Ganti Judul dan ALt sendiri

Ngobrol Asyik Bareng Streamer di IDN Live Temukan Wawasan dan Pengalaman Baru

Pencapaian yang istimewa bagi 10 conten creator Indonesia versi majalah Forbes Indonesia. Nama Atta Halilintar menduduki peringkat pertama diantara conten creator lainnya. Youtuber Atta Halilintar berhasil memikat jutaan follower dengan beragam konten menarik yang di tayangkan di channel yutubnya. Begitu juga dengan conten creator lain yang menduduki peringkat kedua, ketiga sampai yang kesepuluh. 

IDN Live dan Streamer Fund 50 M

Setiap dari mereka punya kelebihan masing-masing. Memiliki ciri khas tersendiri dalam berkarya dengan ide menariknya untuk memikat hati follower setianya. Beradu konten, tak lain apa yang mereka capai saat ini bagian dari hobi yang ditekuninya sehinggga bisa menghasilkan uang. Bonusnya, prestasi berdatangan.

Saya yakin, setiap content creator menemukan pengikutnya sendiri. Sama halnya dengan penulis, yang akan menemukan pembacanya sendiri. Jadi, jangan pernah lelah untuk terus berinovasi, berkarya dengan gaya yang kamu suka.

Public figure di atas adalah mereka yang berhasil memanfaat peluang, menekuninya, mempelajarinya hingga bisa menjadi jalan rejeki menambah pemasukan harian.

Siapapun boleh menjadi conten creator. Termasuk kamu yang saat ini sedang membaca artikel saya. Yes, semoga kamu mendapatkan pencerahan dan tergerak hatinya untuk segera menangkap peluang tersebut. Baca sampai tuntas ya, saya akan menyajikan data akurat agar kamu lebih yakin untuk mengambil peran itu.

IDN Live dan Streamer Fund 50 M

Figure yang saya ceritakan di awal, bagian contoh yang bisa kamu amati, tiru dan modifikasi atau bahasa kerennya "ATM". Industri conten creator di Indonesia menuai peluang emas sampai di lima tahun mendatang. Mengutip dari laman katadata.co.id, potensi pasar industri conten creator Indonesia diperkirakan mencapai Rp 4 Triliun. Itu artinya, jasa conten creator akan terus dimanfaatkan untuk mempengaruhi pengikutnya.

Berdasarkan hal tersebut coba kita gali lebih detail lagi dari banyaknya masyarakat yang menggunakan internet. Pasalnya, media sosial semakin marak dan akan terus berevolusi dengan beragam fitur yang bisa kita manfaatkan dan kita rasakan keuntungannya. Media sosial pula yang akan menjadi alat penting bagi para kreator konten untuk meng-upload kontennya.

Data pengguna internet terbaru

Mengutip laporan We Are Social yang diliput oleh databoks.katadata.co.id, pengguna internet terbesar di dunia salah satunya adalah Indonesia. Per januari 2022, terdapat 204,7 juta pengguna internet di tanah air. Setiap tahun, angka tersebut terus meningkat. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlahnya naik 1,03% dari yang tercatat sebelumnya hanya 202,6 juta. Diprediksi, tren penggunaan internet akan terus meningkat di lima tahun mendatang. Berkaitan dengan hal tersebut, pada rentang tahun 2018 sampai tahun 2022 pengguna internet terhitung sudah melonjak sebesar 54,25%  . Nah, bukti nyata bahwa industri yang melibatkan media internet akan terus menuai puncaknya di masa yang akan datang.

Semakin kesini, internet sudah menjadi kebutuhan. Saya saja kalau setiap hari tidak tengok media sosial rasanya garing. Bahkan ketika paket data habis rasanya hampa. Selalu berfikir bagaimana caranya data internet selalu on terus. Pasalnya, segala sumber informasi apapun akan terus update melalui media sosial. Jika sehari tidak mengikuti perkembangannya ya akan ketinggalan.

