Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Menggunakan Google Search Console

Tugas kedua dari Bloger Squad yang sedang proses, peserta disuruh menulis artikel cara memasang google search console (GSC) di website pribadinya. Berhubung, saya sudah melalui tahap memasang GSC, pada artikel ini saya akan menceritakan cara menggunakan google search console untuk teman bloger semua. Maupun teman-teman bloger pemula lain yang sedang membutuhkan.

Berdasar materi yang saya simak lewat kelas whastapp, ada beberapa hal yang dibagikan oleh Mbak Jihan, selaku ketua komunitas one day one post periode ini. Kurang lebih sama seperti apa yang dulu pernah saya dapatkan di coaching blogspedia tahun 2021.

Materi ini tu, sama kayak recall Memory. Dan salah satunya buat reminder diri untuk memahami lagi hal penting apa saja yang bisa saya gunakan untuk memahami lebih dalam.

Bismillah, semoga apa yang saya tulis disini bisa dipahami oleh teman bloger dan siapapun yang mampir ke blog saya.

Cara menggunakan google search console

Kita mulai satu persatu, dari apa yang telah dibahas malam itu ya. 

Total Klik

Nampak sangat jelas ada angka yang menunjukkan total klik. Berapa pengunjung yang mengklik artikel kita, disitulah data berbicara. Artinya, user yang mengklik adalah mereka yang melakukan pencarian di google dan menuju ke tautan alias blog kita.

Banyaknya user yang mengklik ke blog kita juga bagus untuk mengetahui performa blog yang kita bangun. 

Total Impression

Kurang lebih begini, Impression itu adalah total dari jumlah url di website kita yang dilihat oleh user (pengguna) dalam melakukan proses pencarian di google.

Average Ctr

Jika teman bloger memperhatikan sebelahnya, ada yang namanya average Ctr. Itu adalah hasil pembagian antara total klik dengan impresi dibagi 100. Nah, semakin besar angkanya itu artinya blog yang teman bloger kelola bagus. 

Artikel yang teman bloger tulis cenderung mendatangkan trafik yang besar. 

panduan mudah memahami isi google search console

Average Position
Adalah rangking rata-rata website URL yang didasarkan pada querynya. Kalau bagian ini, semakin kecil angkanya justru lebih bagus. Pertanda semakin tinggi peringkatnya di bagian search enginennya.

Kemudian, yang dimaksud query itu apa to? semacam keyword yang sering banyak di cari oleh user dari blog yang teman bloger kelola.

panduan mudah memahami isi google search console

Nah, dari data yang ditampilkan google searc consoler kita sebenarnya bisa membantu teman bloger dalam mencari keyword yang sering dicari oleh pengguna. Dan ini ada hal yang berkaitan dengan data pada google analytic.

Nah, kalau dalam Google analytic teman bloger juga bisa melihat data mana pengunjung yang mengklik artikel kita, mana pengunjung yang datang secara sendirinya, mana yang berdasarkan link sebaran atau berdasarkan klik link di media sosial.Semuanha bisa terukur.

Maka dari itu, penting juga dalam menulis untuk menerapkan dasar SEO biar semakin banyak pengguna yang mengklik artikelmu berkat pencarian di google.

Nah, cukup sekian ya teman. Belum cukup (mampu) untuk menyampaikan panjang dan lebar akan hal ini. Semoga berkenan dan bermanfaat





Referensi Pendukung
https://www.windieastuti.com/2021/08/panduan-mudah-google-search-consoler.html




Related Posts

Posting Komentar