√6 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Bloger

6 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Bloger

Skill Bloger

Skill yang harus dipenuhi jadi full time bloger atau semua bloger, wajib baca ini. Masih terkait dengan artikel sebelumnya, ada beberapa skill atau yang sering disebut ketrampilan ini bisa jadi penopang profesimu.

Mengapa Orang Butuh Skill?

Dunia terus berkembang gaes, apapun profesimu jika tak diimbangi dengan skill, bisa saja perkembangan karirmu jadi seret. Stagnan pada jabatan yang itu-itu saja.

Bahkan orang yang sudah punya skill saja butuh upgrade skillnya agar tak tergerung oleh jaman. Nah, kamu pilih yang mana nih?. Jawab dalam hati ya, sembari sharing disini boleh. Sepuasnya kamu bisa drop komentar pada artikel ini. Lanjutttttt.

Bloger ini profesi perfect kalau menurut aku. Sebab seorang bloger harus bisa ini itu agar tulisan yang dibuat tidak hanya enak dibaca melainkan menimbulkan ketertarikan agar orang kerab mampir di blog kamu. Terlebih orangpun senang mau kerjasama dengan kamu. Alat berupa blog, menjadi media penyambung untuk mempengaruhi pembaca terpengaruhi akan apa yang kamu tulis. 

Apa Saja Sih Skill yang Harus Dimiliki Seorang Bloger ?

Dalam konteks seorang full time bloger, jangan sampai lengah buat terus asah skill, upgrade skill. Kebutuhan dunia freelancer itu luas, maka full time bloger yang jadi salah satu bagian dari itu harus terus update. Mudahnya begini, kita ini kerjanya di ranah digital. Jika tidak update sama sekali perkembangan itu, ya kualitas ngeblogmu tidak naik. Sepakat ya ? 

skill bloger

Oke, langsung saja aku ceritakan disini. Skill yang harus dimiliki seorang bloger, hasil berburu ilmu bareng bloggercrony di acara #Blogherhangout59 kemarin (27/6).

1. Menulis dengan Baik dan Benar

Sejauh ini, story' telling jadi kekuatan banget untuk seorang bloger dalam menuliskan banyak hal. Gaya story' telling, dipercaya ampuh mempengaruhi pembaca untuk to do. Atau sebatas paham dan percaya apa yang kamu tulis. Reviewer dan siapapun akan merasa terbantu juga karena artikelnya mendulang pageview yang berbobot. Tentunya apa yang ditulis berdasar info dan sumber yang valid ya, alias tidak menyesatkan. 

2. Memotret Gambar

Apa yang aku sampaikan sebelumnya, bloger itu harus bisa ini itu. Salah satunya memotret. Banyak kok kelas yang membahas akan ilmu memotret yang baik dengan parameter seorang yang pro. Sebab semua orang kan bisa memotret, termasuk anak kecil. Essensi disini adalah untuk bloger pro termasuk full time bloger harus bisa memotret dengan hasil yang maksimal. Orang bisa menilai dan membaca mana hasil potretan yang bagus alias sebaliknya. Hal ini pula yang nantinya akan menambah estetik sebuah tulisan agar pembaca nyaman berlama-lama stay di blogmu. 

3. Membuat Infografis yang Informatif

Menurut beberapa teman yang jago design grafis, dalam membuat Infografis itu harus jelas, informatif, menarik dan tentunya ada sedikit perbedaan dalam teks yang ditulis. Maksudnya begini teman-teman, ada kan tipe pembaca yang inginnya cepat selesai baca. Nah, fungsi infografis dalam bentuk gambar sekalipun mewakili isi artikel yang kamu buat. Jadi, tipe pembaca dari kalangan manapun tetap bisa dapat insight yang kamu tulis. 

4. Membuat Video Menarik

Semakin mumet nggak sampai di poin keempat ini? Itu tanda otak merespon denga baik ya ? hehehe.

Membuat video ini juga menarik untuk diterapkan. Pasalnya dalam join event yang menghasilkan cuan, bisa jadi client meminta tambahan berupa video yang kamu buat untuk menambah keindahan tulisan. Atau client meminta upload video di media sosial pendukung. Buat video yang memiliki alur cerita menarik, termasuk angle video yang bagus. Totalitas lah dalam memberikan pelayanan ke clien. Agar mereka ada feedback kamu bakal diajak kerjasama lagi. Itu sih, kalau aku cermati dari apa yang disampaikan oleh Kak Imawan Anshari. 

5. Belajar Mengisi VO (Voice Over) untuk Mendukung Video

Jujur, bagian ini belum pernah aku alami sih, saat gabung event aku disuruh VO juga. Mungkin ini kelas yang rade card-nya tinggi kali ya. Jadi hal wajar yang harus dipenuhi. Sempat kaget juga ternyata bloger pun harus punya skill VO. Selama ini belajar sedikit terkait VO, hanya saja untuk bersenang-senang. Bukan yang aku prioritaskan.

Balik lagi, benar juga apa kata Kak Anshari, saat bikin video dengan VO kita sendiri semakin Mantul ya. Orang semakin sadar akan kualitas dirimu. Pastinya sisi positif akan didapatkan.

6. Belajar SEO

ini dia, salah satu ilmu bloging yang terus berkembang. Kesana kemari berburu ilmu SEO, setiap praktisi punya cara masing-masing dalam menerapkan SEO. 

Pada intinya belajar SEO ini agar bloger paham, apa sih yang di mau Mbah Google. Karena tulisan yang kita tulis kan nantinya kita post, kemudian Mbah Google lah yang menentukan artikel kita layak ditampilkan di page one apa tidak. Kabanyakan orang nyari informasi apapun itu kan di google, jika traffic dan kualitas artikelnya bagus berarti disukai Mbah Google, dari situ google akan merekomendasikan ke calon pembaca agar mampir di blog pribadimu. 

Semoga bisa dipahami ya. Enam point inilah yang menjadi skill penopang sejauh mana kamu bertahan menjadi full time bloger. Penuhi skill yang harus dimiliki seorang bloger. Suatu saat kamu bakal memetik hasil yang telah kamu upayakan selama ini. Semangat dan saling support yuk. Masa depan jadi full time bloger biar selalu cerah. Semoga bermanfaat.

Related Posts

4 komentar

  1. Menarik ya mba.. Skill harus bisa membuat infografis dan VO ini menarik

    BalasHapus
  2. Mencerahkan infonya, mba. Blogger memang harus punya skill utama dan penunjang, yaa. Yuk ah trus asah skill kita.

    BalasHapus
  3. Dari beberapa skill yang ada, masih banyak ternyata yang harus pelajari selain memotret. Ternyata jadi blogger kudu multitalent juga dan kudu upgrade diri.

    BalasHapus
  4. Memang cukup susah ya menjadi seorang blogger tapi cukup seru sekali

    BalasHapus

Posting Komentar