Kerja Ngebut dengan ASUS VivoBook 14 (A416) Berprosesor Intel Core Generasi ke-10 yang Ditujukan untuk Produktivitas Sehari-hari

Kerja Ngebut dengan ASUS VivoBook 14 (A416) Berprosesor Intel Core Generasi ke-10 yang Ditujukan untuk Produktivitas Sehari-hari

Daftar Isi

Apakah anda mencari laptop sejuta umat dengan fitur modern yang canggih dan tangguh ? Yaps, pertanyaan anda dijawab oleh ASUS VivoBook 14 (A416). Laptop sekelas premium yang serba bisa ini dapat diandalkan untuk menunjang segala aktivitasmu baik untuk bekerja atau bermain.

kerja ngebut bersama asus vivobook 14 (A416)
Sumber gambar : ASUS

Keistimewaan ASUS VivoBook 14 (A416) mengusung konsep laptop modern dengan mobilitas tinggi yang memiliki fitur dan teknologi terkini. Laptop all-around paling ringkas dan tangguh yang ditenagai oleh professor hingga 10th Gen Intel Core, GPU NVIDIA GeForce juga dilengkapi Office Pre-Installed dengan berbagai konfigurasi spesifikasi yang dapat menunjang segala aktivitasmu baik itu didalam atau diluar rumah.

Pentingnya laptop mainstream untuk semua kalangan yang modern dan tangguh bagi saya atau siapapun

ASUS VivoBook 14 (A416) memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, blogger,pebisnis, gamer dan pekerja. Emak blogger seperti saya memilih laptop ini tentu ada banyak keuntungan dari berbagai sisi.

Misalnya, nggak gampang ngehang walau diberi beban kerja berat. Bahkan hanya dalam 10 detik saja laptop ini bisa digunakan untuk kerja ngebut. Apalagi emak blogger seperti saya yang sering nulis tiap anak bobok dimalam hari dan mendekati deadline?, bisa membantu semua pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien dari segi waktu. VivoBook 14 (A416) juga hadir dengan konfigurasi hardware yang beragam, termasuk pada jenis media penyimpanan data serta memori. Selain itu VivoBook 14 (A416) telah menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 12GB. Sedangkan untuk penyimpanannya, laptop ini mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Tergantung konfigurasinya, Anda dapat menyematkan SSD dan HDD ke dalam laptop ini.

Soal ketangguhan, sudah tidak diragukan lagi. Semua produk ASUS telah lolos uji tes keandalan supaya pengguna bebas mengekspresikan diri. Daya batterai yang mampu bertahan 6 jam tanpa diisi ulang juga menjadi andalan VivoBook 14 (A416). Dengan mobilitas tinggi, siapapun yang senang melancong kemanapun akan merasa aman menggunakan laptop ini. Untuk kebutuhan bekerja atau bermain, VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang memberikan kinerja dan visual imersif.

Sumber gambar : asus

Bahkan laptop yang tidak memandang status ini bisa dinikmati oleh siapapun dengan harga terjangkau mulai 4 jutaan. Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia "VivoBook 14 (A416) merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menghadirkan laptop berkualitas tinggi untuk semua kalangan. Tidak heran jika prodak ASUS memimpin industri teknologi melalui desain serta inovasi canggih untuk menghasilkan perangkat cerdas terbaik yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya.

Termasuk laptop ASUS Vivobook 14 (A416) pun dilengkapi fitur teknologi terkini yang bisa diandalkan disegala kondisi. Sehingga segala aktivitas kita menjadi lebih mudah dengan waktu yang lebih efisien bersama ASUS Vivobook 14 (A416). 

Penggunaan Teknologi Mutakhir

Monitor

Layar berukuran 14 inci yang dimiliki oleh VivoBook 14 (A416) ini beresolusi full HD. Dilapisi dengan lapisan anti silau (anti-glare) serta memiliki sudut pandang hingga 178 derajat sehingga layar ini sangat cocok digunakan baik untuk bekerja maupun menikmati konten multimedia.

Keyboard 

Keyboard full-size yang dilengkapi backlit didalam ASUS VivoBook 14 (A416) ini membuat kinerja menjadi lebih nyaman sehingga tetap dapat digunakan meski dalam kondisi gelap. Siapapun tak lagi khawatir saat bekerja atau belajar di waktu malam hari saat orang terlelap tidur, kita tetap bisa produktif menggunakan keyboard dengan nyaman tanpa takut salah ketik. Desain ergonomis dan lebih kokoh juga didesign khusus untuk Keyboard VivoBook 14 (A416) yang mana setiap tombol keyboard-nya memiliki key travel sejauh 1,4mm yang sangat ideal untuk mengetik. 

