Yuk Jualan Online, Bisnis Rumahan Jual Buku Anak Datangkan Cuan

Yuk Jualan Online, Bisnis Rumahan Jual Buku Anak Datangkan Cuan

Daftar Isi

Tempat kecil tidak menjadi penghalang untuk meluaskan bisnis rumahan. Modal kecil, tak menjadi kendala untuk meroketkan omset (pendapatan).

bisnis rumahan

Menjadi saksi perjalanan bagaimana menjalankan bisnis menjual buku anak itu berkembang. Rasa-rasanya, saya turut bangga dengan pencapaiannya. Mbak Fera, ibu muda yang memiliki talenta dan keterampilan dalam mengelola bisnis rumahan. Membuktikan bahwa dedikasinya untuk mengajak para ibu-ibu dekat dengan literasi anak semakin terlihat.

Bisa dicermati dari banyaknya customer yang berdatangan. Semakin banyak orang tua yang membelikan buku anak, itu artinya orang tua juga semakin melek pentingya membacakan buku kepada anak bisa dimulai sejak dini. Lantaran hal itulah, menjadi penjual buku anak bisa menjadi ide bisnis rumahan menjanjikan yang tak lekang oleh waktu.

Menjalankan Bisnis Online dari Sepetak Rumah

Namanya juga sedang merintis, jadi belum ada target pasti setiap bulannya. Apalagi dijalankan secara online. Bisnis rumahan modal kecil ini sedang berproses.

Tenaga tambahan untuk packing buku, pengiriman dan membalas orderan pelanggan dilakukan sendiri. Namun, konsistensi dalam promosi yang benar-benar natural dan tidak menggurui. Apapun yang di upload di media sosial instagramnya menarik perhatian pelanggannya.

Review jujur yang diberikan, bukan sebatas jualan tapi lebih ke memberikan solusi. Tak heran, jika bisnis yang dijalankan dari sepetak rumah ini semakin melesat. Dalam tiga tahun terakhir, telah memiliki 1500 koleksi buku untuk di jual. Ini salah satu kisah nyata, jual buku anak bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan.

Ibu Rumah Tangga Tetap Bisa Berpenghasilan dari Rumah

Secuil perjalanan merintis bisnis rumahan yang dikelola Mbak Fera, sangat menginspirasi. Bisa menjadi bahan referensi untuk menjalankan bisnis ibu rumah tangga yang tetap ingin punya penghasilan dari rumah.

Ada banyak kendala dalam menjalankan bisnis merupakan suatu tantangan. Namun, saat bisnis rumahan modal kecil bisa berkembang besar, akan jauh lebih bermakna ketika bisnis itu tetap jaya. Pelanggan mendapatkan kebermanfaatan, kita sebagai penjual juga merasa senang karena orang membeli barang dari tempat kita. Ada timbal balik yang sama-sama menguntungkan.

Nyatanya, banyak juga kan sekarang. Bisnis yang dijalankan oleh ibu-ibu berdaster mendulang cuan jutaan? Hanya modal gadget dengan support internet bisnis ibu rumah tangga tetap bisa berjalan.

Tips Menjalankan Bisnis Rumahan Sukses Naik Tangga

Berikut beberapa tips yang bisa diamati, tiru dan modifikasi bagi ibu-ibu yang ingin tetap sukses menjalan bisnis rumahan modal kecil, sukses naik tangga

1. Pilih Produk yang Kamu Kuasai

Memilih produk yang dikuasai akan memudahkan dalam menawarkan barang. Kita paham produknya secara detil, sehingga tidak kaku dalam menjual barang. Minimal, ketika ditanya pelanggan kita bisa menjawab dan memberikan kepuasan (solusi) atas produk yang dicari pelanggan. Misal, jualan buku yang seperti Mbak fera lakukan. Karena Mbak fera suka membaca, senang dengan dunia anak, jadi menjual buku sama kayak mengedukasi diri sendiri. Mengajak para ibu melek literasi. Kitanya juga jadi sering bersinggungan dengan buku-buku baru. Double impact. Ini, bisa jadi ide bisnis rumahan kan ?

