Ganti Judul dan ALt sendiri

Download Aplikasi Resep Masakan Yummy App di Androidmu

Memasak bisa menjadi pilihan aktivitas menyenangkan dirumah untuk menghibur diri. Selain itu bisa menjadi aktivitas  untuk mengekspresikan diri dengan mengeksekusi resep masakan baru dikala kejenuhan menghampiri. 

Download Aplikasi Resep Masakan Yummy App di Androidmu

Hal ini juga bisa menjadi pilihan ramah bagi seorang wanita rumahan, atau hanya sekedar mengobati rasa rindu menikmati masakan orangtua di saat pandemi seperti ini. Ada hal menarik yang ingin saya bagikan ke teman-teman tentang sensasi belajar memasak dan kreatif menggunakan Yummy App sebagai platform belajar masak bagi pemula.

Memasak adalah rutinitas seorang ibu rumah tangga yang setiap hari wajib ditunaikan. Karena urusan masak-memasak ini sudah menjadi tanggungjawab seorang istri, dimana meamsak kerab dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Walaupun ada juga aktivitas memasak ini dilakukan oleh kaum laki-laki. Padahal, memasak bisa jadi hal penting yang harus dikuasai oleh siapapun saat merantau dan jauh dari orangtua. Contohnya anak kuliahan,  setidaknya punya bekal ilmu memasak supaya mereka tetap survive walau tanpa kehadiran seorang ibu mereka tetap bertahan hidup dan bisa lebih hemat.  Selain itu, jika mempunyai kelebihan memasak, akitivitas ini bisa mendatangkan income hlo.

Nah, Perihal memasak ini sangat dirasa suatu hal yang wajib saya fahami sebagai new mom. Selain basic masak tidak pernah diasah, urusan masak dengan cita rasa yang khas dan enak tentu butuh jam terbang tinggi menjadi PR bagi saya terutama yang sekarang menjalani keseharian sebagai fulltimemom. Dan itulah salah satu alasan saya menuliskan resep masakan di blog ini . Yang tak lain supaya anak -anak saya nantinya bisa membuka resep masakan yang pernah saya tulis dan saya praktikkan. Tentu, Insha Allah anak-anak juga akan saya ajari cara masak berdasarkan pengalaman. Entah kenapa konsep ini sudah terencana sejak dini? Mungkin saya tidak mau kesulitan yang pernah saya alami di awal-awal membina rumah tangga terjadi pada anak saya. Masha Allah.

Sebenernya wajar, jika new mom masih belum pintar soal masak-memasak. Karena kualitas masakan  juga ditentukan oleh banyaknya jam terbang. Menjadi catatan saya sendiri terutama, untuk wanita yang belum pernah sama sekali belajar masak harus punya jurnal masak sendiri. Jurnal masak ini berguna sebagai bentuk merekam langkah kita dari awal mulai belajar memasak sampai benar-benar menemukan rasa yang pas dilidah. Yang saya rasakan, memadu padankan antara garam, gula dan bumbu ke masakan butuh feeling yang tepat. Hal ini bisa di asah dengan sering memasak dan ekseskui resep baru. serta minta koreksi dari pasangan atau saudara yang tinggal serumah. Minta koreksi ke tetangga juga boleh.

Kalau yang sudah pintar dan sering masak pasti faham takaran masing-masing bumbu seberapa. Sentuhan tangan setiap orang itu pasti berbeda, dan akan menghasilkan masakan yang berbeda pula walau dengan resep yang sama dan bahan yang sama ? Nah, semua ini yang membuat saya melek bahwa belajar masak sejak dini itu penting. Terutama untuk wanita yang masih single. Supaya nantinya pas membina rumah tangga dengan seorang laki-laki dan sudah sah menjadi suami istri perihal memasak ini bukan menjadi suatu masalah besar yang ada dalam rumah tangga.

Kadang hal sepele di awal-awal rumah tangga ada-ada saja yang terjadi. Tinggal kitanya yang harus peka dan saling memahami satu sama lain untuk tidak mementingkan ego semata. Jangan sampai hanya urusan perut bisa menjadi bomerang dalam membina rumah tangga bersama orang terkasih. 

Nah, saya ada beberapa tips yang insha Allah semoga bisa menjadi solusi bagi new mom yang masih ada PR terkait memperbaiki kualitas masakan yang kita sajikan ke suami kita. Dan tips ini juga bisa diterapkan oleh pemula yang ingin belajar masak. Simak tipsnya berikut ini :

1. Belajar masak dengan orang terdekat.

Hal utama yang bisa kita lakukan adalah belajar masak dengan orang terdekat yang lebih faham akan masakan. Katakanlah orang tersebut mampu menaklukkan bumbu dan bahan masakan yang mampu menciptakan masakan enak walaupun masakan itu tergolong sederhana. Karena dengan belajar dari orang terdekat yang faham akan metode masak yang benar tidak akan memberikan info sesat kepada kita. Dan sebagai pemula, butuh banget arahan dari orang yang sudah ahli.

Atau ketika ada saudara yang menyelenggarakan acara masak bareng atau ada hajatan bisa nimbrung disana. Berperan aktif dan bisa tanya sepuasnya cara memasak yang baik dan benar. Jadi teringat saat saya masih tahap newbie soal memasak. Cara memotong baby corn yang tidak tepat menjadikan bahan tersebut kaku dan menyita waktu. Nah, cara memotong baby corn ini dibelah menjadi dua memanjang. Kemudian potong sesuai selera. Contoh lain, saat memotong jeruk nipis pun juga dimikian. Jika salah urat tentunya air jeruk tidak akan keluar saat diperas.

2. Belajar memasak dengan bahan yang sederhana dulu.

Sebagai pemula lebih baik memilih menu masakan yang simple dulu. Contohnya masak sayur bening bayam yang dicampur wortel dan jagung manis. Nah, kita harus tahu bumbunya dan tahu bahan yang keras atau bahan yang harus terlebih dahulu dimasukkan ke dalam air di panci. Dan tentunya sayur bening bayam ini akan lebih enak jika ditambahkan kemangi diakhir sesi. Bahan dan metode memasaknya pun tidak ribet. Tidak butuh nguleg bumbu, dan prosesnya cepat. Jika sudah mampu menakhlukkan masakan dengan resep mudah bisa beralih ke resep yang sedikit rumit dari bahan dan prosesnya.

3. Tulis resep di buku khusus jurnal masakan

Ini fungsinya untuk mengukur seberapa jauh kemampuan kita dalam menaklukkan masakan yang kita pelajari. Di awal mungkin keasinan, kurang garam atau rasa kurang pas. Bisa kita tulis airnya seberapa, garam, gula dll takarannya disesuaikan. Jika ingin lebih mudah mengingatnya, bisa di gambar takaran sendoknya seberapa. Ketika sudah menemukan rasa yang pas, di hari lain kita tinggal membuka resep masakan yang pernah kita tulis dijurnal. Sehingga kemampuan kita terukur.

Salah satu manfaat menjurnal adalah kita merasa terikat dalam rangkaian kata yang kita tulis manual saat  merekam memori dengan menjurnal tadi. Asyik bukan ?

4. Perbanyak jam terbang dengan sering masak

Kualitas masakan seseorang bergantung juga pada banyaknya jam terbang memasak. Semakin sering memasak harusnya semakin pintar menakhlukkan bahan-bahan untuk disulap menjadi masakan yang lezat. Dan tentunya ini butuh feeling juga. Tidak hanya cemplung-cemplung dan beres. 

Mengucapkan doa diawal sebelum masak, penuh percaya diri dan jangan ragu. insha allah ini sebagai kunci juga untuk menghasilkan masakan yang enak.

5. Cari aplikasi resep masakan yang terpercaya



Sekarang banyak banget platform  untuk menuangkan segala ide masakan yang ada di internet. Yang sekaligus mempermudah menemukan resep masakan sesuai dengan keinginan kita. Salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan yaitu yummy app. Aplikasi ini sangat solutif dan mudah dioperasikan. Cara installnya pun sangat mudah. Bisa di cari di play store kemudian install di HP android teman-teman.


Setelah yummy app terinstall, langkah selanjutnya adalah mendaftar akun disana, langkahnya sebagai berikut : klik daftar gratis

 
Bisa mendaftar menggunakan email atau facebook atau gmail (pilih salah satu)



Ketika sudah berhasil mendaftar,  ada tulisan di pojok kiri atas “Selamat Datang Chef Windi” (sebagai contoh ) di bagian akun teman-teman, akan nampak profil foto kita, resep yang sudah kita tampilkan, banyaknya pengikut dan kita sedang mengikuti siapa saja akan terlihat jelas. Untuk pengubahan profil bisa di klik tanda gerigi di kanan atas ya

Bagian notifikasi, ada pemberitahuan berkala tentang resep masakan dan hasil searching kita di yummy app.



