#IniUntukKita - Emak milenial Melek literasi Ekonomi

#IniUntukKita - Emak milenial Melek literasi Ekonomi

Daftar Isi

Pengelolaan keuangan bagi emak-emak sangat penting untuk didiskusikan. Tidak melihat seberapa lama membangun rumah tangga namun lebih ke bagaimana cara emak-emak mengelola keuangan dengan baik. Apakah Anda termasuk generasi millenial yang sudah emak-emak ? Jika Anda termasuk emak millenial muda, yuk berusaha melek literasi ekonomi. Karena peran istri sangat menentukan keuangan masa depan keluarga anda.

Emak milenial Melek literasi Ekonomi

Pixabay.com

Generasi millenial termasuk generasi yang aktif dan kreatif. Terbukti banyak star up yang terjun dalam  dunia bisnis online. Rata-rata memilih menjadi reseller karena posisi itu aman untuk tidak mengalami kerugian besar. 

Apalagi di masa pandemi yang masih dalam kategori new normal namun keadaan belum normal seperti semula. Kaum masyarakat berusaha memutar otak bagaimana tetap bertahan dan bisa makan untuk sehari-hari. 

Sebab itu, sektor perekonomian di Indonesia sekarang menjadi sorotan publik. Bahkan negara lain yang ikut terkena virus covid-19 juga mengalami penurunan pendapatan dalam negara walaupun tidak semuanya. 

Berperan menjadi emak millenial cukup menantang. Seiring perkembangan teknologi dan kemajuan dalam dunia bisnis membuat jiwa konsumtif teruji. Cara belanja yang mudah hanya dengan modal android dan tekan oke sudah bisa menjadi transaksi jual beli yang sah.  

Hal itu akan sangat terasa jika pemasukan dan pengeluaran tidak seimbang. Akan menjadi boomerang dalam rumah tangga. Sehingga butuh kerjasama antara anggota keluarga dalam mengelola sistem keuangan.

Walau bagaimanapun kesuksesan perekonomian negara bergantung juga dengan cara mengelola keuangan bermula dari lingkup keluarga kecil bukan ?

Diupayakan semua generasi millenial masa kini harus melek literasi ekonomi. Dimulai dari update info terkini mengenai hal apa saja yang terjadi dengan perekonomian di Indonesia sekarang. Sampai mampu berperan ikut membantu majunya perekonomian di Indonesia. Tentunya, pemerintah butuh kerjasama untuk tetap bertahan dalam kondisi apapun. 

Kenapa kita harus melek literasi ekonomi?

Meskipun menjadi generasi emak millenial pun butuh wawasan melek litersi ekonomi. Selain itu bisa menjaga pertahanan ekonomi negara yang mampu menjadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi dengan baik.

Upaya apa saja yang bisa Anda terapkan sebagai bukti bahwa Anda melek literasi ekonomi?

1. Membeli barang yang dibutuhkan

Bukan membeli barang yang diinginkan. Belilah barang sesuai apa yang benar-benar dibutuhkan. Butuh konsistensi untuk menerapkan hal ini. 

2. Ikut andil dengan produktif dengan menjadi star up

Jaman sekarang banyak pilihan bisnis untuk kaum pemula. Hanya modal mengisi form dan kesediaan untuk mengikuti aturan reseller sudah bisa gabung di dalamnya. Atau punya usaha mandiri

3. Investasi

Menurut saya berinvestasi sejak dini sangat dibutuhkan. Seiring perkembangan jaman investasi banyak pilihan. Investasi tanah, emas dan lain-lain. 

4. Menabung

Menyisihkan uang sebagian untuk tabungan masa depan. Barangkali butuh dana dadakan ketika benar-benar dibutuhkan. 

So, apa kontribusi Anda dalam ikut andil membangun pertumbuhan ekonomi dengan melek literasi ekonomi ? 


Semoga bermanfaat.

Windi Astuti
Windi Astuti Fulltime mom yang suka menulis

Posting Komentar