√Apa yang Harus Kita Lakukan Disaat Token Pulsa Listrik Gagal Diisikan?

Apa yang Harus Kita Lakukan Disaat Token Pulsa Listrik Gagal Diisikan?

Token pulsa listrik gagal diisikan terus, pernah saya alami. Tepatnya pertengahan bulan Mei 2022 lalu, dimana saat saya mau input token listrik eh, ternyata gagal. Sudah memastikan juga bahwa nomor per digit yang saya input dengan benar, tetap saja GAGAL. 

Token Pulsa Listrik Gagal Diisikan
sumber gambar : freepik diolah windi by canva

Apakah Token Pulsa Listrik Gagal Terus ?

Tidak selalu. Namun ini pengalaman pertama. Biasanya input token listrik gagal dan bisa dicoba ulang kemudian berhasil, kali ini berbeda. Pengalaman bulan lalu itu cukup meresahkan, pasalnya saya sudah mencoba suami untuk input dengan digit yang sama tetap saja tidak bisa. 

Resah tentunya, nyoba dua hari tidak berhasil sedangkan kondisi meteran listrik tertanda signal merah dan mengeluarkan bunyi yang tidak nyaman untuk didengarkan. Ya, karena sudah waktunya minta diisi. Huft. Tanggal merah lagi. 

Kenapa Token Pulsa Listrik Gagal Diisikan ?

Saya berusaha tanya kepada teman (yang seorang agen pulsa listrik) dimana tempat saya beli token pulsa listrik. Iya, saya beli token pulsa listriknya tanggal 8 mei, tapi baru mau saya isikan seminggu kemudian. Jadi, tanggal 15 Mei itu mau saya isikan, ternyata ada kendala yang meresahkan. Apakah ada yang sama? mengalami kegagalan dalam input token pulsa listrik ?

Kata teman, saya telah gagal input tokennya lebih dari tiga kali. Dan saya disuruh tanya ke PLN terdekat. "Ha?", batinku. Sebenarnya, sayapun lupa sih apakah memang benar telah gagal 3 kali selama input. Hehe, karena tidak memperghatikan secara jeli. Namun, saya hanya mengingat digit yang harus diinpun sudah saya masukkan semua.

Intinya harus cermat ya dalam input pulsa listriknya biar tidak ada kendala dan membuat kita boros waktu karena harus urus token listrik yang bermasalah. Jangan panik, dan bersabarlah. Panik dan resah tak menyelesaikan masalah.

Bagaimana Cara Mengatasi Token Pulsa Listrik yang Gagal Terus?

Hari berikutnya, saya mencoba tanya dengan teman dekat apakah pernah mengalami hal yang sama dengan apa yang saya alami ?, belum pernah katanya. Disitu saya disarankan untuk pergi ke PLN atau telfon ke 123. Sempat juga browsing, ternyata bisa juga instal aplikasi pengaduan PLN di playstore atau mengadukan keluhan yang dialami melalui twitter.

Pertama, saya mencoba mengadukan hambatan saya ke akun twitternya. Alhamdulillah direspon tapi cukup lama. Sehingga Senin menjelang siang sayapun pergi ke PLN langsung. Saat sudah sampai depan pintu masuk, saya ditanya pak penjaganya (polisi). 

"Ada kepentingan apa buk", tanyanya. 

" Token pulsa listrik saya tidak bisa diinput, dan selalu gagal", jawabku. 

"Saya sarankan untuk telfon di 123 bu, bisa pakai telfon kantor sebelah sana(sambil menunjuk arah tempat telfon diletakkan)". "Jika mau antri juga bisa bu, tapi cukup lama", imbuhnya. 

"Oke pak, saya coba tunggu sebentar",tegasku.

"O.... nggih, monggo parkirnya disana bu",sahutnya.

Saya mencoba ikut antri di loket pengaduan. Masha allah, ternyata pelayanannya tidak profesional. Pasalnya tidak ada yang mengarahkan untuk antrinya bagaimana dan tidak ada nomor antrian pula. Untungnya ada ibu-ibu yang baik hati, meski dalam posisi berdiri sedikit banyak saya bisa ngobrol dengan beliau. Sekaligus mengamati keadaan dan keluhan ibu tersebut.

Banyak hikmah ternyata, saat saya merasa waktuku terbuang untuk urus token pulsa listrik yang gagal diinput. Sisi lain saya mendapati hikmah kehidupan yang membuat saya lebih bersyukur. Sebab keluhan warga yang sudah duluan antri disana lebih parah. Ada yang tagihannya melonjak tanpa mereka ketahui, ada juga yang baru menaikkan daya sudah harus menanggung beban tagihan ratusan ribu. Padahal, tagihan mereka kelas menengah kebawah yang mana mereka adalah pengguna dengan daya 900Kwh dan 450 Kwh.

Jadi, sebagai pengguna dan warga harus aktif memang. meski rakyat kecil harus berani bersuara untuk mendapatkan penjelasan yang detail dan akurat. Berkaitan akan hal itu emmbuat saya prihatin juga. Karena bukan hanya satu atau dua orang saja yang mempunyai keluhan sama. Jika dihitung ada lima lebih hlo, kepala keluarga yahng mengalami kendala seperti itu.

