Ganti Judul dan ALt sendiri

Jurnal Tumbuh Kembang Anak Giandra Usia 0-12 Bulan

Alhamdulillah anugerah terindah dalam hidup adalah mendapat kesempatan menjadi seorang ibu. Bisa melahirkan gintle birth seorang bayi laki-laki diusia 27 tahun menjelang 28 tahun sungguh berarti bagiku. Kini, saya mulai merekam jejak perjalanan membersamai tumbuh kembang anak pertama saat usia 0-12 bulan.

jurnal anak

Membuat saya bersyukur, memulai dengan mencatat setiap perjalanan Mas Andra sejak bayi. Dokumentasi itu tercecer di instagram, dan beberapa foto beserta video yang tersimpan manis di PC Komputer. Kini, saya mulai mengumpulkan energi untuk melakukan evaluasi di tahun ketiga kelahiran anak.

Sebelum saya menceritakan penuh perjalanan mas Andra di usia 0-12 bulan, yuk kita pahami terlebih dahulu perkembangan dan pertumbuhan apa yang terjadi pada usia 0-12 bulan anak pada umumnya.

Dilansir dari situs Rumah Sakit JIH, perkembangan dan pertumbuhan adalah dua hal terkait yang tidak bisa dipisahkan. Segala perubahan yang bersifat kuantitatif dan dapat diukur dinamakan pertumbuhan. Baik yang menyangkut ukuran maupun struktur biologis anak.

Sedangkan perubahan yang menyangkut kuantitatif dan kualitatif seperti bertambahnya kemampuan terstruktur dan fungsi tubuh anak dinamakan perkembangan.

tumbuh kembang anak usia 0 - 12 bulan

Arti Nama Giandra Pambudi Prastowo

Dari awal kami menginginkan anak pertama berjenis kelamin laki-laki, Alhamdulillah Allah kabulkan. Mengambil nama Giandra dengan nama panggilan Andra. Harapannya kelak menjadi anak pandai, beretika dan berbudi dalam menjaga kehormatan.

Awal Kelahiran

Lahir disebuah klinik praktek milik salah seorang bidan yang ada di kota Magelang. Dengan BB 3,5 kg dan panjang 49 cm serta lingkar kepala 33 cm tepat pada pukul 16.25 wib.

Sangat amat senang bisa langsung merasakan IMD bersama sang buah hati, dikelilingi kerabat dan saudara dari suami. Dimana, saat itu suami sedang on the way dari Kediri ke Magelang. 

awal kelahiran Mas Giandra

Kami menginap satu malam saja di klinik. Tengah malam hari Mas Andra pup berwarna hijau cenderung kehitaman. Kata bu Bidan itu pengaruh kolostrum yang sudah di nyut.

foto bayi 2018

Tumbuh Kembang  Bayi Usia 0-3 Bulan

evaluasi tumbang bayi 6 bulan

Sebagai ibu yang lahir di generasi millennial, wajib punya rekam kesehatan anak mulai sejak dalam kandungan. Setelah lahir pun sama. Kepekaan indera seorang ibu dibutuhkan untuk merespon segala kebutuhan si bayi karena belum bisa berbicara.

Kenali tanda, bayi terlahir sehat. Yaitu bayi langsung menangis, tubuh bayi kemerahan, bayi bergerak aktif, BB Lhir 2500 gram sampai 4000 gram, dan bayi menyusu dengan sangat kuat

Alhamdulillah, Mas Andra terlahir dengan sangat menyenangkan. Murah senyum dan sangat bisa diajak bekerjasama terutama untuk tidak begadang. Bangun hanya minta nenen setelahnya langsung bobok. 

Di usia 0-3 bulan, ia bisa tersenyum, mengeluarkan ekspresi yang menggemaskan saat pup. Bisa menggerakkan kepala ke kiri dan kekanan. Menggerakkan kaki dan tangan, mengoceh spontan.

Stimulasi yang kami berikan saat itu, menggantungkan benda di atas wajahnya mendengarkan suara lewat murotal, menatap, mengajak berbicara, mengajak bernyanyi, memeluk dan menimang.

Sejak dalam kandungan dan saat masih LDM dengan suami, Mas Andra ini kenyang untuk bunda ajak curhat. Hhhhe. 

Tumbuh Kembang Bayi 4-6 Bulan

tumbang bayi

Menstimulasi Mas Andra untuk bisa tengkurep ini awalnya saya masih takut. Kalau untuk memandikan bayi sejak awal saya masih berani dengan bantuan pengasuh waktu itu, saya mulai terbiasa melakukan sendiri stimulasi itu. 

