√Bersama IndiHome Bantu Wondermom Jalankan Bisnis Online Membangun Kemandirian Ekonomi

Bersama IndiHome Bantu Wondermom Jalankan Bisnis Online Membangun Kemandirian Ekonomi

Rupanya, IndiHome lebih dulu mengambil peran sebagai internetnya Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Berdasar data yang pernah saya baca, Indonesia berada di posisi kedua menggunakan internet sebagai penyambung segala informasi dan menjalankan profesi setelah nonton televisi menjadi aktivitas unggulan dalam keluarga (Survey Yahoo Net Index, 2011 dalam Wikipedia)

Tercatat sebesar 196,7 juta jiwa masyarakat Indonesia menggunakan internet sebagai hiburan, menjalankan profesi, update berita, main media sosial, nge-game dan lainnya.

IndiHome, Internetnya Indonesia
sumber gambar : freepik

Manfaat Tanpa Batas, Internet Sebagai Penunjang Profesi Utama

Mbak Eva, seorang pebisnis muda sekaligus wondermom yang menjalankan bisnis kacamata antiradiasi sebagai pekerjaan utamanya. Menjalankan bisnis dengan sistem online maupun offline sudah menjadi makanan santapan yang harus dijalani.

Jika hanya berdiam di rumah saja tanpa meluaskan jaringan, bisnisnya tak akan berkembang dengan baik. Terlebih dalam mencari target market untuk menarik daya pikat pelanggan. Dibutuhkan bantuan internet sebagai penghubung informasi dan menjalin komunikasi yang baik kepada semuanya. 

Strategi menjalankan bisnis seakan dipermudah hanya dari ujung jari. Murni segala aktivitas yang mendukung pekerjaan utama Mbak Eva didukung kelancaran internet. Dikarenakan tidak semua provider bisa masuk di lingkungan tempat tinggal Mbak Eva, IndiHome satu-satunya penyedia layanan internet tanpa batas yang bisa dimanfaatkan baik olehnya untuk mendukung segala produktivitas.

IndiHome, internetnya indonesia
foto sudah mendapatkan ijin publikasi

Konsultasi bersama mentornya, belajar di ruang virtual dalam sebuah kelas besar, zoom meeting maupun google meeting bersama grup inti baik itu diskusi maupun sharing dengan mentor hampir semua dilakukan begitu intens secara online

IndiHome, internetnya indonesia
foto sudah mendapatkan ijin publikasi

Kehadiran internet memudahkannya membangun komunikasi yang harmonis serta membangun tim yang solid. Ngobrol sepuasnya tentang bisnis, sharing kendala dan hambatan bisnis serta membicarakan masa depan bisnis.

Selain mengemudikan bisnis, Mbak Eva tetap bisa menjalankan peran sebagai ibu mengawal proses pendidikan anak, memberikan dukungan serta membersamai anak belajar diberbagai kondisi. Belajar luring oke, daringpun nggak masalah.

IndiHome, internetnya indonesia
foto sudah mendapatkan ijin publikasi

Internet Memudahkan Manusia Berbuat Kebaikan

Yap, hanya modal internet berbuat kebaikan semakin mudah untuk dilakukan melalui aktivitas dalam genggaman. Memberikan peluang besar kepada siapapun untuk bergabung dengan timnya Mbak Eva. 

Bahkan, kemudahan semakin diperluas bagi siapapun yang ingin menjemput rejeki. Hanya modal pasang iklan (nitip promosi) di media sosial, bila mendapatkan pelanggan hasil bisa dibagi. 

Sesederhana itu ya. Orang yang tidak termasuk timnya Mbak Eva ini juga bisa berkontribusi, alih-alih ingin mencoba terlebih dulu buat menambah penghasilan. 

internetnya Indonesia, IndiHome

Berkat kehadiran internet melalui layanan IndiHome semua peran bisa diremote sesuai porsi. Terlebih saat pandemi menguji segala makhluk di seluruh penjuru dunia.

Banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Mbak Eva dan tim justru menawarkan pekerjaan yang bisa diambil oleh siapapun tanpa mengeluarkan modal. Ajaibnya bisnis yang ditawarkan Mbak Eva akan memberikan penghidupan yang layak di masa tua asal dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan ada peningkatan yang nyata. Tak heran, jika Mbak Eva ini seorang upline yang memiliki profit menguntungkan setiap bulannya.

Membangun Pemberdayaan yang Optimal di Era Digital Melalui Bisnis Online

Bisnis online di era digital membuat masyarakat semakin kreatif menangkap peluang. Pasalnya, jika tak terus berinovasi, calon pelanggan pun males disuguhi cara iklan yang cenderung jadul. 

Teknologi semakin canggih, turut mempengaruhi cara seseorang dalam menawarkan produk harus semakin kreatif.

Sebagai contoh, mulai dari promosi produk yang dulunya lewat gambar, kemudian bergeser ke yutub, video pendek, tiktok dan kini yang sedang marak yaitu lewat live streaming. Semakin kreatif cara pemasaran, akan banyak peluang income berdatangan. 

Seiring berjalannya waktu, profesi baru semakin meluas yang bisa dimanfaatkan oleh pemeran era digital. Ialah generasi millenial dan generasi Z. 

Manfaat internet, sangat membukakan pintu-pintu kemudahan yang tak terbatas. Darinya, banyak pilihan bisnis yang bisa dijalankan dengan modal yang relatif rendah. Melalui bisnis online pula, penjual dapat menjangkau secara luas pelanggannya dengan adanya dukungan internet. 

Kirim barang relatif cepat hingga proses pembayaran bisa dilakukan secara kilat. Pelaku bisnis semakin merasakan manfaat melambungkan daya pikat mencapai kemandirian ekonomi yang lebih kreatif. Kedepannya, mungkin cara promosinya saja yang bakal terus berinovasi untuk berlomba-lomba mendapatkan massa (pelanggan).

Kehadiran internet mendukung aktivitas tanpa batas manusia. Bekerja bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hobi rebahan pun bisa mendatangkan cuan. Mbak Eva, contohnya. Sosok wondermom yang terus berupaya ikut andil membangun kemandirian ekonomi dengan cara bisnis online kacamata antiradiasi. Berbagai upaya pun dilakukan, menjaring new member dengan memberikan banyak keuntungan yang bisa didapatkan, diantaranya : 

1. Bekerja secara fleksibel

Bisnis online bisa diremote di segala kondisi. Tanpa mengganggu aktivitas utama, dimana saja dan kapan saja yang mana bisnis tetap bisa dipantau secara langsung.

2. Produk berkualitas, Komunitas yang Positif

Orang bakal percaya diri ketika prodak yang dijual memiliki jaminan mutu yang terbaik. Mau ngiklan nggak setengah-setengah, menawarkan produk jadi lebih mudah. Berkat dukungan komunitas yang positif pula. Sesama penghuni grup saling memberikan dukungan mencapai kemandirian ekonomi yang kreatif.

3. Memiliki kesempatan naik level

Siapapun yang bisa mendatangkan pelanggan paling banyak, ya itulah yang akan mendapatkan keuntungan. Termasuk naik level ke jenjang yang semakin tinggi. Ibaratnya satu tim pasti ada leader. Tidak mungkin juga kan dalam satu tim itu isinya member semua. Iya kan ?

4. Konten marketing sudah disiapkan

Tergabung dalam jaringan luas di bisnis online, aktivitas membuat konten semakin dimudahkan. Tak perlu capek-capek mendesign flyer dan caption, binsis ini menawarkan sisi kemudahan yang plus-plus. Konten maketing sudah disiapkan setiap harinya, termasuk video dan lainnya.

5. Bebas packaging dan bisa dropship

Sisi kelebihan bisnis online, urusan packaging bisa dihindari. Selama kamu bukan agen yang membawahi banyak reseller atau downline. Biasanya bagian pusat yang mengatur arus perputaran pengiriman barang yang dikontrol melalui satu aplikasi. Memudahkan pula untuk sistem dropship. Barang tidak ngendon di rumah, sehingga memberikan ketenangan penjual yang takut barangnya tidak laku. 

IndiHome Internetnya Masyarakat Indonesia

Terhitung, ini tahun ketiga Mbak Eva ditemani IndiHome untuk menjalankan segala produktivitasnya. Tahu sendiri kan, IndiHome merupakan layanan digital internetnya Indonesia yang telah menjangkau di seluruh pelosok tanah air.

Pada tahun 2021 saja, IndiHome telah melayani lebih dari 8,3 juta pelanggan. Terdiri dari 496 kota dan kabupaten di Indonesia.

Selain menyediakan layanan internet, telepon rumah dan TV interaktif, IndiHome menyediakan beberapa pilihan paket berlangganan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Saat berkunjung langsung di PT Telkom dekat rumah pada 4 Juli kemarin, saya disambut hangat oleh Mbak-mbak Customer Service (CS) yang lupa tidak saya tanyakan namanya. Berhijab memakai masker dengan seragam warna merah. 

Melalui beberapa percakapan, saya bisa menilai  bahwa IndiHome ini memang penyedia layanan internet berkelas. Siapapun bisa berlangganan. Bahkan begitu detilnya, Mbak CS juga mengawal saya untuk mengecek jaringan fiber optik di lokasi tempat tinggal saya sudah tersedia apa belum. Berkat teknologi 100% fiber inilah, yang menjadi alasan IndiHome memiliki akses internet yang cepat.

