√Viral ! Raih 30 Juta Pertama Dari Blog

Viral ! Raih 30 Juta Pertama Dari Blog

13 komentar

Apalah aku, yang setiap kali punya permintaan selalu berdoa terlebih dahulu. Mau bertemu didunia nyata juga tidak mungkin. Dapat kesempatan bertemu virtual dengan sosok bloger inspiratif, aku tak menolak dong. hhhe

Raih 30 juta pertama dari blog

Begini,

Tahun ini aku punya resolusi dadakan. Walau tidak tertulis di jurnal, harapan kuat ingin bertemu dengannya sangat amat menjadi-jadi. Mereka sosok bloger isnpiratif yang cukup membuat hati teriming-iming ingin meniru jejaknya. 

Produktivitasnya, personal brandingnya, dan mampu membuktikan menghasilkan uang jutaan hanya dengan nulis. Keren nggk tuh? banget.

Terimakasih kuucapkan kepada Mbak Jihan, Mbak Safira dan Mas Rozaq yang telah berbaik hati berbagi ilmu bagaimana caranya raih 30 juta pertama dari blog?.

Aku yang awalnya masih tidak percaya, ternyata ada ya yang bisa mencapai angka 30 juta hanya modal nulis. kalau menurutku sih wow banget. Jujur, aku belum pernah. 

Empat Nasehat, Untuk Raih 30 Juta Pertama Dari Blog ?

Pertama, short course gratis ini disampaikan oleh Mbak Shafira. Bloger berniche parenting yang sudah membuktikan segala pencapaiannya mendapat cuan dari ngeblog. Ini dia, empat nasehat beliau yang bisa kuambil benang merahnya :

1. Bangun personal branding dengan kuat

beri tahu ke semua orang , bahwa anda adalah seorang bloger. Tanam link blog di media sosial, dan share link artikel tiap kali tayang.

2. Sering Update tulisan

Mengaku bloger harus rajin posting dong. Ibarat rumah jika tidak diisi perabot rumah tangga, tak nampak etis untuk dipandang. Biar tulisan menjadi senjata ampuh, pembaca mengenal siapa diri anda.

3. Buat Profil keren di Situs Tertentu

Seperti linkedin. Situs penyedia job yang bisa dijangkau oleh masyarakat luas. Bisa ditambahkan sebagai profesi bloger.

4. Menjaga komunikasi yang baik antar bloger, komunitas, advertiser dan siapapun.

Memang kok ya, jika mengaku bloger harus percaya diri. Dan berani melangkah serta terus belajar biar ada pencapaian dan terus meningkat. Termasuk, perih menjalin relasi, komunikasi dengan orang disekitar.

Merasa beruntung bisa berteman secara virtual walau dari media sosial. Dari ini, aku jadi tahu ada kelas gratis yang bisa dinikmati oleh para bloger yang ingin mengikuti jejak mereka raih 30 juta pertama dari blog

Pantang menyerah dan terus mencoba. Bloger bisa jadi pilihan kerjaan meyakinkan untuk masa depan. Nyatanya, Mbak Ji, Mbak Safira dan Mas Rozaq sudah membuktikan. Apalagi di marketplace juga ada beberapa situs penyedia job bagi freelancer seperti Vira.id, RajaBacklink, Sosiago dan Intellifluence.

Perlahan aku mulai praktek dan keluar dari zona nyaman. Meski aku juga ngajar, dan tidak punya laptop, modal bismillah aku mulai sign up di situs yang disebutkan Mbak Shafira. Alhamdulillah, sudah merasakan efeknya bisa apply job situs yang disebutkan diatas.

Kendala lain, kadang aku merasa butuh waktu banyak karena keteteran mengerjakan ini itu. Sangat berbeda jauh dengan pengalaman Mbak Jihan. Yang bisa fokus menulis dengan melimpahkan pekerjaan domestik ke orang lain. Jika aku, ngajar disekolah, main bareng anak, masak, nyuci, nyetrika aku kerjakan semua. Jadi, bisa punya waktu luang dimalam hari dan saat disekolah setelah mengajar.

