Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri

Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri

Daftar Isi

Tempat wisata dekat dari rumah yang mudah dijangkau dan murah ya Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri. Letaknya strategis dan mudah dicari,  berdekatan dengan SMP N 1 Gampengrejo. 

Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri
dokumentasi pribadi

Jarak tempuh kalau dari rumah kurang lebih 10 menit saja. Sebenarnya, akupun rada penasaran sih kenapa suami mengajak kami kesana?. Apa menariknya coba ? Bendungan, bukan kah hanya lihat saluran irigasi mengalir saja. Terus, nilai lebihnya dimana ?

Cuaca panas kala itu, cukup menyengat dikulit. Yang awalnya tidak tahu mau diajak suami kemana. Wis pokoke ayo. Cuma mendengar slentingan mau ke bendungan sih. Ku kira perjalanannya lama, eh ternyata cuma di gampengrejo yang masih satu kecamatan dengan desa yang kami singgahi. kwkwkw 

Takjub dong, eh ada wisata dekat rumah ternyata. Pas kapan hari itu ditanya teman kerja, akunya belum bisa menjawab. Maklum, nggak pernah jalan jauh jika tidak diajak suami. Bendungan yang dekat rumah saja baru faham pas kemarin tanggal merah, bertepatan pada 20 Oktober 2021 aku dan Andra diajak main kesana.

Main Sepuasnya di Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri

Masuk gapura bertuliskan Bendungan Gerak Waru Turi, ada petugas jaga yang memberikan kartu loket sebagai bukti pengunjung dengan membayar uang sebesar Rp 5000 untuk kendaran  bermotor. Kalau pengunjung dengan berkendara mobil aku kurang faham. 

Niat mereview muncul ketika sudah berada didalam. hhhhe. Setelah bayar, bisa main sepuasnya didalam bendungan. Untuk tempat parkir nyari sendiri sesuai selera, yang penting kendaraan terkunci aman. Setahuku sih belum ada tempat parkir khusus. Karena tempatnya yang begitu luas dan anda sebagai pengunjung baik sendiri maupun membawa pasukan kelaurga tinggal pilih zona mana yang ingin disinggahi. Kecuali tempat tertentu yang ada peringatan memang tidak boleh naik atau duduk disitu.

Kali ertama kami berkunjung kesana, center yang menarik perhatian kami adalah zona bermain berbayar yang cukup banyak peminatnya. Pokok bebas pilih mainan apa saja asal anak suka dan punya uang. Hhhhe. Serius, banyak juga para pedagang yang berjajar di tepi jalan menjual makanan yang ditaruh digeribak mereka.

Arena Bermain di Bendungan Gerak Waru Turi

Jangan khawatir, disana juga ada arena bermain yang tidak berbayar alias gratis. Namun tempatnya berada di bagian belakang dan cukup jauh untuk dijangkau dengan jalan kaki. Biar sampai tujuan dengan aman dan nyaman, baiknya memang memakai kendaran pribadi yang anda punya. 

Arena bermainnya sama persis dengan mainan yang ada di TK atau playgroup. Ada ayunan, plosotan, jungkat-jungkit dan sebagainya. Disebelahnya, ada mainan berbayar seperti naik kereta berjalan, pancing-pancingan, dan sebagainya.

Untuk tempat ibadah adanya mushola. Letaknya berdekatan dengan arena bermaian di bagian belakang (kalau aku menyebutnya). Kamar mandipun demikian. Kalau disana memang harus melihat dengan cermat petunjuk arah, biar tidak nyasar jauh menuju tempat yang ingin anda kunjungi.

Kalau bagian depan, setelah jembatan pertama dari tempat pembayaran loket, hanya dengan tangkapan mata cepat anda akan mendapati keramaian anak-anak beserta orangtuanya menimati permainan seru dan berbayar. Diantaranya adalah :

1. Mobil remote

Permainan yang cukup digemari setiap anak yang sudah bisa mengoperasikan mobil/motor dengan cukup baik. Hanya dengan membayar Rp 15.000,- saja anak anda bisa menimati mobil/motor remote selama 7 menit.

Saat itu aku cukup kesulitan mengatur jalannya mobil yang Andra naiki. Maklum, jarang main game jadi awal-awal nampak kaku saat mengoperasikan remote biar bisa jalan lancar baik kekiri, kekanan, maju maupun mundur.

Ada letugas yang mencatat waktu, dan memberikan arahan kepada pemegang remote agar mobil/motor berjalan dengan baik. Untuk permainan ini bayarnya diawal ya. Mengoperasikan mobil remote selama 15 menit terasa lama. Dan anak juga puas naik mobil remote kala itu.

