Jadi Penulis Bermental Pelaku Bisnis Bersama ASUS Expertbook B3 Flip (B3402)

Jadi Penulis Bermental Pelaku Bisnis Bersama ASUS Expertbook B3 Flip (B3402)

Daftar Isi

Saya mendengar banyak anak muda yang memikirkan hal yang luar biasa setiap malam. Tapi sayang, pagi harinya dia masih pergi ke kantornya. Buatlah perubahan. Buatlah tindakan.

~Choirul Tanjung~

Sadar, kesuksesan itu milik mereka yang mau berusaha tanpa batas, tak mengenal lelah dan totalitas dalam berkarya. Siapapun kamu berhak mendapat predikat sukses ketika kamu berhasil melewati rintangannya.

Tak selalu yang dikatakan sukses itu untuk mereka yang kerja kantoran pakai seragam rapi dan sepatu mengkilat. Nyatanya, banyak juga kok star up yang kerjanya sambil rebahan dirumah saja, soal cuan tetap saja mengalir deras. Karena masing-masing, punya standar kesuksesan tersendiri.

Jangan Takut Gagal Karena Kelebihanmu ~ Putri Tanjung ~

Selalu senang ketika melihat bisnis teman berkembang. Walau bukan pelaku bisnis sebenarnya, aku belajar banyak hal akan effort mereka untuk tetap survive dan bisa membawa bisnis mereka melebar.

Mika, teman satu kelas belajar menulis di Online Writing Batch 2 telah mencetak sejarah tak terlupakan dalam hidupnya. Saat masih berstatus mahasiswa, ia diterima menjadi salah satu mahasiswa beruntung yang berkesempatan menikmati beasiswa Bidikmisi di salah satu Universitas ternama di Jember. 

Bersama seorang pujaan hatinya, Mika mendaftar Kompetisi Bisnis Program Mahasiswa Wirausaha. Karena lolos mereka mendapatkan modal dana sebesar empat juta rupiah. 

Bisnis kuliner menjadi pilihannya, Seblak Abah menjadi saksi jerih payah mereka membangun sebuah bisnis dengan predikat mahasiswa cupu alias belum banyak ilmu, kala itu.

Karena Saya Percaya, Indonesia Butuh Lebih Banyak Lagi Anak Muda Kreatif dan Punya Mindset Entrepreneurship. ~ Putri Tanjung~

Mungkin pada saat itu, Mika dan pacar sedang semangat-semangatnya menjadi calon entrepreneur muda yang kreatif. Modal percaya dan mau berusaha, mereka mampu. Seblak Abah akhirnya berdiri pada tahun 2015 menjadi saksi akan keseriusan mereka menjalankan bisnis kuliner. 

Dari satu outlet yang berpusat di Jember, berkembang menjadi lima outlet adalah hal yang membanggakan . Banyuwangi dan Bondowoso, dua tempat yang dipilihnya untuk mengembangkan Seblak Abah semakin besar.

Seblak Abah

Harga merakyat, cita rasa istimewa. mendapatkan pelanggan yang berdatangan, sangatlah menyenangkan. Karyawan yang bertambah, soal omset semakin meroket. Proses itu mereka nikmati. 

Pada akhirnya, muncul kompetitor baru yang berani bersaing dengan bisnis kuliner anak kuliahan ini .Seblak Ablehpun turut hadir mewarnai perjalanan bisnis mereka.

Saat banyak orang ragu atau menjatuhkanmu, jadikan itu sebagai motivasi untuk memantapkan langkahmu! ~ Putri Tanjung~

Bukan hanya Seblak Abah yang mendulang ketenaran, pemiliknya juga melalang buana mengisi berbagai ragam acara enterpreneur di kalangan anak muda. Siapa sangka, kelengahan Mika dan pacar mengelola bisnis kulinernya membuat income outletnya satu persatu  menurun. 

Mereka tak bisa mengontrol bisnisnya dengan cermat. Star syndrom membawa mereka besar kepala hingga memiliki persepsi, "tidak usah lagi belajar banyak ilmu bisnis untuk membesarkan usaha". 

Tahu pernyataan itu langsung darinya, sangat disayangkan. Tapi mereka sangat menyadari, keputusan akhirnya adalah merelakan di tahun 2020, satu outlet seblak Abah satu-satunya yang masih bertahanpun harus gulung tikar karena terdampak pandemi. 