Tetap bersyukur, masih bisa produktif menulis dengan segala kesibukan yang ada. Kalau Mbak Jihan dulu pernah menyampaikan dalam artikelnyna kurang tidur diawal ngeblog karena memburu ilmu ngeblog, sekarang beliau sudah mendapakan ritme yang pas. Tidur cukup, ngeblog dan main bareng anak semuanya dapat.

Byuh, mbak jadi pengen deh seperti itu. Namun, aku sadar semua itu proses dan aku harus segera berprogress biar semua berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dan impian bisa raih 30 juta pertama dari blog. Aku ingin meniru jejak langkah Mbk Ji. harapanku saat ini, bisa beli laptop dari hasil lomba menang blog dan apply beberapa pekerjaan di marketplace freelancer.

Selain itu, bisa nabung sebagai dana pendidikan anak kelak dewasa nanti. Biar tidak melow, kedua ada materi mbak Jihan soal dasar SEO. Kalau mensoroti artikelnya, sering banget melihat artikel mbak ji ini nangkring di google pencarian paling atas. Kerab mengundang tanda tanya, bagaimana caranya ya?

Seorang Bloger Harus Tahu SEO Dasar 

Barangkali ada yang sudah tahu ? apa alasan seorang bloger harus tahu SEO dasar ? Setiap berita/artikel baru yang kita tulis bisa tersampaikan cepat oleh pembaca. Begitula kira-kira bahasa mudahnya.

Bagaimana caranya ? Pertama, Riset Keyword

Riset keyword ini adalah hal utama, sebelum menulis artikel. Bisa juga memasukkan point' yang akan dibahas ditulisan dengan pencarian yang muncul di Google. 

Kedua, Patokan Keyword yang muncul diartikel 1% dari jumlah kata yang ditulis. Semisal, anda menulis artikel 500 kata, berarti keyword ya harus ada 5 kali. 

Ketiga, Agar memenangkan halaman pertama ? 

Kasih tahu google topik artikel yang anda tulis. Kemudian, cari kata-kata yang sering diketik orang. Kemudian optimasi conten dengan keyword dan permalink. 

Yang kuingat dari apa yang disampaikan mbak Ji, buat 10 paragraf pertama mengulik hati pembaca. Buat keunikan yang bikin pembaca betah ingin menyelesaikan tulisan anda. 

Mulai dari judul, paragraf pertama, paragraf tengah, paragraf akhir, caption foto. Terlalu banyak keyword juga tidak bagus. Hal ini bisa diakali mencari padanan kata dari keyword yang sudah dipilih.

Selain tentang SEO mbak Jihan juga menyuguhkan secara gamblang terkait tips menang lomba blog. Semua dibeberkan diforum.

Mulai dari pahami syarat dan ketentuan lomba, cari tahu siapa penyelenggaranya, pahami sampai benar-benar faham sehingga anda bisa nulis artikel yang unik. Pastikan ada hal yang bisa diambil manfaatnya oleh pembaca.

Sisi lain, Mbak Ji juga menyarankan ditips menang lomba agar mengkaitkan tulisan dengan pengalaman pribadi (jika ada), melakukan riset kecil-kecilan, lengkapi dengan data otentik yang mendukung. Dan yang terakhir, lengkapi design grafis yang menarik. Agar secara visual juga tergambarkan sekaligus menjadi penguat konten. 

Aku cukup tercengang dengan segala hal yang dilakukan Mbak Ji terutama. Benar-benar sosok menyenangkan, kreatif dan gerak cepat dalam belajar. Bahkan beliau aktif di setiap lomba blog yang ada setiap bulannya. Hmm, 

Sebenarnya, materi pertama yang disampaikan Mbak Shafira dan Mbak Ji pada materi kedua ini saling terkait. Dimana output yang hendak dicapai adalah menggapai visitor pengunjung sebanyak-banyaknya. Sehingga traffic blog naik inilah yang menjadi daya nilai jual untuk siapapun yang mau menanam backlink di blog kita. 

