Menu Sahur Praktis Ala Bunda di Bulan Ramadhan

Menu Sahur Praktis Ala Bunda di Bulan Ramadhan

Daftar Isi
Hukumnya makan sahur adalah sunah, tapi sangat dianjurkan. Meskipun hukumnya tidak wajib, mengikuti jejak Rasulullah adalah contoh yang baik.

Salah satu tips, teman-teman punya list menu sahur 30 hari untuk memantik semangat bikin menu sahur praktis di bulan ramadhan ini. Kira- kira, Menu sahur yang enak apa ya? Nanti, bakal aku listkan menu sahur 30 hari disini. Sebab itu, bacanya jangan di skip-skip.

menu sahur 30 hari

Makanan Apa Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sahur

Semua makanan boleh dimakan saat sahur, kecuali makanan yang diharamkan, makanan basi dan makanan hasil curian. He

Spesifiknya, makanan yang mengandung serat, protein, kalsium dan vitamin adalah makanan yang baik, dikonsumsi oleh tubuh saat tiba waktu sahur.

Rasulullah, menjadikan kurma sebagai makanan wajib saat sahur dan berbuka. Dipercaya memiliki kandungan zat yang bagus untuk tubuh. Sebagai umat muslim, Apa yang Rasulullah makan saat sahur? adalah hal baik yang perlu kita contoh.

Berdasar penjelasan dari dr Zaidul Akbar, makan sahur sehat ala Rasulullah, cukup dengan memakan 3 butir kurma atau madu yang dicampur jeruk nipis kemudian minum air putih. dr Z, terbiasa makan sahur dengan cara praktis begitu. Tapi, perlu diingat. setiap tubuh emmberikan respon berbeda- beda. Kalau dr Z jelas kuat dong, puasa penuh dengan cara makan sahur demikian. Kalau teman-teman bagaimana ? berat ya?

Bahkan, dalam hadisnya, dengan seteguk air putih, itu juga termasuk sahur hlo. Cara jitu bagi teman-teman yang waktu bangunnya mepet dengan jam imsakiyah. Nyesek ya.

Sedikit menyampaikan, kalau ala Rasulullah, makan sahur ya begitu. Tidak pakai menu yang neko-neko. Balik lagi pada asupan nutrisi yang tetap harus dipenuhi saat sahur. Bisa berkaca pada apa, tujuan puasa tahun ini.

menu sahur praktis

Ada yang berpuasa untuk menurunkan berat badan. Berpuasa, ingin mendapatkan badan sehat atau sekedar berpuasa yang penting tetap makan enak?. Inti ke semuanya, yang jelas essensi berpuasa untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah jangan sampai terlewat.

Balik lagi ke makan sahur. Makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur adalah makanan yang mengandung banyak tepung dan gula. Seperti donat, kalau melihat bobot dari bahan yang digunakan karena ada campuran telur dan kentang. Cukup mengenyangkan. Justru, makanan yang terbuat dari olahan tepung akan membuat pencernaan jadi berat.

Terlalu banyak gula karena minum-minuman manis juga tidak bagus. Apalagi gorengan, tidak baik untuk kesehatan pencernaan. Lantas, hidangan sahur yang enak untuk disantap itu apa ? selain mementingkan sisi enak, kesehatan juga dapat porsi agar dengan puasa, badan menjadi lebih sehat.

Menu Sahur Praktis Ala Bunda di Bulan Ramadhan

Berikut, beberapa list menu sahur 30 hari yang bisa jadi inspirasi teman-teman windi agar puasanya jadi berkah, badan sehat dan tetap mengikuti sunah Rasulullah SAW.

1. Sop Sayur Lauk Tempe/ Perkedel
2. Tumis Kangkung Lauk Ikan Pindang
3. Sayur Lodeh Lauk Ikan Lele
4. Sayur Bayam Lauk Bothok Tempe
5. Sayur Capcay dan Telur Dadar
6. Sayur Asem dan Ikan Goreng
7. Urap Sayur dan Tahu/tempe Goreng
8. Nasi Liwet + Kerupuk
9. Bening Kelor dan Ayam Ungkep
10. Sayur Selada Air + Ikan Goreng
11. Tumis Sawi Hijau + Mendoan Tempe
12. Sop Sayur + Nugget Sayur
13. Smoothies Alpukat + Kurma
14. Smoothies Strawberry Banana with Oat
15. Ayam Goreng Madu Mentega
16. Sop Ayam + Perkedel Kentang
17. Tumis Kacang Panjang + Ayam Goreng Kriuk
18. Soto Ayam + Ayam PopCorn
19. Tumis Terong Hijau + Bakwan Jagung
20. Pecel Sayur + Rempeyek Kacang
21. Sayur Bobor + Bakwan JAgung
22. Nasi Goreng + Sayur Sawi + Suwir Ayam
23. Tumis Buncis + Ayam Bakar Padang
24. Sup Ikan + Tempe goreng Kriuk
25. Sop Oyong Udang + Tahu Goreng Kriuk
26. Garang Asem + Krupuk
27. Tumis Baby Buncis + Ayam Goreng
28. Tumis Kangkung + Ikan gurame bakar
29. Pepes Jamur Tiram Ayam Suwir
30. Ikan Goreng Sambal terasi + Lalapan

Dari menu sahur 30 hari yang saya list diatas, cara bikinnya menurutku tidak rempong . Karena saya, tim ibu yang nyiapin menu sahurnya sekalian dengan buka puasa. Maksudnya, sebelum waktu sahur tiba, sebelum tidur biasaya makanan yang bakal saya santap nanti sudah disiapkan terlebih dahulu. Jadi, bangun tidur, sholat malam dulu dan setengah jam sebelum imsak baru makan sahur.