Jamannya sudah berbeda. Menuntut kita lebih kreatif lagi dalam berperan. Tak hanya menjadi pelaku konsumtif yang hanya scroll gadget dari awal sampai akhir dan berjam-jam hanya menghabiskan waktu untuk kepo status orang. Kini saatnya kita memanfaatkan keberadaan perangkat kita untuk menambah penghasilan.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk menyikapi hal tersebut ?

Hidup adalah pilihan, kamu mau menjadi pengguna saja atau melibatkan diri di dalamnya dan meraih keuntungan atas peluang tersebut ? 

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa profesi conten creator bisa menjadi karir idaman yang menjanjikan. Ini adalah bukti nyata.  Atta Halilintar, Raditya Dika, Emon, Helmi Yahya dan kreator konten lainnya  tetap eksis di dunia nya sampai sekarang. Nama-nama tersebutlah yang menguasai panggung kreator konten ala Majalah Forbes Indonesia.

Perkembangan Teknologi Turut Mempengaruhi Digital Marketing 

Pesatnya perkembangan teknologi juga mempengaruhi digital marketing. Salah satu sektor ini yang akan menjadi umpan baik bagi para kreator konten di Indonesia. Akan semakin banyak conten creator bermunculan. Atas dasar itu, mereka akan beradu konten agar semakin banyak kepercayaan yang di dapatkan.

Content Creator adalah siapapun yang membuat konten edukatif atau menghibur sesuai kebutuhan audiens. baik itu berupa foto, video, podcast, tulisan, digital art, dan lainnya. Kontennya bisa dibagikan melalui media sosial yang sesuai. Instagram, tiktok, YouTube, Twitter serta lainnya.

Tugas conten creator cuma satu, yakni bikin konten. 

Jika kamu bersungguh-sungguh akan mengambil peran ini, hal utama yang perlu kamu cermati adalah fokus, fokus dan fokus. Pilih satu tema yang berkaitan dengan aktivitas harianmu. Naturally, Atta Halilintar ini setiap hari upload video di YouTube ya. Ia konsisten menjalani passionnya. Idenya juga menarik, sehingga puluhan juta follower tetap setia mengikutinya. Bahkan artis yang juga conten creator ini selalu update menayangkan perjalanan hidupnya ke media sosial.

Sekali lagi, masalah topik ini pilihan ya. Selama yang kamu pilih tidak melanggar SARA dan layak dipublikasikan bisa jadi konten menarik.

Saat ini, pengguna media sosial di kuasai oleh generasi millennial dan generasi Z.  Jumlah populasi merekalah yang saat ini terhitung masih banyak. Pengguna media sosial di indonesia saat ini di dominasi oleh mereka yang memiliki kelompok usia 25-34 tahun, dan kelompok usia 18-24 tahun. Dua generasi inilah yang memang sejak lahir sudah dinyatakan melek digital. Pasalnya, mereka lahir di jaman teknologi yang terus berkembang seiring perkembangan jaman.

Conten  creator sangat cocok untuk kalangan anak muda. Bahkan bisa menjadi karir idaman jika benar-benar dilakukan dengan baik. Mengapa demikian? Kita ketahui bersama bahwa generasi millenial dan generasi Z, typikal orang yang mudah bosan. Meski demikian, mereka mempunyai karakteristik yang unik seperti suka tantangan, open minded, kreatif dan senang berinovasi. 

IDN Live dan Streamer Fund 50 M

Bebas Berkreasi dari mana saja. Salah satu karakter unik generasi millenial dan generasi Z. Bekerja tanpa banyak aturan, bebas berkreasi dengan ide dan pemikiran yang dia miliki. 

Mungkin parameter kesuksesan mereka akan sangat berbeda dengan generasi sebelumnya.  Tak hanya sebatas diukur melalui jabatan dan uang. Tidak pula diukur dari kerja yang harus keluar dan pakai seragam rapi. Namun, kesuksesan ala mereka adalah kesuksesan yang membawanya bebas mengaktualisasikan diri melakukan pekerjaan yang mereka cintai . 

Pekerjaan yang mempunyai fleksibilitas tinggi, bisa dikerjakan dimanapun dan membuat mereka bebas berkarya adalah ciri khasnya. 

Menjalani passion sepenuh hati. Merasa nyaman dengan apa yang di kerjakan.

