Internet Mendukung Kreativitas Anak Bangsa Bermain Game Online Sekaligus Hiburan

Internet Mendukung Kreativitas Anak Bangsa Bermain Game Online Sekaligus Hiburan

Daftar Isi

Seorang siswa merasa senang saat di sekolahnya diadakan lomba game online. Bisa berkompetisi melalui hobi yang mereka sukai. Bisa dapat hadiah berupa uang atau piala, katanya. Tergantung yang menyelenggarakan.

Biasanya syarat pertandingan game online ini dilakukan berbentuk kelompok. Terdiri dari 4-5 siswa. Aturan mainnya disesuaikan dengan jenis gamenya.  Dengan catatan, aturan utama untuk semua peserta adalah tidak boleh menggunakan cheat maupun script. Serta harus bermain dengan pemain yang di daftarkan.

eSport, gamers indonesia

Ya, game online sekarang sudah mendapat tempat nyata untuk berkreasi bagi para gamers . Bahkan sejak 2014 , keberadaan game online telah digaungkan menjadi eSport yang layak ditandingkan tingkat nasional maupun internasional. 

Telah resmi diakui oleh FORMI "Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia", game online menjadi eSport yang patut diapresiasi.  Mengandung unsur sportivitas, kompetitif dan berprestasi seperti olahraga lainnya yaitu menembak, memanah dan catur. 

Meski olahraga ini cenderung minim gerak, tetap layak masuk cabang olahraga yang patut untuk dikembangkan. Tak heran, para Pelajar sangat antusias ketika game online ini dilombakan dalam sekolah. Keberadaan eSport semakin menunjukkan eksisnya pun telah menjadi multievent dan diakui di ajang ASEAN GAMES, SEA GAMES dan PON PAPUA

Kabar gembira yang juga disambut meriah oleh para sponsor termasuk penyedia layanan internet. Mengingat Indonesia masuk dalam pasar industri gim terbesar di dunia. Tepatnya, berada di urutan  ketiga menjadi negara dengan pemain game terbanyak setelah Filipina dan Thailand. 

eSport, Gamers

We Are Social mencatat, per Januari 2022 ada sekitar 94,5% pengguna internet dari kalangan usia 16 tahun sampai 64 tahun. Bukan hanya kalangan muda saja yang menggunakan game sebagai hiburan dan ajang berkreasi mengembangkan sebuah hobi. Kemajuan ini juga dimanfaatkan oleh mereka yang sekarang berada di rentang usia 30 keatas sampai 64 tahun untuk ikut andil memanfaatkan internet dengan bijak. 

Ya, menekuni hobi, mendulang prestasi dalam membangun sebuah kompetisi yang sehat dan jalan mencari uang. 

Siapa sih, yang tidak doyan main game ? Bisa dikatakan semua jenjang usia senang dengan main game selama orang itu mengenal perkembangan teknologi. 

Sekarang, tinggal bagaimana mengemas  senjata bermata dua ini bisa jadi kawan bijak yang turut mempengaruhi sumber kehidupan manusia. Game bisa jadi sumber penghasilan jika dimainkan secara bijak dan dilombakan dalam pertandingan eSport memperebutkan piala presiden, misalnya. Bisa juga jadi ajang hiburan untuk mengasah kecermatan, mengasah daya fokus serta problem solving guna menajamkan daya pikir pemain. 

Akan sangat berbeda jika game ini jadi alat yang membuat orang malas, tidak mau bergerak dan hanya berhenti di situ-situ saja tanpa melakukan pengembangan diri. Lama-lama bakal dimakan jaman, hingga tertanam mindset negatif yang terbentuk bahwa game hanyalah merusak mentalitas seseorang. Bahwa game bisa merusak masa depan seseorang. Apakah kedepannya akan demikian ?

Tinggal penggunanya saja bijak tidaknya dalam mengatur semua itu. Oleh sebab itu dalam mencermati suatu hal harus ada bukti dan dasar yang mempengaruhi.

Internetnya Indonesia Mendukung Segala Aktivitas Masyarakatnya dalam Pengembangan eSport

Saat keberadaan eSport telah mendapat sorotan khusus oleh pemerintah, penyedia layanan internet semakin semangat untuk mendukung kelancaran program. PT Telkom salah satunya, penyedia layanan internet yang terus berbenah untuk memberikan layanan terbaik, tercepat dan terdepan guna mendukung segala produktivitas manusia  dimanapun berada.

