak juga akan lebih mudah untuk diarahkan.

2. Mampu Mengendalikan Emosi

Anak adalah peniru ulung. Apa yang pernah dirasakan dan dilihat akan terus diingat. Oleh sebab itu, orang tua adalah sebaik-baiknya teladan bagi anak. Jika orang tua sering memukul ketika anak tantrum, justru anak juga akan bersikap yang sama di kemudian hari. Emosi itu menular.

Akan sebaliknya. Bonding yang kuat, akan membentuk rasa percaya diri anak semakin utuh. Ada rasa kenyamanan dan keamanan yang dirasakan anak berkat kedekatan emosi antara orang tua dengan anak.

3. Anak Bertumbuh Lebih Baik

Kasih sayang yang terus mengalir di setiap fase pertumbuhan anak, memberikan sumbangsih terbaik baginya. Anak merasa diperhatikan. Ketika menghadapi kesulitan, stimulasi yang pernah diberikan oleh orang tua akan selalu digunakan.

Cara Terbaik Menumbuhkan Bonding dengan Anak

1. Melakukan aktivitas bersama

Bermain bersama, menjadi momentum terbaik bagi orang tua dan anak untuk menjalin kedekatan. Menyediakan waktu sepenuhnya buat anak. Melakukan aktivitas sederhana namun memberikan dampak yang luar biasa. Memasak bersama, mencuci baju, menanam, olah raga bersama, makan bersama bahkan membaca buku bersama bisa menjadi alternatif terbaik untuk membangun kedekatan dengan anak. Banyak pilihan aktivitas bersama untuk dilakukan.

2. Mengobrol Bersama

Terlihat sepele, tapi ketika rutinitas ngobrol bisa terjalin dengan baik. Akan memudahkan orang tua untuk mendapatkan informasi apapun yang terjadi dengan anak. Ada keterbukaan yang terjalin. Memudahkan orang tua paham kondisi anak secara keseluruhan. Ini juga menjadi modal utama, bagi orang tua menjadi teman terbaik di segala kondisi (perasaan) anak.

3. Dengan Sentuhan

Layaknya ibu dan bayi, anak juga membutuhkan sentuhan sebagai bentuk rasa sayang. Memberikan pelukan di saat tertentu. Selalu ada di saat anak butuh teman bertukar pendapat. Atau hanya sekedar menjadi teman untuk mendengarkan cerita.

Cinta Mama, Tak Akan Pernah Tergantikan

Tidak ada kata terlambat untuk menjalin kedekatan dengan anak. Walau terkadang, saya juga masih sering merasa bersalah. Merasa kurang waktu untuk membangun bonding dengan anak. Makanya, saya mencari jalan pintas dengan memanfaatkan momen tertentu supaya saya tetap bisa mengobrol baik sama anak.

Saat sedang istirahat bersama sambil menikmati screentime, biasanya kami saling bergantian memijat. Meski hanya sekedar mengelus punggung anak, justru dia merasakan nyaman. Anak merasa diperhatikan. Ini, menjadi rutinitas kami setiap sore.

Saya percaya, cinta yang tulus dan lahir dari seorang mama atau ibu, tak akan pernah tergantikan dengan siapapun. Hanya saja, kita juga butuh satu media yang menyatukan emosi antara ibu dan anak lebih baik lagi. Cinta mama sebagai minyak balur yang wanginya enak. Mampu menyatukan rasa antara ibu dan anak dalam sebuah sentuhan (pijatan) bermakna.

Minyak balur yang terdiri dari 3 varian ini, cocok digunakan sejak bayi lahir.

1. Sakura

Usai mandi, minyak balur ini bisa diaplikasikan dengan sempurna oleh ibu. Di dalamnya, terdapat essessial oil risademascena flower Oil untuk menambah imun pendukung dan menambah mood anak karena aromanya.

2. Petunia

Cocok dibalurkan ke tubuh anak sebelum tidur. Menjadikan tidur anak semakin berkualitas berkat kandungan essensial oil rosmanirus officinalis leaf oil. Anak tidur pulas dan nyaman banget.

3. White Tea

Ketika anak mengalami batuk dan pilek, minyak balur cinta mama varian white tea cocok untuk meredakan bapil. Mengandung essesnsial oil berupa saliva sclarea oil yang cocok untuk meredakan demam saat bapil.

Beberapa kondisi lain, minyak balur cinta mama sebagai minyak balur yang wanginya enak bisa diaplikasikan saat anak demam, saat udara dingin dan saat anak kembung.

cinta mama sebagai minyak balur yang wanginya enak
Yuk bu, segera ambil alih dan mencoba menggunakan minyak balur cinta mama sebagai minyak balur yang wanginya enak. Produk ini halal digunakan dan pastinya sudah mengantongi ijin BPOM. Kemasannya praktis dan tidak mudah tumpah. Cocok buat bayi newborn hingga anak-anak.

Bahan yang digunakan premium, meski begitu harganya masih terjangkau. Kandungan VCO (Virgin Coconut Oil) dalam minyak balur cinta mama bermanfaat bagus bagi kesehatan kulit si kecil. Diperkaya vitamin E yang bagus untuk kulit si kecil serta aman digunakan untuk sehari-hari.








Referensi Pendukung

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1700/pengaruh-bonding-orangtua-terhadap-kemandirian-anak

https://www.instagram.com/cintamama.official

https://cintamama.co.id/

Posting Komentar