Ganti Judul dan ALt sendiri

Challenge Edisi Hari Keluarga Nasional Cendekiawan Cilik 2022

Menantang diri untuk mengikuti challenge antara ibu dan anak bersama cendekiawan cilik. Yap, challenge yang akan diselenggarakan adalah dalam rangka memperingati hari keluarga nasional. Awalnya saya melihat story instagram teman yang mengunggah keikutsertaannya atas challenge tersebut. Saya DM dia, kemudian bertanya apakah tema tantangannya sukar ? . Jawabnya sih tidak. 

Challenge Edisi Hari Keluarga Nasional Cendekiawan Cilik 2022
sumber gambar : freepik

Oke.

Ada air segar dan harapan untuk saya bisa ikutan challenge Edisi Hari Keluarga Nasional Cendekiawan Cilik 2022. Selanjjutnya saya mencoba mengikuti alur pendaftaran serta syarat lengkapnya. Setelah itu mendapatkan Dm dari panitia penyelenggara beserta modul tantangan ayang akan dilakukan selama tujuh hari kedepan. Terhitung challenge berlangsung selama 24-30 Mei 2022.

Tujuh Tema Challenge Edisi Hari Keluarga Nasional Cendekiawan Cilik 2022

Hari Pertama : Keluargaku Anugerah Allah


Pada hari pertama saya mengajak si kecil untuk mengenal sebutan ayah, ibu, anak laki-laki dan anak perempuan dalam bahasa Arab. "Abun", Abi, "ummun",umi, "waladun",anak laki-laki dan "ukhtun", saudara perempuan. 

Sebisa mungkin saya mencari ide agar si kecil mau dan mengerjakan misi sesuai panduan. Disisi lain memfikirkan juga nanti take videonya bagaimana dan setornya jam berapa. Mengingat sore baru pulang kerja otomatis menjelanganhhrib sampai sebelum tidur adalah jam pilihan yang tepat untuk menjalankan misi sesuai tema per hari.

Sehari sebelum mulai, saya menyiapkan konsep untuk hari pertama. Karena aktivitas mewarnai kurang disukai Mas Andra, jadi saya mencoba mengajak Mas Andra mewarnai menggunakan potongan kertas kecil-kecil di taman Sekartaji. 

Mengajak si kecil mewarnai di ruangan terbuka. Alhasil, dia kurang fokus ternyata, pandangannya kesan kemari meski tangannya bergerak mengikuti instruksi yang saya berikan. Sampai-sampai kegiatan ini kami lanjut di rumah, karena tidak kondusif.

Oke, bisa jadi bahan evaluasi kedepan. Mas Andra jadi belajar merekatkan lem, belajar fokus, belajar konsentrasi, mengenal warna, belajar sabar, Meraba hasil karyanya, mengal sebutan anggota keluarga dan terakhir melatihnya untuk selalu bersyukur. 

Menariknya lagi, pada tema hari pertama ini, Mas Andra jadi tahu doa untuk kedua orangtua. Selain mengajaknya melafalkan bareng doa tersebut, sekaligus belajar adab dalam berdoa.

Kegiatan sederhana ini cukup menjadi awal setelah lama Hiatus dari dunia challenge antara ibu dan anak semenjak berganti status workingmom. Good job Mas Andra 🙂

Challenge Edisi Hari Keluarga Nasional Cendekiawan Cilik 2022

Hari Kedua : Masakan Keluarga Indonesia yang Halal dan Sehat

Hari kedua semakin menantang, pasalnya mood anak kadang tidak bisa ditebak ya.Apalagi setelah pulang sekolah si kecil minta main bareng dengan temannya. Deg degan juga kan kapan menjalankan misinya guna mensukseskan challenge Edisi Hari Keluarga Nasional .

Meski demikian, tak diduga saat si kecil mengajak temannya main kerumah saya mencoba memanfaatkan momen. Awalnya pesimis, Andra dan temannya mau diajak berjasama apa tidak. Ternyata, setelah saya menyiapkan bahan untuk dimasak kolak Mas Andra pun oke saat diajak take video. Meski rempong dibalik layar, merasa bersyukur Mas Andra mau diajak kerjasama dengan bantuan salah satu temannya.