Karena di Indonesia memang, masakannya cenderung digoreng dan ada tambahan santan, tinggal diatur asupan nutrisi tambahan seperti buah dan menghindari minuman yang manis. 
Untuk puasa tahun ini, saya membuat misi untuk menyantap masakan rumahan baik itu takjil, menu buka puasa dan menu sahur. 

Memasak sendiri lebih hemat, kemampuan terasah dan lebih menghargai karya. Biar bisa memanage seberapa jauh kita menyantap makanan tanpa mubazir.

Gimana puasanya teman-teman? lancar kan ? dan masih semangat menyiapkan menu sahur enak untuk keluarga ?

Penutup

Puasa ramadhan, justru berat badanku semakin menyusut. Terus berusaha untuk menyantap makanan yang sehat. Sebab, saya sudah ada keluhan asam urat dan kolesterol. Untuk mengimbangi, mungkin bisa dengan meracik rimpang yang kita rebus dan minum setiap hari. Saya pakai resep dr Zaidul Akbar.

Biar makan sahurnya romantis, eh. Tetap prioritaskan dengan mengikuti sunah Rasul. Makan kurma setiap sahur dan perbanyak minum air putih. Bagaimana, teman Windi ? menu sahur praktis ala bunda di Bulan ramadhan ini cocok nggak buat kamu ? Yuk, sharing. Barangkali punya ide menu sahur lain ?









Referensi Pendukung

  1. https://www.popmama.com/life/health/rahayu-susilo/30-resep-menu-sahur-30-hari-yang-praktis-dan-lezat
  2. https://www.haibunda.com/moms-life/20240301153115-90-330635/30-resep-menu-sahur-simpel-30-hari-yang-bernutrisi-mengenyangkan-agar-tidak-lemas
  3. https://www.briliofood.net/resep/30-resep-menu-sahur-paling-simpel-selama-30-hari-enak-sederhana-dan-mudah-dibuat-240229y.html
  4. https://www.kompas.com/tren/read/2024/03/14/030000465/makanan-yang-boleh-dan-tidak-boleh-dimakan-saat-sahur-dan-berbuka-apa-saja

11 komentar

Comment Author Avatar
26/3/24 08:26 Hapus
wah jadi banyak ide ini buat menu sahur, terima kasih ide resepnya mbak windi
Comment Author Avatar
27/3/24 14:25 Hapus
Untuk Buka puasa aja kadang banyak ibu rumah tangga yang kebingungan dengan menu yang harus dibuat, apalagi buat sahur. Para bapak suka ikut geleng-geleng kalau ditanya mau buka atau sahur sama apa.. hehe.
Ternyata kalau sudah dibuatkan list dari awal kaya gini bisa memperingan banget buat mikirin menu buka atau sahur, ya
Comment Author Avatar
27/3/24 19:50 Hapus
Toss mbaa, saya suka ngikuti dr. Zaidul Akbar jg.. Tips nya memang menerapkan pola hidup sehat yaa.. Diriku masih berusaha untuk ngurangin gorengan jg.. Bisa nih menu sahurnya jadi ide sahur kedepan :D
Comment Author Avatar
28/3/24 08:09 Hapus
Mantap kali! 30 hari nggak perlu mikir bikin menu lagi. Sekalian resepnya dong, Bun. Hehe.. Kalau saya menghindari ikan-ikanan kalau pas sahur, soalnya biasanya yang makan masih dalam keadaan merem melek. jadi ikan buat menu makan malam saja.
Comment Author Avatar
30/3/24 13:58 Hapus
Sama, Mbak, selama Ramadan ini perutku mengecil, nggak sengaja diet-dietan, sih. Untuk sahur, seringnya sama telor dan tidak ada lagi gorengan saat berbuka.
Comment Author Avatar
30/3/24 14:23 Hapus
Wah mantap nih menu 30 harinya. Menu yang praktis tapi memenuhi gizi.
Terima kasih sharingnya mbak. Menunya bisa jadi referensi buat saya masak buka dan sahur.
Aku tiap sahur wajib masak dulu, makan yang anget-anget biar nafsu makan. Tapi kalau cuma makan kurma dan air putih, kayaknya aku nggak kuat wkwk. Tubuhku butuh banyak kalori. Buat aku si ibu simpel dan suka buntu ide menu masakan, list menu 30 hai ini bisa jadi andalan aku banget nih. Tfs.
nyesel deh baru baca artikel ini sudah memasuki pertengahan puasa. hehe.. tiap hari pusing mau bikin menu sayur apa. Thank, referensi menunya lengkap banget mbak.. Bisa jadi referensi sampai puasa berakhir nanti nih..
Masak soto ayam buat buka sekalian sahur udah paling praktis ya bun. Masaknya agak banyak pas sore mau buka, jadi pas sahur tinggal ngangetin aja, wkwk. Tim emak2 males masak rempong tengah malam hehe. Makasih ide menu sahurnya, lengkap full buat 1 bulan, dijamin nggak kehabisan ide.
Telaten bikin menu, dari sekian menu aku langsung tertuju yang paling beda, hanya sayur plus krupuk.
Comment Author Avatar
22/4/24 11:49 Hapus
Recommended nih buat yang pada shaum Sunnah..suka sekali menu berkuah