Kampung Komunitas Ibu Profesional

1 komentar

Kampung komunitas ibu Profesional adalah program pengembangan passion para member ibu Profesional baik di tingkat regional maupun pusat.

kampung komunitas ibu profesional

Saat ini, saya sedang bermain di kampung komunitas ibu Profesional. Sebelum masuk menjadi bagian darinya, semua peserta harus melewati kampung main. Masa orientasi atau gerbang masuk menuju kampung komunitas.

Syarat kelulusan, minimal mengerjakan dua insight yang akan diganti dengan stamp dan badge.

Seru dan meriah. Acara yang disebut sebagai pasmadional ini dikemas layaknya pasar malam (untuk zoominar pertama).

Sekarang, saya berada di kereta luncur. Menuju insight kedua.

Sambil meluncur di wahana menelusur beberapa bidang yang disampaikan masing-masing manager. Temanis (sebutan calon member) akan mengenal beberapa bagian di dalam kampung komunitas yang di antaranya adalah :

Kampung Komunitas 

1. Sekretaris Kampung

Mbak Jihan Berta, saat ini yang memegang nahkoda di depan. Sebagai sekretaris Kampung komunitas sedunia. Di temani dua teman yang cantik, uti Neni bagian bale pandang, dan tim data yang dipegang oleh Mbak Ika

Adapun program dari sekpung (sekretaris Kampung ) yaitu melakukan sharing rutin antar manov. Melakukan pengarsipan surat- menyurat. Mencari formula gform yang efisien. Dan melakukan pelatihan pengolahan data.

2. Kader Kampung

Lebih mudahnya, disebut sebagai tim kader. Bagiku, ini tim yang cukup memegang peranan penting dalam berkomunitas ya. Tim kader, ada mbak Shella sebagai manager. Dibantu Mbak Eri, Wari dan mbak Elma.

Beberapa programnya ada :

Rumbel (Rumah Belajar )

untuk mengembangkan passion dengan kurikulum yang diatur, bertingkat dan berkelanjutan.

Rumin (Rumah Bermain)

Biasanya materinya disampaikan hanya sekali saja dan selesai. Tidak ada tindak lanjut. Terdapat aktivitas playdate dengan anak, latihan bareng yang intinya tanpa kurikulum berjenjang.

Rumba (Rumah Berbagi)

Dilakukan sebulan sekali. boleh diikuti oleh peserta umum

Event

Misal, dalam rangka milad even ini diselenggarkan dan boleh diikuti peserta umum.

3. Ramah Kampung

Tim yang paling meriah. Sebab managernya ini multitalenta dan multidimension 😂. Seru dan khas banget pokoknya. Bikin acara pasmadional hidup dan berkesan.

Managernya ada mbak Ajeng. dibantu para dayang-dayangnya yaitu Mbak Alfina sebagai customer service. Mbak Nana sebagai lision officer. Dan mbak Irma yang mengurus segala bentuk kerjasama baik secara internal maupun eksternal.

Mudahnya, ramah kampung ini biasanya disebut tim humas, temanis. Yang mengurusi segala bentuk hubungan dan kerjasama kampung komunitas baik dengan pihak luar maupun pihak dalam (internal)

4.Bank Kampung

Cukup kelihatan dari namanya ya, ops. Bank kampung ini bertanggung jawab pada keuangan program kampung komunitas pusat. Di ketuai oleh Mbak Avidiana ( IP Solo Raya). Dibantu Mbak Neli yang bagian tata usaha. Sedangkan yang bertugas sebagai bendahara adalah mbak Sinta.

Cukup unik, peran yang ada di Bank kampung. Terlebih untuk sebutan tiap bidang di ibu Profesional memang lain daripada yang lain.

Bagian tata usaha, bertugas mengelola dana eksternal dan pendaftaran program dan penulaan produk kampung komunitas. Bendahara, bertugas mencatat cash flow dana internal kampung komunitas.

5. Kanal Kampung

Ada yang bisa menebak, kanal Kampung ini gambarannya seperti apa ?

saya yang baru tahu saja cukup terpantik dengan sebutan uniknya.

Yap, ini tim medsos yang mengurus segala hal media sosial kampung komunitas. Lebih tepatnya, tim admin pengelola medsos dan tim kreatif dibalik layar yang menghadirkan konten-konten positif di kampung komunitas. Terdiri dari tim instagram. Yang dibawahnya ada divisi konten planner, grapic design dan conten writer. Tim koran kampung. Tim siaran kampung.

Penutup

Menyenangkan sebenarnya, bermain di kampung komunitas. Tergambarkan, bagaimana asyiknya bisa menemukan tempat yang menampung bakat untuk bisa dikembangkan lebih lagi. Semoga saya benar-benar bisa menikmati bermain di wahana kereta luncur. Hingga bisa lolos masa orientasi di pasmadional ini. amiin

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar