Ganti Judul dan ALt sendiri

Tips Jitu Menang Lomba Blog Ala Deddy Huang

Perangainya sangat sederhana. Santun tutur katanya menambah kehangatan sesama

tips jitu menang lomba blog ala Deddy Huang

Merasa jadi bloger cupu yang beruntung. Pertemuan yang begitu hangat malam itu (2/7) membawa aliran emosi yang semakin meredam. 

Tips jitu menang lomba blog ala Deddy Huang yang dibawakan olehnya, pemilik blog www.deddyhuang.com tak hanya sekedar berbagi tips pengalamannya memenangkan lomba. Lebih dari itu, akupun belajar olah emosi malam itu. Maksudnya ? hhhe, baca sampai tuntas ya, olah emosi apa yang kumaksud 😃

Kenapa Ikut Lomba Blog ?

Pertanyaan yang diajukan oleh Koh Deddy , sapaan akrabnya, kepada kami, peserta #internettalk2 yang diikuti sekitar 50 orang secara virtual. Beragam jawabannya, ada yang ingin mendapatkan cah money, laptop, hadiah traveling, voucher dan MacBook. Kalau aku sih, pengennya dapat laptop biar bisa makin produktif menulis sebab selama ini blogingnya pakai handphone.

Mencermati sepak terjangnya Koh Deddy, beliau ini memang berbakat dalam membangun personal brandingnya jadi seorang bloger yang berperan erat di dunia digital marketing. Kiatnya dalam bekerja benar-benar totalitas. Beliau semacam ada jenjang karir yang dicapai.

Melihat deretan achievementnya, begitu jelas. Walau aku baru sadar juga malam itu, sebab tak pernah kusoroti secara detil. Hanya sebatas tau koh Deddy ini langganan juara lomba blog.

Sederet prestasi dari hasil memenangkan lomba dan lainnya, termasuk jadi speaker dan juri lomba blog. Cukup menjelaskan siapa koh Deddy. Semakin bertambah prestasi justru semakin bijak dalam bersikap. Luarbiasa, benar-benar bloger teladan.

Aliran Rasa Jadi Bloger Senior

"Jadi bloger, wajar kok jika punya rasa iri, kecewa, sedih saat tidak menang dalam kompetisi blog. Bahkan sampai hafal, mana penyelenggara yang abal-abal dan mana yang trusted", ujar Koh Deddy. 

Semua telah dilewatinya dengan baik. Sebab itu jika ada lomba blog yang tidak dikuasainya materi tema lomba beliau menuturkan, "nggak bakal ikutan". Walau sebenarnya ingin juga hadiahnya, tapi tak dilakukannya. Itu baru salah satu hal yang baru aku tahu kemarin.

Kesal kan, jika kita berasumsi bisa jadi salah satu pemenangnya tapi ternyata tidak. Sabar, anggap saja kita belum cocok dengan kriteria jurinya. 

Tulis semampumu, jangan dipaksa kalau memang tidak mampu ~deddy huang~

Jadi bloger dengan versi terbaik, mungkin itu kalimat yang cukup meredam ekspektasi ku ingin menang lomba ini itu selama ini. Sisi lain, aku juga butuh mengukur kemampuan ketika aku tak sreg atau tak menguasai materinya ya memang aku putuskan untuk tidak ikut. 

Namun, ketika melirik hadiahnya itu juga yang membuat galau sebab ada barang yang aku inginkan. Sebuah laptop untuk mendukung produktivitas bekerja. Selama ini nggak punya gaes setelah notebook rusak hampir 6 tahun ini. Itu tuh, yang sering mengusik isi hati. Eaaaa ....

Setidaknya, melalui acara kemarin malam aku tersadar. Ikut lomba ya boleh, asal jangan menghukum diri yang mana setelah lomba usai menang kagak, sakit iya 😆. Deep banget, apa yang disampaikan Koh Deddy ini. Ruang virtual bejibun komen gaes.

tips jitu menang lomba blog ala Deddy Huang

Pengingat sekaligus nasehat bijak dari sosok bloger panutan yang begitu tenang dalam menyampaikan. 