Token Pulsa Listrik Gagal Diisikan
sumber gambar : freepik diolah windi by canva

Back to pembahasan. Setelah cukup lama saya menunggu dengan antrian yang tidak pasti akhirnya saya menggunakan fasilitas telfon 123 yang juga dibantu oleh bapak satpamnya. Saya ditelfonkan pakai call center 123. Menunggu cukup lumayan juga karena 5 menitan baru bisa tersambung ke layanan service center oleh petugas PLN Pusat yaitu Surabaya.

Seorang Customer Service perempuan mencoba melayani saya dengan baik. Ditanya keluhannya apa awalnya. Hingga disarankan menunggu konfirmasi berikutnya karena akan disambungkan ke PLN kota kediri untuk ditangani. Mulai dari situ, saya juga diberikan noomor aduan sebagai tanda bukti bahwa saya telah melakukan pengaduan ketidaknyamanan saya.

CSnya ramah dan begitu detail melayani keluhan warganya. Kehangatan selama pelayanan  bisa dirasakan. Selain itu, saya juga disarankan untuk install aplikasi PLN di mobile. Melanjutkan langkah berikutnya sebagai bukti dengan memasukkan nomor aduan tadi ke aplikasi agar pusat tahu status keluhan saya sudah sampai mana. Dan jika nomor keluhan pelanggan tidak diinput dalam aplikasi PLN Mobile, selama 4 jam tidak ada feed back itu artinya keluhan dianggap selesai dan tertangani oleh petugas setempat.

Lama ngobrol panjang lebar lewat telfon gratisan yang difasilitasi oleh PLN Kediri kota, akhirnya saya tutup dengan hati riang. Sambil menunggu proses, saya balik ke rumah dulu. Tidak disangka selang 1 jaman petugas PLN berkunjung ke rumah. Langsung menangani kendala yang saya hadapi, dan mereka mereset ulang KwH meter saya. Nyatanya tetap tidak berhasil. Kemudian, saya disuruh isi token listrik dengan harga yang kecil dulu. Sayapun beli token listrik yang harganya 20 ribu. Setelah diisikan ternyata bisa, ealah.

Was-was saya menunggui prosesnya, namun berakhir gembira disaat pak petugas itu bilang kalau token saya yang tidak bisa diinput tadi akan diganti oleh PLN dan disuruh menunggu maksimal empat hari. Plooooonggggggggg guys, lumayan hlo token yang saya beli waktu itu, Rp 100.000 eeee .

Merasa puas dengan pelayanan PLN Kota Kediri. Hari ketiga petugas PLN memenuhi janjinya dengan mengirim digit token yang bisa saya masukkan. Terimakasih pak, saya balas chatingannya di whatsap.

Token Pulsa Listrik Gagal Diisikan
sumber gambar :google diolah windi by canva

Itu dia teman-teman, pengalaman terbaik saat saya mengalami kendala dalam mengatasi token pulsa listrik yang gagal terus diisikan. Jangan panik, gunakan layanan call center yang disediakan. Kalau saya sih pilih telfon saja ke PLN Pusat. Telfonnya pakai fasilitas umum yang disediakan oleh PLN setempat ya. kalau telfon pakai gadget sendiri pulsa terbuang dan mahal. Sayang kan. Lebih baik ngalahi pergi ke PLN terdekat dulu untuk melakukan pengaduan. Setelahnya akan diproses dengan baik kok. Bintang lima untuk PLN Kota Kediri. Matur nuwun.



Related Posts

8 komentar

  1. saya pernah pakai pulsa listrik tapi sering kehabisan tengag malam, jadi sekarang pakai yg bulanan mbak.. bayarnya pakai mobile banking jafi nggak antri antri..hehhehe

    BalasHapus
  2. Ternyata token ada batas inpit juga, ya ka, baru tau, aoalnya saya masih pake sistem lama. Thankyou for sharing, ka.

    BalasHapus
  3. Aku nggak terlalu sering isi token listrik sih cuma pernah isi dan nggak pernah gagal. Jadi tulisan ini bermanfaat banget bagu aku, mana tau pas aku isi token listrik nanti terus gagal jadinya aku tau harus ngapain,

    BalasHapus
  4. Baru tau bisa langsung datang ke kantor PLN-nya heheeh selama ini cuma menunggu teknisi datang :(

    BalasHapus
  5. Informasinya bermanfaat banget, mba. Buat saya pengguna token listrik juga.

    BalasHapus
  6. "Rakyat kecil harus berani bersuara" setuju Mbak!
    Baru tahu ada aplikasi PLN, patut diinstall

    BalasHapus
  7. Saya juga pernah mengalaminya, Mbak. Waktu itu beli token di e-banking. Setelah gagal diisikan langsung menghubungi PLN via aplikasi. Setelah itu langsung diberikan token untuk reset meterannya. Alhamdulillah langsung bisa. Dan layanannya juga sangat cepat.

    BalasHapus
  8. Ternyata, kalo ketemu masalah seperti ini kita harus mau bertanya ya mba. Ga nyerah gitu aja.. Terimakasih sangat mencerahkan..

    BalasHapus

Posting Komentar