Memasang Top Level Domain by Handphone

Memasang TLD by handphone


Merasa plong, saat saya berhasil otak-atik blog dari domain gratisan menjadi domain berbayar. Meski sempat merasakan gemash karena mengerjakannya by handphone. Alhamdulillah, sudah bisa bernafas lega dan merasa bahagia ketika punya rumah sendiri untuk menuangkan segala ide ke dalam blog. Kali ini saya akan berbagi keseruan memasang top level domain by handphone. 

Yap, sejauh ini masih setia menulis menggunakan gawai andalanku. Gawai yang saya beli pada bulan Maret 2020 hasil dari jerih payah ikhtiar dengan doa. Hhhhe, dapat uang arisan langsung cus buat beli handphone. Udah mupeng baget after ikut kelas blog, auto mikir bagaimana tetap bisa menulis by handphone. 

Slowly but sure, insha Allah

Tantangan Menulis

Jalan menuju Roma memang tidak selalu mulus ya. Sama halnya dengan jalanku ketika punya niatan untuk mengembangkan passion menulis tapi terkendala dengan perangkat yang saya gunakan sebagai alat tempur. Tapi, tetap bersyukur masih ada handphone ini yang setia menemani perjalananku menulis. 

Layar sempit sudah pasti menjadi hambatan saya saat menulis. Bahkan terlalu lama memandang layar handphone juga tak bagus untuk kesehatan. Hmm, masih ada kacamata anti radiasi sebagai ikhtiar menjaga kesehatan mataku.

Sekarang, lagi fokus mengumpulkan rupiah buat beli laptop impian. Setelah punya rumah menulis dengan embel-embel dot com menjadi semangat lah dalam menulis di blog sendiri. 

Design dan ruang sudah saya atur sebagaimana impian punya blog menawan dengan pengunjung ribuan tiap harinya. Doa kecil dan target jangka pendek di tahun 2021 ini. Doakan ya, teman-teman semoga tercapai .

Memang sih,  punya impian juga bisa menghasilkan cuan dari blog. Dan sebagai ajang buat mengasah kemampuan menulis dengan mengikuti berbagai kompetisi. Semoga konsisten ditengah kesibukan mengajar disekolah. Amiin

Wah, udah banyak doa saja yang saya urai disini. Hhhe, biar lebih semangat. Betul kan ? Katanya setiap orang boleh bermimpi setingi-tingginya. Next ah.

Pantang Menyerah Saat Pasang Top Level Domain

Sempat pusing mau pasang tld dimana ?. Yang pasti jiwa emak-emak hemat budget tentu yang utama. Dalam hati saya sih langsung mantap saja buat pasang domain berbayar. Meskipun prestasiku belum segudang. Apalagi mahir buat artikel blog. Masih jauh dari kata sempurna. 

Sambil jalan deh, pikir saya begitu. Tetap percaya diri dengan niat berbagi dan memang mau monetisasi blog menjadi goals saya setelah ikut kelas berbayar belajar ngeblog (Agustus 2020). Karena saya tak pernah main-main ketika memilih, pasti memikirkan manfaat jangka panjangnya. Insha Allah begitu. Modal uang tabungan dan menyisihkan uang belanja, karena posisi waktu itu belum kerja seperti sekarang. Bismillah, tetap bisa bayar tiap tahunnya.

Baca juga : Membangun Blog Impian Ala Sendy

Pasang Domain Berbayar di Niagahoster

Tepatnya saya lupa kenapa memilih pasang diniagahoster?. Ada salah satu teman satu kelas belajar ngeblog yang memang sudah duluan order disana. Ada harga promo katanya, ya sudah gercep saja tanpa ba-bi-bu. 

Setelah kepo medsos dan memantapkan diri, oke deh Oktober 2020 menjadi cerita berkesan saya sudah punya ruang menulis di personal blog dengan url www.windieastuti.com. bahagia dong tentunya, namun diawal sempat sedih ditambah rasa penasaran karena lebih dari sehari saya gagal edit dibagian pasang kode html. 

Kendala waktu itu karena pasangnya memang by handphone sih. Layar kurang lebar sehingga fitur yang menjadi tempat untuk memasang kode dsb butuh ketelitian agar mencapai proses berhasil. Banyak yang lupa memang pada proses ini, kalau disuruh cek lagi wis angkat tangan deh. 

Karena bisa  di step berhasil menikmati rumah berdot com saya minta bantuan pihak niagahoster. Sudah puyeng banget karena berkali-kali gagal mencoba. Mau minta tolong teman yang punya laptop juga sungkan, takut mengganggu aktivitas bekerjanya pula. Ya sudah, memantapkan diri minta bantuan niagahoster.

