3 Tips Membangun Blog Impian Ala Sendy


Tips Membangun Blog Impian Ala Sendy

Bertemu dengan sesama blogger  membuat diri ini senang. Ngobrol ngalor ngidul yang akhirnya kudapatkan titik point darinya, tips membangun blog impian ala Sendy.

Berkat sharing manfaat bersama mbak Sendy,  sedikit jadi melek dalam membangun blog layaknya punya rumah impian. Sesama emak yang dipertemukan dalam kelas blog online di Blogspedia coaching 2 ini, ada hal baru yang kutemukan. Mentor super sabar dan telaten dalam membimbing, hingga bisa waprian dengan mbak Sendy menambah semangat belajar meskipun hanya karena tugas kami bisa lebih dekat.

Momwriter Punya Bakat Menulis

Momwriter  Yang Punya Bakat Menulis

Sebutan yang cocok untuk emak muda dengan anak satu ini. Meski baru membaca sedikit artikel yang dipost di blognya, tulisan beliau story telling banget. Mengalir dan benar-benar ulasan jujur dari apa yang diurai menjadi kalimat menarik. 

Pernah menjadi momworker sejak duduk dibangku perkuliahan. Mengharuskan mbak momblogger muda ini mengambil langkah resign karena merasa capek setiap hari menempuh jarak 50 km ke tempat kerja disaat usia anaknya 16 bulan. 

Sangat berbeda denganku, yang saat ini malah balik lagi mengajar di sekolah setelah hampir dua tahun stay dirumah. Meski begitu, bersiasat menjadi freelancer tetap akan saya perjuangkan. Hhhe

Insha Allah sama dengan niatan baik mbak Sendy yang ingin mengikat tulisan dan perjalanan menulisnya dalam bog. Saat ini beliau menikmati peran sebagai fulltime mom, sebagaimana impiannya sejak gadis, menjadi ibu rumah tangga dengan tetap melakukan pengembangan diri dengan bakat yang dimiliki. 

Menulis sudah menjadi ruh dalam dirinya, nampak banget dari antusiasnya belajar ngeblog. Hal yang patut saya contoh dari nya. Salut dengan momwriter lulusan sarjana sastra Inggris (2008) ini, berani mengambil langkah nikah muda setelah lulus kuliah. Hmm, saya saja yang pengin nikah muda malah sebaliknya. Ups, tetap bersyukur pokoknya. 

Emak pembelajar juga menurutku, senang berkomunitas dan senang dunia parenting juga. Toss dulu deh mbak, banyak kesamaan minat dalam diri kita. Cuma beda cara memulai saja dalam menghidupkan passion menulis. 

Alasan Ngeblog Sendy Yunika

Alasan Ngeblog ala Sendy Yunika

Boleh lah ya sayapun menyebutnya sebagai momblogger. Berhasil menemukan passion menulis berkat labeling dari teman-temannya, mbak Sendy pemilik nama lengkap Sendy Yunika berhasil membawa dirinya terjun didunia menulis dan blogging. 

Keseriusan nya untuk lebih dalam menyelam semakin nampak dari usahanya yang ingin tetap produktif menulis ditengah keriwehannya mengurus batita yang sedang aktif-aktifnya. Benar-benar dari nol mbak Sendy ini belajar menulis di blog dan saya suka semangatnya dalam belajar. 

Tak jauh dari apa yang selama ini ia tekuni, memilih lifestyle, motherhood dan parenting menjadi bahan yang akan sering ia bahas dalam blognya. Benar memang, ulasan berdasar pengalaman akan lebih nampol menelurkan artikel bagus untuk dikonsumsi publik. 

Ruang tulis, berkisah dan berbagi menjadi tagline yang menggambarkan sosok kontributor blognya, yaitu mbak Sendy sendiri. Good jobs ya mbak, calon momblogger profesional nih. Amiin. Itulah yang melatar belakangi mbak Sendy punya keinginan menjadi blogger. Benar-benar dari hati ya ulasan mbak Sendy, teman-teman ?.

Seperti halnya apa yang saya sampaikan diawal, ada satu hal menarik dan mengulik yang membuat saya ingin mengemas pertemuan yang hanya karena tugas ini agar lebih berkesan. Sekaligus sebagai pengingat diri, sayapun belajar membangun blog impian dari mbak Sendy.

3 Tips Membangun Blog Impian Ala  Sendy Yunika

1. Memperhatikan tampilan blog agar SEO Friendly

Dari awal saja sudah diperhatikan oleh mbak Sendy. Ibarat rumah, tampilan depan dari warna tembok, ruangan didalmnya, dan perintilan widget blogpun harus selaras dengan konsepnya. 