Yang tak kalah menarik dari yummy app adalah fitur masak nih, dimana kita diberi kemudahan untuk mendapatkan referensi menu masakan sesuai dengan bahan masakan yang kita punyai. Tinggal ketik bahan di kolom search, minimal tiga bahan kemudian klik terapkan, secara otomatis akan ada beberapa menu resep masakan yang ditampilkan. Wah, menarik bukan ? Sesederhana itu ya,  dan aplikasi ini sangat membantu teman-teman. Tidak ada kata bingung lagi mau masak apa di setiap harinya. Tinggal buka yummy app kemudian ketik bahan yang ada di kulkas, dan cling... Ada sederetan menu yang direkomendasikan oleh yummy app. Amazing. 



Fitur selanjutnya adalah tulis resep.

Teman-teman bisa menuliskan resep lengkap dengan foto, bahan dan cara memasaknya. Jika resep teman-teman disetujui oleh chef yummy otomatis akan terupload di sana dan mendapatkan poin. Tidak usah ragu, karena ada panduan menulis resep yang membantu teman-teman mengupload resep andalanmu kok. Luar biasa ya yummy app ini. Ada pemberian bintang juga sebagai rating penilaian resep masakan yang anda tulis. 

Wah, kalau ada akun official chef ternama di yummy app berarti kita juga bisa mencari resep masakan ala resto dong ya?. super komplit deh aplikasi resep masakan yang satu ini.



Di fitur "Home" ini sangat lengkap ya. Teman-teman bisa melihat akun official chef ternama yang ada di Indonesia, selain itu ada akun pengguna lain di  yummy app yang sudah lebih dulu aktif disina. Ada juga promo dan event yang berlangsung yang tentu secara berkala pasti ada pemberitahuan di yummy app tersebut.

Tidak kalah menariknya ada moment jago masak yang bisa kita klik untuk memanfaaatkan moment berhadiah besar dengan mengikuti prosedur tertentu. Jika teman-teman merasa jago masak, dan ingin menambah penghasilan hanya dari rumah saja wajib mencoba dan menyalurkan hobi anda dengan berperan aktif di yummy app. 

Semoga bermanfaat.

Windi Astuti
Fulltime mom yang suka menulis

Related Posts

25 komentar

  1. Waahhh...trmksh atas infonya mb windii..bolehlah kpn2 download aplikasi yummy..bs jd ide masak buat aq yg jg newmom dgn 2 anak😘😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap cin. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Terima kasih mom sharingnya. Sungguh membantu sekali bagi mamak-mamak seperti saya, yang masih bingungan kalau disuruh masak. Sering-sering sharing ya, mom..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah nggak bingung ya nyari resep menu harian

      Hapus
  3. Maasyaallah
    Semoga bermanfaat aamiin

    BalasHapus
  4. Kereen... Terima kasih mbak windi, sangat bermanfaat dan menginspirask

    BalasHapus
  5. wah saya baru tau aplikasinya.. jd mau cb install. makasih mba windi infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa langsung di install mbak. Keren app.nya

      Hapus
  6. Saya pilih makannya aja deh, soal masak cuma yang bisa instant2 aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa direferensikan ke calon istrinya pak. Hhe

      Hapus
  7. Sekarang jadi chef gampang banget ya, tinggal download aja aplikasi resep makanan yummy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, yg penting belajar praktik terus

      Hapus
  8. Wah saya baru tau aplikasi ini kak, saya coba ah kebetulan syya suka masak memasakπŸ₯°πŸ₯°

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti bagi resepnya di yummy app ya mbak,

      Hapus
  9. Jam terbang masak sih setiap hari. Tapi setiap hari itu pula saya suka nyontek resep hehe. Jadi bakalan cocok nih aplikasinya untuk emak emak macam saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku juga masih sering nyontek resep kalau masak πŸ˜€

      Hapus
  10. yummy app ini baru ya? bermanfaat dan seru sekali nih buat dicoba, TFS mom ��

    BalasHapus
  11. Aku banget nih kalau mau masak harus lihat resep karena masih belum ahli sekarang udah ada Yummy aplikasi ini ya Mbak Coba deh nanti aku download

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga suka nyontek resep dulu kalau mau masak mbak :)

      Hapus
  12. MasyaAllah ini sih menarik sekali yah Mbak. Apalagi bagian bisa serching menu dari 3 bahan yang kita punya, soalnya memanfaatkan bahan yang ada aja itu susah susah gampang. Jazakillah udah sharing ini yah mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, sangat menarik yummy app ini, bisa dinstall di android :)

      Hapus

Posting Komentar