Gol A Gong Duta Baca Indonesia

Gol A Gong Duta Baca Indonesia

Daftar Isi

Gol A Gong seorang duta baca Indonesia yang punya bakat menulis. Karya-karyanya sungguh nyata, tak heran jika beberapa dari bukunya di filmkan.

duta baca Indonesia, gol A gong

Tahun 2021-2025 adalah masa keemasan beliau menorehkan semangat dan cintanya dalam bidang literasi untuk masyarakat. Atas segala peluhnya, pada periode tersebut ia diberi amanah menjadi duta baca Indonesia. Wow.

Tak heran, jika karya-karyanya terus menjulang tinggi meski sudah menelurkan ratusan buku tetap saja beliau semakin gagah.

Saat tahu beliau menjadi duta baca Indonesia menggantikan Mbak Najwa Shihab, sontak sayapun kepo akan sosok dibalik nama penulis bertangan satu itu. 

Maklumlah, saya ini penulis cupu yang baru tahun ini benar-benar serius ikut kelasnya walau hanya sebatas zoominar yang diadakan bareng SIP Publishing. 

Saya terpana akan segudang prestasi dan geliatnya menekuni dunia menulis. Oleh sebab itu, disini saya menulis hasil berburu ilmu darinya bahwa menjadi penulis itu harus tekun mempelajari berbagai ilmu kepenulisan.

Kepo nggak, apa yang mau saya ulas untuk menyambung kalimat diatas? Sabar ya, di tulisanku kali ini saya hendak menulis sedikit pengetahuan siapa sih Gol A Gong itu. Next, akan saya tulis juga artikel terkait fiksi mini, materi inti pada zoominar tersebut.

Siapakah Penulis Gol A Gong Itu ? 

Seorang duta baca Indonesia, seorang bapak dari 3 anak dan memiliki seorang istri. Meskipun tangannya yang berfungsi dengan baik hanya satu, jangan remehkan soal karyanya dibidang kepenulisan. Saya jamin, anda belum bisa bersanding dengannya. Apalagi saya . Hahaha

duta baca indonesia
sumber gambar diambil dari screenshot saat sesi berlangsung

Sosok Gol A Gong Waktu Kecil

Cita-cita masa kecilnya ingin menjadi pilot. Tak disangka, namanya menjadi besar dan lebih dikenal sebagai seorang penulis juga seorang atlet.

Begini, ada pengalaman menarik yang dibalut dengan kesedihan pada waktu itu, membuat orangtua si Penulis Balada Si Roy ini harus diamputasi tangan kirinya. Bermula dari kejadian pada 5 Oktober 1974, Gol A Gong jatuh dari pohon. Salah pijat, karena saat itu dibawa di tukang pijet mengalami salah penanganan sehingga harus diambil tindakan medis. Tangan kirinya harus diamputasi.

Mengingat orangtua beliau tak ingin anaknya di caci maki, dibully dan sebagainya Pak G.A Gong dibiasakan mendengarkan dongeng oleh orangtuanya sebelum tidur agar si anak memiliki kesibukan dan ketrampilan khusus sebagai bekal kelak. Dilakukannya secara terus-menerus  sampai dia melahap banyak bacaan hingga besarnya Pak Gol sudah punya habit membaca, beropini sampai dengan menulis.

"Masa-masa membaca genre buku apapaun sudah saya lalui, saatnya kini berkarya dan meluaskan habit", kurang lebih tuturnya begitu. Kebiasaan mencintai buku telah ditularkan oleh orangtuanya secara konsisten. Kini beliaupun menularkan semangat mencintai literasi kepada istri dan buah hatinya. 

Menumbuhkan literasi sejak dini dalam keluarga pun ia lakukan. Daebak ya, keren sekali. Mendengar langsung dari beliau sungguh bikin iri. Semoga sayapun bisa menerapkan apa yang telah disampaikan ke peserta lain juga dengan meniru jejaknya.Aamiin.

Dongeng Kisah Nabi dan Para Penemu dan Juara

Pada intinya, orangtua Pak Gol A G, membekali ilmu sebanyak-banyaknya. Diberikan kunci untuk membangun pondasi kuat ibarat rumah agar berdiri kokoh dengan hiasan yang indah. Tidak hanya akademik saja yang distimulasi, prestasi non akademik juga pernah beliau torehkan.

