Ganti Judul dan ALt sendiri

Blogger:Passion Menarik yang Bisa Ditekuni Oleh Siapapun

Sadar nggak sih, kalau kita memilih sesuatu pekerjaan berdasarkan hati nurani bukan mengikuti trend? Maksudnya bagaimana itu ? Melakukan segala sesuatu menurut kemauan dan apa yang kita sukai. Sehingga dalam kondisi apapun kita tetap melakukan aktivitas tersebut sekalipun tidak dibayar. Memang kok ya, berusaha produktif ditengah pandemi itu penting. Mengasah skill dan memanfaatkan Platform yang ada untuk disulap menjadi aktivitas yang mendatangkan cuan. 


Sejak menjadi fulltimemom dengan background dulu wara-wiri, aktif berkegiatan sosial, mengajar dan sekarang harus benar-benar stay dirumah urus suami dan anak yang jarang banget keluar tentu bukan hal mudah untuk beradaptasi. Butuh kesadaran diri dan keikhlasan untuk menerima kondisi. Bukan selama ini tidak ikhlas menjalani, butuh effort keras supaya tidak stress dalam menikmati proses. Yang namanya manusia tetap butuh hiburan kan ya dalam sebagai selingan telah berupaya keras mengemban amanah dengan baik sesuai peran sebagai istri sekaligus ibu? 

Apakah passion itu ?

Nah, salah satu hiburan yang membuat saya merasa bahagia adalah menjadi momblogger ditengah kesibukan menjadi ibu rumah tangga. Tau sendiri kan, IRT sebenarnya sudah punya jadwal padat dalam menyelesaikan pekerjaan. Kenapa menambahi pekerjaan lagi menjadi momblogger ? Namanya juga gemar menjalani aktivitas yang satu ini. Aktivitas yang kita gemari dan akan tetap diupayakan untuk tetap produktif walau bagaimanapun keadaannya. Itulah yang sering disebut sebagai passion. 

Sedikit berbagi cerita tentang passion, how to find it dan bagaimana merawatnya. Sumber utama materi ini saya dapatkan saat mengikuti kelas passion batch 2 yang diadakan oleh the Jannah institute colabs dengan muslimah youth club'. Februari lalu saya ikut webinarnya yang kemudian ada sesi review Class di medsos dan Alhamdulillah saya dapat juara 2. Kelas passion ini saya ikuti secara gratis tanpa bayar seperpun. Tambah lagi dapat merchandise cantik dari Wardah dan human inisiatif selaku supported acaranya. 

How to find your passion?

Mungkin ini akan dialami oleh kaum muda yang masih kebingungan meemukan passion. Atau bahkan usia yang tak lagi muda pun merasa bingung dan jadi orang yang tidak berguna sebab belum tahu hal apa yang menjadikannya passion? Tenang, aku akan berbagi kisah menarik untuk menemukan passion dalam dirimu. Remember, bahwa setiap manusia diberikan kelemahan dan kelebihan dalam diri masing-masing. Tugas kita menerimanya, menjadikan kelebihan dalam diri kita up dan poles sedemikian berharganya ibarat sayuran yang dijual di supermarket. Walau hanya sekedar sayuran tapi kalau dibungkus cantik dan membuat orang menarik tetap saja harganya berkualitas dan itu akan beda banget dengan sayuran yang dijual dipasar. Yang sebenernya sama-sama sayur bayam,misalnya. 

Sama halnya dengan kamu, bisa jadi manusia yang memiliki value menarik dan bisa jadi inspirasi orang. Kalau saya sih, lebih ke niat supaya bisa menebar manfaat ke banyak orang. Nah, bagaimana cara menemukan passion ?



1. Tanya teman dekat

Biasanya teman dekat kita tahu apa saja yang kita gemari. Teman dekat merupakan teman curcolan saat kita merasa jenuh atau mendapati masalah. Sudah pasti larinya ke teman dekat. Tanya saja pendapat mereka, hal apa yang paling kita digemari dan cocok untuk ditekuni sehingga menjadi aktivitas yang produktif. 