Sayang beribu sayang kalau di logika. Namun, mereka sangat ikhlas dan bertekad memilih jalan baru dengan mengelola bisnis baru bernama Bimagine Creativework.

Pantang Menyerah, Memilih Jalan Baru Saat Bisnis Kuliner Gulung Tikar

Bisnis Sosial Media Management (SMM) yang melayani pembuatan logo, company profile, editing video, animasi explainer dan video ucapan, lahir dari kerja keras couplepreneur Mika dan Bima. 

Bimagine Creativework

Pebisnis tangguh yang nyalinya telah teruji. Bangkrut jutaan rupiah tetap saja mampu bangkit dan berdiri kokoh sampai sekarang. Mereka bergerak menggunakan sistem kerja baru, pengelolaan yang lebih rapi dan belajar dari kesalahan. 

Bisnis yang dimulai pada saat pandemi malah mengundang cuan dengan sendirinya. Modal niat dan tekad kuat, mereka membuktikan. Bisnis yang sedang berkembang di era digital ini sangat menjanjikan. Semangat itulah yang saya petik dari percakapan kecil di whatsapp.

Menjalankan Bisnis Sesuai Passion Lebih Mantap untuk Mengemudikannya

Salah satu alasan terbesar beralih mereka ke bisnis SMM, mereka mengaku lebih ada passion disini. Rebahan bisa, atur waktu suka-suka pendapatannya juga luarbiasa. Begitulah kalau diterjemahkan dari penjelasan  Mika dan suami.

Turut senang mengetahui langsung perjalanan dari couplepreneur tangguh ini. Dari awal pacaran hingga kini berstatus suami istri dan dikaruniai dua anak tetap saja mesra dalam menjalankan bisnis. Bisa kolaborasi dan saling bersinergi untuk saling support dalam menjalankan bisnis, patut ditiru.

Aaaaah, aku kapan ya bisa meniru jejak mereka ?. Tak terasa obrolan kami membawa pada titik sebuah rasa bersyukur. Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? Membawa kami pada sebuah perenungan, sebenarnya hidup ini mau dibuat apa sih ?

1. Menjalankan Bisnis sebagai Lahan Dakwah

Perjalanan spiritual mengantarkan Mika dan Bima (mantan pacarnya) pada proses hijrah. Bukan hanya untuk hijrah pada dirinya tapi juga untuk bisnisnya. Mereka memilih menempuh jalan dakwah melalui bisnis dengan menerapkan proses akad jual beli secara islam. Membantu teman yang membutuhkan dengan melayani jasa melalui service yang menawan.

2. Menjalankan Bisnis Sesuai Passion

Bimagine Creative adalah citra diri Mika dan Suami. Mika mempunyai bakat dalam menulis. Soal caption, dia jagonya. Sedangkan suami, pandai mendesign. Jika digabungkan sangat pas ya. Menjalani bisnis sesuai passion ada kenikmatan tersendiri. Ini memudahkan untuk mempromosikan bisnis mereka kepada masyarakat luas. Baik secara online maupun dari mulut ke mulut. 

Tak terasa, mengikat rasa bisa sharing panjang lebar bersama pelaku bisnis membuat mindset jadi tercerahkan. Disini, aku hanya ingin menyampaikan bahwa, ada titik dimana menjalankan bisnis itu pasti ada kegagalan yang menyertai. Terlebih dari itu, kekuatan dirimu yang menentukan bagaimana  bisa bangkit dan terus berkarya dengan penuh cinta.

Menjalankan bisnis akan bertambah berkesan, bila keberadaan perangkat canggih turut menyertai. Apalagi di era digital, hampir semua bisnis dilakukan dengan dukungan internet. Support konektivitas ekstra lancar akan memudahkan semua kinerja. Betul apa betul ?

Sini aku bisikin, perangkat baru yang masih gress dari ASUS. Salah satu gawai yang baru launching pada 8 Juni 2022 ini digadang sebagai laptop impian para pelaku bisnis dengan fitur andalan yang ditawarkan yaitu  fitur konektivitas 4G LTE. Terdapat SIM aktif yang bisa kamu pasang card macam smartphone untur4rk terhubung dengan internet. 

Kerennya lagi, menurut penjelasan Kak Diko pemilik situs www.handikoo.com , ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) juga nyaman untuk belajar dan bekerja. Jadi tidak hanya para pelaku bisnis saja yang mendambakan laptop baru ini.

