√IDE KREATIF “MEMANUSIAKAN MANUSIA”

IDE KREATIF “MEMANUSIAKAN MANUSIA”


Manusia adalah makhluk yang paling sempurna diantara makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Namun, dibalik kesempurnaannya manusia mempunyai dua sisi yang saling berkaitan yakni kelemahan dan kelebihan. Kedua hal tersebut sangat berkaitan. Perlu kita ketahui bahwa kelemahan dan kelebihan itu sangatlah unik. Dari kedua hal tersebut, bisa menjadikan manusia tumbuh untuk berfikir kreatif bagaimana menjaga kelangsungan hidupnya. Jadi, kelemahan dan kelebihan dari setiap individu bisa kita manfaatkan untuk hal yang positif bahkan bisa menumbuhkan penghasilan.
Berbicara tentang penghasilan ada hubungannya dengan kemampuan Sumber Daya Manusianya. Kita ketahui bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beraneka ragam, dan dari keanekaragaman itu ada suatu perbedaan yang unik dan itu diciptakan Tuhan agar bangsanya dapat saling melengkapi. Ada manusia yang kreatif, ada manusia yang pintar, memiliki ketrampilan yang luar biasa dan sebagainya. Seharusnya, tugas merekalah manusia yang special membantu mereka yang masih membutuhkan ketrampilan untuk menunjang kelangsungan hidupnya. Kita perhatikan saja, banyak manusia disana yang mengalami kesulitan hidup dalam hal ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sebagainya yang menjadikan mereka pesimis, sengsara bahkan stress dan bunuh diri hanya karena masalah yang membelenggu selama ini. Bukankah manusia adalah makhluk sosial yang pada hakekatnya adalah untuk saling menolong antar sesama?.
Sekarang, banyak orang egois yang bekerja mementingkan kebahagiaan hidupnya sendiri. Andai mereka mau berbagi kepada yang membutuhkan sungguh betapa indahnya hidup ini. Perlu kita perhatikan bersama  bahwa yang kuat harus membantu yang lemah. Jadi, perlu adanya ide kreatif untuk mengatasi permasalahan yang membelenggu masyarakat saat ini. Karena manusia adalah manusia yang tidak bisa dibiarkan saja di muka bumi ini. Sebagai contoh, alam yang kita abaikan saja bisa marah dan menyebabkan bencana apalagi manusia yang diabaikan, bisa menjadikan dunia ini akan cepat kimat.
Memang butuh proses untuk mengatasi suatu masalah. Namun tidak ada salahnya jika kita berusaha untuk membenahi hal tersebut sedikit demi sedikit dari kualitas Sumber  Daya Manusia di Negara kita ini. Dari segi pendidikan, kita ketahui bahwa masih banyak generasi penerus bangsa di Negara kita yang masih mengalami putus sekolah, remaja yang nakal, dll. Sebaiknya pemerintah dan pemerhati pendidikan khususnya melakukan tindakan langsung ke warga-warga tiap daerah untuk memberikan education parenting agar orangtua sadar betapa pentingnya pendidikan dan mendidik anak, karena pendidikan yang utama adalah dari keluarga. Dan para anak/remaja/generasi penerus bangsa tetap semangat untuk terus lanjut sekolah. Agar nantinya, remaja-remaja sekarang terkontrol dalam aksi tumbuh kembangnya ke dalam hal- hal yang positif. Kita ketahui sendiri bahwa muncul istilah cabe-cabean, terong-terongan yang semakin lama menunjukkan kalau kenyataannya moral anak didik sekarang sangatlah jauh dari agama mereka. Dari segi ekonomi, sebaiknya pemerintah dan pemerhati ekonomi bangsa ini memberikan pelatihan- pelatihan yang bermanfat bagi seluruh warga Indonesia dari wilayah pelosok tanah air secara merata. Kepada penganggguran yang berstatus orangtua, remaja, aak jalanan, waria, bahkan anak- anak sekalipun agar mereka juga mempunyai ketrampilan sebagai bekal di masa depan. Dari segi kesehatan, sebaiknya pemerintah dan pemerhati kesehatan memberikan contoh bagaimana hidup sehat, menjaga kebersihan dengan terjun langsung ke tempat warga di seluruh pelosok tanah air dari warga yang terdalam sekalipun memberikan penyuluhan,praktik nyata tentang kesehatan agar alam ini tetap terjaga dan manusianya juga memiliki kesadaran betapa pentingnya hidup sehat. Serta memberikan jaminan kesehatan yang merata, adil dan menyeluruh kepada seluruh warga di tanah air.
Memperhatikan hal kecil dan masyarakat kecil agar lebih tersentuh dari segi pendidikan, ekonomi,kesehatan perlu kerjasama antara seluruh warga Negara di Tanah Air dengan pemerintah setempat agar tercipta kebersamaan yang indah. Alampun pasti akan mendukung jika manusianya sehat lahir dan batin. Sehingga diharapkan tidak ada lagi manusia yang korupsi, bunuh diri, terlantar, kecelakaan dan sebagainya yang merugikan manusianya sendiri. Bukan hanya pemimpin Negara yang harus adil, pejabat, menteri dan kita semua adalah pemimpin untuk dii kita sendiri. Jadi bersikaplah bijak dan jujur dengan diri kita masing- masing. Karena tentunya manusia ingin sukses di dunia juga akherat. Semoga bermanfaat.

*Ini adalah tulisanku yg gagal utk dipublish ke koransindo, :(. Waktu itu jdulnya ide kreatif utk indonesia. hehehe...gpp lah. Semangat menulis.
Windi Astuti
Fulltime mom yang suka menulis

Related Posts

Posting Komentar