Pada hari kedua ini, Mas Andra belajar menimbang bahan, menuang air, belajar memegang pisau, belajar menyebutkan bahan yang akan dimasak kolak, belajar langkah-langkah dalam memasak, belajar mengenal makanan tradisional dan belajar sabar. 

Malamnya, masih tentang tema ini saya mengajak Mas Andra mengenal masakan tradisional lewat buku masakan emak dirumah. Lumayan, menambah wawasan si kecil.

Challenge Edisi Hari Keluarga Nasional Cendekiawan Cilik 2022

Hari Ketiga : Olahraga Bersama Keluarga

Salah satu tema yang mengesankan "olahraga bersama keluarga". Pasalnya Mas Andra paling suka kegiatan yang mengasah kemampuan motorik kasarnya. Salah satu ya dengan berolahraga, saya mencari ide dadakan untuk bermain bersamanya.

Membuat kompetisi melompat diantara bola yang saya susun, rebutan mengumpulkan bola dan yang terbanyak dialah yang menang, serta belajar melempar dan menangkap bola.

Saya sampai ngos-ngosan membersamai ya bermain. So far, permainan hari ketiga berakhir menangisinya Mas Andra hanya karena saya yang menang 😂. Padahal dalam permainan ini si kecil sekaligus belajar sportif. 

Challenge Edisi Hari Keluarga Nasional Cendekiawan Cilik 2022

Hari Keempat : Anggota Keluargaku

Masih dalam satu rangkaian tema sebelumnya. Kali ini butuh effort cukup banyak daripada tema olahraga bersama keluarga. Dalam panduannya, anak diminta mewarnai pakai playdough diatas gambar yang disediakan. 

Berupaya penuh supaya mas Andra mau menjalankan misi sampai finish dalam tema satu ini. Nyatanya, dia malah senang bermain playdough dan berimajinasi sesuai pemikirannya. 

Ngajak main masak-masakan, dibuat main kereta api dan dibentuk menyerupai jalan rel kereta. Terus dibuat jungkat-jungkit sehingga bulatan playdough terpental tinggi. 

Sayapun tidak memaksanya sih. Tidak diselesaikan juga tidak apa-apa permainan yang satu ini. Mencermati dari jauh cara berpikirnya dan tahu bagaimana responnya sudah alhamdulilah. Darinya, saya belajar banyak. Bahwa orangtua memang cukup mengarahkan, tidak perlu memaksakan melakukan apa yang tidak diminati.

Melalui teman keempat ini mas Andra belajar mengenal warna, melenturkan otot dengan bermain playdough, menyebutkan nama anggota keluarga dan belajar konsentrasi.

Challenge Edisi Hari Keluarga Nasional Cendekiawan Cilik 2022

Hari Kelima : Kenali Emosi Keluargaku

Semakin gemash, saya harus mengulang lebih dua kali untuk mendapatkan sense dari tema kelima. Pagi dan sore berusaha membujuk Mas Andra untuk mengerjakan tugas (bahasa saya). Jadi, selama challenge berlangsung saya sering mengajak ngobrol si kecil akan kegiatan yang saya ikuti. Termasuk challenge edisi Hari Keluarga Nasional bersama Cendekiawan Cilik.

Tadinya Mas Andra tidak mau mencocokkan gambar sesuai ekspresi yang saya buat. Hanya untuk membuat kids activity menarik sih. Nyatanya dia kurang antusias.

Sore, usai dia bangun tidur saya mengajaknya lagi merampungkan misi. Diprotes malah, kok ini lagi 😂. Oke, saya belajar sabar juga dan berusaha tidak memaksa sambil mengikuti alurnya. Maklum, ini anak kalau ada yang salah ngomelin orang bisa panjang kali lebar macam orangtua . 

