Ganti Judul dan ALt sendiri

Upaya Jadi Full Time Bloger

Jadi full time bloger

Bloggerhangout 59. Ya, disini aku melibatkan diri jadi peserta belajar terkait jenjang karir full time bloger bersama Bloggercrony. Komunitas bloger Indonesia yang namanya telah kukenal dari tahun 2021. Sekali ikut event besar virtualnya, jadi nagih untuk ikut acara virtual berikutnya.

Oke, bab ini aku bakal menceritakan sedikit informasi penting dari hasil berburu ikut #Bloggerhangout bersama BCC (sebutan Bloggercrony squad) terkait Jenjang Karir Seorang Bloger. Pernahkah terbersit bahwa full time bloger jadi incaranmu menjadi salah satu profesi impian di masa mendatang ? atau mungkin akan segera kamu wujudkan dalam tiga tahun ini ? . 

Ada beberapa hal yang bisa kamu siapkan secara matang sebelum beneran terjun jadi full time bloger. Mengapa demikian ?, full time bloger itu pendapatannya tidak pasti gaes. Bisa jadi bulan ini dapat cuan banyak melebihi pendapatan kerja kantoran. Bisa juga bulan depannya kosong income. Kalimat itu yang saya rekam dan simpan baik-baik dari penjelasan Imawan Anshari. Narasumber pertama yang mana beliau adalah seorang full time bloger.

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Full Time Bloger?

Full Time Bloger adalah pekerja lepas yang full menopang hidupnya dengan pendapatan 100% dari hasil mengelola blog pribadinya. 

Sejauh mata memandang, banyak kok senior bloger yang memantapkan dirinya menjadi bloger penuh waktu. Urusan pendapatan, mereka berhasil membuktikan bahwa profesi tersebut bisa diandalkan. Asal ada beberapa hal yang kamu siapkan secara matang serta ada beberapa hal yang kamu upayakan untuk menopang profesi tersebut.

Upaya Menjadi Full Time Bloger, Apa Saja Syaratnya ? 

Sebenarnya, terkait syarat ini kembali ke personal masing-masing. Tiap bloger pasti punya ramuan tersendiri untuk mencapai kata mapan dengan penghasilan yang menguntungkan hanya dengan menjadi bloger penuh waktu.

jadi full time bloger

Materi terkait Jenjang Karir Bloger, ini materi kedua yang aku dapatkan dalam seminggu ini. Kalau versi Imawan Anshari, bloger yang telah mengumpulkan jejak prestasi di beberapa ajang lomba blog. Ada tiga hal yang disampaikan pada poin upaya menjadi full time bloger .

1. Join beberapa komunitas bloger

Benar apa kata Kak Anshari, gabung di beberapa komunitas bloger sangat membantu pengembangan dirimu untuk tahu dunia perblogeran yang sebenarnya. Bukan hanya relasi yang bakal kamu dapatkan. Informasi kerjasama, rekomendasi teman untuk join event bahkan ilmu gratis yang bisa buat tambah khasanah skill kamu. Dengan catatan, kamu juga aktif dikomunitas tersebut, sering menyapa atau terlibat aktif dalam sharing. Yang intinya tidak hanya menjadi silent reader di grup whatsapp. Rerata, grup support apapun itu komunitas pasti terhubung dalam media sosial deh. 

2. Join Komunitas / Grup Penyedia Event

Lebih mengerucut lagi, karena grupnya berisi para bloger dari berbagai kalangan. Bloger yang sudah mengantongi kualitas blog dengan keriteria DA/PA/DR bahkan page view yang menjadi syarat kelengkapan lolos ngejob di event terkait biasanya sering masuk nominasi lolos ngejob. Tinggal pinter -pinternya kamu sering pantau grupnya, gercep meresponnya dan pastikan syaratnya kamu penuhi. Sudah deh, ikuti briefnya.

3. Perluas Koneksi

Ini dia, hal penting yang wajib kamu terapkan. Kamu punya previllage bagus, kualitas blogmu juga bagus tapi tidak bisa mengembangkan dirimu ke dunia yang luas sama saja bohong. Bahwa relasi itu penting, koneksi kemanapun kamu terhubung. Semakin luas kamu menempatkan diri, menjemput cuan akan dimudahkan.

Sampai disini, bagaimana perasaanmu? Masih mau lanjut ya, untuk mendapatkan insight terkait menjadi full time bloger?

Oke, terus pantau blog saya karena sesi ini bakal aku ceritakan secara terpisah alias ada beberapa part untuk melengkapi artikel ini. 

Yuk sharing, bagaimana pendapatmu menjadi full time bloger di era digital ini ?

Related Posts

2 komentar

  1. Wahh perjalanan ini ternyata masih panjang. Huhu serasa nemu harta karun baca ini. Thanks ilmunya kak <3

    BalasHapus
  2. Banyak yang berpendapat jadi full time blogger itu enak, mudah dapat cuan, kerja nggak kelihatan. Tapi nyatanya semua itu berproses ya kak, sebagaimana yang disampaikan Kak Anshari. Kalau sebagai blogger nggak ikut komunitas, ikut event, ataupun perluas relasi tentu agak susah ya. Belum lagi otak diajak mikir terus untuk bikin tulisan. Yah, kalau orang jawa bilangnya sawang sinawang.

    BalasHapus

Posting Komentar