2. Cek buku bacaan 

Koleksi buku dirumah bisa dilihat-lihat lagi. Biasanya buku -buku yang ada dirumah adalah buku yang kita sukai sekigus menjadi support sistem dalam kondisi apapun. Kalau saya suka buku motivasi, buku karya sendiri, buku parenting dan buku anak. 

3. Berkomunitas

Berkomunitaslah, aktivitas yang satu ini menjamin banget yang bakalan membuatmu tidak rugi. Manfaat berkomunitas itu banyak banget. Menambah relasi, menambah wawasan, siapa tahu jadi jalan rejeki dalam berkegiatan. Insha Allah 

Jika belum berkomunitas bagaimana ? Cari sesuai minat dan aktif didalamnya. So bergegaslah untuk berkomunitas. 

Setelah menemukan, bagaimana cara merawatnya ? To the poin ya 😃



1. Niatkan segala apa yang dilakukan sebagai pemberat amal kebaikan kita. Kembangkan passion dengan niatan berbagi untuk kebaikan bersama. Bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

2. Sering membaca

Aktivitas satu ini memang tak boleh luput. Untuk memicu diri agar terus bergerak dan berfikir kreatif membaca kondisi agar jadi peluang. Apalagi pandemi begini, sangat berdpak bagi kaum rebahan, atau kaum yang tak kerja tak dapat uang. Berfikir jangka panjang untuk tetap survive dalam menjalan kehidupan.

3. Seringlah menulis dimanapun, terutama di medsos sebagai rekam jejak perjalanan hidup. Yang biasanya mencerminkan siapa orang tersebut. Dengan jujur lho ya. 

4. Siram dan pupuk passion yang sudah ditemukan dengan berkominitas. Sebagai pemantik untuk terus bergerak. Cari mentor dan ikuti kelas yang menunjang passion. Insha Allah strugglenya lebih kerasa daripada kelas gratisan. Bagiku, ilmu itu memang mahal. Kalau tidak diupayakan ya kita bakalan tertinggal jauh dari teman. Walau tak bisa dipungkiri, sayapun senang juga ikut kelas gratisan. Hhe, diseimbangkan lah ya.

5. Ikut event terkait sebagai pengukur kemampuan

6. Be posthink dan jangan lupa bersyukur. Selalu jaga mood

Penting banget, dalam menjaga passion harus punya good mood. Supaya tetap berkarya dalam kondisi apapun. Melakukan kegiatan berfaedah yang bisa memberikan kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain. 

Passion yang menurutku long lasting adalah menjadi blogger. Sejauh ini brand ternama sering mengadakan event menulis yang bisa diikuti oleh para blogger.   Hadiahnya pun nggak kaleng-kaleng. Passion yang bisa ditekuni oleh siapapun ini harus dikuasai oleh siapapun. Dengan menulis, kita punya karya sebagai bukti bahwa kita pernah ada.Kebetulan punya blog dari tahun 2012, belum tahu ilmunya. Setelah mendalami dengan ikut kelas berbayar, step by step menikmati proses dan doakan ya semoga bisa mendatangkan cuan seperti senior blogger yang sekaligus menjadi favorit blogku.  



1. Blog mbak Widyanto Wijayanti

Momblogger lulusan S2 sarjana teknik lingkungan yang karyanya menarik banget bagiku. Ada value unik yang harus dipelajari terus. Beberapa kali memenangkan lomba blog bidang techno. Keren kan?. Designnya bagus-bagus, tulisannya juga perfect banget. Sumber literasinya terpercaya yang menjadikan artikelnya sangat berbobot. www.widyantiwijayanti.com

2. Blog mbak Prita HW

Blog mentorku yang sering kubuka saat butuh inspirasi juga. Tulisannya yang story' telling banget menurutku dan life stylenya yang se-missi membuatku betah baca setiap artikelnya. Secara sering banget nimbrung sari grup belajar dengan beliau. Dan semua kelas yang beliau rintis pun kuikuti semua,insha Allah. www.pritahw.com

Happy blogger Mak 😃

Semoga bermanfaat ya teman-teman 


Windi Astuti
Fulltime mom yang suka menulis

Related Posts

Posting Komentar