Kejutan Kungkang

Kejutan Kungkang

5 hal sisi menarik dalam buku  cerita anak " Kejutan Kungkang" yang harus kamu tahu. Penulis dan ilustratornya kak Andina Subardja. Yuk, baca selengkapnya disini 

Membaca nyaring, menjadi salah satu resolusi saya buat berbenah. Membiasakan anak agar senang dengan aktivitas membaca. Tidak mudah memang, diawal anak sempat nggak betah pas kubacakan. 

Hingga akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Alhamdulillah. Judul buku apa saja yang menemani perjalanan kami saat membaca nyaring ? Salah satunya buku berjudul kungkang, membuat nak Andra senang bahkan minta dibacakan ulang. 

Menghindari Tantrum Ketika Membacakan Anak Buku

Tekat bulat, Januari 2021 menjadi awal perjuangan saya membiasakan nak Andra senang dengan aktivitas membaca. Bahkan berbagai macam cara saya lakukan. Sambil makan, sambil tiduran dan ajak tetangga buat menemani nak Andra membaca.

Tak disangka, selama 21 hari saya mengikuti challenge membacakan nyaring membentuk habits baru bagi kami. Ketika bangun tidur, dipagi hari saya berusaha rutin membacakan Andra buku. Meski dia sambil makan pagi. Intinya, saya menghindari nak Andra tantrum ketika mengajak dia membaca buku. 

Alhamdulillah berhasil. 

Kungkang, Salah Satu Buku Favorit dirumah

Readaloudyuk

Seiring berjalannya waktu, sayapun tertarik dengan segala bentuk webinar bertajuk read Aloud. Menggugah jiwa untuk terus menggali ilmu satu ini. Bahkan kepo feed Instagram @readaloudyuk untuk mengikuti bedah buku tiap hari Minggu yang diselenggarakan secara gratis. Termasuk buku kungkang ini, saya ikut webinarnya dari awal sampai akhir sekaligus belajar membuat cerita anak dengan proses kreatif yang harus terus saya pelajari. 

Dibedah langsung oleh kak Andina sibarja selalu penulis dan ilustratornya. Tak disangka, buku kungkang pernah menjadi buku favorit dirumah yang mmembuat nak Andra ingin dibacakan berulang kali sampai dia bosan. 

Kak Andina Subardja, Penulis Sekaligus Ilustrator Buku Kungkang

Sosok yang mengaku kaki saat bersama anak kecil ini ternyata mampu bisa berkarya dengan ide yang luarbiasa. Sosok serius lulusan sarjana teknik ini sempat kesasar memilih jurusan. Tidak mengira juga malah kesasar kedunia kepenulisan buku anak. Menghantarkannya menjadi Ilustrator keren. Kungkang, buku pertama kak Andina yang ditulis dan diilustrasikan sendiri. Dan Hits juga setelah berhasil menelurkan buku si rama-rama sebagai ilustratornya.

Kisah Dibalik Cerita Kungkang

Hasil dari melihat film katanya, (saya) lupa nama filmnya mengambil hewan kungkang ini sebagai subjek dalam bukunya. Kungkang adalah hewan yang gerakannya sangat lambat. Dari segi apapun. Kak Andina menyampaikan pesan ke anak-anak meskipun ada anak yang gerakannya lambat, namun dia tak pernah terlambat.

Ide yang begitu cerdas ya. Mengangkat tema, menghargai waktu dan tanggung jawab anak. Setiap anak harus bisa mengukur, jika tidak mau terlambat kesekolah harus sudah siap lebih dulu. Menyiapkan segalanya, barang bawaan, bekal, seragam, sarapan dan buku belajar ketika mau ke sekolah. Sebagai contoh saja sih ini (dari ku)

Kungkang, Buku Yang Cocok Untuk Usia Berapa ya ?

Menurutku buku ini bagus untuk segala usia, mulai dari 0 bulan. Sedikit teks dan dominan gambar. Bagi orangtua yang belum pernah membaca dari awal pasti akan mengalami kebingungan. Apa maksud dari ilustrasi gambar di buku ini. Benar-benar sedikit teks. 

Sebab itu, menulis review buku ini saya niatkan agar para orangtua merasa terbantu akan kehadiran tulisan ini. Jikalau pun sudah ada yang tahu, yan tulisan ini sebagai bukti saya pernah menulis ulasannya dari berburu webinar zoom bersama ibu Rosie Setiawan dan Kak Andina Subarja bersama Komunitas Read Aloud Yuk. 

Judul Buku : Kejutan Kungkang

Penulis dan Ilustrator : Andina Subardja

Jumlah halaman : 32 lembar

Penerbit : Naura Kids

Tahun Terbit : Januari 2019 (cetakan pertama)

Penyunting Naskah : Noor H. Dee, Suhindrati Shinta

Seri Read Aloud

Serunya Membaca Buku Kejutan Kungkang

Saat membacakan buku sangat berdampak ketika orangtua bisa membawakan suaranya berbeda-beda sesuai karakter. Penuh ekspresi dan pokok menarik agar anak tetap anthusiy dari awal sampai akhir. Meskipun hal ini saya masih belajar banget. Jujur.

Sayapun heran sendiri. Nak Andra begitu senang dengan kehadiran buku kejutan kungkang. Entah apa yang membuat dia menarik untuk dibacakan terus setiap sesi membaca buku. Bahkan saya sempat protes ke dia, kenapa sih harus selalu kungkang. Hhhhha

Padahal ini tidak boleh dilakukan ya..karena sebenarnya anak sedang belajar. Dan caranya dia belajar ya dengan mengulang terus. Don't judge Its okeey.

Yang saya tangkap, nak Andra suka dibagian saat kungkang mau memencet tombol depan rumah temannya. Melihat sosok kungkang yang bikin gemash, mau pencet tombol depan rumah saja luamaaaaaa bangettts. Hhhhha

Hingga akhirnya, Ting tong 

Ting tong

Apakah saya terlambat ?, Tanya Kungkang. 

Kami tidak terlambat kungkang, jawab kura-kura.

5 Point Penting Dalam Buku Kejutan Kungkang

Andina Subardja

Persahabatan 

Si cepat (Tikus) yang terlihat akrab dengan Kungkang (gerakan sangat lambat) sarapan pagi. Makan ditempat makan dengan hidangan sesuai selera. Meski mereka berbeda gerakan, tetap bisa harmonis untuk berteman. 

Buku Read Aloud

Berbagi

Kungkang tak pernah terburu-buru. Bahkan ia mau berbagi dengan sekawanan semut untuk membagikan makanan yang ada dimeja makan.

Kado ulangtahun

Peduli

Sebagai tali asih, kungkang begitu peduli terhadap temannya yang sedang berulang tahun. Membungkus kado dengan gerakan sangat pelan buat hadiah temannya

Kemandirian

Kemandirian

Nampak seekor tikus yang membereskan piring dan gelas setelah makan. Setelahnya pun tikus nampak membawa baju dikeranjang untuk dijemur.

Management Waktu

Management Waktu

Jika tidak mengikuti alur webinar zoom bersama penulis dan ilustratornya secara langsung, saya tidak akan faham bahwa value yang hendak disampaikan penulis ke para orangtua dan pembaca adalah management waktu sangat penting. Tiap orang punya karakter berbeda-beda. Namun tak boleh terlambat ketika ada urusan atau tanggung jawab yang harus diselesaikan. 

Posting Komentar

0 Komentar