Yang kemudian diikuti oleh domain autority, page autority, nilai alexa rendah dan sekawanannya. Sehingga, dimateri ketiga ini dilengkapi dengan materi google adsense dan SEO yang disampaikan Mas Rozak.

Materi ini yang menurutku lama buat mengunyahnya, butuh sering praktek untuk mendapatkan ruh dari short cource gratis yang telah diadakan. Bahwa, Niche blog yang terfokus akan mendatangkan traffic yang lebih bagus dari yang berniche gado-gado alias life style. Saat pembaca membaca artikel di blog kita, yang kemudian mendapati link hidup yang terkait masih relevan dengan artikel sebelumnya sudah pasti pembaca jadi lebih betah baca konten di websitemu. Sehingga besar kemungkinan sangat meninimalisir bounce rate rendah.

Dan dimateri inilah, diajarkan bagaimana mendatangkan traffic dengan sendirinya tanpa harus melakukan blog walking yang membuat mu capek. Kok ini benar banget ya. Hhhe. Dan artikel yang berbasis keywordlah yang akan lebih cepat menarik google mendapatkan traffic jika memang fokus ngeblog ingin mendapatkan cuan dari google adsence. 

Sejauh ini, untuk google adsence masih menjadi pertimbangan, karena secara pribadi aku melihat tampilan blog yang ada iklannya membuat kurang sedap dipandang mata. Tapi, semua balik lagi ke pribadi masing-masing ya, saat ini lebih fokus untuk mendalami ilmu SEO. Agar kualitas artikel semakin baik dari sebelumnya.

Raih 30 Juta Pertama Dari Blog Dengan Paham SEO

Jangan terburu-buru membayangkan cuan yang ingin didapat, pahami SEO dengan benar agar conten semakin berkualitas. Ini dia caranya, sebelum menulis artikel bidik keyword dulu dengan cara Research keyword

Buka laman ubbersuggest. Kemudian klik keyword sebagai contoh ide bisnis. Dilaman tertera ide bisnis rumahan. Dengan volume 5400.  Maksudnya adalah, diperkirakan 5400 orang ada yang mencari dengan keword ide bisnis rumahan. Sedangkan CPCnya harga yang ditaksir biaya perkliknya dihargai 1500. 

Untuk Paid difficult, biasanya orangnya membayar di google agar mesin pencari menampilkan artikelnya. Sedangkan yang SEO difficult ini murni, berkat usaha keras kita search keyword yang disukai google agar muncul di rating teratas pencarian. Jika anda merasa blogmu bisa bersaing dengan website yang sudah muncul duluan dirating teratas, tidk masalah bersaing mengklik SEO difficult yang berwarna merah. Disana persaingan begitu ketat. Untuk SEO difficult berwarna hijau, persaingan cukup mudah dijangkau. So, reasearch keyword ini menjadi langkah penting dalam membidik kata yang hendak kita munculkan di setiap 100 paragraf dalam artikel yang ditulis.

Raih 30 juta pertama dari blog

Poin Kedua, buat artikel pilar dengan kriteria  cari keyword yang punya volume diatas 1000, CPC diatas 5000, dan buat artikel minimal sejumlah 2000 kata yang bisa dibagi menjadi 4 sub bab. Google lebih suka artikel panjang yang memberikan solusi. 

Poin ketiga, Golden Keyword. Keyword pendamping dengan kriteria bervolume 100-300, dengan jumlah kata kurang lebih 500 kata yang mengacu pada sub bab pilar. Sedangkan untuk CPCnya tidak usah dihiraukan. Intinya, kita harus menulis artikel sebanyak 500 kata dengan keyword yang sama namun dengan judul yang berbeda. Dengan tujuan, artikel yang ditulis nanti akan dimasukkan dibacklink artikel sejumlah 2000 kata tadi. 