Dibubuhi penjelasan tambahan lain bahwa laptop keren ini cocok digunakan untuk kalangan pendidikan. Wah, aku banget dong. Jadi ingat salah satu mimpiku, bisa memiliki laptop ASUS segera. Bisa up skill dengan mudah dengan dukungan laptop yang gagah. 

Jadi Penulis Bermental Pelaku Bisnis

Aku dibawa pada sebuah perenungan hidup. Dimana kondisi saat ini membuatku terus berbenah untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Berstatus guru honorer membuatku memutar otak. Bagaimana dapur tetap mengepul dengan gaji yang tak seberapa. Disitu, aku berkomitmen untuk menekuni dunia menulis sebagai jalan ninjaku untuk bertumbuh.

Ibarat kata, menabung sebuah prestasi, pengalaman dan relasi yang suatu saat nanti bakal berguna banget untuk menopang kehidupan. Bercermin dari para pelaku bisnis yang aku ceritakan pada paragraf-paragraf sebelumnya, tekadku jadi penulis bermental pelaku bisnis harus terus aku kobarkan.

Putri Tanjung sempat mengurung diri selama tiga hari, saat dinyatakan rugi 800juta mengelola bisnisnya.

Tak peduli bagaimana keadaannya, keterbatasan perangkat yang ada tak membuat aku berhenti untuk terus menulis. Mimpiku semakin kuat saat tahu bahwa laptop ini memiliki keistimewaan yang aku butuhkan. Berharap, kehadiran ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) benar-benar menemani hari-hariku untuk terus berkarya. Siapa sih yang menolaknya 😁

Tanpa berlama-lama, aku akan menceritakan siapa sebenarnya ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) beserta kelebihannya ? Simak dan baca sampai tuntas ya .

Laptop Fleksible Pendukung Produktivitas 

Semakin kesini, ASUS selalu peka mengeluarkan produk terkini yang selalu relate dengan kebutuhan konsumennya. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) hadir, dengan performa yang menawan. 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)
Laptop ini didesign convertible dengan engsel khusus yang bisa dimainkan dengan mudah oleh para pekerja, pelajar, dosen maupun mahasiswa. Pasalnya, dari sisi layarnya saja bisa di buka sebesar 360 derajat. Sekilas, kalau dicermati bentuknya menyerupai tablet. 

Mau didudukkan model tenda berdiri (mode tent) atau diposisikan seperti laptop pada biasanya pun bebas. Suka-suka kamu saja deh.

Sangat fleksible digunakan dalam kondisi apapun. Saat bepergian, tetap bisa menenteng laptop kemanapun dengan tetap produktif untuk bekerja.

Dilengkapi Stylus Pen yang Menawan

Kerennya lagi, laptop touchsreen yang di design sempurna untuk kalangan pendidikan ini dilengkapi stylus pen yang bisa digunakan untuk mencatat hal penting saat belajar maupun meeting. Penggunaannya mudah, macam menggoreskan pen di atas secarik kertas.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)
Terlebih soal penyimpanan si benda mungil ini. Berkat kecanggihan teknologi, stylus pen akan terisi daya dengan sendirinya saat diselipkan pada tempat khusus yang di design apik oleh ASUS. 

Setiap waktu bisa digunakan dengan baik, mengingat pengisiannya juga cepat. Terbilang hanya butuh waktu sekitar 15 detik pen siap digunakan dalam jangka waktu 45 menit.

Dibekali 2 Kamera Canggih dan Inspiratif

Canggihnya, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), dibekali dua kamera yang menginpirasi. Satu kamera terdapat di bagian layar. Satu lagi world face kamera yang letaknya sejajar dengan keyboard. 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)
Jadi, saat menggunakannya pada mode tablet atau setengah terbuka, kamera bisa difungsikan dengan baik layaknya kamera belakang yang terdapat pada ponsel anda. Belajar maupun bekerja jadi nyaman. Bisa menangkap secara penuh tampilan gambar dengan senyum yang sumringah (bahagia).