IndiHome, bagian dari layanan dibawah anak induk PT Telkom Indonesia membuat inovasi berupa LEAD by IndiHome guna mendukung ekosistem eSport semakin maju. Ialah sebuah akademi eSport untuk memberdayakan dan melatih para gamer mencapai pro-player. Harapannya, melalui ajang tersebut muncul pro-player profesional yang siap diajukan ke panggung pertandingan eSport tingkat nasional maupun internasional.

Bukan hanya IndiHome yang memikirkan regenerasi atlet eSport, Telkomsel yang merupakan bagian dari anak induk PT Telkom Indonesia juga ikut andil dan mendukung perkembangan eSport melalui ajang DGA (Dunia Game Award) 2021. 

Telkomsel telah memberikan apresiasi terhadap atlet eSport, gamer, developer game lokal, celebrity gamer termasuk didalamnya ada conten creator. Mereka adalah pelaku ekonomi kreatif yang turut mengambil peluang untuk terus menebar konten dengan dukungan internet.

Manfaat Internet Turut Membantu Pelaku Ekonomi Kreatif Semakin Berkembang

Pelaku ekonomi kreatif ialah mereka yang mampu memanfaatkan kreativitas mereka dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan ide atau memunculkan suatu produk yang bernilai dan dapat diperjualbelikan atau berupa jasa guna menumbuhkan perekonomian. 

Contohnya game online. Pengguna bakal mencari penyedia layanan internet yang mampu mendukung kecepatan akses tanpa menimbulkan gangguan jaringan selama proses nge-game. Hal ini pula yang bakal dimanfaatkan conten creator untuk membuat ide conten atau live streaming supaya orang main ke channelnya memberikan like, subscribe dan kemudian menonton kontennya. 

Dua contoh tersebut tentu memunculkan simbiosis mutualisme yang saling berdampak. Gamer menggunakan layanan internetnya, pun ia bisa mendapatkan cuan dari game yang dimainkan. Hal lain terjadi pada  developer games, semakin banyak games yang menggunakan aplikasi para creator games maka semakin mendatangkan keuntungan bagi mereka . Itulah sebabnya, peluang ini membuat mereka terus berinovasi untuk membuat video game berikutnya agar tetap laku dipasaran.

Terciptalah ekosistem yang sehat, dimana orang berpikir untuk terus mengembangkan kreativitasnya melakukan inovasi baru agar dia tetap eksis di dunia yang telah ditekuni mengikuti perkembangan jaman dan arus teknologi.

Gamers Cilik Ikut Turun Tangan Memanfaatkan Internet sebagai Ajang Hiburan dan Menambah Cuan 

Sebut saja, siswa itu bernama Desta. Adalah gamers lokal yang turut memanfaatkan peluang game online guna mengasah kreativitasnya. Aku menyebutnya gamer karena dia hobi main game. Pagi, siang, sore dan malam selalu ada aktivitas nge-game

game online
main game online bareng

Ayahnya Desta masih saudara dekat dengan kami. Bisa dikatakan, rumahnya adalah tempat yang kami prioritas kan untuk kami kunjungi saat hari libur kerja atau hari besar.

Beberapa kegiatan yang melibatkan internet kerap kami tangkap saat dia bersama teman-temannya main game online secara berkelompok. Kebetulan dirumahnya ada modem internet yang bisa dengan sepuasnya digunakan untuk ngegame. Bahkan adiknya bernama Respati turut keenakan bermain game saat liburan sekolah.

Manfaat Internet, IndiHome
dokumentasi pribadi 

Modem tersebut dipasang lantaran saat pandemi, sekolah dilakukan dari rumah membuat Ayahnya pusing memberikan layanan internet kepada ketiga putranya. Ajik, Desta dan Respati. Sebenarnya kalau dihitung ada empat kepala yang menggunakan internet setiap harinya. Satu lagi yaitu mamanya. Kalau Sabtu dan Ahad, malah bertambah penggunanya. 

IndiHome

Berkat IndiHome, pengeluaran si Ayah nggak membengkak lagi. Ketiga anaknya nggak ada masalah lagi dalam mengakses internet sepuasnya bahkan tanpa batas guna mendukung aktivitas belajar dan mendapatkan hiburan. Manfaat internet telah dirasakan oleh mereka dalam satu keluarga.

