Ganti Judul dan ALt sendiri

Menjadi Blogger Profesional Butuh Waktu Yang Tidak Instan

Blogger Profesional

Menjadi blogger profesional merupakan salah satu impianku. Menuliskan perjalanan awal mula ngeblog membuatku banyak bersyukur. Bahwa menjadi blogger profesional membutuhkan waktu yang tidak instan.

Nasehat Bob Sadino

Cukup satu langkah awal. Ada kerikil saya singkirkan. Melangkah lagi. Bertemu duri saya sibakkan. Melangkah lagi. Terhalang lubang saya lompati. Melangkah lagi. Berjumpa api saya mundur. Melangkah lagi. Berjalan terus dan mengatasi masalah . ~Bob Sadino~


Rangkaian kalimat Bob Sadino  yang membuat diri merenung cukup panjang. Memilih jalur ngeblog untuk menebar banyak manfaat. Jalan dakwah yang kupilih melalui tulisan. 

Bergambar dari sosok Bob Sadino, dalam bukunya yang berjudul "Belajar Dari Goblok", membuatku kagum dengan pemikiran nylenehnya. 

Bahkan buku yang kubaca saat duduk dibangku kuliah ini masih tersimpan indah dalam memori otakku. Dari sinilah aku mulai mengevaluasi perjalanan ngeblogku yang hampir setahun bulan Oktober nanti. 

Awal Mula Ngeblog

Satu setengah tahun lalu aku menikmati peran sebagai ibu rumah tangga. Tak disangka, planning setelah resign (mengajar) untuk mencari kesibukan jatuh pada aktivitas menulis. Yap, momong dan menekuni dunia menulis. 

Mengikuti kelas online menulis, hingga bertemu kelas blog online membuatku tergiur untuk mengikutinya. 

Oktober 2020, menjadi saksi perjalananku memiliki top level domain berbayar dan memiliki rumah kedua sekaligus ruang menulis di www.windieastuti.com. 

Alasan Menjadi Blogger

Pernah menjadi gadis remaja berteman dengan diary, menjadi bekal utamaku menuliskan kisah perjalanan hidup di blog. 

Tak ada teman untuk berbagi, aku suka nulis curhatan di blog. Hingga akhirnya tahu kalau menjadi blogger itu passion yang bisa mendatangkan cuan dari mentor ngeblog, membuat diri ini penasaran ingin mengikuti jejak para mastah. 

Apalagi saat memotret nama pemenang dari ajang lomba ngeblog. Wah, ingin sekali bisa ngobrol dan satu forum dengan  mereka agar bisa mengikuti jejaknya.

Sebenarnya ini bonus sih. Yang utama, aku ingin memperkuat branding diriku sebagai Momblogger Kediri Raya dengan artikel yang bagus. 

Apalagi tiga bulan lalu habis ikut kelas free berskala premium demi menciptakan template blog yang sehat untuk kedepannya. 

Keuntungan Menjadi Blogger

Setelah aku terjun sedikit dalam, menjadi blogger itu banyak sekali keuntungannya. Yaitu, menambah wawasan, terampil membuat tulisan, menebar manfaat terhadap banyak orang. Menambah relasi, menambah saudara, ilmu literasi bertambah, menjadi tempat produktivitasku dengan rajin membuat tulisan dan di-posting. 

Secara tidak langsung, menjadi blogger mengharuskanku menguasai beberapa hal. Seperti, melek teknologi, bisa mendesain, menulis artikel yang ciamik, hingga blog kita sering dikunjungi karena artikel yang kita post berkualitas. 

Kiat Apa Saja Yang Sudah Kulakukan Untuk menjemput Impian Menjadi Blogger Profesional ?

Ikut kelas blog online, langkah utama yang aku tempuh. Hingga memberanikan diri ikut lomba nulis artikel diblog. Selain itu memanfaatkan moment give away di Instagram yang kusesuaikan kemampuan agar terlatih kreativitas ku dan supportif dalam bertanding.

Bergabung dikomunitas blogger untuk mendapatkan informasi jobfreelancer, webinar gratis, dan lain-lain. 

Rajin posting artikel di blog, dan aktif mengikuti webinar terkait niche blog yang sejak dari awal sudah ditentukan berdasar keputusan bersama.

