Tips Belajar Efektif Selama Dirumah Saja

Tips Belajar Efektif Selama Dirumah Saja

Daftar Isi

Sekolah berbasis online atau yang kerab kita sebut sebagai sekolah daring masih menjadi andalan pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sekolah tetap berjalan ditengah wabah pandemi yang tak jelas kapan akan berhenti. Yuk, tetap semangat belajar online demi mewujudkan impian kita. Dan inilah tips belajar efektif selama dirumah saja yang bisa diterapkan oleh pelajar atau mahasiswa tanpa merasa bosan`

tips efektif belajar dirumah
sumber : canva
Tahun ajaran baru 2021/2022 sudah berjalan. Masuk pekan ketiga siswa-siswi diwajibkan belajar dirumah saja. Bukan belajar mandiri, namun tetap ada himbauan dan bimbingan dari para guru` 

Sebagai guru, saya turut prihatin atas kondisi ini. Namun, cara sekolah daring saat ini menjadi solusi apik melihat wabah pandemi yang meningkat setelah lebaran idul fitri. Apapun kondisinya, belajar harus terus ditingkatkan. bukan malah loyo mengikuti kabar keadaaan yang belum tentu jelas kebenarannya.

Sebagai pelajar yang baik dan bertanggung jawab, mengerjakan tugas dari guru sudah menjadi amanah yang harus ditegakkan. Bukan malah dibaikan, atau ditinggalkan. Pembelajaran via daring, sikap siswa yang jujur harus senantiasa diamalkan. Sebagai wujud empaty dan respect terhadap guru, menyampaikan informasi yang jujur sangat berarti.

Setiap guru pun tentu memberikan tugas, tak mungkin melebihi beban siswa dalam mengerjakan. Mengingat banyak mapel, banyak juga  kekurangan belajar daring menjadi tanggung jawab guru untuk tetap memberikan dorongan semangat meskipun secara tidak langsung. 

Punya rasa malas itu wajar, namun jangan terlarut dalam kemalasan. Hingga abai dengan kewajiban. Berikut tips belajar efektif selama dirumah saja yang bisa diamalkan.

Tips Belajar Efektif Selama Dirumah Aja

1. Tanamkan Niat yang Tulus

Sebelum beraktivitas apapun, niat menjadi senjata utama untuk mencapai keberhasilan. Mulai dengan berdoa agar apa yang dilakukan bernilai ibadah sebagai pemberat amal kebaikan. ketika anak belajar dengan sungguh-sungguh, orang tua mengapresiasi rasa bangga pasti terpancar dari dalam diri mereka (orangtua).

Niat yang tulus akan nampak pula dari keseriusan kita belajar. bukan hanya orangtua yang senang, para guru pasti akan bertepuk tangan melihat kebaikan sikap anda.

2. Tanamkan Motivasi yang Kuat dari Dalam Diri Anda

Memang, salah satu sumber motivasi hebat muncul dari orang terdekat. Orangtua, sahabat, teman bahkan orang tersayang. Namun sumber motivasi terkuat itu datangnya dari dalam diri sendiri.

Mengingat kembali jerih payah orangtua mencari rejeki di masa pandemi, mungkin cukup mengingatkan kita dengan kesungguhan mereka.
atau,
Mengingat impian besar kita yang butuh usaha keras agar bisa terwujud, bisa juga menjadi pemantik semangat. 

semua kembali pada diri masing-masing. Mau jalan ditempat atau berlari mengejar mimpi. 

Tetap bersyukur dan berikhtiar dengan usaha keraslah. Hasil biar tuhan yang menentukan.

3. Wujudkan Suasana Belajar Yang Nyaman dan Menyenangkan

Ketika motivasi kuat tertanam dalam diri, suasana belajar yang nyaman bisa jadi alternatif untuk mendukung suasana hati. Soal perut wajib diisi ya. Amunisi tambahan seperti camilan, musik atau ruangan dengan ventilasi sehat bisa juga menjadi pilihan.

kondisi ini tergantung dengan selera masing- masing ya. 

4. Membuat Jadwal Belajar

Salah satu habits nyata yang dilakukan oleh para orang sukses adalah disiplin. Salah satunya disiplin terhadap waktu.

Nah, membuat jadwal belajar sangat efektif untuk membantu diri menikmati proses belajar. Menghindari kelalaian tidak mengerjakan tugas. Selain itu, cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Cukup dengan konsisten melakukan aktivitas belajar sesuai jadwal. Bagaimana, sudah ada gambaran ya, sampai tahap ini?.

Yuk, segera buat list dan jadwal pelajaran dengan tertib. Siapkan buku khusus, atau tulis jadwal beserta list tugas yang sudah dikerjakan. Ditempel di tembok malah lebih bagus. Supaya mudah untuk mengeceknya.

5. Budayakan Untuk Tidak Malu Bertanya


Hari gini malu bertanya?, rugi bro. Alat komunikasi canggih bisa dimanfaatkan dengan baik. Tinggal ketik dan send pesan ke nomor tujuan sudah deh. Tinggal menunggu balasan.

Sebagai pelajar sekolah mengah pertama, harus berani mengemukakan pendapat dengan baik ya. Gunakan bahasa yang sopan, mudah dimengerti agar orang respect dengan apa yang anda sampikan.

Dengan guru mapel yang bersangkutan, wali kelas atau dengan guru pembimbing anda bisa mencurahkan segala kendala belajarmu. Tak perlu sungkan untuk bertannya.

6. Jangan Menunda Tugas yang Diberikan Oleh Guru

Ini yang kerab terjadi. Siswa sering menunda pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru. Kemudahan akses internet bisa kita nikmati dari rumah saja. Asal ada kuota internet sih, heee. Jika terkendala oleh perangkat, bisa konsultasi dengan wali kelas. Insha Allah sekolah pasti membantu.

Jika menunda satu tugas saja yang diberikan oleh guru, akan menambah beban pekerjaan anda selanjutnya. Jika tidak percaya, buktikan saja .

7. Istirahat Yang Cukup


Penting banget mengatur waktu jam isiirahat. Semua oragan tubuh anda punya jam dimana badan harus istirahat penuh. Bukan sambil tidura jemari bergerak main game online.

meski orangtua dan guru tidak memantau secara langsung, kesadaran diri untuk menghargai waktu dan kondisi tubuh sangat dibutuhkan. Apalagi teralu sering di depan gadget juga tidak bagus untuk kesehatan mata.

Belajar disiplin menghargai waktu dan tubuh sendiri ya. Sebagai bentul self love (rasa cinta terhadap diri sendiri)

Cukup sampai disini ya, tips mudah yang bisa diterapkan oleh pelajar atau mahasiswa agar tetap belajar efektif selama dirumah saja.

Semoga bermanfaat, dan selamat menikmati lagu " Kejar Mimpi" by Maudy Ayunda




Materi Tambahan, sebagai bahan renungan   klik disini




Sumber Refrensi

https://stikesbanyuwangi.ac.id/tips-belajar-sehat-dirumah-selama-pandemi-covid-19/

https://youtu.be/zbPt9LkPT4c

https://smpwarga.sch.id/berita/detail/tips-belajar-dirumah-selama-pandemi-corona-covid19

http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/po-content/uploads/Meningkatkan_Motivasi_Belajar_Siswa_pada_Pembelajaran_Online_Akibat_Pandemi_COVID-19.pdf

Posting Komentar