Alih-alih saat aku dan suami kesana. Pernah juga terbantu akan kehadiran IndiHome di rumahnya. Saat aku mau pesan tiket kereta api buat balik ke Kediri, IndiHome turut memberikan kelancaran ketika booking tiket secara online. Pada waktu itu paket data internetku habis, lumayan membantu banget mendapatkan akses internet gratis saat main kerumahnya.

IndiHome

Melalui IndiHome pula, tuan rumah kerab memberikan akses internet gratis buat saudara yang membutuhkan saat berkunjung ke rumahnya. Daebak, aku merasakan sendiri bisa mengakses internet lancar saat main kesana. Pasalnya, di Kemaduh (nama kampungnya) untuk akses internet dengan SIM Card aktif yang aku pakai jaringannya lola. 

Internet turut mendukung kreativitas anak dalam membangun  pola pikir cerdas  

Bisa dikatakan, Desta ini punya bakat menjadi pelaku ekonomi kreatif yang lahir dari kreativitasnya memanfaatkan internet. Aku pernah diceritai soal aktivitas tambahannya yang dia lakukan saat pandemi. 

Main tiktok ngumpulin koin biar bisa dapat cuan. Jualan akun game online yang dia poles dengan kualitas layak jual dengan harga mulai Rp 30.000. Lainnya, hanya main shoope bisa dapat cuan. Sampai Mamanya juga diajak bareng buat main di shoope. Aku diceritai saat itu hanya bilang iya-iya saja. Sebab, keingintahuanku belum muncul saat itu. 

Diam-diam, Desta berpotensi untuk menjalankan sebuah bisnis. Internet yang ada di rumahnya dia sulap jadi lahan menjemput rejeki. Sebagian uangnya dia tabung, sebagian lagi buat beli tenda  camping dengan uang hasil jerih payahnya.   

Berkat IndiHome, aktivitas tanpa batas masyarakat Indonesia sangat terbantu. Sebagai contoh problem yang terjadi pada kisah Desta dan orang satu rumah awal pandemi hingga sekarang. Satu modem, tagihan sebulan sekali tapi banyak orang yang bisa menikmati internet sehari-hari.

Hanya IndiHome yang bisa masuk di daerahnya, mengingat tempat tinggalnya cenderung pedesaan yang susah dijangkau oleh signal. Sisi lain, mereka juga pengguna setia kartu Telkomsel. Jaringan telephone dan internet lebih mudah mereka dapatkan dari produk yang dikeluarkan oleh. PT Telkom Indonesia.

Modem yang terpasang rapi di rumah menggunakan paket internet saja. Sebagai pengguna mereka juga diberikan kekuasaan untuk mensetting password sendiri manakala terjadi eror atau lola jaringan. 

Alternatif cepat selain mengadukan keluhan ke call center 123 atau lewat aplikasi My IndiHome, aku pernah mendapati mereka mengakses IP Address yang diberikan petugas kepada pengguna untuk mengecek siapa saja yang menggunakan internetnya .

IndiHome
dokpri, pengguna bisa mengecek siapa saja yang mengakses internet  IndiHome di rumah

Karena sering Desta maupun Respati ajak temannya main ke rumah buat nge-game. Acapkali server jadi lola yang kemudian alternatif pertolongan pertama yang mereka lakukan adalah mengganti kata sandi. Selama pemakaian tidak ada keluhan berat yang mereka alami. 

Jempol empat untuk mengapresiasi gerak cepat Telkom Indonesia dalam merespon segala peluang dan kebutuhan masyarakatnya dalam memanfaatkan internet. IndiHome, salah satu provider dengan teknologi fiber optik yang bisa masuk daerah pelosok agar internet bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat lebih luas.

Soal pelayanan, aku beri bintang lima. Pernah menjajal secara langsung pergi ke Telkom dekat rumah guna mencari informasi pemasangan modem internet di rumah. Customer service melayani dengan sangat baik dan ramah. Memberikan informasi valid tentang IndiHome dan memberikan intervensi kepada calon pelanggan guna mempertimbangkan betul larangan dan kewajiban yang harus ditunaikan oleh  pelanggan.

Bayar tagihan di mudahkan lewat genggaman.  Melalui aplikasi My IndiHome, pelanggan dapat membayar tagihan plus mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan benefit yang memuaskan. Aplikasi yang ternyata bisa diakses oleh non pengguna ini juga bisa digunakan untuk mengecek jaringan fiber optik di daerah yang akan dipasang ini tersedia apa tidak. 