2. Tentukan Target Market

Bisa dibilang harus banyak belajar kalau menyoal menentukan target market. Bisa bertanya kepada teman dekat, mencari data di internet, mencoba membaca peluang yang sedang banyak diperbincangkan, sehingga kita tahu buku apa yang sedang di cari oleh para customer. Sebab, Mbak Fera ini awalnya jualan buku saja. Lambat laun, juga menjual buku non anak, membuat program-program pendukung seperti pinjam buku gratis, melakukan kegiatan rutin review buku bersama pekerjanya. Hingga mbak Fera bisa bercerita bahwa tim bisnis rumahan yang ia jalankan, ada rasa memiliki. Tidak hanya sebatas membantu menyelesaikan orderan, tapi juga mengedukasi diri sendiri untuk benar-benar menjadi penjual buku yang tahu apa saja aktivitas mencintai buku.

3. Miliki Catatan Pembukuan Penting

Guna merekap data penjualan lengkap, buku catatan menjalankan bisnis wajib di punya. Berisi data penjual, identitas penjual sampai pada banyaknya buku yang terjual akan menjadi memori membanggakan atas pencapaian. Seberapa jauh bisnis ibu rumah tangga bisa naik tangga dan memiliki omset yang luar biasa. Bangga dong, pastinya.

4. Mencari Distributor Terpercaya

Partner bukan saja pekerja yang membantu kita dalam menjalankan bisnis. Distributor yang amanah, adalah bagian dari penunjang kesuksesan jalannya bisnis yang dikelola. Memberikan barang-barang yang original, bagus dan sesuai dengan harapan.

5. Promosi Natural (Soft Selling)

Yang paling saya sukai dari cara promosi Mbak fera dalam menjalankan bisnis jualan bukunya adalah promosi natural. Setiap apa yang diposting, seakan mengajak ngobrol para pembaca. Bahasanya natural, promosi tapi seakan tidak promosi (ngiklan). Memberikan review buku yang menggambarkan isinya, sehingga pelanggan merasa terbantu akan beberapa caption yang diposting di media sosial. Bahkan, sesekali posting curhatan membangun yang itu berkaitan dengan proses/ rangkaian membangun bisnis jualan bukunya.

6. Aktifkan Media Sosial

Media sosial, menjadi salah satu rujukan pelanggan untuk mencari informasi akan suatu produk. Lewat media sosial juga, pelanggan bisa membaca testimoni, product knowledge, cara pemesanan dan pelanggan akan menilai seberapa konsisten penjual membangun personal brandingnya dalam berjualan. Noted ya.

7. Bergabung di e-commerce

Tak menutup mata dan langkah. Bergabung di e-commerce untuk melebarkan sayap dalam membangun bisnis rumahan untuk sekarang, adalah suatu keharusan. Banyak keuntungan yang nantinya akan di dapat. Salah satu contohnya, produk ibu akan lebih dikenal masyarakat luas karena jangkauan online tak memiliki batas.

Yuk Jualan Online di Lazada, e-commerce Nomor 1 Pendukung Bisnis Ibu Rumah Tangga

Lazada terus menunjukkan taringnya. Melalui situs Yuk Jualan Online, ibu-ibu pebisnis jadi punya wadah untuk meningkatkan kapabilitas menaikkan omset. Lebih dari itu, ibu-ibu memiliki relasi lebih luas untuk #NaikKelaz.

bisnis rumahan menjanjikan

Berikut cara jualan di Lazada Melalui situs Yuk Jualan online :
  1. Buka situs resmi https://www.yukjualanonline.com/
  2. Pilih label menu “mulai berjualan” sebelah kanan.
  3. Masukkan nomor handphone/email yang akan didaftarkan. Tunggu kode OTP yang secara otomatis akan terkirim ke nomor whatsapp.
  4. Isikan email/ nomor whatsapp. Sertakan password untuk login berikutnya.
  5. Setelahnya, tinggal melengkapi identitas untuk menjadi seller di Lazada. Mudah kan ?
ide bisnis rumahan

Meski bisnis rumahan dikelola ibu rumah tangga berdasteran, bergabung menjadi seller di Lazada bukan suatu hal yang aneh. Siapapun punya peluang luas untuk #NaikKelaz. Justru ini adalah kesempatan bagus dan sayang jika tidak dimanfaatkan.

Manfaat Menjadi Seller Lazada Melalui Situs Yuk Jualan Online

Menyambut dengan senang hati, apa yang telah dilakukan oleh Lazada group. Berani memberikan fasilitas gratis untuk para pebisnis online meluaskan jaringan dan mengenalkan produknya lebih luas lagi.

bisnis ibu rumah tangga

Banyak cerita inspiratif dari para pebisnis sukses. Ide jualan, dan tips-tips jualan yang bisa kita tiru, amati dan modifikasi. Kelebihan lainnya, ada komunitas para seller Lazada sebagai wadah untuk mendapatkan pengalaman dan wawasan baru.