Ini memang sesuai kaidah ngeblog, seperti diawal pertemuan coach maritaningtyas selaku mentor Blogspedia coaching 2 menguraikan teori bab ini. Loading blog yang cepat, template yang SEO friendly, artikel yang dipost, pemilihan niche blog, take line blog, dan perintilan lain dibahas detail lho.

Jika penasaran, boleh nih nimbrung di Blogspedia session 3 yang akan datang. Insha Allah selama tiga bulan proses belajarnya, bagi yang lolos ke tahap berikutnya. Jadi panjang dan lebar ya , lanjut ya ! 

2. Konsisten Menulis Artikel Setiap Hari

Menambah jam terbang menulis sangat berpengaruh. Karena blog yang hidup itu, post artikelnya dilakukan secara konsisten. Sayapun sepakat akan hal ini, senada dengan ulasan coach marita juga . 

Tampilan bagus dan SEO friendly tapi jarang post artikel di blog ya sama saja tidak berpengaruh. Satu hal ini menjadi target terdekat dari mbak Sendy untuk menyalakan api menulis dalam blog. Semoga dimudahkan ya mbak.

3. Gabung di Komunitas Blogger

Ada hal yang kurang ibarat makan tidak pakai sayur. Masuk dalam komunitas blogger menjadi hal yang wajib bagi momblogger satu ini.

Benar banget ini, saya yang terjun duluan dalam blogging merasa sangat terbantu dengan gabung di komunitas blogger. Ada banyak hal yang bisa didapatkan dari sini. 

Mulai dari mendapatkan teman untuk menambah relasi, menjaga konsistensi ngeblog, menambah kosakata melalui blogwalking, info lomba atau informasi terkini, bahkan pelatihan khusus buat member juga difasilitasi. 

Satu lagi, pertanyaan terakhir yang saya lontarkan ke beliau.

"Upaya apa sih mbak untuk menjaga konsistensi menulis ?" . "Melibatkan diri dalam projek menulis buku antologi menjadi senjata utama, ujar mbak Sendy". 

Sudah menelurkan enam buku antologi lho mbak Sendy ini, keren banget ya. Berikut judul buku antologinya : Reflection , Home sweet home, Surat terakhir, Me time , Ya Allah izinkan aku mendekat, dan Super Husband. Ditunggu next antologinya ya mbak. Keep inspiring!

Sebagai blogger, hal satu ini tak boleh dilewatkan. Membangun blog impian menurutku suatu keharusan yang wajib ditunaikan. Agar pembaca nyaman, betah berkunjung kerumah kita untuk mendapatkan informasi dari artikel yang kita tulis. 


Bagaimana denganmu, sharing yuk caramu membangun blog impian ? 




Posting Komentar

8 Komentar

  1. Maasyaa Allah satu hari satu hari satu postingan... Keren banget mbak Sendy, ini

    Oh ya, tadi ada fun fact nyelip2, kalau mbak Sindy nikah muda, mbak Windi sebalinya. Setiap orang punya cerita masing-masing, suka dukanya pasti mewarnai apapun pilihannya.

    Sukses terus buat mbak Windi, mari bareng2 belajar dan semangat terus di dunia blogging :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhhe, begitulah dunia emak2, banyak rempong ya tapi kudu dong mengembnagkan bakat ditengah kitewahan bersama keluarga. Trmksh sudah berkenan mampir disini

      Hapus
  2. Keren nih dah banyak antologinya plus konsisten nulis tiap hari :') keep inspiring ya kalian.

    BalasHapus
  3. MasyaAllah mb Windi melalui ketikan jemari ajaibmu, aku jadi nampak keren hehe

    Sama-sama belajar ya Mb, aku mah belum apa-apa dibandingkan jam terbang mb Windi.

    Btw, aku seneng sekali bisa menganl mb Windi. Banyaaaak sekali kesamaan kita ya mb.
    Keep inspiring mb Win.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang juga bisa kenal mbak Sendy, meski lewat online.

      Hapus
  4. Iyes, suka tipsnya.. emang iya sih. Ibarat rumah kan blog itu jadi furniturenya dibuat selaras sesuai dg keinginan kita yaaa warnanya. Pernak perniknya.


    Rerata para momblogger pasti tak ketinggalan dg tema parenting ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, seperti suatu kebutuhan yg dihunting para emak² ya

      Hapus