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402

Sisi lain, jika kamu tak ingin keberadaanmu diketahui orang lain saat belajar atau bekerja yang melibatkan sisi kamera depan ketika  video conference, laptop tangguh ini dibekali slot kunci kensington. Slot ini berfungsi untuk membuka dan menutup kamera. Biasa disebut Webcame Key.

slot kunci Kensington

Bukan hanya itu saja. Berkat kecanggihan teknologi khusus 3D Noise-Reduction (3DNR), tangkapan kamera memberikan hasil maksimal dan sempurna pada saat menangkap gambar  dalam kondisi minim cahaya sekalipun. 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Laptop Siap Aksi Melewati Berbagai Uji 

Sama seperti keluaran asus expertbook sebelumnya, laptop ini telah melalui proses uji ketahanan bersertifikasi militer AS (MIL-STD 810H). Lolos tes uji kebisingan, uji keyboard, uji akselerasi tinggi, uji jatuh, uji goncangan, uji temperatur, uji port, dan uji tekanan.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Menakjubkan lagi, saat kamu tak sengaja menyenggol gelas berisikan air dan jatuh membasahi keyboard laptop ini, jangan worry. Pasalnya ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402),  dibekali fitur anti-spill keyboard. Dipercaya mampu melindungi laptop andalan dari tumbahan air sebesar 300cc. Meski demikian, tetap usahakan untuk tidak terjadi kecelakaan deh ya, eman tenan.

Durabilitas Kelas Tinggi

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dirancang  dengan konsep durabilitas yang tinggi, diharapkan laptop ini mampu bekerja di segala kondisi  dengan tetap menjaga kualitas performa.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Melindungi Kesehatan Mata, Pandangan Tetap Terjaga

Komitmen ASUS dalam menjaga kenyamanan pengguna patut diapresiasi. Mengusung laptop yang ramah untuk kesehatan mata pengguna dalam  jangka lama. ExpertBook B3 Flip (B3402) dibekali  fitur eye care  dan  bersertifikasi TUV Rheinland. Laptop keluaran terbaru yang mampu mengurangi pancaran sinar biru yang bisa merusak mata. 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Terdapat Antibacterial For All

Melalui standar ISO 22169 yang secara ilmiah telah diakui internasional, lapisan Antibacterial Guard mampu melindungi laptop dari serangan bakteri hingga 99%. Coba kita bayangkan bersama, tentaranya Expertbook B3 Flip (B3402) bernama Antibacterial Guard bekerja maksimal melindungi perangkat terbaiknya dari gencaran bakteri yang merugikan. Safety banget.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Kapasitas Penyimpanan Super Lega

Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. 

Performanya gesit dengan kapasitas penyimpanan yang mumpuni. Dipastikan mampu bekerja secara multitasking, dalam waktu bersamaan kamu bisa mengerjakan tugas sembari membuka aplikasi lain tak menimbulkan kelemotan yang menghambat. 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Terpasang memori DDR4 dengan kapasitas mencapai 16GB dan masih bisa di-upgrade lagi. Wow, sedangkan penyimpanan berupa PCIe SSD 3.0 nya berkapasitas sampai 1TB. 

Dibekali Window Pro 11 Keamanan Terjaga

Asyiknya lagi laptop ini sudah memakai Windows 11. Fitur baru dengan tampilan lebih segar guna meningkatkan keamanan melindungi semua data yang ada. Sini beri applause dulu ! 🤭

Keberadaannya yang di dukung TPM 2.0, yaitu Trusted Platform Module sebuah chip khusus yang mampu memproteksi keamanan perangkat. Kala ada peretasan, serangan malware, chip inilah yang berfungsi melindungi. Aman ferguso.

Dibekali Teknologi Two-Way AI Noise-Cancellation

Nggak asing lagi pastinya, fitur yang memberikan kenyamanan pengguna pada saat melakukan call atau video conference di momen penting, kecanggihan teknologi tersebut mampu menangkap suara bising yang mengganggu. 

Konektivitas Tanpa Batas

Kecepatan konektivitas sangat mudah didapatkan. Expertbook B3 Flip (B3402) dibekali 4G LTES yang membuat kamu terkoneksi internet dimanapun. Ditambah ASUS WiFi Master yang bisa menangkap signal meski jarak cukup jauh dari sumber koneksi WiFi.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402

Asyiknya lagi, koneksivitas 4G LTES ini bisa dimanfaatkan dengan menyelipkan kartu aktif di SIM Card pada tempat khusus yang disiapkan. Ketika berada di tempat yang jauh dari konektivitas, pasang card di SIM bisa kamu lakukan agar konektivitas tetap lancar. Belibet aku menjelaskan, semoga tetap bisa dipahami ya.