Benar-benar paket lengkap. Dunia bisnis online terus berkembang, inovasi dan kreativitas dalam mengelola bisnis harus terus ditingkatkan. Jangan sampai ketinggalan up date informasi apa-apa yang berkaitan dengan penunjang bisnis online.

Situs Yuk Jualan Online ini bisa menjadi penghubung sekaligus pembuka jalan rejeki bagi seller (terutama). Bonus relasi iya, ilmu juga meningkat. Meski banyak pebisnis bermunculan, justru dengan adanya kolaborasi yang ditengahi oleh Lazada, para seller akan menuai pengalaman bisnis yang semakin berkelas.

Jika para pebisnis sukses menjalankan bisnisnya, otomatis perekenomian Indonesia akan lebih sejahtera.

Penutup

Bisnis rumahan modal kecil yang dijalankan oleh ibu-ibu tak menutup kemungkinan bisa mendulang kesuksesan yang sama dengan para pebinis profesional lainnya. Yang membedakan hanya soal konsistensi, waktu dan bagaimana cara kita menggiring bisnis yang dirintis sampai pada kebermanfaatan (lebih).

Sekarang, bukan jamannya saling saing-saingan (sikut-sikutan). Justru adanya kolaborasi yang dijembatani oleh Lazada melalui situs Uuk Jualan Online adalah hal yang perlu didukung. Dengan menjadi seller Lazada, bisnis akan semakin #NaikKelaz setara dengan usaha dan upaya kita. Jadi, ibu-ibu mau gabung jadi seller Lazada kapan ?








Referensi Pendukung






























































31 komentar

Comment Author Avatar
22/10/23 05:31 Hapus
Buku anak ini salah satu produk yang diminati ibu2. Cocok dijalankan ibu rumah tangga sebagai bisnis rumahan
Comment Author Avatar
30/10/23 13:06 Hapus
sambil menyelam minum air. Membersamai anak dapet, bisnis rumahan juga bisa jalan
Comment Author Avatar
22/10/23 08:00 Hapus
Soft selling masih bisa diandalkan biar sampai ke masyarakat lebih mengena. Ini jadi kunci yang oke dalam hal berbisnis sih ya
Comment Author Avatar
30/10/23 13:07 Hapus
benar sekali, soft selling salah satu alatpenting yg harus dikuasai pebisnis
Comment Author Avatar
22/10/23 09:25 Hapus
Sebagai ibu rumah tangga setuju banget kalau mau bisnis itu mending yang bisa dilakukan dari rumah. Jadi kewajiban tak terganggu ya. Apalagi kalau dilakukan di e-commerce terpercaya seperti Lazada, jadi setelah pemasaran kita bisa fokus ke hal.lain
Comment Author Avatar
30/10/23 13:08 Hapus
Memanfaatkan Lazada buat memperluas pemasaran produk ya mbak. Bisnis makin mudah dijalankan, apalgi bagi IRT yg nyambi-nyambi...bisa banget
Comment Author Avatar
22/10/23 10:15 Hapus
Setuju banget Mbak Windie
Selama pandemi kemarin, di depan rumah saya ada bisnis rumahan yang justru dapat banyak cuan karena orang cenderung belanja online daripada offline
Comment Author Avatar
28/11/23 23:03 Hapus
belanja online sekarang sudah menjadi kebiasaan ya ambu
Comment Author Avatar
22/10/23 11:42 Hapus
Jadi tertarik juga nih belajar di Lazada, Yuk Jualan Online. Baru kepikir, apakah buku laku ga ya? Soalnya aku bisanya nulis-nulis, blog dan buku. Info dari penerbit, memang yang lagi laris buku anak dan novel sih...Trims info Lazada-nya Mbak...
Comment Author Avatar
28/11/23 23:04 Hapus
insha allah tetap laku mbak, hhhe
Comment Author Avatar
22/10/23 16:28 Hapus
Dengan adanya platform e-commerce zaman sekarang, semoga meningkatkan pula UMKM dan minat bisnis yang bisa dimulai tanpa modal dari rumah. Bersama Lazada, memulai bisnis rumahan bisa semakin greget.
Comment Author Avatar
28/11/23 23:04 Hapus
dunia bisnis harus greget ,hiihi
Comment Author Avatar
23/10/23 23:14 Hapus
Keknya emang harus mulai berpikir gimana caranya jualan tetep jalan mau itu cara offline maupun jualan online ya.
Comment Author Avatar
28/11/23 23:05 Hapus
keduanya harus berjalan beriringan, online oke, offline oke juga
Comment Author Avatar
4/11/23 17:23 Hapus
Senang ya, di zaman sekarang mau buka usaha semakin mudah, karena ada Lazada yang bisa bantu kita untuk membangun usaha online dari rumah menjadi semakin gampang ya, dan jangkauan pasarnya juga jadi semakin luas ya.
Comment Author Avatar
28/11/23 23:06 Hapus
meluaskan jaringan bisnis dengan gabung di yuk jualan online
Comment Author Avatar
4/11/23 18:31 Hapus
whoaaa ini sih cethaarrr bgt.
bisa jualan buku anak secara online