Aliran rasa itu begitu dirasakan peserta termasuk aku, seakan speechless dengan beragam perkataannya yang mana diri ini diingatkan untuk bersikap semeleh.

Usai menulis, submit formnya kemudian lupakan, ujar Koh Deddy.

Tidak ada momen membully pemenang, sampai-sampai DM pihak penyelenggara minta kejelasan penilaian. Merasa paling benar hingga ajak peserta lain buat hate speech. Jangan pernah melakukan itu. 

Ikut Lomba Blog Buat Apa Sih ?

Ikut lomba blog, bisa jadi ajang pamer seorang bloger dalam mengharumkan nama. Menang atau tidak menang itu urusan nanti, sebab keikutsertaan kita berkontribusi ikut kompetisi blog biar ada updatean tulisan terbaru.

Kualitas konten sampai design blog yang kamu buat, bakal menambah estetika artikel agar enak dibaca. Semakin sering ikut lomba, skill mendesign gambar, memfoto, bikin video jadi semakin terasah. Sebab kita juga terpantik untuk menampilkan yang terbaik.

Membuka peluang baru untuk dilirik. Ketika kamu menang dalam ajang kompetisi blog, bakal jadi catatan penyelenggara untuk mendapatkan tawaran kerjasama di lain hari. Hal itu yang ditekankan oleh Koh Deddy. 

Namun, kalau dicermati, tetap ada akumulasi menang lomba blog lain deh ya, mengingat orang akan paham kemampuan kita menulis artikel di blog. Nah, ini yang baru mau aku bangun. Pasalnya, banyak kali ikut lomba menangnya baru sekali. Hhhha

Meski demikian aku tak pantang menyerah. Itu tandanya harus ada perubahan untuk lebih baik lagi. Mengingat hadiah lomba menanti. semoga setelah kelas ini, aku bisa praktek dari ilmu yang kudapat.

Semakin kesini, Brand sebenarnya bertanya-tanya hlo, apakah lomba blog masih banyak peminatnya ?, ujar Koh Deddy. 

Mereka butuh user experience/pengalaman pengguna untuk mendapatkan ulasan produk atau promosi yang lebih trusted. Selama masih ada mesin pencari, literasi apapun termasuk produk yang dimiliki oleh brand tertentu bakal terus melakukan strategi untuk memasarkan produknya. 

Hanya saja caranya yang bergeser. Sebagai bloger itu juga yang harus dicermati. Mengingat skill harus terus diasah, agar tak termakan oleh jaman.

Ini Dia, 10 Tips Jitu Menang Lomba Ala Deddy Huang

1. Cari informasi mengenai penyelenggara lomba

Sedetil mungkin cari informasi mengenai penyelenggara. Termasuk penyelenggara yang benar-benar amanah.

2. Perhatikan persyaratan lomba

Jangan sampai buat artikel cantik sedemikian rupa tapi lupa submitnya. Kan nyesek ya

3. Mencari bahan tulisan sesuai tema

Sudah pasti ya, semakin dalam menggali materi semakin bagus. Terlebih dilengkapi dengan data valid. Jangan berbagi kesedihan ke pembaca, ceritakan garis besarnya saja.

4. Buat tulisan yang sistematis

Membuat tulisan yang runtut ini agar tulisan yang dikemas enak dibaca, Nggak loncat-loncat pun agar apa yang ingin kita sampaikan nyentuh ke pembaca.

5. Buat tulisan selengkap mungkin

Lengkap bukan berarti panjang ya. Cermati syaratnya nggak harus panjang tapi sudah mewakili isi secara keseluruhan dan detail boleh-boleh saja.

6. Pemilihan sudut pandang.

Paling enak memang meletakkan diri sendiri sebagai sudut pandang pertama. Jika kamu mampu menulis artikel pengalaman orang lain tapi seakan kamu mengemasnya dirimu sebagai pelakunya, tentu itu bakat yang nggak semua orang punya. Yang disampaikan Koh Deddy ini benar sekali sih, akupun bisanya story' telling dengan pengalaman yang aku alami.