Keamanan Terjamin Berkat Fingerprint-Reader Button

Laptop akan aman dari para orang usil yang hendak membobol perangkat kamu. Pasalnya fitur sensor sidik jari ini akan berfungsi saat kamu menempelkan sidik jari pada perangkat pribadi. jika tidak cocok ya, orang tidak akan masuk menguasai isi laptopmu. Ibaratnya pintu akan terbuka jika dibuka dengan kunci yang benar.

Jarak yang tak jauh dari fitur Fingerprint-Reader Button, Expertbook B3 Flip (B3402) dibekali tombol microfon mute key. Sewaktu-waktu mau menonaktifkan microfon saat melakukan meeting sangatlah mudah. Pembicaraan yang bersifat rahasia jadi terjaga.

Expertbook B3 Flip (B3402)

Fitur Backlit Keybord yang Terbaik

Berfungsi untuk mempermudah pengguna perihal ketik-mengetik pada kondisi minim cahaya. Kegunaan lain, dengan menekan tombol backlite, menambah nilai keindahan pada laptop jadi menawan.

NumberPad 2.0 Pemecah Masalah

Sebuah tap ikon numberpad yang terdapat disisi kanan atas touchpad, saat di nyalakan maka deretan tombol angka akan menyala. Memberikan kemudahan untuk input data angka dalam jumlah banyak tak jadi lagi masalah.

Port I/O yang Komprehensif

Terbilang laptop yang mengusung body tangguh, Expertbook B3 Flip (B3402) dilengkapi berbagai port untuk memberikan kemudahan terhubung dengan perangkat lain.

Mulai dari Audio Jack combo, MicroSD, nano SIM combo, USB Type-A, HDMI, USB-C yang berteknologi Thunderbolt™ 4.

ExpertBook B3 Flip Bagian dari ASUS Business

Komitmen ASUS memberikan solusi para pelaku bisnis tidaklah setengah-setengah. ASUS Bussiness menawarkan beragam opsi customasi spesifikasi serta hardware pada setiap perangkat agar para pelaku bisnis bisa mengoptimalkan potensinya. Bekerja didukung satu perangkat mumpuni bisa mengatasi segala kebutuhan yang dicari. 

Hanya ASUS, yang memberikan service excellent, bergaransi serta memberikan pelayanan premium terkait Accidental Damage Protection (ADP), layanan Onsite Service dan VIP Support Line.

Fitur MyASUS App

Salah satu fitur yang memberikan kemudahan untuk mentransfer data baik dari laptop ke smartphone, pun sebaliknya. Fitur inilah yang mengontrol aktivitas tersebut.

Asus expertbook series

Ada banyak hal yang bakal aku optimalkan, saat keseharianku ditemani oleh ExpertBook B3 Flip (B3402). Atas pencerahan yang disampaikan Kak Diko pada laman blog pribadinya, aku memantapkan diri untuk terus bermimpi. 

Melanjutkan kehidupan dengan terus menebar manfaat. Jadi penulis bermental pelaku bisnis, bagaimanapun keadaannya aku terus berusaha untuk produktif dalam berkarya. 

Kadang, aku dilanda bad mood. Saat deadline menanti, aku tak bisa sepenuhnya menulis di layar yang lapang. Fitur yang tak selengkap laptop, ponsel saat ini jadi teman menuliskan setiap hari. Harus sabar memang.

Saat lengah, aku harus segera bangkit dengan mengingat-ingat mimpi besar agar semangatku kembali berkobar. Ini dia, empat hal yang aku maksud.

Ada beberapa bloger senior yang selama ini aku soroti. Peran mereka menjadi teacher bloger tak membatasi langkahnya untuk terus produktif dan berkarya. 

Satu, Bang Firmansyah, seorang guru yang jejak langkahnya membuatku terpesona. Pandai bikin video, artikel yang dituliskan dalam blognya pun berbobot. Pantas jika beliau sering manggung di paltform mengajar, sering menang lomba blog memberikan suntikan semangat bahwa guru bisa jadi kreator muda yang kreatif. 

Kedua, adalah Kak Joe Candra. Sapaan akrabnya Bang Joe, beliau juga memiliki multitalenta yang membanggakan. Nyanyi bisa, main musik jago, olahraga juga rajin. Nulis artikel techno apalagi, jagonya dia. Hanya saja jodohnya yang belum beruntung, hehehe. Kita doakan ya teman-teman, semoga segera dipertemukan dengan belahan hatinya. 