Sumber gambar : asus

Beberapa varian VivoBook 14 (A416) juga telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Fitur yang biasanya terdapat di laptop kelas premium ini bisa dinikmati oleh pengguna VivoBook 14 (A416). Memungkinkan pengguna dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, sehingga tidak perlu lagi mengetikkan password.

Konektivitas

Seperti yang sudah saya sampaikan diawal bahwa VivoBook 14 (A416) dirancang sebagai laptop modern dan mengedepankan mobilitas. Perihal konektivitas yang terdapat pada ASUS VivoBook 14 (A416) dibekali dengan serangkaian fitur konektivitas mulai dari port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, serta combo audio jack untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehari-hari.

Sumber gambar : Asus

Selain itu terkait konektivitas nirkabel, VivoBook 14 (A416) dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk terhubung dengan jaringan internet, serta Bluetooth 4.1 sehingga dapat dihubungkan dengan berbagai aksesori nirkabel. Karena laptop ini dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 5 yang bisa dikoneksikan dengan hotspot atau smartphone, akses internet tetap lancar dan tidak ngelag walau berada didaerah puncak sekalipun.

Kamera

Salah satu efek pandemi, kerjaan atau sistem belajar dilakukan secara virtual. Sebab itu, tak perlu merasa khawatir soal kamera di perangkat yang kita gunakan mendukung atau tidak. Karena ASUS telah membekali VivoBook 14 (A416) dengan satu kamera dan webcame yang jelas sehingga laptop ini sudah bisa diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja atau belajar di rumah. 

Keistimewaan lain yang tak kalah mengesankan dari VivoBook 14 (A416) juga dilengkapi Sonic master yang menghasilkan suara jernih, kencang dan nyaman ditelinga.

Keamanan Data

Pengguna VivoBook 14 (A416) juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office karena laptop ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed. Microsoft Office merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh sebagian besar institusi di dunia. 

Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Selain dilengkapi dengan fitur Office terkini, Microsoft Office Home & Student 2019 juga dapat terus di-update sehingga Anda dapat terbebas dari berbagai ancaman celah kemanan dan malware. Bukan hal lucu dan menjengkelkan , jika saat asyik mengerjakan tiba-tiba officenya crash harus minta diinstal ulang. Dengan adanya Microsoft Office Home & Student 2019 yang tersedia secara cuma-cuma atau tanpa biaya tambahan ini , sudah menjauhkan Anda dari kendala yang satu ini.

Pocessor

ASUS VivoBook 14 (A416) ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, prosesor modern dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini. Varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Konfigurasi dan kemampuan prosesor tersebut membuat VivoBook 14 (A416) dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan mulai dari bekerja, berselancar di internet, atau menikmati konten multimedia.

Melihat kemampuan multitasking laptop ini, hal menarik lain VivoBook 14 (A416) juga ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX330 untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra. Kehadiran NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan VivoBook 14 (A416) dapat menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti aplikasi photo editing, video editing, hingga game kasual. Bayangkan, tidak etis rasanya jika kerjaan atau hasil belajar tidak maksimal hanya karena performa grafis yang kita butuhkan saat mengerjakan tugas tidak mendukung.

Desain dan Ketahanan

Jika dibandingkan dengan laptop 14 inci pada umumnya, laptop ASUS VivoBook 14 (A416) hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan berkat teknologi NanoEdge Display. Teknologi eksklusif dari ASUS tersebut memungkinkan bezel layar pada VivoBook 14 (A416) dapat tampil sangat tipis, sehingga laptop ini dapat memiliki screen-to-body ratio hingga 82%.

Sumber gambar : Asus


Beratnya hanya 1,6 kilogram dengan ketebalan 19.9mm membuat laptop ini tetap mudah untuk dibawa bepergian. Tidak hanya itu, laptop ASUS yang satu ini bahkan menyediakan charger yang sangat ringkas dan mudah untuk dimasukkan ke berbagai kompartemen di dalam tas.

Semua produk ASUS telah lolos uji dari tes goncangan dan tes jatuh. Untuk mengukur bahwa seberapa baik ASUS VivoBook 14 (A416) tahan menghadapi kecelakaan kecil yang terjadi dikehidupan sehari-hari. ASUS VivoBook 14 (A416) tidak hanya dilengkapi dengan berbagai fitur, tetapi juga memiliki konstruksi yang tangguh. Berbagai bagian pada laptop ini, seperti pada chasis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya. Selain itu ASUS juga menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD di VivoBook 14 (A416) bernama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya.