2. Tembak-Tembakan

Disebelahnya, ada arena bermaina tembak-tembakan. 20 peluru yang anda tembakkan harus ditebus dengan uang senilai Rp 10.000,-. Saat itu Andra tidak mencoba, karena jika dikalkulasi cukup banyak uang yang kami keluarkan hanya untuk membuat senang anak. 

Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri
dokumentasi pribadi

Sebenarnya bagus juga sih permainan ini. Bisa melatih fikus anak agar tepat sasaran menembak sasaran di depan mata.

3. Mewarnai

Mewarnai ini cukup familir dimanapun tempatnya. BAnyak pengunjung juga saat itu. Terutama anak perempuan lebih memilih wewarnai di canvas ringan berwarna putih dimana gambarnya sudah disediakan yang menjual. 

Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri
dokumentasi pribadi

Sekitar Rp 7000 saja anak sudah bisa mewarnai dengan sepuasnya. Namun harga akan berbeda jika hasil karya di bawa pulang beserta pewarna dan perkakaksnya.

4. Game Motorik (Mobil Remote)

Untuk permaianan ini cukup mahal kalau menurutku. Dan cocok buat anak SD kelas 5 ke atas. Bagi anak yang sudah pintar mengoperasikan remote secara mandiri, bisa deh main game motorik ini. Dengan harga Rp !3.000 dan bayar diawal sudah bisa menikmati permaina ini dengan senang.

Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri
dokumentasi pribadi

5. Main Masak-Masakan 

Permaian anak cewek banget kalau ini. Kalau aku sih oke saja pilih arena bermain masak-masakan. Mengasah skill anak mengenal bahan yang ada didapur dan merangsang anak buat senang dengan aktivitas memasak. Sayang, andra tidak tertarik. hheeee

Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri
dokumentasi pribadi

6. Main Balon

Andra malah tertarik dengan maian balon air ini. Harganya Rp 10.000 sudah dpat piring, tongkat dan sabun di botol. Anak bisa main sepuasnya membaut gelembung balon dari sabun bareng ayah dan ibuknya. 

Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri
dokumentasi pribadi

7. Kereta Berjalan

Ini adalah permainan pertama yang andra naiki saat di Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri. Main sepuasnya cukup dengan membayar Rp 5000,- saja. Mainan ini favorirt Andra banget. Murah dan puas.

Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri
dokumentasi pribadi

8. Naik Delman

Moment yang aku rindukan adalah naik delman. Nyeletuk ke suami dan anak yuk naik delman. Kayaknya asyik bisa muter sebentar di area bendungan. Alhamdulillah keturutan, dibayarin pak suami. Sean dong, bisa ambil gambar anak juga saat naik delman.

Maunya sih yang lama ya, berhubung muter satu kali putaran dan naiknya dihitung perorangan, cukup sekali saja deh. Dan naik delman ini aku nggak tahu harus bayar nominalnya berapa. Itung-itung sedekah sama bapake dan si kuda yang dengan baik hati mau diajak kerjasama cari duit.

Sudah cukup menguras kantong, hhhha. Saatnya menggiring anak buat istirahat. Dan waktu juga mendekati siang. Panas begitu terik dan cukup membuat gosong kulit. Kami berteduh di ayunan bawah pohon, nugguin Andra main balon. Tak bertahan lama andra minta es krim. Ya sudah, andra beli dengan si ayah dan aku nuggu sampai tertidur di ayunan. Karena waktu itu aku lagi puasa. 

Tips Berkunjung Aman dan Nyaman di Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri

Tempat berkunjung yang cocok buat keluarga anda. Melapas penat dengan melihat air bendungan yang beigtu deras dan kencang. Karena suara hantaman airnya begitu terdengar jelas. Yang bawa anak kecil harus diawasi dan terus dijaga. Biar tidak lari kemana-mana, apalagi mendekati sumber air yang begitu luas.

Tipsnya biar rekreasi bareng keluarga aman, pastikan :

1. Bawa Bekal Makan Sendiri

Emak tim ngirit kayak aku, lebih baik bawa bekal sendiri termasuk minuman. Sangat bisa hemat budget. 

2. Pilih Baju yang tidak panas

Karena kesananya pas musim puanas, kostum yang nyaman dipakai sangat berpengaruh. Kalau perlu bawa topi dan baju yang menyerap keringat.

3. Bawa Baju Ganti

Disarankan yang membawa anak kecil ini wajib bawa baju ganti deh. Siapa tahu anak main air atau debu tidak akan nampak kotor saat mau balik ke rumah.