Berkaitan akan hal itu, petugas yang bakal mengecek langsung di tempat. Jika sudah deal pasang minimal setahun, pengguna wajib bayar tagihan sesuai perjanjian yang telah di tentukan. 

Ada pilihan paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Internet plus TV atau internet, TV dan telephone. Bisa juga tambah kecepatan internet maupun upgrade speed internet. Wow, ada banyak pilihan untuk menembus gaya bebasmu bersama IndiHome. 

Sepanjang mendapatkan informasi yang valid dari penggunanya langsung, baik dari kisah yang aku tulis di artikel sebelumnya tentang Mbak Eva yang sangat terbantu menjalankan bisnisnya dengan dukungan IndiHome. Kisah Bu Rini yang terus beradaptasi dan mengupgrade skill dengan dukungan internet sebagai tim guru penggerak dalam proses kreatifnya menanamkan culture guna membentuk SDM unggul, dan gamer cilik yang memiliki potensi menjadi pelaku ekonomi kreatif menjadi catatan penting bagiku bahwa internetnya Indonesia tak lelah-lelahnya terus berinovasi. 

Telkom Indonesia telah menajamkan misinya untuk Indonesia kedepan dengan tekad kuat membangun digital conectivity yang mumpuni, digital service yang excellent dan digital platform yang bisa diandalkan. Juli tepatnya pada tanggal 6 lalu, PT Telkom Indonesia telah mencapai usianya yang ke 57. Jika bukan Telkom yang mendukung digitalisasi nasional di Indonesia untuk menjawab tantangan industri digital , siapa lagi?

Penutup

Kehadiran internet memberikan peluang emas untuk pelaku ekonomi kreatif memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi mengasah kreativitas dan menajamkan indera guna mendapatkan keuntungan. 

Tak sebatas cuan, hiburan, jaringan serta pengalaman untuk mendulang prestasi semakin lebar. Menjadi gamers atau atlit pro-player masa depan bisa jadi impian semua orang. Kamu termasuk pengguna internet yang mana ? 









Referensi 

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/16/jumlah-gamers-indonesia-terbanyak-ketiga-di-dunia

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/05/pendapatan-gim-online-pubg-mobile-terbesar-pada-2021

https://m.merdeka.com/khas/ditarget-jokowi-bisa-tumbuhkan-game-online-wawancara-triawan-munaf.html

https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/olahraga/20220215211706-178-759645/alasan-esports-bisa-jadi-cabang-olahraga/amp

https://aptika.kominfo.go.id/2021/09/pemerintah-dorong-ekosistem-e-sport-lewat-ajang-piala-presiden-2021/

https://www.bola.com/e-sports/read/4724767/demi-mendukung-perkembangan-esport-telkomsel-gelar-dunia-games-award-2021

https://www.google.com/amp/s/www.cnbcindonesia.com/tech/20220107073900-37-305352/game-online-esports-lagi-booming-masa-depannya-cerah/amp

https://indihome.co.id/about-indihome


6 komentar

Comment Author Avatar
Reza Liswara
16/7/22 22:24 Hapus
Aku pengguna internet ala kadarnya hahahahaha. Setelah baca kepikiran kalau internet harus bisa masuk ke pelosok sih untuk memudahkan.
Comment Author Avatar
2/8/22 16:03 Hapus
Alhamdulillah, dengan pemasangan indiHome dirumah yg saat itu hanya dia lah satu"nya yang bisa mencapai lokasi rumah kami yg ada dibukit membuat saya dan kluarga terbantu sekali.. Selain untuk bekerja, hiburan, belajar, bahkan berguna jg untuk menambah cuan nih.. Hihii,,
Comment Author Avatar
3/8/22 16:50 Hapus
Aku malah melarang anak-anakku main game online... Bahaya adiksi dll. Btw, Indihome menyelamatkan isi dompet, emang bener lho... Sejak beralih ke Indihome, pengeluaran untuk biaya internet sekeluarga jadi berkurang drastis...
Game online dan screening time tetap menjadi perhatian saat anak-anak akses internet. Biar stabil, memang harus memilih internet yang tepat seperti IndiHome ini
IndiHome mah emang juara ya internet. Buat gamer online kalau lagi mabar terus internet macet, doh kebayang gabut ya kayak apa. Tapi kalau sudah nyoba IndiHome ga kenal deh internet macet.
Setuju banget IndiHome memberikan kemudahan untuk berbagi. Tapi dampak negatif internet pada game online memang harus diwaspadai juga ya, Mbak