support lazada sungguh luarrr biasa yah
Saya punya tetangga ibu-ibu, berawal dari jualan lemon (segar) - offline dan online - di awal pandemi, berkembang kini jadi agen besar yang ga cuma jual lemon segar tapi juga lemon botolan, cuka apel, gula aren cair, dll...mostly online. Wara-wiri kurir datang dengan paket ratusan dalam sehari. Salut!
Setuju jika bisnis rumahan modal kecil yang dijalankan oleh ibu-ibu tak menutup kemungkinan bisa mendulang kesuksesan yang sama dengan para pebinis profesional. Salut untuk Lazada yang memberikan kesempatan bisnis rumahan berkembang
Comment Author Avatar
4/11/23 20:08 Hapus
Selama manajemen ditangani dengan serius dan professional, usaha rumahan pun saya yakin bisa banyak menghasilkan pendapatan. Yang penting tekun, konsisten, dan mau berjuang sebaik mungkin di jalan halal.
Jadi seller Lazada, banyak keuntungannya ya, bikin cuan juga yang tentunya bermanfaat buat para mamak-mamak, karena bisa menghasilkan uang dari rumah.
Comment Author Avatar
Adi
4/11/23 21:10 Hapus
Lazada emang bukan kaleng-kaleng. Platform sejenis banyak yang tumbang dan keok, tapi Lazada bisa terus survive. Maka saya setuju sih kalo kita bisa coba platform ini untuk usaha online kita. Semangat, mbak!
Comment Author Avatar
5/11/23 06:56 Hapus
Dimulai dari sesuatu yang disenangi ini akan berpotensi memiliki bisnis yang panjang dan inovatif yaa... Rasanya ngiler juga punya bisnis online. Apalagi ada Yuk Jualan Online yang bisa memberikan banyak tutorial di bidang bisnis online.
Comment Author Avatar
5/11/23 13:47 Hapus
Saya lagi berpikir juga untuk menjual barang fisik, tapi masih sebatas jasa titip. Sepertinya bisa mencoba tips dari mbak ini, thanks!
Comment Author Avatar
5/11/23 14:18 Hapus
Memanfaatkan rumah untuk berbisnis jadi lebih mudah, apalagi metodenya dengan cara online dan join bareng Lazada. Jadinya sambil berbisnis sambil belajar juga ya
Comment Author Avatar
5/11/23 14:39 Hapus
Lazada emang membantu banget ya kak dalam pemasaran bisnis rumahan . Gak perlu ribet-ribet tinggal upload aja... Di jaman seperti saat ini memang harus ulet Dan gak boleh gaptek
Comment Author Avatar
5/11/23 15:22 Hapus
Memulai usaha kecil-kecilan memang harus didasari oleh niat dan kemauan dengan konsistensi serta menage yg tepat dari hal kecil bisa menjadi berkembang apalagi era digital kaya sekarang. Perkembangan ecommerce semakin membuka peluang
Ternyata mudah ya, bergabung dengan Lazada?
Mau ah ...
Saya sedang bantu saudara sepupu yang mau jualan online
dan baru tau, ternyata mudah
Comment Author Avatar
28/11/23 23:07 Hapus
semoga makin sukses ya ambu, bisnis tetangganya
Comment Author Avatar
28/11/23 23:08 Hapus
bisnis saudaranya maksudnya :D
Comment Author Avatar
14/11/23 10:09 Hapus
sekarang jadi mudah dan praktis ya untuk jualan. banyak platform yang udah menyediakan jasanya.
Comment Author Avatar
28/11/23 23:07 Hapus
benar koh, tinggal kitanya yang kudu pintar-pintar memanfaatkan peluang tersebut