4. Pastikan Bawa Uang Yang Cukup

Disana banyak godaan, terutama buat anak yang sudah mengerti main ini dan itu. Orangtua wajib memantau dan mengarahkan dengan baik agar liburan merasa senang dompet tidak terkuras habis buat bayar anak puas bermaian.

5. Membawa Mukena? Baju Bersih

Ini juga tidak kalah penting. Membawa mukena dan baju bersih biar bisa sholat dengan tenang dan kondisi bersih. Apalagi masih corona, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan lebih baik bawa alat sholat sendiri.

6. Bawa Masker ganti

Arena disana memang diwajibkan bermasker. Dan lebih baik membawa masker ganti siapa tahu ada halangan atau kejadian apa yang mengharuskan ganti masker. Bila diperlukan sih. Sebagai emak-emak yang cukup rempong bawaan, hal kecil begini harus dibawa

7. Obat Medis

Tak lupa juga, kalau masih bawa anak kecil, seperti inyak tawon,dll ini penting dibawa. Barangkali anak digigit semut atau apa sudah punya persediaan. Termasuk handsaplast, kapan, betadine, dll. 
Semua barang bawan ini bisa diseleksi berdasar dengan kebutuhan yang paling primer sih. Biar rekreasinya nyaman dan mengesankan. dan bawa alas duduk juga jika memang ingin menikmati makan di dekat bendungan melihat derasnya air yang mengalir.  

Sejarah Bendungan Gerak Waru Turi

Menjadi orang baru, review seperti ini tetap memberikan kepuasan batin bagiku. Apalagi bisa menjelajah tempat baru, byuh hati senang dong. Apalagi perginya bareng suami dan anak. Tambah senang. 

Cukup menelisik dihati, setelah muter cukup lama di bendungan . Saat diakhir perjalanan Andra merengek karena dia ngantuk. Kami ajak menyusuri jalan di sekitar bendungan, cukup membuat tantrumnya menurun. Akupun sudah lemes dan ingin tidur, karena main disana cukup menguras energi. Luas banget wilayahnya.

Kini saat aku mengajak anda memahami lebih mendalam tentang  Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri. Aku sih penasaran dengan sejarahnya ada bendungan segede dan seluas itu. 

Tempat yang cukup mudah dijangkau ini bisa diakses melalui jalur dari arah barat dan timur. Dilansir dari situs resmi Kabupaten Kediri, anda yang berada di jalur Kertosono-Kediri bisa mengakses jalan dari pintu sebelah timur yang lokasinya dekat dengan desa gampengrejo kecamatan gampengrejo. 

Kemarin aku lewat pintu timur berarti ya. Kalau lewat pintu barat, anda bisa masuk dalam wilayah desa Jabon Kecamatan Banyakan. Bendungan yang sangat mudah diakses dari pusat kota kediri ini hanya menghabiskan jarak tempuh 20 menit (15km).

Menurut keterangan warga, Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri ini digunakan untuk mengatur pengariran irigasi buat persawahan terdekat. Dan juga sebagai pengontrol debit air yang mengalir dari Mojokerto sampai Surabaya. 

Masha allah, aku saja lihatnya senang saat ada beberapa warga yang nyemplung disitu. Entah mereka pada ngapain, saat kutangkap aktivitas mereka dari kejauhan. Panjang Bendungan Gerak Waru Turi ini sekitar 1509,80 meter dengan lebar 74,50 meter. Bendungan itu sangat bisa dilewati kendaraan, namun sudah dilaarm bahwa disitu bukan jalan umum. Sehingga jelas jika jamoperasional dekat bendunganpun dibatasi dari pukul 06.00 sampai 18.00.

Sering melewati kali Brantas saja sudah aduhai, betapa banyaknya air yang tertampung disana. Dengan adanya Bendungan Gerak Waru Turi menjadi tempat saluran irigasi air yang mengalir dari sungai Brantas. 

Tak akan kehabisan tempat wisata deh kalau main ke Kediri. Ada banyak destinasi lain yang belum ku kunjungi. Review jujur main ke Bendungan Gerak Waru Turi, Gampengrejo Kediri semoga bisa jadi referensi anda buat main ke bendungan. 

Tempat rekreasi murah dan terjangkau. Sekaligus mengingat nikmat Tuhan yang diberikan dengan melhatnya banyaknya air dan banyak juga arena bermain yang bisa menjadi tempat melepas penat bersama kelaurga tercinta.



Sumber Referensi :
Pengalaman pribadi
Foto : Dokumentasi pribadi
















Posting Komentar