Pada hakekatnya, passion akan terus diusahakan apapun kondisinya. Sebagai contoh, suka bereksperimen berdasar hobi, nge-vlog, buat konten apapun yang dirasa bermanfaat bagi followers. Akan terus dilakukan sampai benar-benar menuai banyak subcsriber, likers, share dan komentar. Intinya, mengundang engagement organik yang menandakan adanya interaksi antara creator dengan pengikut. Menyangkut hal itu ada kepuasan tersendiri dalam membuat konten.

Sisi lain, mereka merasa punya wadah yang berkaitan dengan kehidupan yang sedang di jalani. So, yang awalnya hanya sebatas digunakan untuk menjalin pertemanan secara online, lama-lama menjadi wadah untuk mengedukasi warganet.

Membangun networking. Apapun jika dikerjakan dengan tulus dan menggunakan ilmu bisa menjadi jalan menjemput rejeki melebihi batas yang kamu mau. Networking di manapun akan selalu penting dan sangat penting di era apapun. Semakin bagus trusted yang kamu berikan kepada pengikut, bonus akan berdatangan. Entah itu kolaborasi, cuan, engagement yang organik, kerjasama produk maupun jasa.

Kendati demikian, pertumbuhan industri bidang conten creator akan terus berkembang. Semakin massif, para conten creator Indonesia akan masuk ke tahap creator economy 3.0. Itu artinya, banyak orang yang berjualan produk atau menawarkan jasa menggunakan jasa creator. Pasalnya, warganet sekarang jenuh di jejali dengan promo iklan yang itu-itu saja. 

Sebab itu, jasa kreator konten akan terus di manfaatkan oleh mereka yang memiliki brand atau merek kedepannya. Hal inilah yang di ulas oleh Co-CEO FAS Syamsul Arif Rakhmadani yang saya baca dari laman berita terpercaya.

Lantas, apakah akan selalu mulus perjalanan menjadi conten creator digital di era masa depan ?

Tentu, tidak mudah  ferguso. Kamu juga perlu tahu tantangan terbesar agar lebih matang dalam bertindak. Apa yang telah menjadi pilihan tidak mati terkikis oleh jaman. Freelancer, influencer, selegbram, youtuber memang bisa sukses dengan kreativitas masing-masing. Namun, kamu juga wajib tahu bahwa industri conten creator tak semulus itu. Tetap ada  tantangan yang harus di hadapi layaknya profesi lainnya.

IDN Live dan Streamer Fund 50 M

Pertama, regulasi dan kelembagaan yang mengatur profesi ini belum ada. Jika ada regulasi dan lembaga yang jelas akan menambah nilai lebih untuk conten creator agar tidak dipandang sebelah mata. Memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana soal pekerjaan conten kreator dan hak yang di dapat. Selain itu, ada kepastian hukum yang mengatur, jika ada penipuan misalnya : fee tidak di bayar akan mendapatkan keadilan hukum sebagaimana mestinya.

2.  Kedua, literasi digital yang rendah. Tidak asing memang, warganet sering membeberkan data pribadi di media sosial. Misalnya, mengupload foto bersama anak dengan menandai orang lain, berkomentar negatif dan membeberkan data pribadi ke media sosial. 

Seyogyanya, untuk menghindari hal negatif alangkah baiknya untuk tetap waspada dan tidak dengan blak-blakkan menyebarkan data pribadi ke warga media sosial. Kesadaran akan hal ini yang harus terus ditumbuhkan dan juga diterapkan agar bijak dalam menggunakan medsos

Ketiga, Infrastruktur digital. Nah, platform yang bisa menampung konten dari creator yang beragam masih belum banyak. Biasanya platform tersebut hanya menyediakan satu genre creator saja seperti podcast saja atau video saja dan atau untuk writer saja.

Rupanya ruang ekspresi para creator terus berinovasi. Semakin kesini Live streamer semakin diminati oleh generasi millenial dan generasi Z. Mereka sudah mulai merasakan impact yang positif akan perannya menjadi seorang kreator konten dan akan terus membangun interaksi dengan audiencenya. Pasalnya perkembangan tren video selalu dinamis, yang awalnya ramai nge-vlog, buat video pendek kini beralih ke streamer. Untuk mengimbanginya, dibutuhkan wadah yang mendukung keberadaan mereka dengan infrastruktur yang memadai yaitu sebuah platform multifungsi.