Hal menarik yang hanya dimiliki ASUS VivoBook 14 (A416)

Satu lagi keistimewaan VivoBook 14 (A416) adalah hadirnya MyASUS, yaitu sebuah aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop ini. Melalui MyASUS, pengguna VivoBook 14 (A416) dapat memantau status laptopnya sekaligus melakukan troubleshooting. Berbagai fasilitas yang memudahkan oleh ASUS memang paling top sedunia. MyASUS juga menyediakan fasilitas agar penggunanya dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Tidak hanya itu, MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Yang paling menarik dari MyASUS adalah fitur bernama Link to MyASUS. Fitur untuk menghubungkan smartphone dengan laptop agar dapat menunjang aktivitaa untuk lebih produktif. Link to MyASUS memiliki beberapa fungsi mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Link to MyASUS bahkan menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone. Benar-benar laptop yang mumpuni dengan konsep mobilitas tinggi yang sangat membantu disegala kondisi. 


Spesifikasi VivoBook 14 (A416)

_______________________________________________

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

_______________________________________________

Operating System

Windows 10

_______________________________________________

Memory

4GB DDR4 RAM

_______________________________________________

Storage

1TB 5400 rpm SATA HDD

256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256GB SSD

_______________________________________________

Display

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare

_______________________________________________

Graphics

NVIDIA GeForce MX350 (optional)

Intel UHD Graphics 

_______________________________________________

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader

_______________________________________________

Camera

VGA Web Camera

_______________________________________________

Connectivity

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

_______________________________________________

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

_______________________________________________

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

_______________________________________________

Dimension 

32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm

_______________________________________________

Weight

1,6 Kg

_______________________________________________

Colors

Transparent Silver, Slate Grey

_______________________________________________

Price

Rp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)

Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD)

Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)

Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)

Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)

Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)

Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)

_______________________________________________

Warranty

2 tahun garansi global

Beberapa alasan yang menjadikan VivoBook 14 (A416) menjadi laptop terbaik yang sangat menunjang disegala aktivitas :

1. VivoBook 14 (A416) ditenagai prosesor hingga 10th Gen Intel Core, prosesor modern dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini. Varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz.

2. Daya batterai yang mampu bertahan 6 jam tanpa diisi ulang.

3. Layar monitor berukuran 14 inci yang dimiliki oleh VivoBook 14 (A416) ini beresolusi full HD. Dilapisi dengan lapisan anti silau (anti-glare) serta memiliki sudut pandang hingga 178 derajat.

4. Keyboard full-size yang dilengkapi backlit didalam ASUS VivoBook 14 (A416) juga telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor.

5. Dilengkapi Sonic master yang menghasilkan suara jernih, kencang dan nyaman ditelinga.

6. Dilengkapi dengan office terkini, Microsoft Office Pre-Installed yang terdiri dari Microsoft Office Home & Student 2019 yang dapat terus di-update sehingga Anda dapat terbebas dari berbagai ancaman celah kemanan dan malware. 

7. Bodi yang ringkas dan ringan berkat teknologi NanoEdge Display

8. Dilengkapi fitur MyASUS untuk menghubungkan smartphone-nya dengan laptop agar dapat beraktivitas secara lebih produktif.

9. Konektivitas Wi-Fi 5 yang bisa dikoneksikan dengan hotspot atau smartphone

Beberapa kelebihan diatas menjadi bukti bahwa laptop ASUS VivoBook 14 A416 merupakan laptop mainstream yang menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-10 yang ditujukan untuk produktivitas sehari-hari.

Sebagai emakblogger yang masih newbie, butuh perangkat yang mendukung ketika memutuskan untuk terjun menjadi blogger. Sejauh ini merasa bersyukur, dengan segala keterbatasan yang hanya bermodal HP paket data internet aku berusaha terus menulis walau kadang merasa ada yang kurang. Layar HP yang tidak selebar layar komputer membuatku harus teliti dan bersabar saat menulis artikel. Begitulah keadaannya. Besar harapannya kelak punya laptop mumpuni yang mendukung kinerja sebagai emakblogger dan emakpreneur.

Bismillah, ikhtiar terus untuk mengumpulkan rupiah biar tetap eksis didunia perbloggeran dan terus berkarya menebar manfaat dengan menulis. Semoga tulisan ini menjadi bekal awal saya dalam menulis artikel techno yang mana selalu mencari waktu luang untuk me time menulis disaat semua anggota keluarga dirumah tidur terlelap. Semoga juga bermanfaat bagi untuk semua kalangan yang sedang mencari laptop mainstream dengan teknologi modern yang dapat menunjang aktivitas apapun dan dimanapun.


Windi Astuti
Windi Astuti Fulltime mom yang suka menulis

Posting Komentar