Malamnya, saat sebelum tidur kami bermain lagi. Pelan-pelan mengajaknya bermain sesuai tema kelima dan berhasil guys. Dia mau menggunting, mencocokan potongan gambar , menyebutkan ekspresi pada gambar dan menyelesaikan nya dengan baik. Amazing, tinggal saya edit hasilnya. Karena selama challenge saya uploadnya selalu pakai reels. Agar jangkauannya lebih luas. Good jobs Mas Andra.

Challenge Edisi Hari Keluarga Nasional Cendekiawan Cilik 2022

Hari Keenam : Rekreasi Seru

Tak kalah seru memang, soal rekreasi cukup mudah untuk dilakukan. Karena terbiasa ajak Mas Andra ke Taman Kediri, jadi saya bisa memilihkan taman mana yang bisa buat Mas Andra main dengan leluasa. 

Saat itu saya ajak Mas Andra ke Taman Joyoboyo. Salah menempatkan motor dan masuk lokasi tidak di pintu masuk, Mas Andra ngomel ke emaknye panjang kali lebar. Bahkan dia sempat marah karena sepeda motor yang kami kendarai tak segera di pindah pada tempatnya. Huft.

Disana, kami bermain sepuasnya. Mas Andra melompat kegirangan, berlarian, sambil mengenal alam disekitar. Dia juga sempat minta dibacakan tanda/sign yang ada ditaman. salah satunya tentang himbauan "untuk membuang sampah pada tempatnya". Saya jelaskan, eh bacakan ding. Sembari menunjuk teksnya dan diskusi sejenak.

Banyak hal yang dipelajari anak dengan rekreasi seru ini. Mengajak ia bersentuhan langsung dengan alam, mengenal hubungan sosial, memperkuat bonding dan bisa menjadi qualitytime bersama keluarga.

Challenge Edisi Hari Keluarga Nasional Cendekiawan Cilik 2022

Hari Ketujuh : Warna-warni Keluarga

Mendekati hari akhir, semakin greget. Sebab saya niat ikut challenge ini ingin membuktikan bahwa workingmom juga tetap bisa fokus ke anak. Tidak melulu mementingkan urusan pekerjaan. apalagi kadang malah merasa menduakannnya dengan tulisan. Hahahaha

Biar adil harus ada juga kegiatan bareng anak dan bertema. Itung-itung juga untuk mengisi feed Instagram agar tidak kosong. 

Nah, tema terakhir ini mengenal keluarga dan sikecil boleh menggambar ulang dilembar berikutnya yang telah disediakan panitia. Sayaenggbar dikertas lain, tugas Mas Andra yang mewarnai pakai cat warna.

Seharusnya cukup menarik baginya kegiatan hari terakhir. Nyatanya, saat saya menyuguhkan gambar yang sama persis di panduan, dia menghela nafas. Dan saya faham, dia ingin corat-coret diatas kertasnya dengan goresan bebas.

Jadi, selama proses Mas Andra bertanya mau dikasih want apa?, dan saya mencoba memba tunya dengan menjawab dengan baik. Alhasil, projectnya tidak sampai selesai guys 😂. Ngantuk katanya. 
Challenge Edisi Hari Keluarga Nasional Cendekiawan Cilik 2022

Bersyukur mengikuti challenge edisi Hari Keluarga Nasional bersama Cendekiawan Cilik 2022. Menambah pengalaman, jadi semakin percaya diri, bisa lebih dekat dengan anak, sikecil juga merasa senang bisa main bareng emaknye. 

Selama proses, seharusnya bertiga ya. Karena temannya adalah keluarga. Tapi karena kesibukan, saya dan Mas Andra yang sering mampang di video yang kami buat sebagai laporan. 

Terimakasih cendekiawan cilik, terimakasih Mas Andra. Next kita main lagi ya. Seruuuuuuu deh. 

Adakah yang memiki misi sama, senang kalau ikutan challenge  di Instagram bersama anak ? Boleh dong berbagai pengalaman berkesan ya disini 🙂

Related Posts

1 komentar

  1. Dari semua poin terkait kekeluargaan, aku mengambil kesimpulan bahwa komunikasi dan saling memahami jadi hal penting dalam membangun keluagra yang baik. Wah, jadi belajar banyak dari sini. 🤍

    BalasHapus

Posting Komentar