IDN Live & Program Streamer Fund 50 M

IDN Live merupakan platform dalam IDN yang memberi ruang bagi para streamer untuk bersuara, membangun interaksi yang genuine, dan menjalin hubungan yang authentic dengan audiens. Tentunya hal ini dilakukan dengan tetap menjaga komitmen IDN Media untuk menyajikan konten yang berkualitas dan impactful. Program ini terbuka bagi siapapun yang ingin mengembangkan ide kreatifnya dalam konten live streaming. IDN Live Streamer Fund tidak hanya membantu kreator mendapat pemasukan dari karyanya, tetapi juga membantu mereka mengembangkan skill pembuatan konten bersama IDN Live,"Zefanya Deby, Head of IDN.

Baru-baru ini dunia kreator konten sedang asyik memperbincangkan program IDN Live dan program streamer fund. Program ini bisa kamu temukan di IDN App. Salah satu aplikasi dibawah naungan IDN Media yang merupakan karya anak bangsa sedang fokus memfasilitasi kreator muda Indonesia. 

Menurutku, IDN App ini selalu ada yang baru. Akhir tahun lalu, saya baru merasakan kehadiran fitur aplikasi yang dominan menyajikan info seputar parenting bareng popmama. Bertabur live bareng mama millenial yang sharing tentang ide bermain, tips parenting dan lain sebagainya.

Kalau pas lagi ada jadwal kosong dan keadaan memungkinkan, saya pantau terus grup whatsapp popmama parenting. Disitu akan selalu ada info terkait event. Beberapakali sempat merasakan keseruan live bareng narasumber. Bertabur hadiah pula, karena kita bisa langsung melakukan interaksi dengan narasumbernya.

Saat itu, saya belum faham betul bagaimana aturan mainnya. Karena cukup merasa salut saja, narasumbernya dari kalangan millenial mama yang tidak harus terkenal dulu bisa masuk aplikasi tersebut. Bahkan membuat saya ingin tahu untuk sedikit banyak  bagaimana prosesnya bisa diundang dan di pajang flyer keren kita di instagramnya popmama parenting saat mau berbagi tips/pengalaman bermain bersama anak.

Yes, popmama, popbela dan IDN Times ini masih satu keluarga.  Semua kanal tersebut dibawah arahan IDN Media. Platform terbesar di Indonesia yang memang fokus untuk generasi millenial dan generasi Z. 

Oke, balik lagi.......

Baru-baru ini, aplikasi baca berita dan hiburan (IDN App) yang di dominasi warna merah ini melahirkan fitur baru bernama IDN Live . Tepatnya, pada April 2022 IDN Live resmi bisa digunakan. IDN Live adalah program baru untuk para streamer yang suka melakukan live streaming dengan topik tertentu. 

Pencapaian yang membanggakan, meskipun saya tidak terlibat secara langsung menjadi streamer, sebagai pembaca setia IDN media jempol empat deh, untuk mengapresiasi perusahaan anak bangsa ini.

Platform yang lahir sebab keisengan Winston (Founder dan CEO IDN Media ) karena kegabutan setelah kerja harus melakukan apa. Hobi menulis dan baca berita yang ia tekuni berbuah manis. Bisa melahirkan perusahan IDN Media dan semakin besar sampai sekarang tentu bukan sebuah proses kebetulan.

Selalu ada yang baru, hots dan layak untuk diperbincangkan. Inilah kelebihan IDN app lainnya yang harus kamu tahu juga. Sekarang saya mau mengajak kamu untuk lebih serius lagi sharing terkait fitur baru IDN Live. 

Sempat memantau secara berkala eksistensi IDN Live, baik di waktu pagi, siang, sore dan malam. Ternyata lumayan banyak conten creator yang telah memanfaatkan fitur baru tersebut.

