Ganti Judul dan ALt sendiri

Waspada Penipuan! Ini Tips agar Terhindar dari Penipuan Digital Banking

11 komentar





sumber gambar : www.istockphoto.com

Kehadiran digital banking di era modern ini memang sangat mempermudah kita sebagai nasabah. Transaksi jadi jauh lebih mudah dan cepat bisa dilakukan dari mana saja. Namun, kamu harus selalu berhati-hati saat menggunakan berbagai layanan dari perbankan digital ini agar terhindar dari tindak penipuan yang merugikan.
Tips Terhindar Penipuan Digital Banking

Pada dasarnya perbankan digital hadir untuk memberi kemudahan transaksi. Namun, jangan sampai terlena dengan berbagai kemudahan tersebut sampai kamu tidak berhati-hati.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari tindak penipuan perbankan digital:

1.Lindungi Data Pribadi

Tips pertama ini sekaligus menjadi prinsip penting dalam menggunakan digital banking. Selalu lindungi data pribadimu. Jangan pernah membagikan password maupun username aplikasimu kepada siapapun. Termasuk kode OTP atau mobile PIN yang biasa digunakan untuk mengakses layanan tertentu.

Penting juga untuk selalu berhati-hati dalam mengisi identitas apapun meskipun berkaitan dengan layanan mobile banking yang kamu pakai. Seringkali ada email atau tautan yang meminta seseorang memasukkan data pribadi mobile banking dengan alasan untuk kebutuhan layanan dari pihak bank. Jangan sembarangan mengisi data seperti ini karena bisa berakibat fatal.

2. Hindari Transaksi Menggunakan Koneksi Publik

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan layanan-layanan dari digital banking lewat koneksi publik atau wifi umum. Jaringan internet di tempat umum sangat rawan untuk diretas. Jauh lebih baik jika kamu mengakses kebutuhan transaksi ini lewat fasilitas internet pribadi.

3. Hapus Data saat Berganti Ponsel

Pastikan kamu selalu menghapus data sampai benar-benar tuntas saat ingin berganti ponsel. Jangan sampai kamu membiarkan data-data pengguna mobile banking atau layanan lainnya di ponsel lama. Lakukan logout dan hapus history pemakaian agar data pribadimu aman.

4. Selalu Logout setelah Transaksi


sumber gambar : www.istockphoto.com


Jika kamu baru saja menyelesaikan transaksi digital banking , pastikan untuk selalu logout. Ini adalah hal yang wajib dilakukan demi keamanan data pribadi. Jika perlu jangan aktifkan menu login otomatis untuk menghindari orang lain masuk mengakses rekening digitalmu.

5. Hati-Hati Transaksi Melalui Tautan Tertentu

Di zaman sekarang ini transaksi memang semakin mudah dilakukan. Kadang kamu hanya perlu masuk ke link tertentu untuk bisa melakukan transaksi. Namun, pastikan kamu berhati-hati sebelum melakukan transaksi dengan link atau tautan tertentu. Pastikan dulu bahwa tautannya aman. Jangan sembarang klik dan akhirnya akun rekening digitalmu dalam kondisi bahaya.
Aman dan Nyaman Bertransaksi dengan PermataMobile X

Kamu bisa merasa lebih aman transaksi menggunakan jika memilih layanan yang tepat. Salah satunya adalah PermataMobile X yang merupakan layanan dari perbankan digital dari PermataBank.

Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh PermataMobile X:

1. Canggih dan Lengkap

Aplikasi mobile banking ini menghadirkan ratusan fitur-fitur yang canggih yang bisa membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan perbankan dengan mudah dan cepat, termasuk cek mutasi melalui layanan digital banking secara online dalam periode waktu 12 bulan terakhir.

2. Praktis

Aplikasi mobile banking yang satu ini sangat praktis untuk digunakan. Lewat satu layar aplikasi saja kamu sudah bisa mengecek banyak akun. Selain itu kamu juga dapat melakukan pembuatan rekening, transfer uang, beli pulsa, bayar tagihan, berinvestasi, mengajukan kartu kredit dan KTA, dan aktivitas lainnya lewat satu aplikasi.