Motivasi Keren

Mau memulai, konsisten dan terus belajar adalah kunci sukses. ~ Bob Sadino~


Rahasia Sukses Menjadi Blogger Profesional dan Kreatif

Blogger termasuk content writer yang punya kreativitas menarik dalam menyajikan tulisan.

Seperti pemikiran Bob Sadino yang unik, ada tiga langkah untuk menciptakan pasar. Seorang blogger juga layak untuk menciptakan pasar agar orang luar tahu passion kita.

Kelebihan apa yang hendak kita tonjolkan sebagai personal branding diri untuk memenuhi kebutuhan sekitar. Menawarkan jasa kepenulisan kepada client dalam membantu mempromosikan dagangan/bisnis mereka.  

Nah, tiga hal unik ala Bob Sadino itu apa sih ? Yaitu : jadilah yang pertama, jadilah yang berbeda dan jadilah yang terbaik. 

Mungkin aku telat untuk jadi yang pertama. Berusaha menjadi yang berbeda dan terus berusaha yang terbaik 

Menyadari bahwa menjadi ibu pekerja, urus pekerjaan domestik dan ngeblog di waktu anak sudah bobok itu butuh effort tinggi dan ketelatenan super tinggi. 

So, mengambil pesan Bob Sadino yang barangkali cocok untuk diikuti pesan nasehatnya. Atau hanya dijadikan sebagai sumber pengetahuan saja. Seorang blogger juga butuh memahami empat poin dibawah ini : 

1. Modal Intangible

Menjadi blogger harus punya kemauan tinggi untuk membangun komitmen kuat dalam menebarkan hal positif melalui tulisan. 

Berani mengambil peluang, ikut challenge ngeblog dan kompetisi lainnya. Tahan banting terhadap deadline menulis dan event lainnya. Yang terakhir jangan lupa bersyukur. 

2. Kosongkan Diri Sebelum Belajar

Sampai detik ini, aku masih haus akan ilmu perbloggan. Terutama bab SEO. Sebab itu, dengan senang hati aku ikut acara terkait atau lainnya demi mendapatkan ilmu baru. Kemudian diterapkan. 

3. Jangan Pelit Dalam Berbagi Ilmu

Benar kok ya. Aku mulai mendisiplinkan dalam menulis artikel. Jadi,aku harus punya blog plan yang isi (salah satu) nya berisi tips ngeblog yang ramah. 

Share link tulisan dimedsos agar dibaca orang. Serta menuliskan artikel organik yang bisa dikonsumsi oleh pembaca agar ilmu yang kita dapat bisa bermanfaat untuk sesama. 

4.Carilah Kegagalan Sebanyak-banyaknya

Aku pernah, ikut lomba mereview prodak gagal menjadi pemenang. Huft. Sudah beli prodaknya, kemudian nulis hasil ulasannya dan diposting di instagram. Berharap sekali waktu itu menjadi pemenang. 

Lambat laun, aku mulai memperbanyak baca artikel review para blogger senior. Untuk aku terapkan dan mulai berkreasi meramu kalimat agar jadi tulisan yang apik. 

Sebagai contoh nih ya. Aku mau mereview satu aplikasi keren bernama super. Aplikasi penyedia bahan belanja kebutuhan sehari-hari yang bisa diakses dengan mudah untuk arek Jawa Timur dan sekitarnya.

Nulis ulasan aplikasi super ini butuh kreativitas yang terus didorong. Mulai dari install aplikasinya. Memahami fitur didalamnya. Hingga tahu kelebihan aplikasi super ini. 

Jadi blogger itu menyenangkan. Sangat memotivasi diriku agar terus terpantik untuk benar-benar cinta dengan dunia literasi. Salah satunya ya nulis review begini. Kita harus cari tahu dulu secara detail agar bisa memberikan review jujur. 

Hanya modal install aplikasi super ini, saya jadi tahu. Bahwa aplikasi super ini bisa menjadi agen untuk memulai bisnis anda dimasa pandemi seperti ini. Wawasan jadi bertambah bukan ? Nah, cara daftarnya pun  sangat mudah. Hanya menuliskan nomor handphone, identitas diri dan foto KTP asli.

