Tips Menjadi Voice Over Talent Ala Mbak Floweria

Tips Menjadi Voice Over Talent Ala Mbak Floweria

Daftar Isi

Dunia Voice Over terus berkembang hlo, bahkan profesi satu ini membuat banyak orang  ingin tahu bagaimana resepnya jadi voice over profesional. Termasuk saya 🤭

Melihat perkembangan media digital, semakin kesini cara promosi penyedia layanan iklan enggak melulu menggunakan gambar saja Bahkan suguhan video iklan dengan backsound voice over talent lebih menarik untuk di dengarkan. Aku sih iyes.

Apakah kamu termasuk orang yang mupeng banget ingin menekuni dunia voice over ? Tossss. Sebelumnya aku sudah menuliskan apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi VO. 

voice over talent

Kali ini yang aku tuliskan bakalan lebih keren lagi sebab berkaitan dengan tips menjadi voice over talent yang aku dapatkan langsung dari Mbak Floweria R.P. 

Beliau seorang VO talent yang sudah pro,  melalang buana dengan berbagai pengalaman termasuk VO dengan selain bahasa Indonesia. Pun telah berpengalaman menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan.

Tips menjadi Voice Over Talent ala Mbak Floweria:

1.Buat sample VO suara profesional dengan kualitas terbaik.

Harus sering-sering buat sample VO suara sendiri. Biar personal branding semakin uhuy. Bila dilakukan secara konsisten bakalan menarik perhatian para agen.

Pernah aku kepoin voice over senior, emang beneran mereka dengan konsisten melakukan personal branding di media sosialnya. Keren abizzzz, membuat aku terkesima akan cemerlangnya suara mereka.

Sangat bisa dibedakan, mana yang sudah terlatih dan profesional. 

2. Mendistribusikan sample VO ke Agency, platform dan branding melalui sosmed yang kamu kelola.

Masih berlanjut dengan point yang pertama, ketika sudah percaya diri memperlihatkan kemampuan diri di media sosial dengan mengupload VO terbaik, bisa juga kirim ke Agency dan beberapa platform penyedia jasa VO. Siapa tahu nyantol.

3. Berkomunitaslah dengan sesama VO Talent

Berkomunitas ini penting banget, akan ada banyak ilmu , info job dan menambah relasi. Berusaha aktif di dalamnya supaya enggak ketinggalan info terkini.

4. Kembangkan skill mulai dari membaca, merekam sampai talent produksi. 

Sebagai pemula harus ada pengorbanan banget mulai dari membaca, merekam hingga bisa go talent produksi. Aku belum pernah dapat job VO, tapi pernah belajar dikit. Saat mengerjakan tugasnya buat take banyak kali bahkan sampai memenuhi galeri.

Jam terbang sangat berpengaruh ya, mengingat kebiasaan membaca, merekam ini perlu latihan banget. Semakin sering, semakin lihai.

5. Mengikuti pelatihan VO Talent

Mengikuti pelatihan VO akan memperkaya wawasan, pengalaman dan meningkatkan kualitas tentunya. Menjadwalkan secara berkala ikut kelas guna meningkatkan skill sangat bagus. Menambah portofolio juga untuk menambah trusted ke perusahaan maupun agency

6. Buatlah studio rekaman anda

Bisa dikatakan, alat penunjang seperti microfon dan seperangkatnya setidaknya punya sendiri ya. Buat menunjang profesi yang lebih pro lagi. Bisa bertahap juga belinya, kecuali kalau punya modal dan memang konsen untuk menekuni dunia VO. Kalau macam aku yang hanya pentas saat membacakan cerita ke anak, pakai handphone sudah cukup. 

Bagaimana teman-teman, tidak mudah dan juga tidak susah bukan ? Berikutnya, setelah mengetahui tipsnya, perlu kamu tahu bahwa VO ini semakin mendapatkan pasar. Jika kamu tahu fungsinya, saat ada kesempatan boleh juga mengasah kemampuan atau melebarkan sayap menekuni dunia VO. Siapapun bisa kok.

Fungsi VO Talent 

Komunitas voice over talent ini cukup besar, bahkan KVDI, salah satu komunitas voice over dan dubber sudah semakin berkembang. Di Facebook ada grupnya, siapapun boleh gabung asal joinnya sesuai syarat dan ketentuan. 

Nah, lahir dari situlah voice over terus naik puncak eksistensinya. Mengingat, semakin lama masyarakat juga melek akan profesi voice over. Yang aku tahu, banyak juga member yang terlibat di dalamnya merupakan VO talent yang sudah pro maupun yang masih pemula dan beragam deh, pokoknya. 

Voice Over ini keberadaannya sangat membantu para perusahaan yang memiliki produk buat diiklankan ke masyarakat dengan cara dan gaya yang lebih menarik. Oleh sebab itu, penting kamu ketahui bahwa VO memiliki fungsi penting ,diantaranya :

1. Sebagai promosi

Memberikan informasi tentang produk atau layanan. Ibaratnya begini, ketika perusahaan ingin menginformasikan akan kemanfaatan produk maupun layanan, jika didukung dengan voice over yang menarik, pasti bakalan menarik peminat. 

2. Menguatkan karakter

Mengisi suara dialog dalam film atau serial animasi. Ketika VO bisa memainkan berbagai bentuk suara ini itu, karakter suatu produk atau layanan akan semakin kentara. Dibantu penjelasan sebuah suara yang menambah ketertarikan. 

3. Fungsi jurnalistik

Memberi penjelasan pada berita yang ditayangkan. Banyak ya, fungsi VO ini, bisa menambah pengetahuan masyarakat dari berita yang ditayangkan. Kalau suara VOnya empun, enak didengar dan membuat antusias , orang bakalan mengulang hal sama untuk mendengarkan berita dengan pembawa acara yang ditunggu-tunggu.

Skill Voice Over Talent

Adapun skill yang harus kamu kuasai agar kemampuanmu terus bertambah dan semakin terasah, maka beberapa poin dibawah ini bisa kamu penuhi.

1. Memilih Pelafalan yang jelas

2. Memahami tempo ketika berbicara

3. Memiliki intonasi dan penekanan yang tepat

Mampu melakukan karakterisasi suara

4. Fast respon dalam berkomunikasi dengan talent.

Dalam tulisan ini masih banyak kekurangan , karena akulunt pemula banget. Senang saja gitu, satu grup sama voice over talent maupun dubber. Cuma jadi penyimak dan penikmat suara mereka. Meski begitu, cukup membuatku ingin belajar olah suara dasar saja biar saat membacakan buku ke anak lebih menarik lagi.

Ditunggu komentarnya teman, sharing pun boleh. Biar tulisan ini semakin hidup.










1 komentar

KEREN BANGET!! Aku tertarik tapi suaranya cempreng kayak kaleng rombeng heuheeu. Tapi aku pengin bikin kayak video ada suara aku lagi ngomong gitu, jadi butuh belajar juga sih ini.

Ini ilmunya udah kokoh banget sih buat fondasi belajar VO.