PermataMobile X hadir sebagai layanan dari digital banking yang menawarkan banyak kemudahan.Berikut adalah beberapa jenis transaksi yang mudah untuk dilakukan lewat aplikasi tersebut:
  1. Cek mutasi rekening dengan periode waktu 12 bulan terakhir.
  2. Bayar berbagai jenis tagihan seperti tagihan air, telepon, listrik, internet dan lain-lain.
  3. Isi ulang pulsa, beli token listrik, saldo e-wallet hingga voucher game
  4. Buka akun rekening, buat kartu kredit, berinvestasi hingga pengajuan KTA online.
  5. Layanan dari digital banking ini juga memudahkan penggunanya untuk jual, beli, sekaligus switching reksadana.
  6. Transaksi pakai QR Pay di toko atau merchant khusus.
  7. Tarik tunai praktis tanpa ATM langsung di gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash. Caranya mudah, buka aplikasi lalu klik ‘Menu lainnya’ dan pilih ‘Mobile Cash’ serta klik opsi ‘Indomaret’. Masukkan nomor HP untuk menerima cash code. Serahkan cash code ke kasir untuk tarik uang.
  8. Transfer dana sekaligus kartu ucapan digital menggunakan nomor WhatsApp dengan fitur WhatsApp Gift.
  9. Pengajuan kenaikan limit kartu kredit.
Bagi kamu yang tertarik menikmati aplikasi mobile banking ini, langsung saja ikuti prosedur pendaftaran berikut: Lakukan pengunduhan PermataMobile X di PlayStore atau AppStore.
Masuk ke aplikasi, tekan opsi “Mulai” di laman menu utama.

Segera muncul kolom pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?” klik opsi “Ya” jika kamu sudah terdaftar sebagai nasabah dan punya rekening, sebaliknya klik opsi “Tidak” bagi kamu yang belum punya rekening agar diarahkan ke menu pendaftaran atau pembukaan akun.
Muncul kolom pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?”, klik opsi “Tidak”.

Masukkan pilihan ingin daftar pakai nomor rekening atau kartu kredit.
Lanjutkan pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang tersedia sampai menerima user ID.
Segera lakukan pendaftaran sekarang juga untuk bisa menikmati berbagai fitur yang tersedia. Pastikan kamu bisa memanfaatkan salah satu bentuk layanan dari digital banking ini secara bijaksana. Jika kamu dapat menggunakannya dengan tepat maka fasilitas ini akan memberi banyak keuntungan.

Related Posts

11 komentar

  1. Sekarang kejahatan di dunia digital lebih serem ya mba, tanpa aba-aba lengah sedikit aja bisa kecolongan. Makasi tipsnya yaa mba, izin share juga ke grup keluarga

    BalasHapus
  2. Benar juga ya. Semakin mudah urusan banking pake digital maka kita kudu semakin hati-hati. Karena bisa jadi ada peluang untuk kena penipuan digital banking ya. Terima kasih tipsnya, Kak.

    BalasHapus
  3. Paling sering terjadi saat berganti ponsel. Sebetulnya ga cukup hapus data, tapi harus bener-bener hapus seluruh dengan cara direset. Kembali ke setelan pabrik. Bakal kehapus semua dan ga bisa balik lagi. Trus bagi yang pakai eksternal memory, jangan lupa dicabut, keluarkan dari slotnya. Beberapa orang yang saya kenal, pernah lupa, dan akhirnya pernah akun medsosnya dibobol orang, bener-bener hilang.

    BalasHapus
  4. Jaman sekarang ya penipuan berbasis digital makin merajalela. Kita kudu ekstra hati-hati. Selalu logout setelah menggunkan i banking dan sejenisnya.

    BalasHapus
  5. sekarang memang lagi marak banget ya penipuan lewat wa yang katanya berasal dari bank itu. sebagai nasabah kita harus cermat dalam menanggapi setiap pesan yang masuk ke ponsel kita

    BalasHapus
  6. Wah ini sih harus waspada banget karena sekarang penipuan makin banyak modusnya! Harus memilih bank yang benar2 bisa dipercaya

    BalasHapus
  7. mesti fokus dulu deh klo udh urusan keuangan, aku pernah siwer, lagi riweuh mau ketipu huhu

    BalasHapus
  8. Saya tertarik nih ama Permata Bank. Bisa tarik tunai di Indomart dengan mobile cash. Oh iya kalau di Permata Bank ada yang bebas biaya admin engga tabungannya?

    BalasHapus
  9. Bener banget kudu praktik cara2 di atas ya. Aku masih pakai koneksi publik e kalau di cafe atau resto. Hmm harus log out ya padahal setiap habis transaksi. Noted kak

    BalasHapus
  10. Semog kita gak gegabah juga kalau ada promo menarik buat klik link ini dan itu. Bahaya hikss

    BalasHapus
  11. heeehhh suka serem sama yang ginian nih emang. kita memang harus lebih aware dan gak asal pakai ya kak apa pun itu. semoga terhindar dari segala penipuan T_T

    BalasHapus

Posting Komentar