Kinerjanya yang sangat profesional dan totalitas, beberapa penghargaan berhasil dia peroleh. Pernah satu forum dengan beliau, jadi narasumber di komunitas bloger besar Indonesia, aku jadi pesertanya.

Ketiga, Bapak Supadilah. Seorang guru senior sekaligus bloger yang sepak terjangnya juga nggak kalah keren. Artikel-artikelnya yang ciamik, buat enak dibaca. Sering juga aktif menulis di media online lain dan dipublikasikan. Bahasa yang digunakan sederhana namun bisa membuat pembaca betah berlama-lama main ke blognya. Salah satunya diriku, sering mampir ke blognya untuk mendapatkan pencerahan saat ide menulis  mentok di itu-itu saja. 

Kadang nggak habis pikir dengan segudang prestasi yang digoreskan. Mereka ini benar-benar jadi teladan. Mampu mengembangkan skill dengan gaya mereka yang khas. Jika laptop ExpertBook B3 Flip (B3402) aku miliki, bisa bebas bergaya mengikuti jejak mereka menjadi bloger ternama di deretan berikutnya. Aamiin

Keterbatasan perangkat yang aku miliki, tetap tak menggoyahkan ku untuk upgrade skill. Mengikuti beberapa kelas yang setiap tahun aku tulis sebagai whislistku. Tahun ini, tepatnya sebulan ini aku sudah ikut kelas one day one post, mengikuti beberapa zoominar terkait bloging di komunitas yang aku ikuti. Lumayan, sembari mengukur diri, dengan keterbatasan perangkat yang aku punya tetap bisa mengikuti acara tersebut melalui ponselku. 

Yap, bulan ini juga aku memberanikan diri melamar menjadi conten writer di platform baru bersama guru lain yang memiliki kesamaan passion. Alih-alih menambah pengalaman, soal bayaran yang kecil tidak aku persoalkan. Bisa join dan menimba ilmu bareng mereka aku sangat bangga.

Setidaknya aku bisa belajar menggunakan platform baru bernama wordpress sebagai bekal kedepan, jika ada perangkat baru yang menemani keseharianku, aku bakal buat sendiri blog baru di wordpress. Upgrade Diri jadi penulis berkelas.

Tidak mudah memang, memiliki aktivitas harian mengajar sedangkan grup WhatsApp harus selalu terpantau cepat. Cek grup, ya cek email. Berusaha aktif di beberapa komunitas bloger baik itu blogwalking, instagram walking, sekedar sharing atau lainnya. 

Jika ada event job, lumayan dapat mention dari teman untuk gabung di penyedia job atau event bagus yang membahas bloging.

Pada intinya, bukan sekedar cuan yang ingin aku dapatkan. Melebihi itu, aku ingin menggoreskan kebaikan, bisa menjadi manusia bermanfaat ketika orang mengenalku yang diingat adalah kebaikan sikap dan segudang prestasi yang menginspirasi.  

Saat ini aku terkendala bergerak sat set sat set karena perangkat canggih belum aku miliki. Sudah berusaha nabung, tetap saja ada aja yang membuat tabunganku berkurang untuk memenuhi kebutuhan lain. 

Bekerja fleksibel jadi impianku, dimanapun bumi kupijak, disitulah aku ingin tetap produktif menebar manfaat untuk sesama. Didukung konektivitas yang tanpa batas, aku bisa menyelami isi dunia dengan ilmu yang aku punya. Lagi pula, dirumah belum terpasang WiFi, sangat cocok ExpertBook B3 Flip (B3402)  sangat memberi solusi. Semoga semesta mengamini. 

Manusia hanya bisa berdoa dan bermimpi, disertai usaha yang maksimal. Soal hasil, Tuhan yang menentukan.

Aku menyambut bahagia laptop keluaran terbaru bernama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402). Siapapun berhak memiliki, termasuk kamu yang saat ini berjuang menjadi pelaku bisnis atau kamu yang terjun di kalangan pendidikan. Semangat berkarya, menelurkan kreativitas tanpa batas 💪

Jadi penulis bermental pelaku bisnis, itulah cita-citaku.

Berikut Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Color

Star Black

Operating System

Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 10 Pro Education

*Some devices for academic use will automatically be updated to Windows 10 Pro Education with the Windows 10 Anniversary Update. Features vary; see https://aka.ms/ProEducation for Windows 10 Pro Education feature information.

Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Non-preinstalled OS

Windows 11 Pro Education

*Some devices for academic use will automatically be updated to Windows 11 Pro Education with the Windows 11 Anniversary Update. Features vary; see https://aka.ms/ProEducation for Windows 11 Pro Education feature information.

Free Upgrade to Windows 11¹ (when available, see below)

Processor

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz, 4 cores)

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz, 4 cores)

Intel® Core™ i3-1115G4 Processor 3.0 GHz (6M Cache, up to 4.1 GHz, 2 cores)

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)

Intel® UHD Graphics

Display

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 400nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:80 %

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80 %, With stylus support

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80 %, With stylus support

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 400nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:80 %, With stylus support

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80 %

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, 400nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:80 %, With stylus support

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80 %

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, 400nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:80 %

Memory

16G DDR4 on board, Memory Max Up to:48GB

8G DDR4 on board, 8GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:48GB

4G DDR4 on board, 4GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:48GB

8G DDR4 on board, Memory Max Up to:48GB

4G DDR4 on board, Memory Max Up to:48GB

16G DDR4 on board, 16GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:48GB

4G DDR4 on board, 8GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:48GB

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

128GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

I/O Ports

1x USB 2.0 Type-A

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A

2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery

1x HDMI 2.0a

1x 3.5mm Combo Audio Jack

1x RJ45 Gigabit Ethernet

Micro SD card reader + SIM card slot

Expansion Slots

1x DDR4 SO-DIMM slot

1x M.2 2280 PCIe 3.0x4

Keyboard & Touchpad

Backlit Chiclet Keyboard, 1.5mm Key-travel, Spill-resistant Keyboard, Support NumberPad

Chiclet Keyboard, 1.5mm Key-travel, Spill-resistant Keyboard, Support NumberPad

Chiclet Keyboard, 1.5mm Key-travel, Spill-resistant Keyboard

Backlit Chiclet Keyboard, 1.5mm Key-travel, Spill-resistant Keyboard

Camera

720p HD camera

With privacy shutter

13.0M camera

Audio

Built-in speaker

Built-in array microphone

with Cortana support

Network and Communication

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2

Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 4.2

Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 1*1 + Bluetooth 4.2

4G LTE support (in selected territories)

Battery

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Power Supply

TYPE-C, 65W AC Adapter, Output: 19V DC, 3.42A, 65W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal

Weight

1.61 kg (3.55 lbs)

Dimensions (W x D x H)

32.90 x 22.39 x 1.92 ~ 1.95 cm (12.95" x 8.81" x 0.76" ~ 0.77")

Built-in Apps

MyASUS

McAfee

MyASUS Features

System diagnosis

Battery health charging

Fan Profile

Splendid

Tru2Life

Function key lock

WiFi SmartConnect

AppDeals

Link to MyASUS

Microsoft Office

1-month trial for new Microsoft 365 customers. Credit card required.

Office Home and Student 2021 included

Military Grade

US MIL-STD 810H military-grade standard

Regulatory Compliance

EPEAT

Energy star

Security

Trusted Platform Module (TPM) 2.0

Computrace ready from BIOS

Kensington Security Slot™

Fingerprint sensor integrated with Power Key

Included in the Box (Optional)

Wireless optical mouse

Wired optical mouse

Carry bag

Backpack

MPP 2.0 garaged stylus






Sumber Referensi:

https://www.handikoo.com/2022/06/asus-expertbook-b3-flip-b3402-laptop.html

https://www.asus.com/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B3-Flip-B3402-11th-Gen-Intel/

https://www.idntimes.com/life/inspiration/amp/ulfa-luthfia-hidayatty/quotes-dari-putri-tanjung?page=all

