Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Mewarnai

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Mewarnai

Daftar Isi

 

meningkatkan kemampuan motorik halus anak

Usia anak masuk 35 bulan, banyak banget yang ingin emak tuliskan disini . Secar belum kesampaian juga mau rutin menulis jurnal anak. Bismillah, sebagai ikhtiar merekam jejak anak diusia 35 bulan ini. Emak ingin menstimulasi motorik halus nak andra melalui aktivitas mewarnai.

 

Bulan Juli (2021) lalu, tepatnya lupa sih. Nak andra baru senang dengan dinosaurus. Mulai dari buku dan film yang dia tonton inginnya dinosaurus. Walaupun karakter tayo, upin-ipin , mobil-mobilan juga disukai.

Seperti kembali menghadapi tantangan anak yang demen nonton TV. Kebetulan juli lalu serumah kena corona. Mau tidak mau agar anak stay dirumah karena memang nggak boleh keluar, jalan satu-satunya kami menyuguhkan kembali film anak-anak yang ada dikomputer.

Slimuran yang lain tetap ada kok, main pasir/ tepung, sepedaan dalam rumh, main pesawat, main sepak bola, mobil-mobilanpun tetap muter itu saja permainannya.

Saya tidak ada target khusus memang ketika anak bertambah usianya. Berusaha memberikan stimulasi terbaik sebagai bekal anak menghadapi dunia sekolah, berinteraksi dengan temannya, dan punya rasa percaya diri dalam diri.

Wktu masih bayi dari usia 0 bulan- 10 bulan nak andra didampingi pengasuh. Saya kerja dan jauh dari suami. Sejak kecil terbisa selalu ada teman bermain disetiap waktu, sekarng saat saya fulltime dirumah dari tahun 2019 (juni) sampai juni 2021 yang selalu berkomunikasi dengannya ya emak bapaknye dan tetngga sekitar.

Apalagi pas awal corona ada di Indonesia, nak andra tkut dengan orang baru. Responnya selalu menunjukkan rasa takut. Karena sayapun nggak pernah kemana-mana. Jauh dari saudara dn orangtua.

Usia dua tahunn kalu nggak salah, nak andra mulai berani main sendiri ke rumah tetangga dengan teman sebayanya. Saya nggak perlu lagi mengikutinya. Terkadang masih minta ditemani sih, namun sudah ada perkembangan.

Sejak kecil, saat nak andra bisa diajak bermain di lebih cenderung suka permainan yang mengarah ke asah motorik kasar . Seperti main pasir diluar rumah, plosodan, kejar-kejaran, main sepakbola dua jam non stop. Bahkan kalau booring begitu mengjk saya jaln-jalan keluar. Ke sawah, ke daerah terdekat ambil suasana baru dn mengajk nak andra bermain disana.Karena sejak januari 2021 sampai juni 2021 komputer rusak, motor masih satu jadi cara terbaik menghibur kebosanan dirumah saja ya dengan keluar jalan kaki.

Pernah waktu itu jalan 5 km demi menunjukkan nak andra gambar hewan laut yang ad di tembok sekoklah paud terdekat sambil mainan plosotan dan bermain sepuasnya disana.

Sebelum puasa bulan mei 2021, suami membeli motor baru. Karena juni saya sudh mulai masuk kerja disekolah. Saat itu, sering banget nak andra mengajak saya buat jalan-jalan naik motor sepuasnyaa. Kalau bosan begitu, jalan kaki nyari tempat terdekt buat bermain disana. Dan kalau malam nih, ampun deh. Nak andra sering keluyuran dari habis maghrib bahkan sampai jam tidur malam tiba dia enggan pulang kerumah. Ya karena dirumah sudah tidak ada lagi mainan baru dan slimuran yang buat di betah dirumah. Malampun kalau mau pulang itupun si ayah yang menjemputnya.

Semenjak kena covid (juli 2021) saya nyicil beli mainan baru buat nak andra, sampai sekarang dia malah betah dirumah. Siklus seperti berputar, saat habis baru diterapkan ke anak dengan mudahnya bisa membuat anak cepat lupa dengan kebiasan sebelumnya yang pernah dilakukan.

Nak andra termasuk ank yng cepat bisa. Diusia 31 bulan kami baru bis memberikan dia sepeda anak. Itupun sepeda tetanga rumah yang mau dibuang Karen sudah punya seped baru. Dimbillan oleh suami, kemudian diperbaiki bagian rodanya. Tak lama, diapun bisa mengayuh pakai dua kaki dengan bantuan empat roda disepedanya. Semenjak kenal sepedaan, sudah lupa dengan hobinya yang dulu senang min sepak bola.

Yang sedikit buat saya wow di bulan agustus ini adlh, nak andra sudah bisa main sepak bola dengan cara rebutan. Yap, mungkin efek bermain dengan temannya disekolah (daycare) tempat penitipan anak yang semi dengan playgroup. Juni 2021 nak andra mulai saya tarus di daycare. Supaya kemampuannya bersosialisasi semakin berkembang.

Diusia yang memasuki tahun ketiga nak andra, emak ingin mengasah kemampuannya dalam mewarnai. Jujur, dia belum bisa memegang pensil dengan benar. Saya belikan meja dan crayon bulan ini sayapun mendamppinginya mewarnai sembari balapan dan mendorong dia supaya sssaaabar mewarnai Alhamdulillah ada kemajuan mulai dari sini. Meski hasilnya masih amburadul, saya bangga dia bisa mengenal dinosaurus, nama-namanya dan memilih warna yang ingin ia goreskan di gambar tersebut. Masha allah tabarokallah ya nak.

 

 

Posting Komentar