Tercengang melihat kecanggihan pelayanan yang diberikan, sebelum kita menjatuhkan pada pilihan layanan provider, IndiHome cukup memberikan intervensi kepada calon pelanggan. Memberikan gambaran secara nyata fasilitas apa saja yang akan didapatkan dan kewajiban apa yang harus ditunaikan. 

IndiHome, internetnya indonesia

Saat Mbak CS memberitahu bahwa layanan fiber optik di tempat tinggal saya tersedia, justru bingung mau pilih paket yang mana. Entah nanti bakal antri pasang atau tidak, sebab harus ada petugas yang mengecek langsung ditempat untuk memastikan slot kabel pemasangan  baru sedang kosong. Jika penuh ya, saya harus antri dulu.

Ada dua pilihan yang diberikan ke saya saat itu. Pengguna dengan paket Two Play (2P) atau Triple Play (3P) dengan kecepatan masing-masing sesuai kebutuhan. 

Paket 2P khusus untuk pemasangan internet+TV. Pelanggan bisa mengakses internet tanpa batas dengan kecepatan mulai dari 30Mbps. Sedangkan untuk paket 3P untuk pemasangan internet+TV dan phone dengan kecepatan mulai dari 30Mbps. 

Mbak Eva, kebetulan berlangganan yang internetnya saja. Sangat beruntung sekali pada jamannya masih bisa pasang internet saja. Sekarang, paket itu dihapus dan hanya menyediakan pilihan paket 2P atau 3P . 

Melihat banyaknya permintaan dan kebutuhan masyarakat yang menjadikan internet dan TV sebagai hiburan yang tak dipisahkan. IndiHome terus melakukan transformasi digital guna meningkatkan pelayanan terbaik agar mencapai seluruh aspek yang dibutuhkan masyarakat.

Hingga pada akhirnya mencapai kedaulatan digital Indonesia yang berfokus pada ranah konektivitas digital, platform digital dan pelayanan digital di suatu hari nanti.

Berkaitan akan hal itu keuntungan sebagai pengguna semakin bertambah  hlo. Internet bisa diakses secara unlimited, lancar dengan service yang memuaskan. 

Tak hanya kemudahan akses internet yang bisa dinikmati pelanggan. IndiHome juga memberikan layanan kemudahan pengguna dalam melakukan proses tagihan bulanan. Pakai internetnya dulu, bayarnya kemudian. 

Pelanggan bisa membayarkan tagihan bulanan secara tertib melalui aplikasi My IndiHome yang bisa diunduh di playstore. Bisa juga lewat M-Banking, Link Aja, Indomaret, Alfamart, dan beberapa Marketplace lainnya. 

Kalau saya sih lebih memilih membayar tagihan di My IndiHome saja. Sebab jika bayarnya di awal sebelum jatuh tempo, pelanggan dimanjakan dengan banyaknya poin yang bisa didapatkan. Yang kemudian bisa ditukarkan dengan benefit lainnya seperti tambahan internet.

Keuntungan lainnya, saat mengalami trouble jaringan bisa langsung melakukan pengaduan gangguan ke pusatnya melalui aplikasi My IndiHome. Aktivitas lain yang bisa dilakukan melalui aplikasi ini yaitu untuk mengecek berapa besar internet yang kita pakai pun bisa di lihat secara berkala. Saat saya ditunjukkan langsung sama Mbak CS, terkagum-kagum. Banyak benefit yang bisa di dapatkan pelanggan.  

Penutup

Sangat beruntung Indonesia memiliki PT Telkom Indonesia, penyedia jaringan layanan internet terbesar di Indonesia yang mampu menjangkau daerah pelosok. Layanan IndiHome, internetnya Indonesia yang mendukung segala aktivitas masyarakatnya. 

Membantu generasi millenial dan generasi bawahnya untuk bertumbuh menjadi pengguna internet yang cerdas. Mampu berkreasi dan berkarya untuk mencapai kemandirian ekonomi yang kreatif. 

Terus mengupgrade diri dengan segala aktivitas tanpa batas yang menguntungkan. Baik itu menjadi pelaku bisnis online dan sebagainya. Mbak Eva, salah satu pengguna layanan IndiHome yang sangat terbantu untuk mengencangkan bisnisnya pun telah membuktikan bahwa produktivitasnya yang sekarang mampu memberikan dampak kebaikan untuk sesama. 




Referensi Pendukung

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1967-juta

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Internet_di_Indonesia

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Telkom_Indonesia

https://indihome.co.id/blog

Pengalaman Mba Eva yang saya tuliskan sudah mendapatkan persetujuan. Beserta gambar untuk dipublikasikan.