Daftar akun super

Terdapat banyak kategori barang yang bisa dibeli dengan harga cukup murah dibandingkan dengan pusat grosir terdekat. Kategori bahan dapur, makanan ringan, minuman dll. 

Modal klik saja hlo, tanpa mengantri lama. Belanja melalui aplikasi super menjadi cara cerdas untuk mengurangi kerumunan. Tak perlu buang energi juga untuk pergi ketempat.

Aplikasi super

Soal ongkir tak perlu dipikir. Karena barang akan dikirim tanpa dipungut biaya yang membuat anda jadi mikir.

Bagaimana dengan kemudahan fasilitas yang diberikan ? Sangat menyenangkan bukan. Ayuk belanja hemat dan aman,  warga super. 

Nah itulah cerita pengalamanku. Berserta tantangan didalamnya yang bagiku sangat menguji sekaligus pendongkrak semangat untuk tetap konsisten menikmati passion ngeblog dalam berbagai kondisi. Sekaligus berbagi motivasi menjadi blogger dalam setahun ini. 

Bahwa untuk menjadi blogger profesional harus konsisten membangun personal brandingnya. Tahan banting untuk menikmati proses didalamnya. Dan jangan pernah kecewa dengan segala pencapaiannya. 

Menjadi blogger profesional memang bukan hal instant yang bisa ditempuh tanpa upaya keras dari si empunya. Tetap semangat. 

Related Posts

20 komentar

  1. TLD kita sama ya mbak. Oktober 2020 hehehe anniversary nih bulan depan. Perasaan setelah terjun ke dunia blog dengan lebih serius justru membuatku makin merasa nggak tau apa2. Ternyata dunia blog ini luas bgt dan kalau lagi liat blogger pro suka mbatin berapa lama mereka makan asam garam sampai di titik itu. Semoga kita bisa ada di sna ya mba :') semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau bikin GA tidak mbak, hhhe. siapa tahu follower dan DAnya naik.

      Hapus
  2. Lanjut mbak... Libas terus kerikil diperjalanan. Semoga sukses... Ntar Bunda ngekor di belakang ya...

    BalasHapus
  3. Jadi blogger itu memang butuh passion,, saya aja terkadang masih suka berada pada situasi bingung harus nulis apa.
    Bener kata Mbak, harus terus mau belajar dan tahan banting...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenyataannya seperti itu pak. krn banyak blogger pendaulu yang akhirnya tumbang krn tak kuat hantaman angin badai

      Hapus
  4. Mantaap.. Semangat terus pokoknya dalam ngeblog. Salut sama ibu-ibu yang tetap ngeblog ditengah himpitan tugas domestik. Jadi ibu itu keren!!

    BalasHapus
  5. Eh, samaan juga denganku mb Widya, aku pas 10 oktober, pas milad juga.kebetulan mulainya sama mb windi barengan

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum, pak. karena bekajarnya juga bareng. ye kan :)

      Hapus
  6. Semangat terus ya, Mbaaaaak. Aku salut banget sama makemak dengan kegiatan domestiknya yang aktif ngeblog. Merasa ketampar ini:3

    BalasHapus
  7. Butuh waktu yg tak singkat dan konsistensi tinggi ya Mba, aku bru aja perpanjang domain bulan ini..
    Semangat buat kita bersama ya Mba

    BalasHapus
  8. Mantap.

    Wah kita samaan nih bertiga . Mbak wid. Sama mbak windi kalo domainnya berbayar baru diputuskan berTLD . meski agak berat sih akhirnya sampai di titik ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu ada kisah menarik dari blog berdomain ini ya mbak

      Hapus
  9. yang ga boleh pergi itu semangat ya mba, hehehe. semangat dan tetep konsisten buat kita semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat dan harus punya komitmen tinggi mbak

      Hapus
  10. Satu lagi mbak... Hal tersulit selama menjadi bloger itu adalah konsistensi. Apalagi seperti aku yang moody ini.
    Mengikuti komunitas bloger ternyata ngefek banget ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari kacamataku wis apik pak. seorang dokter yang juga blogger

      Hapus

Posting Komentar