Paling suka menyimak streamer di rentang waktu pukul 15.00 -18.00 wib. Disitu ada salah satu streamer yang kebetulan tetangga dekat dan masih satu kota yaitu, Kediri. Langsung tergugah dan tanya sedikit kenapa aktif di IDN Live. Awalnya sih ngobrol biasa, lama-lama merembet ke pembahasan yang menyinggung kota asal. Eh, nemu deh pembahasan topik yang cocok.

IDN Live dan Streamer Fund 50 M

Katanya, beliau memang sering manggung di beberapa aplikasi kreator lain. Beliau cukup konsisten menjadi streamer di  IDN Live. Jam tayangnya sore hari, tiga jam sebelum memasuki waktu sholat Maghrib.  

Ngobrol juga secara live saat dia streaming. Hhhhhhha, semacam PDKT dan cuma buat hiburan sih. Bisa request lagu dan ngobrol asyik layaknya penggemar dengan artis favorit.  Saat itu saya request lagu lihat hatiku by Kerispatih buat ayang Adi alias untuk suami saya sendiri. (Baca sambil senyum lebar ya) 

Ngobrol apapun selalu di respon dengan baik. Disitu, saya merasa diperhatikan karena setiap chat yang kita tulis saat dia live ada interaksi asli pada waktu itu juga. Hal ini salah satu alasan yang membuat saya betah chit-chat di IDN Live.

Topik lain selain hiburan, ada topik menarik yang saya senangi. Travel, topik yang masih saya pelajari. Saat nyemplung di topik tersebut, disitu bertambah wawasan saya bab memahami bagaimana traveling dengan budget murah meskipun mandiri. 

Obrolan tetap berfaedah, maka dari itu saya sering sekali main ke aplikasi IDN untuk mencari hiburan dan baca berita. Ada beberapa topik yang bisa kita pilih sesuai kesukaan. Hiburan, travel, horor, music, life, e-sport, komedi dan lain-lain. Sempat menghitung topik yang disajikan di IDN App ini, ternyata ada 23 topik, heee. Namun saya tidak hafal semua. 

IDN Live dan Streamer Fund 50 M

Selain untuk mengetahui hiburan dan baca berita, untuk refresh otak biasanya saya main quiz sesuai kategori yang saya mau.  Setelah klak klik klak klik, sering saya senyum sendiri mengetahui jawaban dari quiz yang saya mainkan. Benar nggak ya? , beneran nggak sih ?, sembari bergumam dalam hati karena quiznya sangat menghibur. Membuat saya berfikir antara iya dan tidak, hhhhha

Kelebihan lain, merasa dapat teman baru. Ngobrolnya tanpa sekat, jadi bebas berinteraksi dengan streamernya.  Sebagai bentuk apresiasi, biasanya sayapun follow akun streamer. Hitung-hitung sedekah follow untuk mendukung conten creator lokal, Indonesia. 

Bisa kirim gift juga ke streamer sesuai koin yang kita punya. Meski baru 1 digit koin yang saya miliki, bisa nambah koin juga kok. Dengan cara membeli token atau mengumpulkan koin melalui kontribusi kita jadi writer ataupun streamer di IDN App.

IDN Live & Program Streamer Fund 50 M

Setelah saya telusuri, banyak manfaat yang bisa kita rasakan saat berselancar di IDN app. Seperti yang sudah saya bocorkan di awal, aplikasi yang bisa di unduh di playstore ini menyajikan informasi yang kekinian. Hiburan dan berita bisa kita akses dengan mudah. Bahkan ada ruang buat kamu yang suka nonton film. 

Sebenarnya, ada satu lagi yang mau saya bocorkan buat kamu yang masih bertahan baca artikelku sampai paragraf ini. Saya pastikan bahwa kamu akan berfikir panjang dan segera ambil peran untuk menjadi streamer andalan di aplikasi IDN.

Berkaitan dengan itu, IDN Media telah  mengadakan program IDN Live Streamer Fund dan mengucurkan dana sebesar Rp 50 miliar yang akan diberikan kepada streamer yang terpilih sesuai syarat dan ketentuan. Seperti yang sudah saya ceritakan di paragraf sebelumnya, keseruan saya menjadi audience para streamer IDN cukup tergambarkan dan bisa dirasakan ya ??

