√TENTANG KAMU : NAHKODA CINTA ADALAH HATI

TENTANG KAMU : NAHKODA CINTA ADALAH HATI

Oleh : Windi Astuti

Cinta adalah anugerah terindah dalam hidup. Sebagai bentuk rasa syukur, cinta kan menghantarkan kita dalam kedamaian yang menjadikan kita teguh menjalani kehidupan. Biarlah hidup mengalir seperti sungai kehidupan yang memampukan diri dengan diiringi nada- nada ikhlas, sabar, dan bersyukur. Meski susah, senang, sakit dan pedih menerpa. Nahkoda dari segalanya adalah hati yang diiringi dengan cinta pada sang penciptanya.
Tidak hanya sekedar novel yang hanya dinikmati untuk di baca. Namun memperlihatkan banyak pengalaman yang bisa dikonsumsi oleh pembaca. Mengajarkan apa arti dari perjuangan, kejujuran, pantang menyerah, kerja keras, ikhlas dan sabar dalam menjalani kehidupan.
Bermula dari kisah Zaman Zulkarnanen, seorang Mahasiswa Universitas Oxford yang menjadi junior associate di sebuah firma hukum ternama di pusat kota London. Zaman dihadapkan dengan kejutan dan kasus besar yang harus diselesaikannya. Zaman akan mendapatkan kursi lawyer jika dia mampu menyelesaikan kasus tersebut. Zaman berperan seperti detektif, menelusur kisah perjalanan hidup seorang Wanita yang dikisahkan oleh Tere Liye sebagai tokoh utama dalam novelnya kali ini.
Sri Ningsih seorang perempuan jawa tulen dari Indonesia. Ia lah  wanita hebat dengan kekayaan yang begitu besar pada zamannya, namun menjalani sisa akhir hayatnya di panti jompo. Kisah perjalanan hidup Sri Ningsih yang bergelombang, dimulai dari Sumbawa, Surakarta, Jakarta, London, Paris dan seluruh dunia tempat Sri Ningsih menghabiskan akhir kehidupannya meninggalkan 5 bagian pesan yang bisa kita petik. Pertama tentang kesabaran, kisah kehidupan yang settingnya terjadi di Sumbawa pada tahun 1946-1960. Kedua berisi tentang persahabatan dimana settingnya terjadi tahun 1961-1966. Ketiga tentang keteguhan hati settingnya terjadi di Jakarta pada tahun 1967 – 1979. Keempat tentang cinta mengkisahkan hubungan Sri ningsih dengan pria keturunan arab bernama Hakan. Settingnya di London pada tahun 1980-1999. Kelima tentang memeluk semua rasa sakit.  Menceritakan perjalanan Sri Ningsih dari London tiba- tiba ke Paris dan akhirnya meninggal di Panti Jompo.

Novel yang dikemas begitu detailnya oleh sang penulis mengajak para pembaca untuk menikmati proses hidup dengan penuh perjuangan dan keikhlasan. Serta mengajarkan  tetap berbuat baik pada diri sendiri dan orang lain. Kisah kehidupan Sri Ningsih yang berliku, tidak semua orang mampu menjadi seperti Sri Ningsih sebagaimana yang ditokohkan dalam novel tere liye berjudul tentang kamu ini. Berkali- kali mengalami pasang surut dalam berbisnis tetap saja Sri Ningsih mampu dan tegar menghadapinya. Bahkan ketika mendapatkan musibah kebangkrutan, Sri Ningsih terus mencoba merintis bisnis dari nol lagi. Siapa sangka, ketika Sri Ningsih meraih kesuksesan di bidang usahanya, justru dia malah memberikan harta bendanya kepada orang lain. Seperti yang dikisahkan oleh Nabi Muhammad dengan apa yang pernah di contohkan. Nabi Muhammad selalu memberikan barang kesukaannya ketika ada orang lain yang menaksir barang yang dipakai oleh Nabi Muhammad. Menjadi pembelajaran besar dan bermakna yang terkandung dalam novel Tentang Kamu ini.

Selalu ada keunikan dari novel Tereliye. Entah dari setting, latar, dan tokoh yang dikisahkan. Tentang kamu merupakan novel Tere liye yang berbeda dari novel-novel sebelumnya. Biasanya tokoh yang di contohkan berwatak protagonis dan selalu laki-laki yang menjadi pusat dari ceritanya. Untuk novel yang satu ini berbeda, seorang wanita bernama Sri Ningsih” yang menjadi tokoh utamanya. Sebenarnya novel ini termasuk romantis. Namun bang Tere liye jarang memakai lovestory dalam kisah yang diceritakan di novel yang berjudul “Tentang Kamu” ini. Semoga Bermanfaat. 
Windi Astuti
Fulltime mom yang suka menulis

Related Posts

Posting Komentar