https://techijau.com/

22 komentar

Comment Author Avatar
2/7/22 10:24 Hapus
ASUS emang laptop yang keren banget sih. Apalagi yang ExpertBook ini. Cocok banget untuk para pebisnis. Fitur-fiturnya mendukung kinerja para pebisnis.
Comment Author Avatar
2/7/22 10:25 Hapus
Saya sudah pernah coba unitnya, tapi bukan yang type ini. Soundnya keren banget sih.
Aw kereeen pisan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) kalau ketumpahan air masih aman, ya Allah ini solusi banget Buat emak2 yang nulis dekat anak yang super aktif.
Ah ita bener banget. Canggih ya bisa tahan ketumpahan, pokonya mendukung produktivitas banget dan tahan banting, awet. Emak produktif pasti bahagia punya ini :)
Wah makin penasaran banget deh sama Asus ini mbak.. Ulasannya lengkap banget..
Comment Author Avatar
2/7/22 21:43 Hapus
ya ampun ini mah ciri-ciri laptop idaman ku, rasanya ingin sekali menganti laptop tapi belum punya rezeki. sekarang ngebayangin ajah dulu punya laptop kek begini, besok-besok baru deh punya kek begini, amin.
Comment Author Avatar
3/7/22 07:37 Hapus
inspirasi banget perjalanan Mika dan Bima dalam menjalani seluk beluk bisnisnya. semoga semakin banyak anak-anak muda yang tergerak untuk menjadi enterpreneur
Duh, pelajaran berharga banget ya. Untung mika dan bima pantang menyerah, semoga sukses yaa
Comment Author Avatar
3/7/22 15:16 Hapus
Performa sebagai teacher juga blogger pasti makin ciamik ya mbak kalau pakai Asus expertbook ini. Aku pun mendamba laptop Asus yang satu ini. Makasih sudah berbagi kisah inspiratif, mimpi, dan review detil tentang asus. Sukses mbak Windi. Aamiin ya robbal'alamiin
Kalau dah bicara ASUS ga perlu diragukan lagi performanya. Das des dus sat set pokoknya. Berani diajak perang kalau temanku bilang
Comment Author Avatar
3/7/22 18:58 Hapus
Asus emang luar biasa, cuma Asus yang kepikiran melengkapi laptop dengan Antibacterial Guard yang emang penting banget di zaman sekarang.
Lengkap bgt ulasannya mbaaa, jadi mupeng pengen punya ASUS juga hehehe, aku rekomendasiin dulu ah ke sepupu yang udah mau masuk SMP, pasti butuh laptop buat belajar
Comment Author Avatar
3/7/22 21:07 Hapus
Seru ya mengurai ceritanya, tanpa terasa ada iklan ASUS di dalamnya.

Jempol neh
Masha Allah keren banget mbak, lengkap dan inspiring nh teacher bloger. anyway ini jadi wishlist aku juga sih si ASUS. Dia sekarang produknya kece-kece banget :')
Comment Author Avatar
4/7/22 06:02 Hapus
Selain qotd yang inspiratif lengkap dengan kisah-kisahnya yang memberi semangat, asus expertbook flip ini menjadi aset bisnis digital impian saya nih, kak :)
Comment Author Avatar
4/7/22 06:03 Hapus
ASUS memang tiada duanya. Setiap produk selalu punya fitur-fitur yang canggih dan memanjakan penggunanya sesuai kebutuhan mereka. Keren laptopnya.
Comment Author Avatar
4/7/22 09:26 Hapus
Berwirausaha itu memang gak boleh lengah. Kalau udah berhasil, kudu tetap humble, belajar, dan inovasi produk. Mau bisnis apapun, seblak, makanan, ritel, dll. Semoga kita berhasil wujudkan impian yaa.
Comment Author Avatar
4/7/22 10:47 Hapus
buat jadi penulis bermantal bisnis, memang enggak bisa sembarangan. harus didukung perangkat yang mumpuni. biar semangat terus dong ya
Comment Author Avatar
5/7/22 10:27 Hapus
salut deh aku sama pasangan yang berani berbisnis ini dan tak patah semangat meski merugi. kalau aku sampai sekarang masih belum berani buka bisnis sendiri karena bagiku perlu persiapan banget untuk buka bisnis itu
Comment Author Avatar
5/7/22 20:55 Hapus
untuk punya jiwa bisnis emang harus berani gagal sih dan gak mudah nyerah. kita anggap kegagalan itu sebagai "kuliah lapangan" untuk mengenal bisnis. termasuk menjadi penulis
Comment Author Avatar
6/7/22 15:36 Hapus
Duh, bikin mupeng kalau baca speknya ASUS Expertbook B3 Flip ini, fiturnya yang aku suka itu ada eye care-nya, soalnya mata gampang capek kalau terlalu lama nulis.
Bikin mupeng memang desain dan speknya ASUS Expertbook ini.. kece banget. Apalagi kalau pebisnis, dijamin makin moncer usahanya karena didukung sama gadget sehebring ini.