Ada imbalan menarik yang sangat penunjang passionmu untuk lebih gemilang dengan kejutan yang menanti sebagai streamer.

Cukup dengan membangun engagement yang bagus selama kamu melakukan live streaming. Konsistensi mu live di IDN app sangat diperhitungkan. Terlebih, kamu bisa mengumpulkan banyak follower dan gift yang diberikan audience. Hmmm, seperti yang sudah saya lakukan. Menyaksikan live streaming para kreator konten dan membangun interaksi dengan mereka. Karena saya suka ngobrol, jadi memenuhi chat saat live tidak ada salahnya kan? Pun sebagai bentuk apresiasi dan mendukung mereka.

Kalau saya cermati tidak sesulit streamer para artis atau mastah yang lebih duluan jadi streamer kok. Kamu bebas berkespresi dengan gaya khasmu untuk mendatangkan banyak audience mampir di channel mu. 

Bangun interaksi yang jujur dan hangat agar pengikut betah menemanimu live streaming di jadwal yang telah kamu tentukan.

Bonus yang akan diberikan oleh IDN Media juga tidak main-main. Dana yang didistribusikan mencapai Rp 50 miliar. Jadi, perusahaan ini memang niat banget untuk mendukung para kreator muda berkarya dengan passion yang di suka, plus bisa menjadi tempat kamu menambah penghasilan harian. 

Keuntungan Apa Yang Akan Kamu Dapatkan Pada Program IDN Live Streamer Fund 50M?

Berulang kali membaca feedback yang akan di dapatkan oleh pemenang Program IDN Live Streamer Fund membuat saya berfikir bahagia. What? 

Sayang sekali jika kesempatan ini tidak di ambil oleh para streamer yang sudah terbiasa manggung. Atau siapapun yang bersungguh-sungguh dan mau menekuni dunia streamer bersama IDN App tetap akan menuai hasil.

Jadi membayangkan bagaimana rasanya streaming di studio profesional pusat IDN media saat pembuatan konten. Hmmm, didukung alat canggih seperti microfon, tripod, lighting, green screen, kamera dan alat pendukung lain yang telah di siapkan khusus untuk mendukung streamer bekerja. 

Mendapatkan kesempatan belajar langsung dengan mentor piawai dari tim IDN Media yang berbasis pelatihan menuju expert streamer. Merasakan positif impact sponshorship yang di fasilitasi oleh ICE langsung (platform creator marketing milik IDN Media). 

Diajari strategi promosi, menggunakan iklan berbayar yang masih dalam satu ekosistem dengan IDN Media. Dan kamu harus siap tancap gas juga benar-benar fokus menjadi streamer profesional bersama IDN app . Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat terpilih menjadi streamer favorit IDN Media.

Kami sangat antusias meluncurkan program IDN Live Streamer Fund. Kami ingin memberi apresiasi bagi komunitas streamer kami atas kreativitas dan keunikan dalam konten live streaming mereka.Kami ingin para streamer memiliki kesempatan untuk mendapat pemasukkan dari hal yang mereka sukai dan menjadikan passion mereka sebagai mata pencaharian." (William Utomo, Chief Operating Officer IDN)

Yuk, ambil segera peluang emas ini. hhhhe

Dari tadi saya berasa lagi promosi  Program IDN Live Streamer Fund ya ? hhhhha . Serius deh, tulisan ini bukan diendorse IDN Media.

Sebenarnya ingin juga merasakan pengalaman jadi streamer. Apalah daya saya ini jadi tim rempong yang masih bergelut dengan dunia anak kecil.  Sebagai teman yang baik saya menulis curhatan disini supaya kabar baik ini lebih luas lagi diketahui oleh para streamer masa depan yang kedepan akan terus mendapatkan kursi untuk berkembang dan maju.