Cukup mual mengunyah materi ini, hhhe. Agak lebay ya dan itu tandanya kita mulai berfikir dalam. Kata Mas Rozak agak ribet memang, tapi jika sudah terbiasa akan mudah menjalaninya. Melawan rasa malas praktek ini yang harus diperjuangkan.

Cukup sekian deh ya, akupun masih belajar untuk menerapkan ilmu SEO ini. Karena bermimpi bisa raih 30 juta pertama dari blog belum berakhir. Semoga aku dan kamu terus terpantik untuk berproses dan berpogress menjadi bloger yang bisa menghasilkan kualitas tulisan.

Apakah anda juga pengalaman yang sama terkait tujuan ngeblog untuk apa. Barangkali anda sudah pernah mendapati hal yang sama bisa raih 30 juta pertama dari blog? boleh share dikolom komentar.




Related Posts

13 komentar

  1. Wah, terima kasih atas ilmunya kak. Jadi semakin bersemangat untuk terus konsisten menulis blog.

    BalasHapus
  2. Komplit banget mbak, baru tahu aku kalau keyword 10 persen dr jumlah kata. Mantep deh tulisannya.

    BalasHapus
  3. Mudah-mudahan Allah kabul bisa punya laptop yang gres dan oke banget mbak Win

    BalasHapus
  4. So lucky bisa ikut short course blog ini. Semoga kesampaian ya dapat 30 juta and more dari blog

    BalasHapus
  5. Sedang menuju kesana... Yuk optimis aja, jalan menuju 30 juta pertama sudah terlihat. Ilmunya sudah dapat, sekarang tinggal action aja.. Go.. Goo!

    BalasHapus
  6. nasehat no. 2, updare tulisan adalah tantangan terbesar blogger, khususnya yang masih cupu kayak aku. eheheh.. konsisten adalah kunci ya, Mb Win..

    BalasHapus
  7. Lengkappp, Mbak. Riset keyword ini yang butuh waktu ekstra ya, Mbak :3

    BalasHapus
  8. Materinya daging semua, tapi butuh fokus untuk mempraktikkan ilmunya. Nggak papa deh pelan-pelan yang penting jalan dulu, apalagi buat newbie macam aku. Terus semangat ..

    BalasHapus
  9. Keren ya mba bisa ikut kelas ini, karena materinya berbobot semua.. Ilmu dari mba Jihan nih juga perlu banget dicoba.. Semoga next kita bisa mengikuti jejak mereka ya mba :D Aamiin..

    BalasHapus
  10. Makasih byk mba sharingnya, kumplit bgt jadi berasa ikutan shortcourse nya jga..
    Bagian akhir emang bkin pening kepala yaa smoga bsa aku bisa praktekin

    BalasHapus
  11. Semua materi berkaitan ya aslinya hehhehe


    Layak jika judulnya ada "nilai nominal"

    Akupun selalu penasaran untuk bisa belajar lsg sama blogger inspiratif ini. Tapi ini berkahnya kali ya ..dibalik pandemi yg cukup bikin ngeri ternyata ada jalan rezeki buat aku yg jujur sejak resign malah susah kemana2 karena duo balita masya allah

    BalasHapus
  12. kece banget dah kalimat awalnya wwkwkwk bener ya mba fokus cuan tapi tulisan berantakan sama dengan bohong

    BalasHapus
  13. Aku jadi penasaran setahun pertama ngeblog dulu dapat berapa ya.. kayanya nggak nyampe 30juta karena emang bikin blog cuma buat have fun doang :D :D

    Aku tuh sebenarnya paling takut sama kelas yang menjual "blog sebagai mesin uang" .. well, bahkan memang pun bisa... aku tak berani. Karena takut bakal banyak yang semangatnya luruh ketika target nggak tercapai. Padahal kuncinya ya KONSISTEN.

    Konsisten bikin konten berkualitas, konsisten belajar.. yang bahaya itu kalau punya mimpi tinggi tapi nggak do something :)

    BalasHapus

Posting Komentar