Tak heran, jika dari banyaknya kisah nabi, dongeng serta buku-buku lain yang disuguhkan ke beliau menuai hasil yang bermanfaat. Nilai-nilai moral dari cerita dongeng turut menyumbang ide dan jadi karakter para tokoh di novel dan cerpen yang ia tulis. Selain ilmu yang didapat, tentu berbagai ketrampilan halus beliau miliki seperti mengemukakan pendapat lewat tulisan, melatih perkembangan kognitif serta meningkatkan kemampuan verbal. 

Selain prestasi menulis, beliau juga atlet favorit pada jamannya. Mewakili atlet lainnya, beliau menyabet medali emas di ajang kejuaraan badminton pada tahun 1985 Tunggal Putra Budiman Poin Cacat, Solo mewakili Kontingen Jawa Barat.

Prestasi membanggakan lainnya, mendapatkan juara kedua se-Banten bersaing dengan atlet berlengan dua pada 1981. Juara badminton PON cacat 1985-1990. ASIAN PARA GAMES juara single, double beregu Solo 1986 dan juara double-beregu Kobe Jepang 1990. 

Duta baca Indonesia

Semangatnya luar biasa ya. Meski dengan keterbatasan beliau totalitas dalam berkompetisi. Pribadi yang kompetitif dan murni atas segala prestasinya beliau dengan mudah bisa keliling Indonesia dan beberapa negara lain yang ada di dunia. Siapa coba, yang tidak mau mengikuti jejaknya? jawab dalam hati ya.

Membaca itu sehat, menulis itu hebat, berkarya lah dengan menulis (Gol A Gong)

Tak salah memilih, Pak Gol dinobatkan sebagai duta baca Indonesia periode 2021-2025. Beliau telah menyampaikan bahwa jadilah penulis hebat, bisa traveling kemanapun berkat menulis. Murni, bersaing di luar melalui kecerdasan kita dalam menulis. Dimana Pak Gol juga telah mencontohkan bisa traveling keliling dunia berkat menulis

gol A Gong


8 komentar

Comment Author Avatar
17/6/22 09:55 Hapus
Saya pun akrab dengan nama Gol A Gong ketika namanya sering wara-wiri menjadi narasumber di Sipp publishing dan sering disebut sebagai duta baca Indonesia.
Salut, dengan kondisi usianya yang tak muda, ia tetap produktif dan menginfluencer masyarakat di bidang literasi
Comment Author Avatar
18/6/22 12:52 Hapus
Akrab dengan nama ini sejak SMP kalau gak salah, zaman masih ada majalah Annida. Tulisan bang Gol A Gong banyak tayang di sana. Dari beliau juga aku belajar menulis lewat karya-karyanya.

Sedang menanti film Balada si Roy tayang, mau menikmati karya Gol A Gong dalam bentuk sinema :)
Comment Author Avatar
18/6/22 13:59 Hapus
Masya Allah, luar biasa sekali beliau ya Mba. Jdi malu sndiri yg diberi nikmat fisik lengkap cma begini2 aja, huhuhu
Makin kenal lekat sama pak Gol A Gong ini. Hebat ya, orangtuanya hebat membentuk habit baik sejak kecil.
Comment Author Avatar
19/6/22 11:44 Hapus
Saya baru baca satu judul karya beliau, Balada Si Roy versi asli sama cetakan barunya. Buku cetakan terbarunya lebih banyak masukin unsur sejarah Serang, Banten. Jadi tahu juga gaya anak-anak muda zaman dulu.
Comment Author Avatar
19/6/22 19:12 Hapus
Idola saya dari zaman remaja nih...suka biru gaya nulisnya dulu.

Ternyata kejadian jatuh ya beliau pas banget hari lahir saya ya...
Meski begitu, bangkit untuk tetap hebat memang keren banget.
Comment Author Avatar
19/6/22 19:53 Hapus
Seorang anak bisa hebat seperti ini memang dr orang tuanya juga ya.. Dibalik fisiknya yg kurang, mreka bisa membesarkan seseorang hebat seperti Gol A Gong ini..
Mengubah kesedihan jd kebahagiaan bgt. Ibu yang luar biasa dan anak yg menyambut ketelatenan ibunya. Ak malah terharu behind storynya. Makin semangat untuk trs berkarya, apalagi dengan keadaan yg mendukung dan lebih sehat :( sebuah reminder