Cara menjadi streamer IDN Live tidak sulit kok. Cukup klik link pendaftaran streamer IDN Live. Isi sesuai kolom perintah, dan pastikan kamu juga membuat video pendek  layaknya saat kamu sedang live streaming supaya nanti di nilai oleh tim IDN media. Kalau lolos, itu artinya kamu bisa sering mampang di IDN Live setiap hari dengan topik yang kamu suka. 

IDN Live Streamer Fund
Semoga ulasan ini cukup membuat hatimu berbinar dan senyum lebar ya. Bintang 5 untuk IDN App. Sebagai teman yang baik, sayapun akan ikut bahagia jika kamu bisa sukses dengan caramu. Bersungguh-sungguh, tekun dan totalitas menjadi dirimu sendiri dengan versi terbaik menjadi kreator konten yang mapan.

Teruslah berkarya dengan hobi yang kamu suka. Teruslah berkarya dengan passion yang membuat kamu happy.  Selamat Mencoba.




Referensi Pendukung:

Databoks.katadata.co.id

https://id.prosple.com/career-planning/menjadi-content-creator-karir-idaman-baru-para-gen-z-millennial

https://www.idntimes.com/hype/entertainment/aulia-supintou/bangga-10-digital-content-creator-2021-versi-majalah-forbes-indonesia

https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/626a3481931c0/potensinya-besar-industri-konten-kreator-ri-hadapi-tiga-tantangan

https://www.idntimes.com/news/indonesia/amp/seo-intern/lomba-blog-review-fitur-idn-app-idn-live-program-streamer-fund-50-m

https://blog.skillacademy.com/apa-itu-content-creator#:~:text=Content%20Creator%20adalah%20orang%20yang,melalui%20media%20sosial%20yang%20sesuai.

Sumber gambar dari freepik.com yang diolah windi dari canva

Related Posts

10 komentar

  1. Memang sih menjadi content creator banyak jalannya. Dan memang harus fokis dan konsisten. Penjelasannya menarik kak tp saya sendiri sepertinya belum mampu terjun jd streamer.

    BalasHapus
  2. Sekarang ini ya, mau belajar apapun kapanpun dimana pun itu rasanya asal kita mau semakin mudah saja. Di idn live ini salah satunya. Keren banget inovasinya tuh

    BalasHapus
  3. sekarang bidang pekerjaan memang bermacam-macam ya kayak konten kreator ini sekarang juga ada juga namanya live streamer. entah bagaimana perkembangannya ke depannya nanti

    BalasHapus
  4. peluang menjadi content creator ternyata besar juga ya. terlebih banyak brand atau pelaku UMKM yang juga menggunakan jasa ini. platform yang support para content creator juga mulai bermunculan, seperti IDN. pelaku content creator juga ikut merasakan support dari IDN nih dengan adanya idn live streamer. intinya ternyata emang mau belajar dan konsisten ya

    BalasHapus
  5. Dg adanya Streamer ini bisa menambah skill content creator ya Mbak, aku baru tahu lho ada Streamer di program Idn live ini. Meluncur ah ke aplikasinya..

    BalasHapus
  6. Wah iya, asik ya
    IDN LIVE ini nggak hanya memudahkan kita mendapatkan beragam pengetahuan
    Tapi bisa juga berbagi ilmu di sini

    BalasHapus
  7. memang yaaa platform audio visual kaya live streaming IDN ini tuh banyak kasih insight baru yang bisa jadi inspirasi dan pengetahuan baru

    BalasHapus
  8. Enaknya jadi streamer di sini bebas menyalurkan kreativitas.
    Dan senangnya buat para penggemarnya bisa menyaksikan secara langsung streamer favorit karena gak pakai proses editing

    BalasHapus
  9. Semakin maju perkembangan teknologi membuat banyak sekali variasi dan pilihan pekerjaan yg bisa digeluti saat ini, salah satunya ya content creator.

    Hanya saja segalanya butuh proses dan waktu, biasanya content kreatif yang baru baru harus stabil dan konsisten dalam membuat kontentz jangan langsung fokus ke uang.

    Oh iya, ngeblog jg bisa jadi pilihan juga

    BalasHapus
  10. emang lagi gede banget market nya untuk content creator saat ini, apalagi platform Tiktok dan Youtube

    BalasHapus

Posting Komentar