Bahkan Mas Andra sangat murah senyum terutama kalau di taruh di tempat yang luas dan ada cahaya. Setelah saya masuk dari cuti melahirkan, setiap bulan saya menyisihkan uang buat beli mainan bayi. Termasuk buku bantal dan lain-lain.

Mas Andra bisa tengkurep sendiri tepatnya saya lupa kalau tidak salah diusia empat bulan dia sudah mahir melakukannya sendiri saat melihat perkembangan bisa tengkurep, kasih lihat video ke ayah sungguh membuat kami bahagia.

Mas Andra nampak kelihatan benar-benar gendut itu diusia 3-4 bulan. Saat saya masih cuti melahirkan dia kenyang minum ASI. Masha Allah, Tabarokalloh ya nak.

Tumbuh Kembang Anak Giandra 6-9 Bulan

foto anak usia 12 bulan

Awal MPASI Mas Andra sempat mengalami diare. Karena kesalahan saya, membuatkan kaldu daging sapi dan saya berikan ke dia ternyata perutnya kurang bersahabat. Awal MPASI mas Andra belum bisa duduk tegak. Sebab itu saat dengan pengasuh di jam makan di dibiasakan digendong. 

Ini yang agak berat di saya. Tiap libur kerja, saya harus nyuapi Mas Andra sambil keliling mencari hiburan. Melihat kambing, burung, motor yang lewat dll. 

Kekurangan saya waktu itu, kurang menstimulasi Mas Andra untuk belajar mengunyah saat dijam makan dan makan bersama mas Andra. Ini yang jarang sekali saya lakukan. 

Bahkan Mas Andra diusia 8 bulan belum bisa memegang makanan dengan tangannya sendiri. Sempat BB seret dan ada kendala di usia 8 bulan. Saya sakit bahkan sampai opname dan anak harus LDR dengan saya tiga hari. Badan demam naik turun tidak menentu. Kata Dokter, saya terkena ISPA. Pelajaran yang berharga diusia ini.

Mas Andra juga sering ngrok-ngrok di masa bayinya dan ternyata ini hilang dengan sendirinya pokok, suhu tubuh bayi diusahakan hangat. Malam dipakaikan topi dan kaos kaki meskipun dibedong. 

Tumbuh kembang Bayi 9-12 bulan

Diusia ini anak bayi masih mudah untuk distimulasi apapun intinya jadi ibu millenial tidak boleh malas. By the way , ini catatan buat saya pribadi ya. Mas Andra begitu aktif anaknya. Apalagi diusia dia senang merangkak cepat sekali kayak berlari.

Urutan tahapan perkembangan yang dilalui kayaknya urut deh. Dari bisa tengkurap, duduk, merangkak, berdiri, rambatan, berjalan dan berbicara. Yang saya ingat, saat sebelum dia bisa duduk, Mas Andra suka ongkang-ongkang. Posisi kayak start mau lomba lari. Awalnya saya kira mau merangkak dulu, ternyata dia belajar untuk siap duduk. Karena kedua tangannya sudah benar-benar siap menopang badannya.

Saat emak khawatir ada kendala dengan perkembangannya. Biasanya emak curhat sama Mas Andra. “Mas Andra bisa duduk kapan ya ?, saya ajak ngobrol begitu. 

Alhamdulillah, diusia 12 bulan Mas Andra sudah bisa berjalan. Dilanjut bisa ngomong satu dua kata. Di fase ini sebagai emak harus ekstra hat-hati. Karena informasi yang ditangkap anak adalah kata terakhir yang kita ucapkan. 

Dari sejak bayi, Mas Andra tumbuh menjadi anak yang gampang titen. Dan sebagai emak saya harus ekstra hati-hati bahkan sampai sekarang

Dokumentasi dan Evaluasi

dokumentasi  jurnal anak usia 0 sampai 12 bulan

dokumentasi  jurnal anak usia 0 sampai 12 bulan

dokumentasi  jurnal anak usia 0 sampai 12 bulan

dokumentasi  jurnal anak usia 0 sampai 12 bulan

dokumentasi  jurnal anak usia 0 sampai 12 bulan





evaluasi jurnal anak usia 0 sampai 12 bulan







evaluasi jurnal anak usia 0 sampai 12 bulan




Sumber Referensi

Pengalaman Pribadi

https://rs-jih.co.id/readmore/kenali-tahapan-perkembangan-anak-usia-0-12-bulan

Related Posts

Posting Komentar