√Imajinasi Anak 3 Tahun

Imajinasi Anak 3 Tahun

Jurnal anak Giandra bulan Juni 2022. Yap, kali ini aku mau menulis perkembangan si kecil yang sedang di fase senang bergerak, senang ngomong dan usil. 

Sebagai ibu merasakan banget perkembangan anak macem jet. Begitu cepatnya dia beranjak dewasa hingga ada beberapa perubahan yang membuat saya tertegun. 

Imajinasi Anak 3 Tahun

Imajinasinya Anak 3 Tahun yang Luar Biasa 

Semakin kesini, semakin sadar, si kecil bukan lagi bagi yang di suruh ini itu manut. Mas Andra sudah bisa berpendapat bahkan bisa melakukan penolakan ketika dia tak sepakat. Terlebih melakukan suatu hal karena di perintah. Pas hatinya nggak sreg, ya sudah, jadinya tantrumlah, marah dan sebagainya. 

Disini, sayapun nggak bisa egois apa maunya emak anak harus nurut. Big No! Kemampuan berbahasanya sudah berkembang jauh lebih bagus dari sebelumnya. Bahkan saat dia tak paham maksud suatu hal, dia pasti bertanya . Sebagai contoh "Kenapa Mandi?" , Kenapa Bunda pakai jilbab?, Bunda mau kemana ?.

Kadang hal receh atau hal kecil saja jadi bahan pertanyaan yang buat saya tercengang. Apalagi kalau pas momen baca buku dan nonton TV, dia sering menceritakan kembali apa yang dia dapat 

Diam-diam, Anak Itu Mengamati dan Meniru

Suatu ketika saat kami hendak tidur, seperti biasa tempat tidur kami bersihkan . Yang sebelumnya, mainan berserakan di kasur. Tanpa saya sadari, malam itu saya menggunakan kaki untuk menggeser mainannya. Sedangkan dua tangan saya penuh dengan sendok takar dan obat. 

Kemudian saya duduk sambil membujuk Mas Andra untuk minum obat, karena saat itu memang sedang sakit. 

"Kalau membereskan mainan itu pakai tangan, dan satu-satu bunda, nggak boleh pakai kaki," tegasnya.

"Oh iya Mas Andra, maaf"

Seketika saya langsung minta maaf. Nggak habis pikir, secara tidak langsung mencontohkan yang tidak baik ke anak. Saat itu juga saya sadar, Ya Allah, ini anak begitu cermatnya, batin dalam hati. 

Akhir Bulan Juni, Mas Andra Sakit

Liburan pekan pertama disambut dengan kondisi si kecil yang drop. Pasca main bersama temannya di sore hari dan mungkin hari-hari sebelumnya sering kehujanan ditambah cuaca yang mau beralih ke kemarau Mas Andra sakit bapil disertai demam. "Wah, jangan-jangan radang nih," batinku . Apa karena makan jajan kacang atom Sukro 😆, nggak tahan sama micinnya. 

Saya mencoba mencermati apa penyebabnya, soalnya makan es krim sudah enggak mau sejak Februari 2022. Butuh seminggu untuk dinyatakan benar-benar sembuh.

Mas Andra kalau sakit dan merasa badannya ada yang tidak nyaman dia seringnya tiduran. Tidak banyak gerak dan makannya juga cukup susah. Untungnya, minum obat dia masih mau. Pergi ke dokter juga gampang. Sakit bulan lalu, cukup teratasi dengan baik sebab Mas Andra bisa diajak kerjasama.

Catatan Sekolah Sebelum Libur Kenaikan Kelas 

Mei dan Juni, dua bulan sejak kepindahan daycarenya, Mas Andra masih tetap sama kalau pagi enggak mau mandi. Saya masih kesulitan mengatur jam bangun dan jam tidurnya. Kedua hal ini yang masih cukup sulit dibenahi. So far, terus berusaha briefing ke Mas Andra agar kedepannya semakin tertib. 

Pagi, sebelum berangkat sekolah adalah waktu yang sangat krusial. Dimana saya harus memange semuanya agar aman, tanpa amarah dan menggerutu. Ha-hal kecil itu yang masih terus saya benahi.

Di rumah cuma berdua saja tanpa ART, sungguh managemen waktu yang baik adalah solusi. Sedangkan kerja dari pagi sampai sore dengan harapan sampai rumah bisa istirahat, nyatanya itu hal jarang yang saya rasakan. Noted, semoga Allah mampukan segalanya.

Penutup

Serba-serbi menjadi workingmom adalah tantangan tersendiri bagi saya. I hope, aktivitas bekerja tak mengganggu quality time di rumah, begitu sebaliknya. 

Terimakasih Mas Andra, bunda belajar banyak darimu. Bahwa segala tingkahmu, imajinasinya yang terus berkembang serta bahasa yang kamu gunakan adalah bukti kamu bukan bayi lagi. Dan semoga sounding jauh-jauh hari tentang adik, semoga kami segera diberikan amanah yang kedua ya. Biar rumah jadi ramai 😆😁. Aamiin.

Related Posts

1 komentar

  1. Aakkk gemes banget, tapi kayaknya anak-anak kalau udah wayahnya masa kritis gitu, lagi lucu-kucunya ngga si, Kakk? Walaupun suka bikin nyebelin dan bener-bener menguji emosi, xixi, tapi dari situ kita juga bisa belajar ya, Kak. Semoga Mas Andra bisa bertumbuh menjadi anak soleh dan membawa kebaikan bagi orang banyak, ya, Kakk!

    BalasHapus

Posting Komentar