Sempat khawatir, bisa membantu nggak ya?.  Via chat privat di website niagahoster alhamdulilah responnya selalu memuaskan. Dari situ saya merasa lebih bersyukur. Allah kasih jalan keluar ditengah keriwehanku memasang TLD. 

Saran saja sih, perhatikan betul langkah dibawah ini sebelum memantapkan diri untuk memasang TLD sendiri

1. Soal nama, pastikan menggunakan nama beken yang menjadi identitas diri supaya lebih dikenal teman sebagai blogger. Cari nama yang orang tidak kesulitan saya mengetik.

2. Pastikan memasang TLD diri kita merasa tidak rugi. Kalau cuman punya blog hanya untuk pamer sih mending tidak usah ya, menggunakan domain berbayar. Namun, jika untuk hal kebaikan dan menguji kreativitas sebagai seorang penulis sih nggak masalah. Intinya, memilih sesuatu harus punya arah dan tujuan jelas ya.

3. Pilih tempat memasang TLD yang trusted. Biaya terjangkau, service excellent, dan tidak lemot. Biasanya bisa nih kita minta rekomendasi dari blogger senior atau mentor.

4. Lebih baik memilih DOT com untuk blog personal. Karena Mbah Google lebih suka mendetek artikel dari laman ber dot com. Insha Allah begitu. Jangkauan juga lebih luas. 

Nah, lebih detailnya cara memasang TLD teman-teman boleh nih berselancar sepuasnya di tutorial Blogspedia. Banyak banget tutorial ngeblog asyik yang bisa difahami dengan mudah oleh pemula. Saya saja sering klik dan klik buat berlama-lama membaca tutorial nya. Maklum, kadang masih lupa dan memang masih butuh diperbaharui ruang menulisku ini. 

Pakai handphone memang kudu sabar. 

Bagaimana Rasanya Sudah Berhasil Memasang Top Level Domain by Handphone ?

Rasanya bahagia dong. Hhhhe. Pantang Menyerah buat kita yang punya hobi nulis hanya terkendala teknis beginian menyurutkan niat buat kabur melanjutkan mimpi menjadi blogger. Bukan menyombongkan diri ya, jujur saya ada rasa eman banget ketika sudah mengeluarkan uang namun tidak optimal setelahnya.

Cuma buat dan nganggurin ruang menulis dengan alasan banyak aktivitas domestik dsb. Bismillah, semoga dalam kondisi apapun saya tetap enjoy dan konsisten menulis di blog ini. Ruang menulisku sejak tahun 2012 dan baru berani memasang domain di tahun 2020. Bukan karena tidak mau mengeluarkan duit, karena baru faham monetisasi blog. Hhhhha

Baca juga : Menulis di Blog dan Cara Mengelola waktu 

Semoga bermanfaat ya. Nah, kalau teman-teman bagaimana nih keseruan memasang top level domain ? Boleh dong diceritakan dikolom komentar 😊


Posting Komentar

9 Komentar

  1. Ah mb windi, semoga keinginan kita yg sama ini segera tercapai ya. Biar lebih puas bloggingnya. Semangat mb!

    BalasHapus
  2. Keren mba, terkendala perangkat tak menyurutkan niat kita untuk maju..
    Semoga semua impian dan keinginannya segera terkabul mba..
    Aamiin..

    BalasHapus
  3. Ah kalo aku udah kesel2 kayanya mba masang TLD lewat HP wkwkwkkw

    BalasHapus
  4. Eh aku blog yang kedua pasang tld malah pake hp lho.. Habis pake pc ga bisa akses web dari providernya. Untungnya cepet berhasil 15 menit doank. Tetep semangat ya maemak bloggingnya, aku pun ngeblog banyakan dari hp kok, kecuali ga bs edit banget pake hp barulah kembali ke pangkuan laptop.

    BalasHapus
  5. Semoga makin konsisten nulis di blog yaa mbak. Aku pun makin semangat nih habis masang custom domain.

    BalasHapus
  6. Waaah dah lama bgt ya mba ngeblognya, apalah aku ini yg bru 1,5tahun nyemplung dunia perbloggingan

    BalasHapus
  7. wah.. pengalaman bagus nih. bisa jadi rujukan kalau mau pasang domain menggunakan HP...

    BalasHapus
  8. Wiii... Keren, setting TLD pakai Handphone 👍👍👍 aku belum pernah coba tetep semangat ya mbak

    BalasHapus
  9. Memaang domain by handphone, gimana rewehnya ya

    BalasHapus