7. Buat konten yang original

buat tulisan yang asli menurut pendapatmu sendiri. bisa dengan menyampaikan atas dasar pengalaman sendiri.

8. Bisa disertai gambar/infografis pendukung

Biasanya gambar atau infografis itu mewakili apa yang tidak bisa kamu tulis. Kemaslah menarik dan bisa dipahami orang lain.

9. Periksa lagi tulisan yang dibuat

Semacam editing, baca berulang untuk memastikan tulisan itu ada nyawanya. Ibarat kamu sedang berbicara pada pembaca

10. Bukan plagiat

Tidak melakukan plagiasi dari karya orang lain. Terlebih saat sudah submit, masih editing. Hmmm, hindari hal itu. Bersikap jujur atas upaya yang telah dikerjakan lebih bagus.

Bagaimana teman-teman, semoga ini jadi reminder sekaligus nasehat bijak untuk menjadi bloger yang jujur, hebat dan tangguh. Salah satunya dengan mengikuti lomba blog secara sportif. Tips jitu menang lomba blog ala Deddy Huang sangat menarik untuk diterapkan.Jangan jadi bloger yang sombong. #NoteToSelf. Yuk ah, sharing disini, apa yang ingin kamu sampaikan setelah baca artikel ini. 




Semoga bermanfaat. 

Related Posts

11 komentar

  1. Betul sekali, mba, tulis submit lalu lupakan, jadi TDK kecewa jika tidak menang. Karena sejatinya dalam setiap tulisan membawa banyak manfaat untuk kita pribadi sebenarnya, jadi mending dinikmati saja prosesnya.

    BalasHapus
  2. Setelah baca artikel ini aku jadi pengin coba deh ikutan lomba blog, tapi kayaknya nunggu blog-nya udah beneran dikit dan bisa sat set sat set nganuin SEO, bisa bikin artikel yang baik dan benar kayak Kak Win ini, xixi, baru deh gas ikutin tips-tips di atas buat jadi pegangan.

    BalasHapus
  3. Wah kebetulan banget ni aku lagi pengen ikut lomba blog tapi masih insecure soalnya blog ku belum bagus banget, makasih buat tipsnya, berguna banget ni

    BalasHapus
  4. Hmm...lomba blog baru segelintir yang kuikuti dan ga ada yg menang. Lebih sering ikut lomba nulis biasa karena lebih simpel, nggak pakai gambar dan nggak pakai seo. Lomba blog lebih rumit dari lomba nulis biasa jadi kadang belum mulai nulis sudah keder duluan hehehe. Terima kasih artikelnya ya...pengen nyoba euy ikut lomba blog juga.

    BalasHapus
  5. Tips dan pemaparannya lengkap sekali. Masyaa Allah..

    Sering-sering update beginian ya kak Windi...

    BalasHapus
  6. ah sudah lama saya tidak ikut lomba blog, padahal waktu memutuskan untuk jadi blogger pengennya ikut banyak lomba. jadi teringat kembali karena tulisan ini, terimakasih tips nya kak

    BalasHapus
  7. mantap kali memang mas dedi huang tuuuh... terutama dalam menulis story telling wah paling jagonya deh... harus banyak menggali ilmu dan wawasan dari bloger seperti beliau ya

    BalasHapus
  8. aku ijin bookmark artikelnya ya kakak, kemarin aku ikut talks nya tapi gak sampai tamat karena ada keperluan diluar. what a words banget ya petuah koh Dedy, aplagi bagian : Jadi bloger dengan versi terbaik. uuhhhh

    BalasHapus
  9. Sudah lama tidak ikut lomba blog. Tulisan ini membuat jadi semangat untuk ikut lomba lagi. Terima kasih untuk tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
  10. Jadi pengen ikut lomba. Kapan yaaa??? Kapan kapan kaliiiiii..... Hadeuhhh kapan yaa ikut lomba. Sekalinya menang gituuu.

    BalasHapus
  11. Wow...keren mb windi bisa belajar bareng sang juara. Makasih ya dah bikin info berharga kayak gini

    BalasHapus

Posting Komentar