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/money/read/2021/09/06/164309226/jumlah-pelanggan-indihome-milik-telkom-tumbuh-114-persen-di-semester-i-2021

Related Posts

30 komentar

  1. Indhome memang pilihan sih kak, di daerah ku ajah banyak bnget pakai indihome

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya IndiHome yang mampu menjangkau internet ke daerah pelosok, berkat kecanggihan teknologi fiber optik yang mereka punya

      Hapus
  2. Menggunakan IndiHome memudahkan kita juga ya saat menulis blog dan lain sebagainya.. Seneng juga sekarang pembayarannya lebih mudah dan bisa dimana saja dengan aplikasi..

    BalasHapus
  3. Kalau bahas indihome kok yang kebayang nasionalisme ya wkwk

    BalasHapus
  4. Inspirasi sekali ya sosok mba Eva ini, ternyata dibalik kesuksesannya berbisnis ada kemudahan Internet dari indihome yaa

    BalasHapus
  5. Wah iya nih aku tim g punya tipi di rumah jadi pakai indohome juga. Tapi untuk tv jarang dipakai deh hehe

    BalasHapus
  6. Indihome memang sudah paket lengkap bagi ibu2 doyan nulis dan doyan dagang. Sekali kayuh, dua tiga pulau terlampaui... Keren 👍

    BalasHapus
  7. internet sekarang ini memang jadi kebutuan primer ya, beruntung Indonesia punya telkomsel yang melalui indihome bisa memfasilitasi seluruh penduduk Indonesia yang wilayahnya terdiri dari banyak pulau ini

    BalasHapus
  8. Iya sih sekarang packet internet aja udah GA ada lagi, justru lebih murah sih pake yang 2play ini dibanding pilih yang satuan gitu. IndiHome emang Internetnya juara

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, kalau diermati malah lebih murah yang 2play memang

      Hapus
  9. Perjuangan juga nih buat pasang IndiHome saat kembali pulang ke Bogor. Maklum di kampung, jadi nunggu ada slot.
    Soalnya pengalaman waktu di Semarang pakai itu enak banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, iya, tapi tetap bisa terhubung dengan internet ya bund

      Hapus
  10. Pengalaman mb eva mengajarkan banyak hal, sebagai perempuan dia begitu produktif apalagi dengan adanya internet,usaha online makin mudah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sosok inspiratif kayak ginibikin kita tersentil ya pak, kta jadi mikir aku bis agka ya kayak dia denganversi kita saat ini

      Hapus
  11. Saya juga pakai indihome kak. Alhamdulillah lancar. Saat kabel ada masalah pun petugas datang tepat waktu. Jadi internet segera bisa dipakai lagi. Meskipun jadi ibu rumah tangga, lebih kurang saya bisa melihat dunia dengan internet, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhu, nggak boleh kalah dengan emak-emak lain ya meski dirumah saja

      Hapus
  12. Jalani bisnis makin lancar karena kehadiran internet tanpa batas ya Mbak, seperti halnya promosi via platform dan medsos jadi lebih mudah dengan adanya internet lancar ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. promosikan bisnis jadi lebih mudah dan terjangkau luas ya mbak

      Hapus
  13. Sepakat banget sih. Internet ini bener2 menaikkan level produktifitas manusia. Dalam segala hal juga. Ak merasakan bgt dulu sebelum marak internet dan apa2 serba internet kaya sekarang. Apalagi didukung IndiHome. Produktivitas jalan terus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin semangat utuk semakin produktif ya kak

      Hapus
  14. Banyak mom yang pengen berkarya suka mengalami banyak kendala. Dengan adanya Indihome yang menyediakan internet ini, benar-benar membuka peluang supaya semua bisa berdaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, mau apa aja jadi lebih mudah ya, terutaman dalam berbisnis bisa meluaskan jaringan

      Hapus
  15. Internet emang ngebuka pintu-pintu kemudahan yang tak terbatas. Jadi banyak pilihan bisnis online yang bisa dijalankan dengan modal yang relatif rendah kayak Mbak Eva ini.

    Saya juga pakai IndiHome dari sejak Telkomnet sampai Speedy, karena ga ada provider lain yg masuk ke daerah saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat diuntungkan dengan IndiHome ya kak. Hanya IndiHome yang boisa masuk daerah pelosok memang

      Hapus
  16. Sekarang apa-apa pakai internet, apalagi sekolah kerja belum semua WFO. Ada banyak profesi yang bertahan hybrid karena lebih praktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, tinggal pilih kita mau yang mana

      Hapus
  17. Wuih....internet kencang jadi makin semangat berbisnisnya ya kak. Mudah-mudahan rezekinya juga kencang. Aminnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terimakasih doanya mbak, doa yang sama juga

      Hapus
  18. Bisnis Online sekarang memang sangat menjanjikan ya, mbak. Apalagi dengan internet indihome yang jangkauannya luas sangat membantu dalam kelancaran bisnis ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, tinggal bagaiaman cara kita mengembangkan bisnis dengan dukungan internet

      Hapus

Posting Komentar