√Tips Membuat Opening Paragraf yang Menarik

Tips Membuat Opening Paragraf yang Menarik

 

membuat opening artikel yang menarik

Materi di OPREC One Day One Post yang kesekian kali (lupa yang ke berapa 😆), tips membuat opening paragraf yang menarik. Disampaikan langsung oleh Maestro ODOP yaitu Kang Heru Amurwabumi.

Meski logatnya yang cukup medhok, soal pengalaman membuat cerpen beliau jagonya. Sepakat sih, kalau materi malam itu layak dipandu olehnya. Apalagi saat baca karyanya yang di publish di Solopos, cerpen yang berjudul Aku Memilih Menjadi Air. Perasaan seperti diaduk-aduk. Aliran rasa perjuangan masing-masing tokoh bisa mengena. Bisa sampai ditahap itu, saya rasa referensi bacaannya banyak pastinya. Pantas, prestasinya juga segudang.

Apalagi dalam menulis opening paragraf, beliau menuturkan ada banyak yang bisa dipelajari dan dipraktekkan untuk berkembang. Menulis opening paragraf yang menarik adalah kunci keberhasilan penulis mengajak pembaca membaca paragraf berikutnya bahkan sampai tuntas.

Spesialnya, materi yang disampaikan ini tak ada dalam materi Bahasa Indonesia yang disampaikan secara teori pakemnya. Itu artinya, Kang Heru memelajarinya dari beberapa penulis yang kemudian beliau tarik garis besarnya ke dalam beberapa poin. Disampaikanlah apa yang telah beliau cermati materi ini diberikan khusus kepada peserta OPREC ODOP Batch 10. 

Ada yang penasaran menulis contoh opening paragraf yang menarik itu kayak apa dan bagaimana ?

Tips Membuat Opening Paragraf yang Menarik Pada Tulisan Fiksi

Kang Heru expertnya kalau menulis cerita bergenre fiksi. Ada tiga poin yang bisa kamu gunakan dalam membuat opening paragraf menarik pada tulisan fiksi.

1. Describing Setting

Biasanya untuk teknik ini menggunakan syarat apa, kemana dan bagaimana dalam menguraikan setting tempat.

2. Dirrect Conflic

Diawal kalimat, penulis menampilkan sebagian puncak konflik yang membuat awal cerita berkesan hot (kalau bahasa saya). Hingga membuat pembaca bertanya dalam hati, ada apa to? kok bisa?. Itu sih bahasa mudahnya. 

3. Playing, Push and Pull

Opsi ketiga ini tidak disarankan oleh Kang Heru, sebab hanya penulis mastah saja yang biasanya mampu membuat opening yang sesuai ketentuan itu. pada intinya, opening ini wajib memainkan pola tarik ukur diawal cerita.

Sampai disini bisa dipahami ya ?, jika belum ayo langsung praktek. Hehehe

Tips Membuat Opening Paragraf yang Menarik Pada Tulisan Non Fiksi

Kalau bagian ini, beliau mengaku bukan bidangnya

Oleh karena itu, pada opening paragraf tulisan non fiksi, beliau menyuguhkan langsung contohnya.

1. Gunakan Perumpamaan

Mudahnya begini, penulis menganalogikan suatu hal atau mengumpamakannya agar pembaca mudah mencerna. Agar menambah daya pikat oleh pembaca. 

2. Sajikan data faktual

Opening paragraf bisa dibuka dengan data valid dari sumber terpercaya untuk membuat pembaca jatuh hati.

Dua poin itu saja sih, yang beliau tularkan ke peserta. Selebihnya ya,latihan dan terus latihan biar bisa membuat opening yang ciamik.

Apa yang Harus Dihindari dalam Membuat Opening Paragraf  ?

Bagian yang saya tulis disini dari hasil pertanyaan teman di WhatsApp Group. Langsung saja ya, bahwa dalam membuat opening paragraf tidak disarankan membukanya dengan dialog. Tidak bagus. Mungkin kamu kalau sedang baca artikel ,buku atau apapun itu apakah pernah menemukan model opening pada paragraf yang demikian ?

Penutup

Menulis itu menyenangkan sebenarnya, asal mau terus belajar dan berbenah menuju perkembangan yang lebih baik. Mustahil jika mau berhasil menulis opening paragraf yang menarik tapi tanpa diiringi usaha dan praktek. Perbanyak membaca artikel yang kamu suka, cermati dan pelajari. Perlahan, berkembangnya tulisanmu akan terasa. Self reminder juga buat saya. Semoga berkenan ya


Berikut Contoh Opening Paragraf, yang sumber materinya saya dapatkan dari OPREC ODOP Batch 10 malam itu. Jangan disalahgunakan ya gambarnya .


tips Membuat Opening Paragraf yang Menarik

tips Membuat Opening Paragraf yang Menarik

tips Membuat Opening Paragraf yang Menarik

tips Membuat Opening Paragraf yang Menarik

tips Membuat Opening Paragraf yang Menarik



Related Posts

4 komentar

  1. Wah, jadi bisa memantapkan pengetahuan tentang materi pembuka paragraf, nih. Keren kak. Ini pertanda keseriusan dalam belajar, hehe. Mengikat ilmu dengan tulisan. Thankyou u catatannya.

    BalasHapus
  2. Serasa semakin diingatkan dengan materi ini, makasih kak

    BalasHapus
  3. Hihi, diingiten lagi materi ini. Makasih kak.
    Aku suka bgt sama materi ini, tapi masih harus belajar buat mengaplikasikan ke tulisan, harus banyak latihan akuu

    BalasHapus
  4. Wah keren nih reviewnya, memudahkan untuk dipelajari hehehe makasih mbak

    BalasHapus

Posting Komentar