Ganti Judul dan ALt sendiri

Menjadi Pahlawan dengan Al-Qur'an

Enggak nyangka bakalan mendekap buku anak yang berjudul SuperHafidz. Buku boardbook yang ukurannya segede buku LKS pelajar dengan sampul buku yang didominasi warna biru cukup membuat saya terkesima.

Pahlawan, Alquran

Kapan hari itu pernah mbatin ingin buku tersebut, cuma harganya yang buat saya mundur teratur. "Kapan-kapan sajalah, batinku". Ternyata Allah kabulkan lewat perantara kemenangan dalam sebuah challenge membaca nyaring yang diselenggarakan oleh komunitas bunda 1011. Mari kita bongkar pelajaran apa saja yang bisa kita bagikan ke anak melalui buku anak keren ini.

Pahlawan, Alquran

1. Menolong Kakek yang Sedang Mencari Alamat Rumah

Seorang guru memberikan tugas kepada muridnya bahwa besok dalam memperingati hari pahlawan murid-murid disuruh memakai kostum pahlawan menurut versi masing-masing. Hafiz (tokoh utama dalam buku) kebingungan buat pilih kostum saat pulang menuju ke rumah. Sambil jalan sambil mikir. Bahkan membayangkan pahlawan itu seperti apa bagi mereka .

Sambil menatap awan dan mikir sepanjang jalan, Hafiz melihat seorang kakek yang membawa koper sedang kebingungan. Hafiz memantau dari kejauhan. Dia bingung mau bantu kakek itu atau pulang untuk persiapan main bola dengan temannya. 

Hafiz teringat Rasulullah sebagai teladan sebaik-baiknya manusia. Hafiz kemudian mendekati kakek tua dan bertanya."Mau kemana kek"?. "Kakek bingung mencari alamat rumah". Hafiz tahu alamat rumah yang dimaksud, dan mengantar Kakek tua itu ke alamat tersebut. Kakek merasa senang dan menyebutnya pahlawan penyelamat.

2. Dompet Merah

Usai menolong si Kakek, Hafiz pulang. Saat di jalan menemukan dompet berwarna merah berisi uang ratusan ribu. Seketika Hafiz teringat kau dirinya ingin mainan baru. Dia bingung harus bagaimana, di jalanan sepi enggak ada orang satupun. Kesempatan juga jika Hafiz mau ambil isi dompet tersebut. Hafiz teringat ajaran Rasulullah, dia bilang sama ibunya kemudian dibantu menghubungi orang yang kehilangan berdasar tanda pengenal yang ada di dompet. Orangnya merasa lega katanya. Karena ratusan ribu uang di dompet mau digunakan untuk menebus obat buat ibunya yang sakit. "Terimakasih sudah menjadi pahlawan bagi Bu Rini ya nak", ujar ibu Hafiz.

Penutup

Rasulullah mengajarkan, menjadi pahlawan itu enggak perlu kostum yang mewah, enggak perlu pangkat. Siapapun boleh jadi pahlawan. Memberikan bantuan, berani bertindak penuh kejujuran. Maka siapapun bisa menjadi pahlawan. Puisi yang dibacakan oleh Hafiz di depan kelas

Semua temannya bertepuk tangan

Saat membaca nyaring, cukup panjang memang dalam memahami isinya. Namun seru, Kita bisa belajar mengarahkan anak untuk memilih /menebak sikap ala Rasulullah jika dihimpitkan pada dua pilihan yang membingungkan. Pilih urusan pribadi atau urusan banyak orang, katakanlah begitu. Hafiz mencontohkan bahwa dirinya adalah anak yang gemar meneladani teladan Rasulullah dan menerapkan ilmunya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Buku anak yang rekomended untuk memberikan stimulasi tentang ajaran Rasulullah memaknai pahlawan menurut Islam. 



Judul Buku : SuperHafidz Menjadi Pahlawan dengan Al-Qur'an

Penulis : Melinda Nurimannisa

Ilustrator : Nana Herawati

Penerbit : Alkindikids

Related Posts

1 komentar

  1. Hal-hal itu sekarang sudah jarang ditemukan, padah amat mudah, tetapi maknanya amat berarti, belum lagi pahala kebakaikan dari hal tersebut. Buku ini bagus banget, ya, apalagi sasarannya untuk anak-anak sebagai bahan pembelajar. Konflik yang dihadirkan juga amat relate sama kehidupan saat ini zehingga kita bisa dengan mudah mengambil amanatnya.

    BalasHapus

Posting Komentar